2 Sumber Sejarah Kerajaan Singasari Lengkap

Loading...

Sejarah Kerajaan Singasari-Singosari merupakan salah satu kerajaan yang pernah berdiri di Jawa Timur (yang kebetulan berada di wilayah Malang (sekarang)). Kerajaan Singasari didirikan pada tahun 1222 oleh seorang tokoh bernama Ken Arok. Itu kemudian berakhir pada 1292 di bawah Raja Kertanegara. Untuk memahami sejarah kerajaan ini, dibutuhkan bahan-bahan sejarah. Singkatnya, sumber sejarah adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk merekonstruksi peristiwa sejarah masa lalu. Sumber yang dimaksud dapat berupa lisan, tulisan dan bentuk obyek.

Loading...

Lantas, bagaimana asal muasal sejarah Kerajaan Singasari? Apa manfaat belajar? Asal-usul sejarah kerajaan Singosari dapat digunakan untuk menentukan asal-usul kerajaan, nama ibu kota, silsilah raja, ekonomi, sosial, politik, kehidupan budaya dan masa kejayaan dan keruntuhannya.

2 Sumber Kerajaan Singasari

2 Sumber Sejarah Kerajaan Singasari Lengkap

Sumber sejarah Kerajaan Singasari terbagi menjadi dua jenis, yaitu sumber tertulis berupa buku dan benda berupa artefak candi dan prasasti. Inilah penjelasannya.

1. Kitab Kitab Sumber Sejarah Kerajaan Singasari

Buku-buku yang menjadi sumber informasi keberadaan Kerajaan Singasari adalah Nagarakretagama dan Praraton. Kitab Nagarakretagama disebut juga Kakawin Nagarakretagama. Buku ini ditulis oleh Mpu Pranca pada tahun 1365 ketika Majapahit berkuasa. Sekaligus, buku Ballaraton merupakan teks sastra di Jawa Tengah. Pararaton dalam bahasa Jawa Callaway itu sendiri adalah “Kitab Raja-Raja”.

Sumber Kitab Nagarakretagama

  • Saat pertama kali berdiri pada tahun 1222, ibu kota Kerajaan Singosari terletak di Kutalaha.
  • Kitab Negarakretagama menyatakan bahwa roh pendiri Kerajaan Tumepel diabadikan sebagai Dewa Siwa.
  • Silsilah Raja Singasari di Negarakertagama: 1) Rangga Rajasa Sang Girinathaputra (1222-1227), 2) Anusapati (1227-1248), Wisnuwardhana (1248-1254) dan Kertanegara (1254-1292).
  • Pemerintahan koalisi dibentuk antara Raja Wisnuwardhana dan Narasingamurti (ayah Laden Wijaya dan pendiri Majapahit).
  • Dalam buku ini juga disebutkan bahwa pada saat Raja Ketanegara berkuasa, wilayah Singasari di luar Jawa antara lain Bali, Barakula, Melayu, Gulun dan Pahang.

Sumber Kitab Pararaton

  • Kerajaan Singasari (Tumapel) awalnya merupakan daerah bawahan Kerajaan Kediri, namun kemudian dipisahkan dari daerah tersebut, tokoh utamanya bernama Ken Arok.
  • Di Ballaratton, orang-orang menjelaskan bahwa sebelum melawan Kediri, Ken Arok menggunakan julukan Bhatra Siwa yang melekat padanya. Versi Praraton Raja Singasari: 1) Raja Ssang AMurwabhumi (Raja Ssang AMurwabhumi) 1222-1247, 2) Anusapati (1247-1249), 3) Tojaya (1249-1250), Langwa Nei atau Wis Nouad Hana (1250-1272), 5) Ketanagara (1272-1292).
  • Latar belakang misi balas dendam berdarah. Dimulai dengan Ken Arok, anak tirinya bernama Anusapati dibunuh. Anusapati dibunuh oleh putra permaisuri Ken Arok, Tohjaya.
  • Pada saat yang sama, Raja Tohjaya meninggal karena dibunuh oleh putra Anusapati, Bersamaan dengan itu, pergantian raja Rangawuni oleh Kertanagara putranya sebagai raja.
  • Sama seperti Nagarakretagama, Pararaton dalam buku ini juga mengisahkan kaburnya Raden Wijaya yang berhasil lolos dari maut dengan bantuan Aria Wiraraja.

Baca Juga Pahlawan Revolusi Indonesia

2. Prasasti, dan Candi : Sumber Sejarah Kerajaan Singasari

Beberapa prasasti Kerajaan Singasari dapat dijadikan bahan sejarah, seperti Prasasti Kudadu yang membahas tentang nama resmi negara tersebut. Prasasti Mula Malurung menyatakan bahwa pendiri Tumapel adalah Dewa Siwa. Kemudian prasasti lainnya antara lain Prasasti Wuare, Prasasti Manjusari dan Prasasti Singasari yang dibuat pada tahun 1351 M.

Selain itu, sejarah asal muasal Kerajaan Singapura adalah sebuah kuil. Yang pertama adalah Candi Singosari di Kab. Malang juga dikenal sebagai Candi Cungkup atau Candi Menara. Kedua, Candi Jago terletak di daerah tersebut. Tumpang tindih, Kab. lebih buruk. Diperkirakan candi kedua dibangun pada abad ke-13, dan Candi Sumberawan ketiga. Candi tersebut terletak di daerah tersebut. Singosari, Malang. Dulunya candi ini digunakan sebagai tempat penyimpanan berbagai barang.

Selain ketiga candi tersebut, terdapat beberapa candi lainnya, seperti Candi Jawi dan Candi Kidal. Bukti keberadaan Kerajaan Singosari juga bisa didapatkan dari artefak berupa arca. Salah satu patung yang dimaksud adalah patung Devarapala.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, kita dapat melihat bahwa sejarah asal muasal Dinasti Singapura berasal dari Nagarakretagama, kitab Balaraton dan artefak sejarah tersebut di atas berupa prasasti, candi dan arca. Para ahli sejarah menggunakan data sejarah tersebut untuk mempelajari sebuah kerajaan guna membuktikan keberadaan kerajaan tersebut sehingga mereka dapat memahami sejarah masa lampau. Sekian pembahasan lengkap tentang sumber daya sejarah Kerajaan Singapura, semoga bermanfaat dan bermanfaat bagi pembaca sekalian. Silakan baca juga artikel menarik dan informatif lainnya tentang kerajaan yang pernah berdiri di nusantara. Terima kasih.

Loading...

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *