Penyebab WiFi Lemot, Cara Mengatasi & Mempercepat Wifi Internet

Penyebab WiFi Lemot di Laptop dan android – Saat ini internet merupakan salah satu hal yang penting yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk bekerja, sekolah, jualan online, dan bahkan bermain game online. Jika internetnya lancar, tentunya semua yang dilakukan di dunia internet juga lancar. Sambungan wifi yang lemot memang sangat menjengkelkan. Browsing menjadi tidak lancar, main game terganggu, download jadi gagal, dan bawaannya ingin marah saja. Tapi tenang dulu, selalu ada cara mengatasi wifi lemot supaya koneksi jadi lebih lancar. Simak langkahnya di bawah ini!

Namun bagaimana jika internet Wifi yang kamu gunakan lemot? Pasti merasa jengkel bukan? Apalagi jika ketika kamu mengerjakan tugas sekolah dan tiba-tiba jaringan wifi di laptop kamu mendadak lemot, pastinya akan terganggu sekali kan?

Untuk penyebab wifi lemot sendiri pasti banyak yang bertanya kenapa dan cara mengatasi yang benar. Terlebih untuk koneksi di hp, biasanya akan sangat terasa sekali dibandingkan yang terhubung ke PC/Laptop via kabel. Jaringan internet lambat menyebabkan dan membuat orang kesal serta emosi. Maka dibutuhkan jalan keluar yang terbaik.

Yuk kita kupas semuanya tentang WiFi lemot padahal sinyal full, WiFi lemot padahal taat bayar dll dibawah ini.

Penyebab WiFi Lemot di Android dan PC

Penyebab WiFi Lemot dan cara mengatasinya

Apakah koneksi WiFi lemot sering kamu alami akhir-akhir ini ? Membuka situs atau nonton video Youtube di hp terasa lambat padahal sinyal full ? Pasti bikin bingung sekaligus jengkel, bukan ?

Koneksi internet seperti WiFi dianggap menjadi sebuah kebutuhan bagi semua orang, karena tanpa adanya internet aktivitas berselancar di dunia maya hingga streaming film favorit dapat terhambat. Pernahkah Anda merasa kesal saat sedang asyik streaming film namun tiba-tiba koneksi WiFi melambat?

Pasti Anda bertanya-tanya apa sebenarnya kenapa penyebab WiFi lemot. WiFi yang lambat atau lemot memang membuat kesal, karena koneksi internet yang lambat dapat menghambat aktivitas seperti browsing yang tidak lancar, streaming video tersendat, hingga terjadi lag ketika bermain game. Namun apa sebenarnya penyebab WiFi lemot secara tiba-tiba?

Nah berikut beberapa penyebab Wifi lemot di laptop yang kamu gunakan:

Melebihi Batas FUP

Tak banyak yang mengetahui bahwa FUP atau Fair Usage Policy dapat berpengaruh pada kuat tidaknya jaringan WiFi. FUP sendiri merupakan kebijakan yang mengatur penggunaan internet yang melebihi batas, sehingga apabila kecepatan internet Anda melebihi batas FUP secara tak langsung kecepatan internet akan dikurangi.

Ada Penghalang Wifi

Penyebab yang pertama yaitu karena terdapat penghalang. Perlu kamu ketahui bahwa sinyal wifi tidak bisa menembus lemari atau tembok. Semakin banyak tembok yang dilewati, semakin lemot jaringan wifi nya.

WiFi Mati belum dihidupkan

Sebelum berasumsi jaringan WiFi tiba-tiba lemot, ada baiknya terlebih dahulu periksa pengaturan WiFi Anda apakah masih dalam kondisi aktif ataukah mati. Karena bukan tidak mungkin jaringan WiFi tiba-tiba mati dengan sendirinya tanpa sebab yang pasti, untuk itu hal pertama yang perlu Anda periksa adalah apakah WiFi benar-benar dalam kondisi menyala atau tidak.

Unduhan File Terlalu Banyak

Apabila kamu memiliki hobi download, maka perhatikan juga lah kapasitasnya. Jangan sampai file-file yang kamu unduh melebihi batas wajar, karena hal tersebut dapat melambatkan koneksi internet. Alasannya, router WIFI akan memaksimalkan sinyal internetnya untuk menyelesaikan proses download tersebut. Sehingga, untuk mengakses yang lainnya menjadi lebih lambat.

Cara mengatasinya:

Upayakan untuk tidak terlalu serakah dalam mengunduh file, apalagi dengan jumlah size yang sangat besar. Kalau bisa, jangan langsung mengunduh banyak file sekaligus. Alangkah baiknya jika kamu mengunduhnya satu per satu. Supaya kamu dapat menikmati koneksi internet dan mengakses platform lainnya dengan stabil.

Posisi Router Tidak tinggi

Meskipun terlihat sepele, posisi router WiFi rupanya dapat menentukan kualitas jaringan. Agar sinyal WiFi dapat tertangkap dengan baik, tempatkan router di posisi tinggi, misalnya di atas jendela atau di atas lemari. Hindari menempatkan router di posisi rendah misalnya di lantai ataupun kolong meja, karena dapat membuat pancaran sinyal router sulit ditangkap oleh perangkat yang akan terhubung kuat. Ibarat antena TV, router WIFI tidak akan memiliki kinerja baik jika diletakkan di posisi yang agak rendah. Alasannya, sinyal yang akan ditangkap pun menjadi kurang maksimal. Maka dari itu, usahakanlah untuk meletakkan router WIFI di tempat yang cukup tinggi, agar perangkat ini mampu mendapatkan sinyal dengan sangat baik, seperti di atas meja.

Jarak Antara Perangkat Keras dan Router Terlalu Jauh

Penyebab yang kedua yaitu jarak antara perangkat keras dan router terlalu jauh. Hal ini juga bisa menyebabkan sinyal wifi lemah atau lemot. Jadi apstikan jangan terlalu jauh untuk jaraknya agar sinyal wifi bisa lancar sesuai keinginan kamu. Koneksi internet menjadi lemot juga bisa disebabkan oleh banyaknya perangkat elektronik lain yang berdekatan, karena perangkat elektronik memancarkan gelombang elektromagnetik yang dapat mengganggu sinyal sehingga router WIFI tidak bisa bekerja secara optimal. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk tidak menaruh barang elektronik lain seperti, handphone, speaker, televisi, dan sebagainya di dekat router WIFI, maupun sebaliknya (tidak meletakkan router WIFI di dekat barang elektronik lainnya.

Koneksi Kabel LAN Terdapat masalah

Penyebab WIFI lemot selanjutnya bisa jadi dari perangkat router WIFI-nya. Coba Hinet Lovers periksakan bagian kabel LAN yang terhubung ke router WIFI. Apakah pemasangannya sudah benar atau kamu malah salah menyambungkan kabel LAN, atau bahkan kabel LAN longgar dan belum tersambung.

Cara mengatasinya:

Apabila kamu sudah sadar letak kesalahan kabel LAN ada dimana, kamu bisa langsung perbaiki dan menyambungkannya ke port yang benar.

Namun jika kamu belum terlalu paham, ada baiknya jika dirimu membaca buku petunjuk terlebih dahulu ke arah cara pemasangannya. Kalau masih belum paham juga, segera hubungi pihak provider penyedia router WIFI tersebut agar dapat diperbaiki dengan yang ahlinya.

Terdapat Perangkat Lain yang Mengganggu

Penyebab yang ketiga yaitu terdapat perangkat lain yang mengganggu seperti microwafe, telepon nirkabel, CCTV wireless, speaker nirkable dan baby monitor. Perangkat tersebut bekerja pada frekuensi yang sama dnegan wifi yakni 2.5 GHz.

Posisi Router sangat jauh

Selain terlalu rendah, posisi router yang terlalu jauh pun dapat menyebabkan jaringan WiFi menjadi lemot. Prinsipnya adalah semakin jauh posisi perangkat yang akan terhubung dengan router, maka sinyal yang diterima pun akan semakin melemah. Namun apabila tidak memungkinkan, Anda dapat menggunakan repeater agar jangkauan WiFi dapat bertambah kuat dan luas. Setiap router WIFI pasti mempunyai cakupan atau kapasitas jangkauannya. Apabila kamu menempatkan router WIFI agak jauh, maka secara tidak langsung kamu tidak akan mendapatkan koneksi internet dengan maksimal. Cobalah untuk menempatkan router WIFI di spot yang sering kamu singgahi. Sebagai misal, kamu lebih sering menempati area ruang keluarga, maka letakkanlah router WIFI tersebut di sana atau di ruangan yang berdekatan dengan ruang keluarga.

Provider Wifi Bermasalah

Tak hanya router yang berperan penting dalam koneksi jaringan WiFi, ISP (Internet Service Provider) atau penyedia jaringan internet juga memiliki peran penting sebagai penyedia jaringan WiFi. Apabila terjadi masalah pada ISP, bukan tak mungkin WiFi menjadi lemot atau bahkan tidak dapat terhubung dengan internet sama sekali.

Jika terjadi masalah pada ISP, Anda dapat menghubungi pihak ISP untuk memberitahukan perihal masalah yang Anda alami. Agar segera dilakukan pemeriksaan dan juga penanganan yang tepat dan terukur dengan baik.

Letak permasalahan sinyal WIFI lemot tidak hanya dari faktor eksternalnya saja, melainkan juga dari faktor internal, yaitu providernya. Apabila kamu sudah mengecek perangkat router WIFI dan tidak ditemui letak permasalahannya, jadi bisa langsung kamu simpulkan kalau providernya lah yang memang kurang berkompeten.

Cara mengatasinya:

Gantilah ke provider yang jauh lebih memumpuni. Tentunya dalam hal sinyal. Internet provider terbaik pasti akan memberikan koneksi internet yang stabil dan bisa digunakan selama 24 jam penuh dengan optimal.

Banyak Pengguna Wifi yang memakai

Memang sudah kodratnya kalau WIFI digunakan bisa digunakan oleh siapapun, asalkan mereka berada di dalam jangkauannya. Bahkan, WIFI mampu menampung beberapa pengguna. Hal ini bisa dijadikan sebagai faktor penyebab WIFI menjadi lemot.

Terlalu banyak orang yang menghubungkan perangkatnya ke WIFI atau secara bersamaan, maka tidak menutup kemungkinan juga kalau kamu akan merasakan kesulitan menjelajahi dunia online dengan baik.

Cara mengatasinya:

Usahakan untuk tidak menghubungkan terlalu banyak perangkat ke WIFI. Sebagai contoh, jika kamu sudah menghubungkan perangkat PC/laptop ke WIFI, jangan pula kamu menghubungkan HP ke WIFI.

Kedua, gantilah password WIFI agar tidak ada sembarang orang yang asal terhubung ke jaringan WIFI milikmu. Pastikan password yang kamu set memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dan hanya dirimu atau keluargamu saja yang tahu. Jika yang terhubung masih keluarga dekat bukanlah masalah, namun jika teman-temanmu atau tetanggamu ikut “nimbrung” memakainya juga, maka siap-siap saja koneksi menjadi lemot.

Cara Mengatasi Wifi Lemot Ampuh Paling Work

Lemotnya jaringan Wifi di handphone (HP) atau laptop tentu mengganggu aktivitas berselancar di dunia digital.

Biasanya memakai Wifi itu di kampus, cafe, kantor, milik pribadi di rumah, dan lainnya. Nah permasalahannya kenapa Wifi jadi lambat? Itu yang harus dicari penyebabnya. Supaya dapat tau juga cara mengatasi jaringan Wifi lemot di HP atau laptop.

Penyebab Wifi jadi lemot itu ada dua kategori, yakni internal dan eksternal. Internal adalah gangguan sinyal Wifi yang berasal dari dalam perangkat.

Contohnya internal, ada kerusakan di Router, pembatasan limit pemakaian, pemilihan paket, dan kabel LAN yang menghubungkan pancaran sinyal. Serta, router terputus, laptop sedang mengupdate, dan masih banyak lagi.

Sedangkan untuk permaslahan ekternal adalah gangguang yang berasal dari luar perangkat atau kendali manusia. Misalnya, sedang hujan lebat, sekitar rumah banyak pohon besar, bangunan tinggi, atau sudah banyak Wifi yang memasang. Lalu, ada benda yang mengganggu aliran sinyal dan lainnya.

Banyak penyebab kenapa wifi lemot yang sudah kamu ketahui. Kini saatnya bagaimana sih cara mengatasi Wifi Lemot? Nah berikut beberapa cara untuk mengatasi wifi lemot:

Memindahkan Router ke dekat Perangkat Keras

Cara mengatasi yang pertama yaitu coba pindahkan router ke dekat perangkat keras. Cobalah seperti itu agar mendapatkan koneksi wifi yang lancar dan tidak lemot.

Ubah Pengaturan Bandwidth

Cara mengatasi wifi lemot bisa dengan mengatur setting bandwidth-nya. Sebelumnya, pastikan bahwa modem kamu sudah on. Tunggu dalam 20 menit. Jika tidak ada yang berubah dan koneksi masih saja seperti siput, maka kamu bisa melangkah ke pengaturan bandwidth ke frekuensi yang lebih besar agar jaringan internet lebih lancar.

Begini caranya:

Cari menu Run pada Windows à  ketik gpedit.msc à klik konfigurasi komputer à template administrasi à jaringan à QoS packed scheduler à double klik limit reservable bandwidth à pilih enable à ganti bandwidth limit à restart komputer.

Pakai WiFi Switcher

Download WiFi Switcher di Google Play Store. Pilih aplikasi switcher yang dikelola oleh Cloudie Development. Setelah instalasi aplikasi di smarthphone selesai, klik Izinkan pada notifikasi yang muncul. Izin ini dibutuhkan supaya WiFi Switcher berfungsi. Buka aplikasi dan pilih menu yang ada agar koneksi wifi stabil kembali.

Letakkan Router di Tempat yang Lebih Tinggi atau Tidak Terhalangi

Cara mengatasi yang kedua yaitu cobahlah pindahkan router ke tempat yang lebih tinggi agar tidak terhalangi tembok, dinding atau kayu yang menghalangi sinyal wifi tersebut.

Hal ini agar sinyal wifi bisa bergerak leluasa dan jaringan wifi akan lancar seperti yang kamu inginkan.

Restart Router

Cara mengatasi yang ketiga yaitu cobalah untuk melakukan restart router selama kurang lebih satu menit yaitu dnegan cara matikans elama satu menit, kemudian nyalakan kembali.

Gunakan Browser dengan Koneksi yang Lebih Hemat

Cara mengatasi yang keempat yaitu cobalah gunakan browser dengan koneksi yang lebih hemat. Adapun browser yang lebih hemat seperti Opera Mini dan Chrome yang mana bisa bekerja lebih hemat melalui fitur lite mode.

Cara Mempercepat koneksi WiFi di android

Nah, jika kamu mengalami WiFi lemot di rumah, ternyata ada sejumlah trik loh yang bisa membuat koneksinya lebih kencang. Setelah mengetahui penyebab WiFi lemot, ada baiknya untuk mengetahui bagaimana mengatasi sinyal WiFi yang lemot tiba-tiba. Tentunya agar semakin lengkap rasanya apabila ada masalah, lalu diberikan solusi terbaiknya. Yuk kita simak dibawah.

Internet kini menjadi kebutuhan utama masyarakat yang senantiasa beraktivitas secara daring. Dengan teknologi jaringan semakin canggih orang dapat menikmat beragam konten dengan cepat. Salah satu jenis koneksi internet yang biasa digunakan untuk online adalah WiFi.

Kecepatan WiFi yang tinggi dan koneksi yang stabil adalah alasan utama mengapa orang memasang Wifi rumah, misalnya paket Indihome. Namun demikian bukan berarti tidak ada kendala selama internetan menggunakan WiFi. Ada kalanya kecepatan internet melambat bahkan terputus tiba-tiba meskipun sinyal penuh. Pastinya keadaan ini membuat aktivitas menjadi terhambat, bahkan berdampak pada menurunnya produktivitas kerja.

Untuk mengetahui cepat atau lambatnya kecepatan akses internet di perangkat coba kamu lakukan uji kecepatan internet. Salah satu cara menguji kecepatan internet misalnya melalui website speed test.

Penasaran apa saja cara mempercepat jaringan WiFi di android dan laptop?

Menjauhkan Router Dari Perangkat Elektronik

Terdapat beberapa perangkat elektronik yang dapat mengganggu kelancaran sinyal WiFi, sebut saja telepon tanpa kabel, lampu LED, microwave, bahkan koneksi bluetooth. Karena itulah Anda dapat menempatkan router di posisi yang jauh dari perangkat-perangkat tersebut.

Menggunakan Web Dengan Koneksi Hemat

Pemilihan browser juga dapat mendukung kecepatan internet, terlebih apabila Anda kerap berselancar di dunia maya dengan browsing menggunakan browser. Solusinya Anda dapat memilih menggunakan browser yang mendukung koneksi hemat dan tidak menyedot bandwith banyak data. Browser yang bisa Anda pilih misalnya Chrome dengan fitur “lite mode“, Opera Mini dengan fitur “Opera Turbo“, dan masih banyak lagi.

Lindungi WiFi dari orang lain

Banyak oknum nakal yang pintar mencuri sinyal WiFi rumah orang, sehingga sinyal internet semakin terbatas.

Untuk menghindari hal ini, kamu bisa mengganti username dan password default administrator, mengganti SSID, mengganti mode keamanan menjadi WPA2, dan pilih password panjang yang susah ditebak.

Ubah Pengaturan DNS Komputer

DNS merupakan menu pencarian nama pada komputer yang menggunakan TCP atau IP. Mengubah setting DNS akan memperbaiki koneksi internet kamu. Ubah DNS komputer melalui DNS Google. Bila setelah pengaturan berubah konek internet tetap lambat, lakukan reset jaringan dan flushing.  Caranya, klik kanan à pilih menu Run Administrator à ketik flushdns à tekan enter, lalu akses internet beberapa kali.

Pilih Provider yang Terkenal

Cara mempercepat wifi lemot bisa juga dengan pemilihan provider yang terkenal dan banyak digunakan. Cari provider dengan jaringan internet yang kuat dan harga kuota yang cukup terjangkau. Terkadang, kamu harus membayar sedikit lebih malah untuk provider yang memang sudah terbukti bagus. Sesuaikan juga dengan lokasi kamu berada. Terkadang, tidak semua provider memiliki jaringan yang kuat di seluruh daerah.