Penyebab Filter IG Tidak Didukung di Perangkat Anda

Penyebab Filter IG Tidak Didukung di Perangkat Anda – pertanyaan yang muncul untuk pengguna jejaring sosial adah kenapa Filter IG Tidak Didukung di Perangkat Anda? bagaimana cara memperbaiki amsalah tersebut? terjadinya Filter IG Tidak Didukung di Perangkat muncul di aplikasi instagram ini banyak hal dan sebab yang harus diatasi, Jika sumber daya tidak berfungsi, ada kemungkinan kegagalan yang membutuhkan perbaikan cepat. Artikel ini menyajikan jenis kesalahan utama dan solusinya.

Instagram tidak didukung di perangkat Anda

Penyebab Filter IG Tidak Didukung di Perangkat Anda

Jika pengguna mencoba mengunduh aplikasi jaringan foto, tetapi ternyata tidak kompatibel dengan perangkat utama, ini bukan alasan untuk membatalkan rencana tersebut. Dalam sistem operasi populer, semuanya dipikirkan dengan cukup baik. Ada banyak cara untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan dan menghilangkan kesalahan, yang memungkinkan Anda untuk menggunakan aplikasi sepenuhnya.

Filter wajah di Instagram mulai muncul pada 16 Mei 2017. Fitur baru yang mirip dengan Snapchat ini diharapkan mampu menarik minat dan ketertarikan pengguna terhadap Instagram. Tapi, beberapa pengguna Instagram tidak memiliki filter wajah ini di Instagram mereka padahal aplikasi instagram sudah di-upgrade.

Tentu akan sangat disayangkan jika instagram Anda tidak memiliki fitur baru ini. Padahal, ada banyak jenis filter wajah di Instagram yang bisa Anda coba dan Anda upload ke Story Anda atau cukup menyimpannya di galeri. Filter wajah ini dapat digunakan pada kamera depan dan juga kamera belakang.

Untuk permasalahan ini sendiri, ada beberapa penyebabnya. Pada artikel ini, saya akan menjelaskan beberapa alasan kenapa filter wajah di Instagram tidak muncul padahal sudah di-upgrade beserta solusinya. Untuk mengetahuinya, mari simak penjelasan dibawah ini.

Panduan Cara Mengatasi Kenapa Filter IG Tidak Bisa Digunakan Tidak didukung Perangkat anda

Fitur Instagram Story kini semakin seru dengan hadirnya berbagai filter unik dan interaktif. Kamu bisa memilih sejumlah filter yang tersedia, mulai filter warna biasa hingga kuis-kuisan.

Nggak cuma memilih, bahkan kamu juga bisa membuatnya sendiri, Menggunakan Instagram (IG) jadi makin asyik karena tambahan fitur ini. Tapi terkadang, tiba-tiba filter Instagram tidak mau muncul dan hanya memunculkan ikon loading yang terus berputar-putar.

Seperti kita tahu, platform media sosial Instagram di bekali dengan beragam fitur menarik untuk para penggunanya. Mulai dari fitur IG tv, story instagram, online shop  instagram, katalog IG, dan juga fitur yang saat ini sedang trending dan ramai digunakan oleh banyak pengguna, filter instagram.

Dalam fitur ini, ada banyak pilihan menarik yang bisa digunakan pengguna untuk berkreasi dengan akun Instagram mereka. Seperti truth or dare, flappy bird, insta meat  atau juga head quiz  yang juga banyak di gandrungi oleh para pengguna untuk di mainkan di akun mereka.

Terlepas dari popularitas fitur filter Instagram ini, ternyata dalam beberapa kasus di temui jika fitur yang satu ini tidak bisa berjalan sempurna bahkan ada yang tidak bisa tampil sama sekali di akun instagram pengguna.

Apakah saat ini masalah filter instagram tidak mau muncul di akun IG ini tengah menimpa kamu? hal ini terasa cukup menjengkelkan bukan ?

Daripada kamu bertanya-tanya kenapa Filter IG Tidak Didukung di Perangkat Anda atau filter Instagram tidak muncul padahal sudah diupgrade, kamu bisa cek cara mengatasinya di bawah ini.

Penyebab Filter Instagram Tidak Didukung di Perangkat

Tidak jarang melihat pengguna Instagram mengeluh bahwa filter Stories tidak muncul karena tidak didukung perangkat. Masalahnya dapat terjadi karena berbagai alasan, dari ketidakcocokan perangkat ke bug dalam versi aplikasi. Jika efeknya tidak tersedia atau hilang dari aplikasi Anda, Anda dapat mencoba mencapainya dengan beberapa prosedur sederhana Filter Instagram Tidak Didukung di Perangkat Anda.

Bisa jadi terdapat beberapa penyebab yang membuat aplikasi atau perangkat tidak bisa memuat filter, seperti:

Aplikasi Belum Terupdate

Salah satu penyebab yang paling sering terjadi ketika filter tidak bisa dimuat dalam ponsel adalah karena aplikasi yang belum diupdate.

Aplikasi versi lama memang seringkali menyebabkan munculnya bug yang mengganggu sistem sehingga tidak bisa berjalan seperti biasanya.

Sinyal Internet Lemot

Sinyal Internet yang lemot bisa menjadi penyebab kenapa kamu tiba-tiba tidak bisa menggunakan Filter Face Instagram. Aplikasi Instagram merupakan aplikasi yang berjalan dengan memanfaatkan Internet. Sedangkan Filter Face merupakan fitur yang cukup lumayan menggunakan banyak kuota untuk dapat memunculkannya.

Pastikan kamu sudah menggunakan Provider Internet yang cepat. Atau kamu bisa mencoba menggunakan WiFi tetangga atau teman untuk mengetes akun Instagram kamu. Filter yang tidak dapat dimuat dalam ponsel Anda bisa jadi karena koneksi internet yang sedang Anda gunakan buruk.

Biasanya hal ini terjadi ketika Anda sedang berada dalam ruangan sehingga sinyal tidak bisa masuk dengan bebas.

Smartphone Tidak Memadai

Sudah coba ke 5 cara tadi tetapi ternyata fitur Filter Face Instagram juga tidak muncul? Bisa jadi Smartphone kamu tidak compatible lagi untuk mendukung fitur Filter Face ini.

Filter Face terbaru pastinya akan mengintegrasikan teknologi terkini alias update agar bisa menyesuaikan. Coba kamu cek terlebih dahulu deskripsi yang tertera di PlayStore saat ingin mengupdate aplikasi Instagram.

Biasanya akan ada penjelasan terkait Smartphone yang bisa menggunakan fitur terbaru, termasuk Filter Face Instagram ini. Ketika ada tulisan filter tidak didukung oleh perangkat bisa jadi karena ponsel atau perangkat yang Anda gunakan memang tidak kompatibel.

Hal ini bisa terjadi apabila filter memerlukan terlalu banyak data atau ruang untuk bisa dimuat. Bisa juga terjadi apabila perangkat Anda tidak memiliki sistem yang support untuk bisa memuat filter.

Cache Aplikasi Penuh

Tentu Anda sudah sering mendengarkan tentang istilah cache ini. Cache merupakan sebuah proses yang membutuhkan penyimpanan data dan memori untuk bisa berjalan.

Apabila terlalu penuh, maka bisa jadi perangkat akan melambat dan tidak bisa memuat filter yang Anda inginkan.

Mengatasi Filter Ig Tidak didukung Perangkat Anda

Sebelum Anda mulai menyelesaikan masalah, ada baiknya menjelajahi penyebab utama, penampilan kegagalan, dan opsi untuk memperbaikinya. Setelah mengetahui alasan yang menyebabkan masalah, Anda dapat melakukan tindakan tertentu dan menginstal aplikasi yang tidak kompatibel. Jika aplikasi yang diunduh tidak berfungsi dan mendukung fungsi bawaan pada perangkat Anda, Anda harus melakukan rekomendasi yang dijelaskan dalam artikel dan melakukan manipulasi sederhana untuk memperbaiki masalah dan kesalahan. Jika semuanya gagal, pengguna selalu dapat menghubungi dukungan, mereka akan memberi tahu Anda apa yang harus dilakukan.

Namun jika amsalah tersebut memang tidak bisa menyelesaikan Filter Ig Tidak didukung Perangkat Anda, silahkan gunakan cara dibawah ini

Silahkan Logout dan masuk akun ig Kembali

Cara mengatasi filter Instagram yang tidak muncul bisa dengan melakukan logout dan login kembali akun dari aplikasi Instagram. Cara ini bisa mengatasi berbagai masalah Instagram, termasuk filter yang tidak muncul.

Untuk logout akun dari aplikasi Instagram cukup mudah. Masuk ke menu Profil > tekan ikon garis tiga di pojok atas > pilih menu Pengaturan > gulir ke bawah dan pilih Logout Akun.

Setelah berhasil logout, selanjutnya coba tutup aplikasi Instagram, lalu membukannya kembali. Selanjutnya silahkan login dengan memasukan username dan password akun. Kemudian cek filter muncul atau belum.

Perangkat Anda Tidak Memenuhi System Requirement (Tidak Kompatibel)

Tidak semua hp dapat menjalan beberapa aplikasi tertentu. Aplikasi hanya dapat dijalankan pada hp yang mendukungnya. Artinya spesifikasi Hp harus sesuai dengan system requirement dari aplikasi tersebut. Hal ini juga berlaku untuk filter wajah Instagram. Instagram sendiri telah memberikan batasan terkait sistem operasi Android yang mana sajakah yang bisa menerima fitur-fitur baru mereka.

Aplikasi Instagram di berhentikan melalui pengaturan

Kenapa filter Instagram tidak muncul padahal sudah di upgrade? Umumnya hal itu terjadi karena ada kesalahan dalam memuat file aplikasi. Untuk mengatasinya bisa dengan menghentikan paksa aplikasi Instagram.

Tujuannya supaya aplikasi Instagram berhenti berjalan dan saat jalankan kembali aplikasi memuat file aplikasi yang sudah diperbarui. Jadi error seperti filter Instagram tidak muncul bisa dihindari.

Cara paksa berhenti aplikasi bisa pertama buka menu Setelan > Aplikasi & Notifikasi > cari dan pilih aplikasi Instagram > pilih opsi Paksa Berhenti > Paksa berhenti? pilih Oke.

Sering menemukan akun Instagram yang mengganggu? Kita bisa melaporkan akun tersebut ke pihak Instagram,

Hapus & Install Instagram Kembali

Jika ketiga cara diatas tidak bekerja, Anda dapat mencoba cara yang satu ini. Cobalah untuk menghapus aplikasi Instagram Anda lalu install kembali. Beberapa pengguna Instagram yang mengalami masalah serupa juga melakukan cara ini dan mereka berhasil.

Bersihkan Cache Ponsel

Jika dengan menghentikan aplikasi tidak membuahkan hasil, selanjutnya coba untuk menghapus penyimpanan dan cache aplikasi Instagram. Tujuannya untuk menghapus file sampah yang menumpuk.

Jika kita perhatikan, ukuran aplikasi Instagram bisa cukup besar dibandingkan aplikasi lainnya. Jika penyimpanan data dan cachenya lama tidak dibersihkan ukurannya bisa lebih dari 1GB.

Nah, agar aplikasi tidak memenuhi ruang penyimpanan ponsel sebaiknya rutin membersihkan data dan cache aplikasi Instagram, bisa satu minggu sekali atau satu bulan sekali.

Caranya cukup mudah, pertama masuk ke menu Setelan > Aplikasi & Notifikasi > cari dan pilih aplikasi Instagram > pilih Penyimpanan > tekan tombol Hapus Penyimpanan dan Hapus Cache.

Report a Problem (Melaporkan Masalah kepada Pihak Instagram)

Jika kedelapan cara diatas masih belum berhasil maka Anda dapat mencoba untuk melaporkan masalah ini kepada pihak Instagram. Siapkan bukti bahwa Anda tidak memiliki fitur filter wajah pada Insta Story Anda dengan men-capture fitur Insta Story Anda.

Ketuk menu Report a Problem kemudian ketuk lagi Report a ProblemKetuk “+” untuk mengupload bukti screenshoot-nya. Masukkan laporan Anda dengan memberikan keterangan bahwa fitur filter wajah tidak muncul di Instagram Anda padahal sudah di-upgrade. Disini, Anda bisa menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris (saya sarankan Anda untuk menggunakan bahasa Inggris). Anda sebaiknya mengirimkan laporan yang detail dengan menyertakan beberapa informasi seperti jenis hp atau perangkat yang Anda gunakan serta langkah apa yang sudah Anda ambil untuk mengatasi masalah tersebut.

Kirim laporan dan tunggu hingga Anda mendapatkan notifikasi yang bertuliskan “Instagram bug reported”.  Tetapi, jika Anda belum mendapatkan notifikasi tersebut, Anda dapat mengirim ulang laporan setelah 3-5 hari. Kenapa? Karena jika Anda mengirim laporan secara beruntun, laporan Anda bisa saja dianggap spam.

Jika Anda mendapatkan notifikasi tersebut, jangan kirimkan laporan Anda kembali. Tunggu saja sampai fitur filter wajah di Instagram Anda muncul. Mungkin prosesnya tidak akan cepat tetapi pasti akan diproses. Berdasarkan pengguna lain, filter wajah Instagram-nya baru muncul sekitar sebulan setelah dia melaporkannya ke pihak Instagram bahkan ada juga yang tidak sampai sehari, masalahnya sudah diselesaikan oleh pihak Instagram.

Apa tandanya laporan Anda sudah diproses? Jika laporan Anda sudah diproses maka filter wajah akan muncul di Instagram Anda. Jadi, jika belum, Anda sebaiknya bersabar.  Menu Report a Problem ini bukan hanya dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini saja, tetapi Anda juga dapat menggunakannya untuk melaporkan masalah lainnya.

Restart Hp

Meski nampak sepele, namun dengan cara melakukan restart ponsel bisa mengatasi berbagai masalah yang ada pada ponsel, termasuk mengatasi filter Instagram yang loading lama.

Bisa jadi penyebab filter Instagram tidak muncul karena RAM ponsel terkuras habis karena terlalu banyak menjalankan aplikasi. Dengan melakukan restart, sebagian aplikasi terhenti.

Saat melakukan restart ponsel disarankan untuk melakukan logout akun dari aplikasi Instagram. Setelah ponsel kembali hidup, silahkan buka Instagram dan login kembali. Lalu coba buka fitur Story untuk memastikan Filter sudah bisa digunakan lagi.

Percepat Koneksi Internet Anda denan wifi

Pastikan kecepatan koneksi internet Anda tidak lemot alias stabil saat melakukan update aplikasi Instagram. Koneksi internet yang lemot terkadang bisa menghambat proses update aplikasi Instagram Anda. Alhasilnya, pembaharuan tidak berjalan dengan baik atau sempurna. Ada beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mempercepat koneksi internet yang bisa Anda install melalui Play Store atau Google Play.

Mungkin itu saja Solusi Filter IG Tidak Didukung di Perangkat Anda. Jika ada pertanyaan, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Dan jangan lupa Share di media sosial kamu yah.