Video Telegram Tidak Bisa di Download? Cek Yuk Solusinya

Video Telegram Tidak Bisa di Download – Aplikasi Telegram saat ini banyak penggunanya, bahkan tidak sedikit digunakan untuk mengirimkan file dan video berukuran besar. di telegram memang ada fitur kirim gambar, file, video ke teman chat telegram, banyak pula terjadi kendala saat mengirim video telegram, karena setelah video terkirim malah tidak bisa didownload.

Apakah Anda pernah mengalami masalah saat menggunakan Telegram ? seperti terjadi error di telegram hingga video Telegram tidak bisa di download dan diputar.

Melalui artikel ini teknisi blogger menjelaskan cara atasi Telegram tidak bisa download dan memutar video. Cara ini khusus kami tujukan pada kalian para pengguna Telegram di smartphone Android.

Pastinya anda pengguna Telegram sering menerima video dari Grup, Channel maupun pengguna lain. Nah, beberapa dari kalian mungkin pernah mengalami video di Telegram tidak bisa diputar.

Nah saat terjadi error tidak bisa memutar video di Telegram rsanya jengkel sekali, Kenapa? karena tidak tau apa isi dari video telegram tersebut. Masalah seperti ini umumnya disebabkan oleh banyaknya file Cache yang menumpuk.

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? Tenang, kami telah menyiapkan tata cara untuk mengatasi Telegram video tidak bisa di putar tidak bisa didownload. langsung saja kita bahas masalah diatas.

Solusi Masalah telegram Tidak Bisa Download Video

Video Telegram Tidak Bisa di Download

Telegram tidak bisa download video menjadi masalah yang banyak dikeluhkan para pengguna aplikasi tersebut. Seperti yang kita ketahui bersama, telegram memang menjadi salah satu alternatif untuk mengunduh beragam konten seperti mp3, video, bahkan untuk download film. Lantas apa sebenarnya penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? simak penjelasan berikut

Telegram sejatinya adalah aplikasi perpesanan seperti halnya whatsapp. Bisa digunakan untuk chat, telepon hingga berkirim konten seperti video. Selain itu Aplikasi asal Rusia ini memiliki sejumlah bot untuk berbagai keperluan. Mulai dari mengerjakan soal, mengunduh mp3, download film, download video tiktok dan lain sebagainya. Seperti bot tiktok yang pernah kita bahas sebelumnya. Inilah salah satu alasan kenapa belakang banyak yang bermigrasi ke telegram.

Penyebab Kenapa Telegram Tidak Bisa Download Video

Kalau membahas penyebabnya tentu ada banyak faktornya. Diantaranya masalah jaringan yang jelek, masalah server, kapasitas memori hp yang sudah limit, besarnya cache sehingga membuat proses download menjadi sangat lama dan lain sebagainya.

Namun mengingat masalah yang satu ini banyak dikeluhkan akhir akhir ini, kemungkinan ada masalah pada server telegram itu sendiri. Atau adanya bug pada aplikasi. Untuk itu pastikan dulu kamu sudah menggunakan aplikasi telegram versi terbaru.

Untuk mengeceknya pun sangat mudah, silahkan pergi ke play store. Carilah telegram, apabila ada tulisan update klik saja. Hal itu menunjukan kamu belum menggunakan versi terbaru. Namun jika tidak ada tulisan update, berarti kamu sudah gunakan versi yang paling terakhir. Saat Anda mendownload video di Telegram, maka video tersebut akan langsung terdownload dan sekaligus terputar.

Namun di beberapa kasus ada pengguna yang tidak bisa mendownload dan memutar video.  Sebetulnya ada banyak sekali penyebab yang membuat video Telegram tidak bisa memutar. Berikut ini merupakan penyebab kenapa Telegram tidak bisa memutar video:

Server Telegram Down

Apabila server Telegram sedang mengalami down, maka Anda akan sulit mengakses layanan dari Telegram.

Video juga tidak akan bisa di putar dan di download ketika server Telegram sedang down.

Cache Telegram Penuh

Cache yang penuh bisa menghambat kinerja aplikasi Telegram. Cache yang penuh juga bisa menjadi penyebab kenapa video Telegram tidak mau terdownload.

Cache aplikasi seringkali menjadi salah satu penyebab aplikasi tersebut error ketika digunakan. Telegram juga memiliki cache aplikasi seperti halnya yang lain. Beberapa orang mungkin memanfaatkan aplikasi tambahan untuk membersihkan cache aplikasi secara berkala.

Beberapa lainnya memanfaatkan fitur bawaan sistem untuk menghapus cache. Jika Telegram Anda tidak bisa mengunduh video, cobalah untuk mengecek cache aplikasinya. Apakah terdapat banyak cache hingga ratusan MB atau tidak.

Apabila ditemukan cache dalam jumlah yang cukup tinggi, segera bersihkan cache tersebut. Sekalipun cache aplikasi ternyata masih sedikit, Anda tetap harus membersihkannya agar dapat berjalan dengan optimal. Cara membersihkan cache sangatlah mudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Masuk ke menu Pengaturan, lalu pilih menu Aplikasi.
  • Diantara banyaknya aplikasi, carilah Telegram dan buka aplikasinya.
  • Nantinya akan terdapat detail dari aplikasi tersebut, mulai dari Pencopotan Aplikasi, Berhenti Paksa, Perizinan dan sebagainya.
  • Dari sekian banyak pilihan, pilih opsi Penyimpanan.
  • Halaman baru akan terbuka dan menampilkan detail penyimpanan penggunaan aplikasi.
  • Umumnya terdapat dua tombol utama, yaitu Hapus Data dan Hapus Cache. Klik tombol Hapus Cache untuk membersihkannya.
  • Setelah dibersihkan, keluar dari Pengaturan dan cobalah untuk melakukan download ulang.

Memori Internal Penuh

Pengguna ponsel seringkali tidak mengecek kapasitas memori internal apakah masih terdapat sisa atau tidak. Kebanyakan orang mengetahui bahwa memori internal penuh dari notifikasi sistem yang muncul di pop-up pemberitahuan. Padahal hal ini penting untuk diperhatikan.

Apabila kapasitas memori internal penuh, maka Anda tidak bisa memaksanya untuk diisi file, dokumen atau bahkan video sekalipun. Jika dipaksakan, nantinya justru akan berakibat fatal pada ponsel yang digunakan. Ponsel bisa freeze mendadak hingga reboot dengan sendirinya.

Aplikasi Belum diupdate

Ketika sebuah aplikasi terdapat update, ini berarti versi aplikasi sebelumnya terdapat bugs ataupun error yang telah dilaporkan oleh pengguna. Pihak developer tentunya harus memperbaiki kerusakan sistem yang bisa dilihat dari laporan log sistem pengguna.

Jika sebelumnya terdapat error ketika download video dan sudah muncul versi update, segeralah melakukan update aplikasi karena ini bisa menjadi faktor penyebab kenapa Telegram tidak bisa download video. Menunda update aplikasi akan membuat kinerjanya menurun atau tidak optimal.

Terlalu Banyak Channel

Anda yang terlalu banyak mengikuti banyak channel ternyata juga bisa menjadi salah satu penyebab kenapa video Telegram tidak bisa memutar. 

Koneksi Jaringan Buruk

Jaringan internet merupakan salah satu unsur penting yang harus diperhatikan ketika Anda ingin melakukan download apapun. Ini penting untuk diperhatikan, terutama ketika Anda ingin download video di Telegram. Setiap video yang diunggah tentu memiliki file size yang berbeda-beda.

Salah satu alasan kenapa Telegram tidak bisa download video adalah dari jaringan yang digunakan. Jika Anda menggunakan jaringan WiFi, pastikan jaringan tersebut memiliki kecepatan yang baik atau setidaknya stabil.

Begitu juga jika Anda menggunakan data seluler, pastikan masih memiliki kuota yang memadai. Pastikan sisa kuota Anda mencukupi untuk download video tersebut. Umumnya Anda bisa melihat informasi ukuran video tersebut sebelum mengunduhnya.

Cara Mengatasi Video Telegram Tidak Bisa Di Download

Apa penyebab tidak bisa download video?. banyak, salah satunya adalah kecepatan internet dan file memori internal yang penuh.

Nah kali ini saya akan memberikan beberapa tips cara mengatasi Telegram yang tidak mau download video atau gambar di Channel Telegram maupun chat biasa.

Dan berikut beberapa cara mengatasi error download Telegram.

Anda bisa mengatasi masalah video Telegram yang tidak memutar ini dengan melakukan beberapa langkah sederhana. Berikut ini merupakan langkah-langkah menyelesaikan video Telegram yang tidak bisa di download

Gunakan Internet Koneksi Cepat

Untuk bisa download video telegram salahsatunya adalah mempercepat koneksi internet seperti wifi ataupun jaringan lain, karena video telegram tidak bisa didownload melalui hp silahkan buka komputer dan sambungkan wifi untuk download video telegram di laptop, al hasil mengatasi masalah tersebut akan berhasil.

Menggunakan VPN

Cara kedua mengatasi Video Telegram tidak bisa didownload itu adalah menggunakan VPN, Adapun caranya bisa anda lakukan dengan langkah dibawah ini

Pertama, kamu bisa menggunakan VPN di Android berbekal salah satu aplikasi VPN terbaik saat ini, yakni VPN Private untuk mengakses situs yang diblokir.

Pada tutorial cara pakai VPN kali ini, Jaka akan menunjukkan cara menggunakan VPN Private Android, salah satu aplikasi VPN paling populer yang ada sekarang.

  1. Download dan install VPN Private dari Playstore.
  2. Buka aplikasi VPN Private, pilih mau menyambungkan dengan jaringan negara mana.
  3. Tunggu beberapa saat sampai jaringan internet kamu terhubung dengan VPN. Selesai!

Kini kamu bisa browsing di internet sepuasnya. Kalau kamu ingin memutuskan VPN, tinggal buka aplikasinya dan tap tombol Disconnect.

Menghapus Cache Telegram

Semakin banyak video yang Anda download, maka akan semakin banyak cache Telegram yang menumpuk. Anda bisa membersihkannya dengan klik tombol garis tiga> Pengaturan> Data dan Penyimpanan> Pemakaian Penyimpanan>  lalu tekan Bersihkan Cache.

Tidak bisa download video di Telegram bisa juga terjadi karena penyimpanan Telepon yang penuh karena terisi dengan sampah cache telegram yang sudah tidak digunakan lagi.

Misalnya film Telegram yang sudah tidak anda Tonton lagi, Gambar yang besar, dan file lain yang tidak dibutuhkan namun masih ada di Telegram.

Segera Update Telegram

Telegram yang Anda pakai harus segera di update melalui Play Store ataupun App Store. Dengan mengupdate, maka Anda akan mendapatkan pelayanan dari Telegram yang lebih maksimal. 

Hapus Beberapa Channel

Hapuslah beberapa channel Telegram yang Anda ikuti. Hapus channel-channel lagi yang sudah lama tidak Anda gunakan dan tidak terlalu penting untuk Anda.

Restart Hp

Jika hp Anda bermasalah, maka Anda bisa coba restart dulu hp yang Anda gunakan. Jika ternyata hp masih bermasalah, maka Anda bisa coba untuk reset hp Anda. 

Cara Mempercepat Download Video Telegram Yang Lama

Jika proses download terlihat berjalan, namun sangat lama sekali silahkan lakukan beberapa tips berikut ini:

  • Kurangi Grup
    Salah satu penyebab download lama di telegra adalah adanyak banyak grup/ channel. Apalagi di grup tersebut berisi file file besar nan berat. Cobalah kamu filter lagi dan hapus grup/ channel yang gak penting penting amat.
  • Hapus Data
    Telegram yang lemot bisa jadi disebabkan oleh data yang tersimpan sangat besar sehingga membuat kinerja aplikasi menjadi berat. Untuk mengatasinya, buka pengaturan-aplikasi-telegram. Kemudian klik saja hapus data. Namun perlu diingat jika mau menggunakan langkah ini pastikan kamu hafal data login seperti email dan password.
  • Update Aplikasi
    Hal ini seringkali dilakukan banyak orang. Selama aplikasi masih bisa dibuka biasanya pengguna tidak melakukan pembaruan. Sebaiknya sering seringlah cek di play store atau app store untuk melihat update aplikasi.

Cara Download Video di Telegram Yang Sulit di download

Melalui Aplikasi Telegram di Hp Android

  • Jalankan aplikasi Telegram, kemudian carilah video yang ingin di download.
  • Tekan tombol Download yang terdapat pada video tersebut, biasanya berada di ujung kiri atas tampilan video.
  • Tunggu sampai video benar-benar diunduh hingga selesai.
  • Jika sudah selesai, klik tombol titik tiga di ujung kanan atas video.
  • Nanti akan muncul beberapa opsi pilihan, cara menyimpannya adalah pilih opsi Simpan atau Save.
  • Sekarang Anda bisa mengecek video yang terdownload tersebut di folder Telegram, kemudian Telegram Video.

Melalui Aplikasi Telegram di Komputer / Laptop

  • Install aplikasi Telegram untuk PC terlebih dahulu. Anda bisa mengunduhnya terlebih dahulu di https://desktop.telegram.org.
  • Setelah berhasil terinstall, masuk terlebih dahulu menggunakan akun masing-masing.
  • Langkah selanjutnya adalah mencari video yang ingin di download sama seperti sebelumnya.
  • Setelah videonya ditemukan, tekan tombol Download yang muncul di tengah video dan tunggu sampai proses Download selesai.
  • Selesai diunduh hingga selesai, tekan ikon titik tiga di ujung kanan atas video, kemudian pilih Simpan Video Sebagai.
  • Anda bisa menemukan video tersebut di folder Telegram Desktop yang bisa di cari di System C.

Itulah penyebab kenapa Telegram tidak bisa dipakai untuk memutar video, ada juga kendala yang dialami pengguna lain seperti kenapa telegram tidak bisa login Sekian semoga trik mengatasi Telegram yang tidak bisa download video ini berguna untuk Anda.