Syarat Pendaftaran PPPK Guru 2021, Ini Jadwal Seleksi PPPK Guru

Syarat Pendaftaran PPPK Guru 2021, Ini Jadwal Seleksi PPPK Guru – Selain CPNS, pendaftaran PPPK juga akan segera dibuka. Di tahun ini, formasi PPPK  mencapai 1 juta orang loh. Tentu ini menjadi kabar menggembirakan untuk kita semua. Nah, menarik untuk kita cari tahu seperti apa sih cara dan syarat pendaftaran PPPK di tahun ini?

Pendaftaran PPPK guru dilakukan melalui portal pendaftaran Sistem Seleksi Calon ASN atau SSCASN melalui link https://sscasn.bkn.go.id. Suharmen menambahkan, SSCASN akan terintegrasi dengan Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil untuk integrasi Nomor Induk Kependudukan.

Bacaan Lainnya

Integrasi data juga dilakukan untuk pengecekan data Nomor Unik Pendidik dan Tenaga kependidikan. Selain itu juga ada integrasi data Akreditasi Program Studi/Universitas dan Lembaga Pendidikan Tinggi sebagai bentuk validasi pendidikan pelamar.

SSCASN juga terhubung dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), termasuk data guru agama di sekolah umum.

Khusus untuk proses seleksi PPPK Guru, Suharmen mengatakan bahwa setiap peserta diberikan batas waktu untuk mengikuti seleksi sebanyak 3 kali.
Selanjutnya, sistem seleksi akan menggunakan Ujian Nasional berbasis Komputer (UNBK) dari Kemendikbud Ristek.

“Dalam pelaksanaan seleksi PPPK Guru ini, BKN merupakan pelaksana kebijakan yang sudah dituangkan oleh Kementerian PANRB, dengan berdasarkan pada Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 dan Peraturan Pemerintah 49 Tahun 2018 tentang PPPK,” terangnya.

Formasi PPPK

Pemerintah dikabarkan akan menetapkan formasi 1 juta lebih untuk PPPK di tahun ini. Selain itu, pembukaan PPPK di tahun ini adalah untuk menjawab kebutuhan guru di sekolah-sekolah negeri yang mencapai 1 juta guru.

Rekrutmen guru PPPK didasarkan pada estimasi kebutuhan guru di sekolah negeri mencapai 1 juta guru yang didapatkan dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Jumlah ini  sendiri masih di luar dari guru Pegawai Negeri Sipil yang saat ini mengajar.

Lalu, apakah ada formasi untuk PPPK non-guru di tahun ini? Tentu saja masih ada, untuk kebutuhan jabatan lainnya, di luar guru ditetapkan sebanyak 70.000 jabatan fungsional selain guru.

Syarat Pendaftaran PPPK untuk Guru

Berikut ini adalah persyaratan yang perlu kamu penuhi bila ingin mendaftar PPPK untuk guru di tahun ini, pastikan kamu membaca dengan cermat semua persyaratan agar tidak ada yang terlewat, ya!

1. Pendaftar seleksi PPPK 2021 adalah guru dengan maksimal usia 59 tahun (per tanggal 1 April).
2. Pendidikan terakhir guru yang mendaftar seleksi PPPK 2021 adalah Strata 1 (S1) atau Diploma IV (D4) dengan program studi (prodi) atau jurusan yang relevan sesuai mata pelajaran yang diajarkan dalam kurikulum.
3. Pendaftar seleksi PPPK 2021 diwajibkan untuk menandatangani Surat Pernyataan kesediaan untuk ditempatkan di Sekolah Negeri Kabupaten, Sekolah Negeri Kota, atau Sekolah Negeri Provinsi sesuai lokasi tempat mengajar dan berdasarkan kebutuhan guru pada tahun 2021.
4. Guru honorer di sekolah negeri dan swasta (termasuk guru eks-Tenaga Honorer Kategori 2 yang belum pernah lulus seleksi menjadi PNS atau PPPK di tahun sebelumnya).
5. Terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik). 
6. Lulusan pendidikan profesi guru (PPG) yang saat ini tidak mengajar.

Kebijakan Pendaftaran PPPK untuk Guru

Menteri Pendidikan, Nadiem Makarim pernah menyampaikan beberapa hal yang harus dipenuhi untuk mendaftar PPPK.

Dikutip dari laman Kemendikbud, Menteri Pendidikan menyampaikan bahwa, di tahun ini Kementerian Pendidikan menjamin bahwa semua guru honorer untuk mempunyai kesempatan mengikuti tes seleksi dan juga akan diberikan beberapa kesempatan.

Tidak hanya itu, Menteri Pendidikan juga mengimbau pemerintah daerah untuk mengajukan formasi sebanyak-banyaknya. 

Berikut ini adalah kebijakan pendaftaran PPPK di tahun 2021:

1. Semua guru honorer dan lulusan PPG bisa mendaftar dan mengikuti seleksi dan semua yang lulus akan menjadi guru PPPK hingga batas satu juta guru. Maka dari itu agar pemerintah bisa mencapai target satu juta guru, pemerintah pusat mengajak pemerintah daerah untuk mengajukan formasi sebanyak mungkin sesuai dengan pemerintah.
2. Setiap pendaftar diberikan kesempatan mengikuti ujian seleksi sampai tiga kali. Jika gagal di kesempatan pertama, pendaftar dapat belajar dan mengulang ujian hingga dua kali di tahun yang sama atau di tahun berikutnya.
3. Kemendikbud akan menyiapkan materi pembelajaran secara daring untuk membantu pendaftar mempersiapkan diri sebelum ujian seleksi.
4. Pemerintah pusat memastikan tersedianya anggaran bagi gaji semua peserta yang lulus seleksi guru PPPK.
5. Biaya penyelenggaraan ujian ditanggung oleh Kemendikbud.

Tiga Tahap Seleksi PPPK untuk Guru

Di tahun ini, pelaksanaan PPPK untuk guru direncanakan akan dilakukan melalui tiga tahap seleksi dengan waktu yang berbeda. 

Tahap pertama sendiri akan diadakan pada bulan Agustus, lalu tahap kedua diadakan pada bulan Oktober dan tahap tiga pada bulan Desember 2021.

Syarat Pendaftaran PPPK Non-guru

Pasti kamu bertanya, untuk syarat pendaftaran PPPK non-guru seperti apa saja? Nah, bagi kamu yang akan mendaftarkan diri, intip yuk persyaratannya berikut ini.

1. Usia paling rendah 20 tahun dan paling tinggi 1 tahun sebelum batas usia tertentu pada jabatan yang akan dilamar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
2. Tidak pernah dipidana penjara dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan penjara 2 tahun atau lebih.
3. Tidak pernah diberhentikan secara hormat tidak atas permintaan sendiri atau dengan hormat sebagai PNS, PPPK, prajurit TNI, anggota Polri atau diberhentikan dengan tidak hormat sebagai pegawai swasta.
4. Tidak menjadi bagian dari anggota pengurus partai politik atau terlibat dalam politik praktis.
5. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.
6. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar.

Cara Pendaftaran PPPK

Tahapan pendaftaran Seleksi Guru PPPK tahun 2021 belum dirilis secara resmi. Kendati demikian, calon pendaftar PPPK 2021 dapat mengetahui cara mendaftar PPPK tahun 2019 sebagai gambaran.

Jika Dik Lulus tertarik untuk mengikuti seleksi PPPK di tahun ini. Perlu diketahui, pendaftaran PPPK 2021 dilakukan secara online melalui laman SSCASN, sscasn.bkn.go.id.

Berikut ini cara pendaftaran PPPK, yang wajib kamu ketahui:

  1. Kunjungi laman SSCASN, lalu buatlah akun.
  2. Setelah berhasil membuat akun, selanjutnya pilih menu PPPK atau ssp3k.bkn.go.id
  3. Jika sudah, kamu perlu mengisi data yang diperlukan, yaitu:
    – Nomor peserta ujian K-II.
    – Tanggal lahir.
    – Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga.
    – Alamat email yang aktif, kata sandi dan pertanyaan keamanan.
    – Pas foto formal dengan ukuran 120 kb atau maksimal 200 kb dengan format JPG atau JPEG.
  1. Bila semuanya sudah terisi lengkap, cetaklah kartu informasi akun PPPK yang akan muncul jika kamu sudah mengisi data dengan lengkap.
  2. Selanjutnya kamu bisa login di laman SSP3K, dengan NIK dan kata sandi yang sudah didaftarkan sebelumnya.
  3. Setelah login, kamu diminta untuk melengkapi beberapa data tambahan, seperti:
    – Foto sambil memegang KTP dan Kartu Informasi Akun.
    – Memilih jabatan serta melengkapi riwayat pendidikan.
    – Melengkapi biodata diri.
    – Mengunggah dokumen yang dibutuhkan sesuai dengan persyaratan.
    – Memeriksa data diri yang sudah diisi dalam form.
    – Mencetak kartu pendaftaran PPPK.
  1. Menunggu tim verifikator untuk memeriksa semua berkas dokumen.
  2. Jika kamu dinyatakan lulus pada tahap administrasi, kamu akan memperoleh kartu ujian sebagai syarat mengikuti tes selanjutnya.

Pendaftaran PPPK sendiri akan dimulai pada Mei hingga Juni 2021 mendatang. Karena itu, yuk pastikan diri kamu siap untuk mengikuti pendaftaran dengan melakukan persiapan matang. Salah satu caranya adalah rajin berlatih mengerjakan soal-soal.

Jadwal seleksi ASN 2021 untuk PPPK Guru

  • – Pengumuman Seleksi: 30 Mei-13 Juni 2021
  • – Pendaftaran Seleksi: 31 Mei-21 Juni 2021
  • – Seleksi Administrasi dan Pengumuman Hasil: 1 Juni-30 Juni 2021
  • – Masa sanggah: 1 Juli-11 Juli 2021
  • – Seleksi Kompetensi PPPK Guru (CBT Kemendikbud) Tes 1: Agustus 2021
  • – Seleksi Kompetensi PPPK Guru (CBT Kemendikbud) Tes 2: Oktober 2021
  • – Seleksi Kompetensi PPPK Guru (CBT Kemendikbud) Tes 3: Desember 2021
  • – Penetapan NIP CPNS/Nomor Induk PPPK: Desember 2021

Ketentuan dan Syarat Peserta Seleksi Tes PPPK Guru 2021 Tahap 1, Tahap 2 dan Tahap 3

bagaimana Ketentuan dan Syarat Peserta Seleksi Tes PPPK Guru 2021 Tahap 1, Tahap 2 dan Tahap 3 ?  Persyaratan sebagai  calon PPPK Guru 2021 adalah sebagai berikut

1. Honorer THK-II sesuai database THK-II di BKN;

2. Guru Honorer yang masih aktif mengajar di Sekolah Negeri di bawah kewenangan Pemerintah Daerah dan terdaftar sebagai Guru di DAPODIK Kemendikbud;

3. Guru yang masih aktif mengajar di Sekolah Swasta dan terdaftar sebagai Guru di DAPODIK Kemendikbud;h

4. Lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang belum menjadi guru dan terdaftar di Database Lulusan Pendidikan Profesi Guru Kemendikbud. Berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan No 1460/B.B1/GT.02.01/2021 tanggal 15 Maret 2021.

Adapun yang dapat menjadi  Peserta Seleksi Tes PPPK Guru 2021 Tahap 1 (Kesempatan Pertama), adalah

1. Honorer THK-II sesuai database THK-II di BKN dan terdaftar sebagai Guru di DAPODIK Kemendikbud;

2. Guru Honorer yang masih aktif mengajar di Sekolah Negeri di bawah kewenangan Pemerintah Daerah dan terdaftar sebagai Guru di DAPODIK Kemendikbud serta Sertifikat Pendidiknya linier atau Pendidikannya linier dengan formasi yang tersedia pada sekolah dimana yang bersangkutan mengajar;

3. Guru Honorer yang masih aktif mengajar di Sekolah Negeri di bawah kewenangan Pemerintah Daerah dan terdaftar sebagai Guru di DAPODIK Kemendikbud serta Sertifikat Pendidiknya linier atau Pendidikannya linier dengan formasi yang tersedia pada sekolah lain dalam 1 (satu) instansi.

Ketentuan atau syarat Peserta yang tergolong sebagai Peserta Seleksi Tes PPPK Guru 2021 tahap 1 atau Kesempatan Pertama (tahap 1) adalah:

a. Tidak dapat melamar ke instansi lain;

b. Jika formasi tersedia dan Sertifikat Pendidik atau kualifikasi pendidikan pelamar sesuai, harus melamar di formasi tersebut;

c. Jika formasi tidak tersedia dan/atau Sertifikasi Pendidik atau kualifikasi pendidikan pelamar tidak sesuai, dapat melamar di formasi lain di instansi tersebut.

Point c ini dapat ditafsirkan bahwa Guru honorer yang memilikiIjazah atau Pendidikan Tidak Linier tetap Dapat Mendaftar PPPK atau P3K.

Adapun Peserta Seleksi Tes PPPK Guru 2021 Tahap 2 atau Kesempatan Kedua, adalah sebagai berikut:

1. Peserta yang Tidak Lulus Seleksi Tes Kesempatan Pertama;

2. Honorer THK-II sesuai database THK-II di BKN;

3. Guru yang masih aktif mengajar di Sekolah Swasta dan terdaftar sebagai Guru di DAPODIK Kemendikbud;

4. Lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang belum menjadi guru dan terdaftar di Database Lulusan Pendidikan Profesi Guru Kemendikbud;

Ketentuan atau Syarat Peserta yang tergolong sebagai Peserta Seleksi Tes Kesempatan Kedua PPPK Guru 2021

a. Peserta memilih kembali formasi di instansinya yang masih belum terisi sesuai Serdik atau kualifikasi pendidikan ybs.

b. Peserta 1, 2, & 3 tidak dapat melamar di instansi lain.

c. Peserta 4 melamar di instansi sesuai dengan domisilinya.

d. Bagi peserta yang tidak lolos Tes Pertama, nilai ujian yang diambil adalah nilai tertinggi antara Tes Pertama dan Tes Kesempatan Kedua.

Sedang Peserta Seleksi Tes PPPK Guru 2021 tahap 3 atau Kesempatan Ketiga, adalah Peserta yang Tidak Lulus Seleksi Tes Kesempatan Kedua. Ketentuan atau syarat Peserta Seleksi Tes PPPK Guru 2021 tahap 3 atau Kesempatan Ketiga, adalah sebagai berikut

a. Peserta memilih kembali formasi di instansinya yang masih belum terisi sesuai Serdik atau kualifikasi pendidikan ybs.

b. Seluruh peserta dapat melamar di instansi lain.

c. Bagi peserta yang tidak lolos Tes Kesempatan Pertama dan Tes Kesempatan Kedua, nilai ujian yang diambil adalah nilai tertinggi antara Tes Kesempatan Pertama, Tes Kesempatan Kedua dan Tes Kesempatan Ketiga.

Sebagaimana diketahui dalam Seleksi PPPK Guru tahun 2021 ada kebijakan Afirmasi. Adapaun ketentuan kebijakan afirmasi PPK Guru adalah

1. Peserta yang memiliki Sertifikat Pendidik linear dengan jabatan yang dilamar mendapat nilai penuh sebesar 100% dari nilai maksimal Kompetensi Teknis

2. Peserta yang berusia di atas 35 tahun terhitung saat pendaftaran dan berstatus aktif mengajar sebagai guru selama 3 (tiga) tahun sampai dengan saat ini berdasarkan data Dapodik mendapatkan tambahan nilai sebesar 15% dari nilai maksimal Kompetensi Teknis

3. Peserta dari Penyandang Disabilitas mendapatkan tambahan nilai sebesar 10% dari nilai maksimal Kompetensi Teknis

4. Peserta dari THK-II dan aktif mengajar sebagai guru selama 3 (tiga) tahun sampai dengan saat ini berdasarkan data Dapodik mendapatkan tambahan nilai sebesar 10% dari nilai maksimal Kompetensi Teknis

5. Tambahan nilai sebagaimana dimaksud pada point (1), (2), (3) dan (4) berlaku kumulatif dengan nilai total maksimal Kompetensi Teknis sebesar 100% dari Nilai Kompetensi Teknis

Perlu diketahui bahwa batas usia melamar PPPK Guru adalah paling rendah 20 (dua puluh) tahun dan paling tinggi 59 (lima puluh sembilan) pada saat pendaftaran.

Adapaun Link Pendafatarn CPNS maupun PPPK tahun 2021 hanya melalui laman https://sscasn.bkn.go.id/ 

Pos terkait