Link Twibbon Hari Sepeda Sedunia, Tujuan Memperingati World Bicycle Day

Inilah LINK Download Twibbon Hari Sepeda Sedunia World Bicycle Day 3 Juni 2021 ada di sini. Dan juga tujuan memperingati Hari Sepeda Dunia bisa anda baca diartikel ini.

Sebagai informasi, Hari Sepeda Dunia ditetapkan pada Sidang Majelis Umum PBB yang ke-72 di Amerika Serikat (AS), 2018 lalu. 

Bacaan Lainnya

Tak hanya sebagai pengingat, penetapan World Bicycle Day juga bertujuan untuk menggaungkan gaya hidup sehat di masyarakat.

Dan, untuk di Indonesia, banyak sekali komunitas sepeda yang bisa Skorer ikuti. Salah satunya adalah komunitas Bike to Work.

Diketahui juga pada setiap 3 Juni Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) menetapkan sebagai World Bicycle Day atau Hari Sepeda Dunia.

Cara memperingati hari sepeda dunia, Satu di antaranya bisa dengan pasang twibbon hari sepeda sedunia atau World Bicycle Day.

Dikutip dari Tribunnews.com, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), infrastruktur yang aman untuk berjalan kaki dan bersepeda juga merupakan jalur untuk mencapai kesetaraan kesehatan yang lebih besar.

Bagi sektor perkotaan termiskin, yang seringkali tidak mampu membeli kendaraan pribadi, berjalan kaki dan bersepeda dapat menjadi sarana transportasi sekaligus mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, kanker tertentu, diabetes, dan bahkan kematian.

Dengan demikian, peningkatan transpor aktif tidak hanya sehat; itu juga adil dan hemat biaya.

Memenuhi kebutuhan orang yang berjalan kaki dan bersepeda terus menjadi bagian penting dari solusi mobilitas untuk membantu kota-kota memisahkan pertumbuhan populasi dari peningkatan emisi, dan untuk meningkatkan kualitas udara dan keselamatan jalan.

Baca Juga Link Download Twibbon Kartu Ucapan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021

Pandemi Covid-19 juga membuat banyak kota memikirkan kembali sistem transportasi mereka.

Hari Sepeda Sedunia, PB ISSI Ajak Komunitas Gowes 

hari sepeda sedunia 2021

Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) mengajak seluruh komunitas sepeda untuk gowes di sekitar Sudirman-Thamrin. Kegiatan ini untuk memperingati hari sepeda dunia.

Wakil Ketua Umum bidang Komunitas PB ISSI, Toto Sugito, yang menyampaikan rencana tersebut. Menurutnya, kegiatan ini sekaligus menjadi momen sosialisasi penggunaan jalur sepeda yang baik dan benar.

“Besok bertepatan dengan hari sepeda dunia. Kami ingin mengadakan event besar tapi karena masih pandemi dan tidak memungkinkan untuk berkerumunun, jadi kami hanya mengajak untuk melakukan gerakan bersepeda bersama,” kata Toto dalam jumpa persnya di Kantor PB ISSI, FX Senayan, Rabu (2/6/2021).

“Kami mengajak seluruh komunitas apapun jenisnya baik itu BMX, city bike, atau road bike, untuk bisa bersepeda bersama mengelilingi Sudirman sampai Thamrin tapi melewati jalur sepeda,” ujarnya.

Adapun waktu yang dicanangkan pada 3 Juni mulai pukul 06.00 WIB hingga 07.30 WIB. “Tapi ini tidak serempak ya supaya tidak berkerumun juga. Kami informasikan ke semua komunitas jam 6 jalan. Bebas dari manapun starnya. Yang penting untuk memperingati hari sepeda dunia, dan harus melalui jalur sepeda,” katanya.

Gerakan ini, disebut Toto, juga sebagai bentuk sosialisasi terkait cycling for all. Dalam arti mengajak masyarakat untuk menggunakan sepeda sebagai aktivitas sehari-hari. Jadi bukan sekadar sebagai olahraga dan wisata lagi.

“Kami ingin sepeda menjadi sepopuler sepakbola. Kalau sepakbola saja bisa diadakan ke pelosok-pelosok, maka sepeda mestinya juga bisa diramaikan di setiap daerah,” tutur Toto.

Sehubungan itu, Toto juga mengimbau melalui kegiatan gerakan bersepeda bersama, agar pelaku sepeda dapat mematuhi aturan yang sudah diberlakukan oleh pemerintah.

Diketahui, persoalan penggunaan sepeda di jalan raya sempat menjadi perhatian publik lantaran banyak pesepada yang melanggar aturan. Mereka bersepeda di jalur kanan dan tidak berkendara di jalan yang seharusnya.

Berita teranyar, seorang pengendara motor mengacungkan jari tengah kepada sekelompok pesepada balap (road bike) di jalan arteri ibu kota. Atas sejumlah kasus tersebut, polisi berencana untuk membuat aturan khusus, salah satunya memberlakukan penilangan.

“Kami mengajak masyarakat pengguna road bike untuk melalui jalur seper terproteksi. Kalaupun ada kebijakan baru soal road bike melalui Sudirman-Thamrin dan ada jamnya, saya dan teman-teman berharap tetap di 

Bersepeda dan Pembangunan Berkelanjutan

Hari Sepeda Sedunia atau World Bicycle Day menarik perhatian pada manfaat menggunakan sepeda — sarana transportasi berkelanjutan yang sederhana, terjangkau, bersih dan ramah lingkungan.

Sepeda berkontribusi pada udara yang lebih bersih dan mengurangi kemacetan dan membuat pendidikan, perawatan kesehatan, dan layanan sosial lainnya lebih mudah diakses oleh populasi yang paling rentan.

Sistem transportasi berkelanjutan yang mendorong pertumbuhan ekonomi, mengurangi ketidaksetaraan sambil memperkuat perjuangan melawan perubahan iklim sangat penting untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Latar Belakang World Bicycle Day

PBB mengakui keunikan, umur panjang, dan keserbagunaan sepeda, yang telah digunakan selama dua abad.

Di samping itu, sepeda adalah sarana transportasi berkelanjutan yang sederhana, terjangkau, andal, bersih, dan sesuai dengan lingkungan, mendorong pemeliharaan dan kesehatan lingkungan.

Karena itu, Majelis Umum PBB memutuskan untuk mendeklarasikan 3 Juni sebagai Hari Sepeda Sedunia (World Bicycle Day).

Keputusan itu mendorong para pemangku kepentingan untuk menekankan dan memajukan penggunaan sepeda sebagai sarana untuk mendorong pembangunan berkelanjutan, memperkuat pendidikan, termasuk pendidikan jasmani, untuk anak-anak dan remaja.

Di samping itu juga mempromosikan kesehatan, mencegah penyakit, mempromosikan toleransi, saling pengertian dan menghormati dan memfasilitasi inklusi sosial dan budaya damai.

Majelis menyambut baik inisiatif untuk mengorganisir bersepeda di tingkat nasional dan lokal sebagai sarana untuk memperkuat kesehatan fisik dan mental dan kesejahteraan dan mengembangkan budaya bersepeda di masyarakat.

Panduan pasang twibbon hari sepeda sedunia atau World Bicycle Day:

Silahkan pasang foto twibbon world bicycle day untuk memperingati hari sepeda dunia 2021

1. Kamu akan diarahkan ke halaman twibbonize.

2. Pilih template yang ingin kamu gunakan.

3. Klik ‘Lihat’, lalu tunggu proses memuat hingga selesai.

4. Klik ‘Pilih Foto’, maka laman otomatis akan mengakses galeri foto Kamu.

5. Pilih foto yang ingin kamu jadikan twibbon.

6. Geser foto hingga sesuai dengan yang kamu inginkan.

7. Klik ‘Crop’, tunggu proses cropping selesai.

8. Jika telah selesai, klik ‘Download’.

9. Foto twibbon kamu otomatis tersimpan di perangkat, dan siap untuk dibagikan ke seluruh akun media sosialmu.

LINK 1

[LINK 2

LINK 3

[LINK 4

LINK 5

LINK 6

LINK 7

[LINK 8

LINK 9

LINK 10

Tujuan Memperingati Hari Sepeda Sedunia

Bersepeda adalah cara transportasi yang sederhana, andal, dan bermanfaat bagi lingkungan. Sepeda dapat berfungsi sebagai alat untuk pengembangan pribadi serta sarana untuk mendapatkan akses ke pendidikan, perawatan kesehatan, dan olahraga. Sepeda juga merupakan simbol transportasi ramah lingkungan yang juga menghemat bensin. Inilah alasan mengapa Hari Sepeda Sedunia diperingati:

  • Peningkatan penggunaan sepeda berarti emisi gas rumah kaca yang lebih rendah: Bersepeda berkontribusi pada mitigasi emisi karbon dioksida karena memiliki nilai nol-emisi intrinsik.
  • Bersepeda mengarah ke kehidupan yang lebih sehat: Bersepeda mengarah pada peningkatan kebugaran kardiovaskular, kekuatan otot, dan fleksibilitas. Ini meningkatkan mobilitas sendi dan membantu mengurangi tingkat stres.
  • Bersepeda menghemat uang: Sepeda gratis untuk dikendarai dan mode perjalanan bebas stres.
  • Sadar tentang lingkungan lokal: Bersepeda membantu kesadaran tentang lingkungan lokal dan konsumsi dan produksi yang berkelanjutan.

Itulah beberapa kumpulan link twibbon untuk peringatan hari sepeda dunia, semoga bermanfaat

Pos terkait