Sound Of Text TikTok 2021, Tutorial Cara Pakainya Mudah

Sound Of Text TikTok – fitur terbaru yang ditambahkan ke dalam aplikasi TikTok adalah kemampuan mengubah teks menjadi suara atau yang biasa disebut dengan teknologi sound of text. Fitur ini mulai diperkenalkan di penghujung tahun 2020 dan langsung populer digunakan oleh para pengguna TikTok dalam hitungan hari.

Sebenarnya, teknologi text-to-speech ini pertamakali dikenalkan oleh Google pada layanan Google Translate nya. Dengan semakin meningkatnya teknologi berbasis artificial intelligence, fitur text-to-speech ini berkembang implementasinya dalam berbagai platform termasuk ringtone WhatsApp dan juga sound of text TikTok.

Bacaan Lainnya

Tutorial Sound of Text TikTok 2021

Sound Of Text TikTok
Sound Of Text TikTok terbaru 2021

Pertama Buka aplikasi TikTok di hanphone kamu

Kedua muncul tampilan beranda tekan tombol plus ( + )

Tombol plus ( + ) fungsinya untuk mengunggah video dari album gallery atau merekam video secara langsung

Ketiga proses mengedit video yang sudah kamu rekam nih, untuk membuat Sound of Text TikTok kamu harus membuat tulisan terlebih dahulu. Membuat tulisan bisa kamu lakukan dengan menambahkan text to speech pada video klik tombol text. Saat membuat tulisan berupa kalimat atau kata-kata bisa juga menambahkan warna, mengatur ukuran besar kecil font tulisan untuk mempercantik tampilan video kamu agar menarik.

Keempat text kalimat yang sudah kamu buat tersebut kemudian klik tombol Text-to-speech. Kemudian  proses editing dengan menyesuaikan timeline, kemudian upload video yang sudah Anda buat dengan fitur sound of text tersebut.

Penjelasan Sound of Text TikTok

Sound of text TikTok fitur yang tersedia di aplikasi Tik Tok yang bisa mengubah tulisan menjadi suara. Nah Ketika membuat tulisan kalimat atau kata didalam video , tentunya bisa membuat tulisan tersebut menjadi bersuara dengan menggunakan fitur sound of text.

Keuntungan menggunakan Sound of Text TikTok

Fitur text to voice TikTok yang sedang viral ini bisa kamu ikutin langkahnya yang mudah agar konten video yang bisa mendapatkan jumlah views penonton banyak dan meningkatkan jumlah pengikut atau followers. Keuntungan lainnya kamu saat membuat konten bisa menghemat energi untuk tidak usah mengeluarkan suara asli kamu. Nantinya suara pada video kamu akan muncul sendiri setelah kamu menggunakan fitur text to speech TikTok ini.

Sound of Text TikTok Error atau tidak ?

Tidak semua pengguna dan pemilik akun aktif TikTok bisa mengakses fitur text to speech TikTok dalam video TikTok ada beberapa orang yang sudah bisa menggunakan fitur text to speech TikTok ada juga yang belum bisa mengaksesnya.

cara pakai sound of text di tiktok 2021

Cara Menggunakan Text to Speech di aplikasi TikTok

Buat beberapa tipe akun pengguna TikTok, bisa saja fitur text to speech ini belum tersedia. Sebagian besar pengguna TikTok yang dapat menikmati fitur sound of text adalah akun yang didaftarkan dari negara US (United States). Jika kamu belum mendapatkan fitur ini, kamu perlu bersabar hingga akhirnya fitur text to speech muncul di aplikasi TikTok kamu.

Untuk kamu yang sudah mendapatkan fitur konversi text-to-speech, berikut langkah-langkah yang perlu kamu lakukan dalam menggunakan fitur ini di TikTok:

  1. Buat atau upload konten video yang kamu miliki di aplikasi TikTok.
  2. Pilih opsi Text di bagian bawah untuk menambah tulisan lalu ketikkan kata-kata yang ingin kamu ubah menjadi suara
  3. Tekan tombol Done di pojok kanan atas aplikasi TikTok
cara sound of text di tiktok
cara sound of text di tiktok (credit: adweek.com)
  1. Selanjutnya, cukup klik tulisan yang tadi sudah kamu buat dan tunggu hingga muncul menu Text-to-Speech
  2. Pilih opsi Text-to-speech di menu paling atas dan tunggu hingga muncul suara hasil konversi dari tulisan kamu. Setelahnya, kamu dapat melanjutkan untuk menyunting postingan TikTok seperti biasa dengan tambahan suara sound of text dari tulisan yang kamu buat.

Bagaimana sobat DMO, mudah saja bukan menambahkan sound of text di dalam postingan TikTok? Buat kamu yang oenasaran dengan implementasi text to voice di aplikasi TikTok, berikut salah satu contoh penggunaanya:

https://www.tiktok.com/embed/v2/6906384084784663813?lang=id-ID

Bagaimana, cukup keren dan natural bukan hasil suara nya? Buat kamu yang belum bisa mendapatkan fitur ini, sebenarnya kamu tidak perlu khawatir. Karena di internet sangat banyak variasi sound of text keren yang bisa kamu akses secara gratis.

Diantara yang bisa kamu coba adalah freeTTS.comSoundoftext.com, dan VoiceMaker.in. Melihat tren teknologi text to voice yang tumbuh begitu pesat, suara robot mirip Siri-nya Apple ini tentu akan banyak menemani keseharian kita di masa depan. So, sudah kah kamu mencoba teknologi sound of text ini?

Pos terkait