Tekno

Pemberitahuan WhatsApp di Status Apa Sih Kebijakan Baru untuk Pengguna

Loading...

Muncul sebuah Pemberitahuan WhatsApp di Status pengguna Apa Sih Kebijakan Baru untuk Pengguna whatsapp ini. Simak yuk

Aplikasi pesan WhatsApp mulai menyebarkan status ke sejumlah penggunanya, Jumat (29/1/2021) pagi. Status dari WhatsApp tersebut merupakan respon terhadap banyaknya disinformasi yang beredar terkait kebijakan privasi dari aplikasi tersebut.

“WhatsApp sekarang membagikan informasi di Status. Di sini Anda dapat mengetahui informasi dan fitur baru,” tulis WhatsApp di fitur statusnya.

Menanggapi hal tersebut, WhatsApp APAC Communications Director Sravanthi Dev mengatakan, status ini merupakan inisiatif WhatsApp untuk membantu pengguna memahami bagaimana WhatsApp melindungi privasi dan keamanan pengguna.

“Ke depannya, WhatsApp akan menggunakan ‘status’ ini untuk menyampaikan secara langsung update-update kepada pengguna,” kata Dev sebagaimana dikutip dari Tempo.co.

Postingan update pertama yang WhatsApp unggah ke ‘status’ bertujuan untuk menegaskan WhatsApp, maupun Facebook, tidak dapat melihat ataupun mengakses pesan pengguna karena terlindungi oleh enkripsi end-to-end.

Setelah ingin menggulirkan kebijakan privasi yang baru, WhatsApp kali ini memanfaatkan fitur satus untuk memberikan informasi terbaru bagi penggunanya.

WhatsApp Status biasanya hanya muncul saat pertama kali pengguna baru membuat akun WhatsApp. Bahasa di Status baru WhatsApp akan mengikuti pengaturan umum di ponsel. Ketika Status dibuka, ada empat slide status yang terpampang.

WhatsApp menuliskan bahwa WhatsApp “membagikan informasi di Status” di mana pengguna akan memperoleh informasi dan pembaruan fitur baru langsung dari WhatsApp.

Di beberapa silde Status berikutnya, anak perusahaan Facebook itu menekankan kembali bahwa mereka akan tetap berkomitmen dengan perivasi pengguna.

“WhatsApp tidak dapat membaca atau mendengnarkan percakapan pribadi Anda karena percakapan tersebut terenkripsi secara end-to-end,” tulis WhatsApp seperti pernyataannya beberapa waktu lalu untuk menanggapi rumor terkait perubahan kebijakan privasi pengguna.

Sebelummya, WhatsApp berencana meggulirkan pembaruan kebijakan privasi pada 8 Februari mendatang. Namun karena mendapat banyak kritikan, pemberlakuan kebijakan tersebut diundur hingga 15 Mei, dengan alasan agar pengguna lebih memahami maksud kebijakan baru.

Membagikan informasi lewat WhatsApp Status ini menjadi salah satu strategi WhatsApp untuk “menjernihkan” informasi terkait kebijakan privasi.

Penyimpanan Penuh Akibat Chat WhatsApp Terlalu Banyak

Empat isi Status WhatsApp

Status pertama. WhatsApp menuliskan bahwa WhatsApp akan membagikan informasi di Status, di mana pengguna akan memperoleh informasi dan pembaruan fitur baru langsung dari WhatsApp.

“WhatsApp sekarang membagikan informasi di Status,” tulis WhatsApp.

Status kedua. Pada status selanjutnya WhatsApp menulis bahwa mereka berkomitmen untuk menjaga privasi.  “Satu hal yang tidak baru adalah komitmen kami terhadap privasi Anda,” tulis WhatsApp.

Begini Isi dan Tampilan Pemberitahuan WhatsApp yang Muncul di Status Pengguna

 belakangan membuat resah para pengguna whatsapp dengan pengumuman serangkaian kebijakan privasi baru.

Salah satu isi dari kebijakan itu menyebut bahwa sejumlah data pengguna akan dibagikan dengan perusahaan induk WhatsApp, Facebook. Apabila pengguna tidak setuju, maka akun WhatsApp mereka terancam bakal tidak bisa digunakan lagi.

Ultimatum tersebut langsung membuat pengguna khawatir, sebagian kemudian sudah memutuskan pindah ke aplikasi chat lain.

WhatsApp pun langsung merasakan penurunan jumlah instalasi aplikasi dan pada saat yang sama aplikasi lain, seperti Telegram dan Signal mendapat limpahan pengguna baru.

WhatsApp tak tinggal diam. Mereka pun melakukan berbagai usaha untuk meredam keresahan pengguna, mulai dari membuat pernyataan klarifikasi, menunda penerapan kebijakan, hingga memasang iklan di koran.

Langkah tersebut ternyata belum cukup. Hari ini, Jumat (29/1/2021), WhatsApp membuat heboh pengguna Whatsapp sedunia. WhatsApp mengunggah Status yang dapat dilihat di aplikasi pengguna. Isinya masih seputar klaim keamanan data di WhatsApp.

Ini adalah pertama kalinya WhatsApp memanfaatkan fitur Status untuk memberikan informasi terbaru bagi penggunanya. WhatsApp Status seperti ini biasanya hanya muncul saat pertama kali pengguna baru membuat akun WhatsApp.

Bahasa di Status baru WhatsApp akan mengikuti pengaturan umum di ponsel. Ketika Status dibuka, ada empat slide Status yang terpampang.

Empat isi Status WhatsApp

pemberitahuan whatsapp status pengguna
Loading...
pemberitahuan whatsapp status

Status pertama. WhatsApp menuliskan bahwa WhatsApp akan membagikan informasi di Status, di mana pengguna akan memperoleh informasi dan pembaruan fitur baru langsung dari WhatsApp.

“WhatsApp sekarang membagikan informasi di Status,” tulis WhatsApp.

Status kedua. Pada status selanjutnya WhatsApp menulis bahwa mereka berkomitmen untuk menjaga privasi.  “Satu hal yang tidak baru adalah komitmen kami terhadap privasi Anda,” tulis WhatsApp.Ilustrasi aplikasi perpesanan Telegram, Signal, WhatsAppLihat FotoStatus ketiga, WhatsApp menekankan kembali bahwa mereka akan tetap berkomitmen dengan perivasi pengguna.

“WhatsApp tidak dapat membaca atau mendengarkan percakapan pribadi Anda karena percakapan tersebut terenkripsi secara end-to-end,” tulis WhatsApp seperti pernyataannya beberapa waktu lalu untuk menanggapi rumor terkait perubahan kebijakan privasi pengguna,” tulis WhatsApp pada status ketiga.

“Nantikan informasi terbaru lainnya dari kami,” demikian isi status keempat WhatsApp.

Tampilan Status WhatsApp

Status yang diunggah WhatsApp tersebut sontak membuat hebot warganet khususnya pengguna WhatsApp di Indonesia. Mereka beramai-ramai menyuarakan dan mengunggah kehadiran Status WhatsApp tersebut di media sosial.

Ada juga yang melewatkan Status WhatsApp tersebut dan kemudian berusaha mencarinya di aplikasi. Namun jika sudah membukanya meski tidak sempat membacanya, Anda tidak dapat melihat kembali tampilan Status tersebut.

Jangan khawatir, kami sempat melakukan screenshot tampilan Status WhatsApp tersebut. Silakan simak gambar di bawah. Bahasa yang ditampilkan akan berubah menjadi Bahasa Indonesia, ini menyesuaikan setting bahasa di ponsel pengguna.

WhatsApp juga menyadari bahwa pengumuman kebijakan baru yang muncul secara pop-up di masing-masing pengguna cukup membingungkan. Beberapa pengguna WhatsApp di Indonesia pun menanggapi Status baru yang dibuat WhatsApp. Tidak sedikit di antaranya yang terkejut, namun ada pula yang meresponsnya dengan gurauan.

YoWhatsapp APK Download (Anti-Ban) Versi Terbaru

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button