Tips Mempercepat Smartphone Android 10x Lebih Cepat

Loading...

Teknisi Blogger – Tips Mempercepat Smartphone Android 10x Lebih Cepat – Siapa sih yang nggak kesel kalau hp Androidnya lemot, tentu akan banyak waktu yang terbuang buat nunggu loading, misal buka tutup aplikasi yang lama. Ternya ada cara mempercepat Android dengan melakukan optimasi pada software yang ada didalam hp itu sendiri.

Jadi Anda perlu mencoba cara menepercepat kinerja Android berikut ini sebelum Anda memutuskan untuk membeli smartphone baru.

Penyebab melambatnya performa smartphone Android, salah satunya berasal dari peralihan antarmuka. Jadi saat kamu mengalihkan aplikasi atau menghilangkan pop up, kecepatan transisi dari satu layar ke layar berikutnya akan memiliki efek yang besar pada kecepatan antarmuka. Terkadang kamu mungkin tidak terlalu memperhatikannya, namun dengan menggandakan kecepatan peralihan ini dapat berdampak besar pada kecepatan ponsel Androidmu. Trik ini dapat ditemukan pada pengaturan di setiap smartphone Android yang disebut sebagai opsi Developer. Di sana kamu akan menemukan sejumlah pilihan lanjutannya.

Baca Juga Cara Membersihkan Cache Android Agar Tidak lemot dan mempercepat kinerja Hp Android

Tips Mempercepat Android Yang Lelet

artikel ini sebagian dari sumber tirto.id, yang berjudul 11 Tips Mempercepat Kinerja Smartphone Android

Smartphone yang baru keluar dari boks akan sangat responsif saat digunakan. Namun, secepat apa pun smartphone akan tetap melambat seiring berjalannya waktu. Kondisi ini normal terjadi, baik pada smartphone kelas atas maupun kelas bawah.

Smartphone yang melambat dapat terjadi karena beberapa hal. Bisa karena terkena virus, terlalu banyak menginstal aplikasi, multi-tasking yang berlebihan, hingga kehabisan tempat penyimpanan. Namun, selama bukan karena kerusakan hardware, kinerja smartphone yang melambat dapat dibenahi dari rumah. Situs Android Pit membeberkan beberapa langkah yang bisa dilakukan di rumah ketika smartphone terasa melambat.

  • Ketahui Masalahnya

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mencari tahu penyebab smartphone menjadi lambat. Periksa di bagian Penyimpanan File pada Pengaturan, apakah penyimpanan smartphone sudah terlalu penuh? Bila tidak, periksa penyimpanan RAM. Bila indikator penyimpanan RAM juga masih normal, bisa jadi smartphone terkena virus.

  • Bersihkan File Tidak Penting

Penyimpanan yang terlalu penuh menjadi penyebab umum smartphone menjadi lambat. Cobalah untuk memilah dan memilih kembali file foto, video, dan dokumen. Bila tidak penting, maka lebih baik dihapus saja agar penyimpanan lebih lengang.

Selain itu, hapus aplikasi bawaan telepon dan aplikasi yang tidak digunakan. Banyak smartphone yang dipasangi aplikasi-aplikasi dari sponsor, yang kadang kurang berguna. Jangan ragu untuk menghapus aplikasi-aplikasi tersebut dari smartphone.

Cache juga penting untuk diperhatikan. Cache merupakan residu data yang dihasilkan dari proses berjalannya aplikasi. Meskipun berguna untuk mempercepat kinerja aplikasi saat dibuka, namun terlalu banyak cache malah menyebabkan penyimpanan smartphone menjadi penuh, dan memperlambat kinerja smartphone.

Loading...

Bersihkan cache dengan aplikasi pembersih bawaan. Kebanyakan smartphone dilengkapi dengan aplikasi keamanan dan pembersih, sehingga tidak perlu mengunduh aplikasi dari pihak ketiga.

  • Kelola Widget

Widget biasanya terletak di layar awal smartphone. Penggunaan widget biasanya sebagai jalan pintas menuju fitur sebuah aplikasi. Namun, tidak jarang pula widget yang muncul tanpa disadari, yang disebabkan oleh virus atau iklan yang tidak sengaja tersentuh saat berselancar di browser.

Lihatlah layar home pada smartphone. Pastikan widget yang ada hanya widget yang dibutuhkan. Bila ada yang mencurigakan, maka langsung hapus saja. Caranya, tekan dan tahan widget yang ingin dihapus, lalu tekan hapus.

  • Matikan Animasi

Animasi ketika transisi aplikasi dapat mempercantik tampilan smartphone. Namun, animasi ini juga berdampak kepada kinerja smartphone, karena animasi membutuhkan lebih banyak RAM untuk menjalankannya. Tidak ada salahnya untuk tetap menggunakan animasi transisi, tetapi, menonaktifkan animasi lebih dapat membantu menjaga kecepatan kinerja smartphone.

Bila menggunakan launcher, maka animasi dapat dimatikan di pengaturan launcher. Namun, animasi juga bisa dimatikan secara manual pada pilihan Developer Options dalam menu Pengaturan.

  • Bersihkan Ruang

Penyebab paling umum kedua adalah terlalu banyak aplikasi yang berjalan pada latar belakang smartphone. Aplikasi yang baru saja ditutup tidak jarang masih berjalan pada latar belakang. Tujuannya agar bila dibuka kembali, pengguna berada di halaman yang sama dengan halaman terakhir aplikasi sebelum ditutup. Sisa aplikasi yang berjalan ini ditampung dalam RAM.

Cukup bermanfaat, memang. Namun, apabila aplikasi yang berjalan di latar belakang terlalu banyak, maka RAM akan penuh. Dampaknya, kinerja smartphone akan melambat. Cukup tekan menu aplikasi yang sedang berjalan pada tombol navigasi, lalu swipe kotak aplikasi ke kanan.

  • Hindari Aplikasi Pembersih dari Pihak Ketiga

Meskipun nampak berfaedah, tetapi aplikasi pembersih dari pihak ketiga lebih sering merusak daripada benar-benar membersihkan. Aplikasi-aplikasi seperti Clean Master dari Cheetah Mobile membersihkan cache terlalu sering, yang malah membuatnya menjadi lambat, alih-alih mempercepat.

Kemudian, perhatikan privasi ketiga menggunakan aplikasi apapun dari pihak ketiga. Kebanyakan aplikasi seperti itu meminta berbagai akses tambahan, yang bila tidak diperhatikan dengan baik, dapat berdampak pada pencurian data.

  • Restart Smartphone

Cara tercepat dan termudah mempercepat kinerja smartphone adalah dengan melakukan restart. Tindakan ini mampu menghapus cache, menghentikan aplikasi yang tidak perlu, dan membuat kinerja smartphone menjadi lebih cepat lagi.

Cukup tekan dan tahan tombol power dan pilih menu restart/reboot, klik OK.

  • Perbarui Software Android

Terkadang muncul pemberitahuan untuk memperbarui software saat sedang asyik bermain smartphone. Namun, tak jarang pengguna malah mengabaikan pemberitahuan ini. Padahal, pembaruan software penting demi kelangsungan hidup smartphone.

Pembaruan tidak melulu tentang fitur dan layanan. Pembaruan juga menyasar pada pembenahan kesalahan yang kemungkinan terjadi pada sistem. Maka dari itu, pastikan software pada smartphone dalam versi paling baru.

  • Jelajahi Lebih Lanjut Penyebab Smartphone Melambat

Benahi secara lebih dalam penyebab smartphone melambat. Pengguna bisa memantau penggunaan baterai pada menu Pengaturan > Baterai. Selain itu, untuk memantau aplikasi, klik menu Pengaturan > Aplikasi yang Diinstal.

  • Melakukan Root pada Smartphone

Melakukan root pada smartphone tidak dianjurkan bagi pengguna awam. Rooting membutuhkan pemahaman dan pengalaman lebih, tidak bisa sembarangan. Salah-salah, smartphone malah mengalami bootloop hingga mati total.

Namun, untuk pengguna yang sudah berpengalaman, rooting dapat digunakan untuk mengidentifikasi masalah yang memperlambat kinerja smartphone. Selain itu, membenahi smartphone dalam kondisi root juga lebih mudah dan lebih efektif.

  • Reset ke Pengaturan Pabrik

Langkah terakhir yang menjadi senjata pamungkas adalah mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrik. Langkah ini dapat membersihkan smartphone dari berbagai aplikasi yang tidak penting, virus, dan cache yang menumpuk. Langkah ini membuat smartphone seperti baru saja keluar dari boksnya.

Namun, langkah ini berdampak besar bagi data yang ada di smartphone. Mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrik juga berarti menghapus semua file yang ada di dalam ruang penyimpanan. Artinya, pengguna akan kehilangan semua hal yang disimpan pada smartphone.

Maka dari itu, sebelum melakukannya, cadangkan terlebih dahulu file yang penting: dokumen, foto, video, dan lain sebagainya ke penyimpanan eksternal, seperti laptop atau kartu micro SD. Bisa juga mencadangkan data yang ada ke penyimpanan awan (cloud storage) seperti Google Drive, DropBox, atau lain sebagainya.

Cara Mempercepat Kinerja Ponsel Android Agar 10x Lebih Cepat

Pernahkah kamu merasa bahwa kecepatan dari smartphone Android-mu lemot atau tiba-tiba melambat? Kamu pasti bertanya-tanya, apakah ada cara untuk mempercepat ponselmu agar tidak lemot lagi, bukan? Namun sebelum itu, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu tentang penyebab kecepatan ponselmu menjadi lambat. Penyebab melambatnya performa smartphone Android, salah satunya berasal dari peralihan antarmuka. Jadi saat kamu mengalihkan aplikasi atau menghilangkan pop up, kecepatan transisi dari satu layar ke layar berikutnya akan memiliki efek yang besar pada kecepatan antarmuka. Terkadang kamu mungkin tidak terlalu memperhatikannya, namun dengan menggandakan kecepatan peralihan ini dapat berdampak besar pada kecepatan ponsel Androidmu. Trik ini dapat ditemukan pada pengaturan di setiap smartphone Android yang disebut sebagai opsi Developer. Di sana kamu akan menemukan sejumlah pilihan lanjutannya.

Tips Mempercepat Smartphone Android 10x Lebih Cepat

Seperti Gambar diatas menunjukkan kinerja samsung makin cepat, caranya bagaimana ya?

Siapkan secangkir kopi yang masih panas, dan baca artikel ini sampai selesai.

Berikut ini cara mempercepat ponsel Android yang mudah dan sederhana untuk kamu lakukan:

Buka Bagian ‘Pengaturan’

Jika hp kamu menggunakan sistem operasi Android 8.0+, coba klik opsi ‘System’. Namun, abaikan langkah ini jika kamu masih menggunakan Android dengan versi yang lama.

Klik ‘About Phone’

Gulirkan ke bawah dan klik menu ‘About phone’.

Klik ‘Build Number’

Klik bagian ini selama 7 kali secara berturut-turut. Nantinya, akan ada langkah-langkah yang berbeda di setiap smartphone Android. Namun saat kamu sudah sampai ke opsi Developer, buka dan gulirkan ke bagian bawah hingga melihat tiga pengaturan. Ketiganya adalah windows animation scale, transition animation scale, dan animator animation scale.

1x Ubah Jadi 5x

Di samping ketiga pilihan tadi, kamu juga akan menemukan opsi angka ‘1x’. Angka itu menunjukkan animasi ponsel yang menggunakan kecepatan 100 persen. Untuk mempercepatnya, tinggal klik saja angka itu menjadi ‘5x’. Setelah itu, keluar dari pengaturan tesebut. Angka yang diganti tadi akan mengubah kecepatan antarmuka ponselmu. Dari awalnya yang normal, kemudian menjadi dua kali lebih cepat. So, tak ada lagi emosi dan jengkel hanya gara-gara ponsel yang lemot dan lola.

Nonaktifkan Animasi

Aktifnya animasi pada handphone dapat menjadi indikasi berbagai aplikasi yang berjalan di handphone Anda melemah. Anda dapat saja meminimalisir kelambatan operasional berbagai aplikasi tersebut dengan mengikuti berbagai tahapan penting di bawah ini:

  • Kembali diingatkan bahwa terlebih dulu Anda harus membuka handphone dengan memasukkan pola atau keyword, serta password yang benar jika handphone Anda diproteksi.
  • Setelah itu coba masuk ke menu Setting atau Pengaturan. Icon yang melambangkan menu ini berbeda-beda, bergantung apakah Anda menggunakan tampilan dasar atau menggunakan tema tertentu.
  • Setelah masuk ke menu Pengaturan, tarik layar smartphone ke bawah hingga Anda menemukan perintah About Phone.
  • Jika sudah ketemu, klik About Phone kemudian cari Built Number sebanyak 7 kali. Anda dapat menghitungnya.
  • Nanti muncul pemberitahuan atau notifikasi yang menandakan Developer Mode sudah aktif.
  • Kembali ke menu Setting untuk selanjutnya mengarahkan perintah pada Developer Options.
  • Cari perintah yang menunjukkan Window Animation Scale, klik bagian tersebut.
  • Nanti muncul tampilan Animation Off sampai Animation Scale 10x. Karena tujuan kita menonaktifkan animasi, maka klik bagian Animation Off.
  • Lakukan hal yang sama pada bagian Transition Animation Scale dan Animation Duration Scale.
  • Selesai. Anda dapat kembali ke menu utama dan merasakan sendiri perbedaan kerja android setelah diseting.

Tingkatkan Batas Memori Chrome Browser

Secara dasar, sebenarnya memori yang digunakan oleh browser Google Chrome ini mencapai angka 128MB RAM. Namun, pembatasan memori ini tidak akan saklek atau masih dapat Anda maksimalkan hingga 4 kali lipatnya. Caranya tidak sulit, tinggal mengikuti berbagai langkah penting di bawah ini saja:

  • Untuk memanfaatkan Chrome, Anda harus masuk ke chrome://flags/#max-tiles-for-interest-area atau jika terlalu rumit, Anda dapat mengetikkan chrome://flags kemudian tarik layar smartphone ke bawah hingga Anda menemukan Max Tiles for Interest Area.
  • Layar handphone Anda akan memunculkan kotak dialog berisi pilihan, mulai dari Default hingga pilihan 512.
  • Untuk memaksimalkan kinerja android, Anda harus memilih opsi 512.
  • Terakhir, klik perintah Relaunch Now.
  • Selesai. Anda dapat membedakan apakah kerja android jauh lebih maksimal atau tidak dari sebelumnya.

Gunakan Android Tanpa Aplikasi

Untuk mempercepat android dari pembahasan kali ini juga dapat Anda lakukan tanpa menggunakan aplikasi, melainkan masuk ke menu Setting. Namun, tentu berbeda pembahasan, berbeda pula langkah yang ditempuh. Supaya lebih jelas, Anda dapat mengikuti berbagai langkah penting di bawah ini:

  • Seperti pada perintah lainnya, di awal Anda harus membuka pola, password, atau keyword apa pun yang digunakan untuk membuka handphone.
  • Masuk ke bagian Pengaturan atau Setting yang biasanya ditandai dengan icon gear.
  • Tarik layar smartphone ke bawah hingga Anda menemukan pilihan About Phone dan klik pada bagian tersebut.
  • Dari About Phone, Anda dapat menemukan perintah Build Number.
  • Nanti Anda akan diberikan opsi, yang isinya 1x sampai 5x. Karena di sini kita akan memaksimalkan kerja android, maka Anda harus mengubahnya dari di bawah 5x menjadi 5x.
  • Selesai. Anda dapat merasakan sendiri perbedaan antara sebelum dan sesudah menerapkan cara membuat android semakin cepat.

Tips Mempercepat Smartphone Android Saat Internet

Tips Mempercepat Smartphone Android 10x Lebih Cepat

Siapa yang tidak kesal dengan lambatnya koneksi internet? Apalagi ketika sedang asyik browsing atau sedang terburu-buru mencari informasi penting menggunakan smartphone. Akan semakin menyebalkan lagi ketika baru saja mengisi kuota internet, tapi koneksinya masih tetap lambat. Hal ini seringkali membuat kita bertanya-tanya, apa sebenarnya yang membuat koneksi Internet melambat? Ada yang tahu cara membuat kecepatan internet makin ngebut?

Ternyata, setelah diselidiki, yang dapat membuat koneksi internet lambat di smartphone-mu tidak melulu disebabkan oleh jaringan internet lho, tetapi banyak faktor lain yang menentukannya mulai dari aplikasi yang ada di smartphone kamu hingga munculnya iklan ketika sedang browsing.

Opera Friends sekarang tidak perlu khawatir lagi, berikut beberapa tips dari Opera supaya bisa meningkatkan kecepatan ketika sedang terhubung ke internet dari smartphone Android kamu:

  • Tutup Aplikasi yang tidak digunakan

Terkadang kita penasaran, kenapa sering sekali kuota cepat berkurang ketika jarang menggunakan aktifitas internet di smartphone? Ternyata, hal itu banyak disebabkan oleh latar belakang aplikasi yang belum ditutup di smartphone kamu. Ketika Opera Friends membuka 10 aplikasi berjalan di latar belakang smartphone, maka 10 aplikasi itu akan tetap memakan kuota internet meski kamu sedang tidak menggunakannya. Oleh karena itu, untuk memastikan kecepatan internet optimal, tutup semua aplikasi bila sedang tidak digunakan.

  • Download aplikasi untuk mempercepat internet

Ketika sedang traveling, kecepatan internet smartphone pun menjadi tidak stabil dan itu akan menjadi suatu hal yang menyebalkan. Oleh karena itu, sebaiknya gunakanlah aplikasi manajemen data untuk bisa mempertahankan kecepatan internet yang stabil. Misalnya, ketika Opera Friends gemar menggunakan Instagram untuk mengunggah foto saat travelingOpera Max dapat menghemat 50% dari penggunaan data kamu dan bisa  mengurangi setengah waktu loading internet. Lalu, jika Opera Friends gemar mendengarkan lagu atau video streaming menggunakan aplikasi Joox, Youtube, atau Netflix, aplikasi Opera Max yang telah digunakan lebih dari 10 juta pengguna ini dapat mengkompresi data smartphone kamu yang membuat streaming pun lebih cepat.

  • Hapus aplikasi yang tidak terpakai

Opera Friends, masih memiliki aplikasi lama tapi sudah tidak digunakan? Nah, ternyata aplikasi yang tidak terpakai juga bisa menghambat kinerja smartphone dengan mengkonsumsi RAM dan memori. Apalagi ketika terdapat pemberitahuan “Memori internal Penuh” pasti kenarja smartphone android kamu akan terasa lebih lambat 10x lipat. Aplikasi yang tidak digunakan pun dapat mengambat aplikasi lain dan smartphone-mu secara keseluruhan, yang akan mengarah kepada kecepatan internet saat sedang browsing. Maka dari itu, hapus semua aplikasi yang tidak terpakai di smartphone android kamu untuk bisa membuat internet lebih cepat.

  • Blokir iklan ketika browsing

Ads atau iklan sering sekali muncul ketika sedang browsing. Hal itu pun dapat menghambat kecepatan internet, Opera Friends dan mengganggu kegiatan browsing kamu. Alasannya adalah karena iklan yang dilihat ketika sedang browsing menggunakan data internet secara lebih. Maka dari itu, kamu bisa gunakan Opera Mini yang dapat langsung memblokir iklan dan membuat aktifitas browsing lebih cepat.

  • Pilih Wi-Fi ketika tersedia

Jika tidak memiliki koneksi 3G atau 4G, lebih baik kamu memilih untuk terhubung dengan hotspot WI-Fi terdekat. Hal ini akan memberikan kamu kecepatan internet yang lebih baik. Jika ternyata masih ada kendala karena Wi-Fi sibuk yang digunakan oleh banyak orang, kamu bisa menyalakan mode Ekstrim pada pengaturan di Opera Mini browser untuk mengakses halaman web dengan lebih ringan, yang telah melalui proses kompresi hingga 90%.

Kesimpulan

Cara Meningkatkan Kinerja Smartphone android diatas seratus persen berhasil dengan peningkatan hingga 10x lebih cepat dibandingkan sebelum melakukan cara diatas. silahkan lakukan langkah langkah mempercepat ponsel anda, dan rasakan bedanya. semoga bermanfaat

Loading...

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *