7 Peluang Usaha Offline Dari Rumah, Patut Dicoba

Loading...

Peluang Usaha Offline Dari Rumah, – dari sekian banyaknya peluang usaha yang ada di depan kita, malah menjadi bingung untuk memulai usaha tersebut. Namun disini anda akan menemukan beberapa peluang usaha yang tak pernah anda pikirkan sebelumnya, yaitu peluang bisnis offline yng bisa dilakukan di rumah tanpa keluar rumah meninghalkan keluarga anda. Apa sih peluang usaha yang cocok untuk para pekerja ringan cuma dirumah dapat uang tanpa kerja keras. Sungguh aneh jaman sekarang ini, banyak orang ingin kaya dengan uang namun tak mau keras.

Setiap usaha yang sudah anda kerjakan sekarang merupakan peluang untuk masa depan anda dan keluarga, peluang untuk sejahtera di saat anda tua, peluang warisan untuk anak anak anda. Jadi usaha bentuk apapun silahkan kerjakan dengan sungguh sungguh, giat, tekun, dan jangan lupa untuk menabung.

Okelah kita langsung ke pokok bahasan yang sudah anda tunggu tunggu. Inilah 7 peluang usaha offline dari rumah untuk tahun 2021.

Artikel tentang peluang usaha ini sepwnuhnya kami ambil dari blog maxmanroe.com, yuk simak

Setiap orang tentunya menginginkan untuk mempunyai sebuah peluang usaha baru untuk menambah penghasilan. Namun, sebelum Anda memulai untuk membuka usaha baru ada baiknya jika Anda melihat tren usaha terbaru ini. Di bawah ini terdapat 7 peluang usaha baru populer yang bisa Anda coba sendiri dari rumah.

7 Peluang Usaha Offline Dari Rumah, Patut Dicoba
Loading...
7 Peluang Usaha Offline Dari Rumah, Patut Dicoba

Sekarang ini ada berbagai peluang usaha baru bermunculan dan menelurkan banyak wirausahawan baru di Indonesia. Tidak hanya pengusaha berskala besar tapi juga pengusaha kecil dan menengah, bahkan usaha kecil menengah saat ini mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Munculnya berbagai peluang usaha dengan modal kecil membuat orang untuk mencoba membangun usahanya sendiri.

Cukup banyak pengusaha kecil menengah tidak hanya membuka toko yang ada fisiknya, tetapi toko virtual di internet yang dapat menjangkau orang lebih banyak lagi. Bahkan beberapa pengusaha online yang saya kenal memiliki penghasilan yang sangat fantastis.

Ada beberapa calon pengusaha memutuskan untuk mundur ketika menemukan kendala saat memulai sebuah bisnis, padahal peluang usaha yang menjanjikan itu sudah ada di depan mata. Masalah klasik yang sering kita dengar adalah kurangnya modal awal untuk memulai bisnis mereka.

Solusinya adalah memilih peluang usaha dengan modal kecil yang memang sudah terbukti menguntungkan.

Di tengah situasi yang masih belum pasti seperti sekarang, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mencoba peluang usaha rumahan. Usaha ini bisa mendatangkan uang tanpa perlu berkeliaran di luar rumah. 

Membuka peluang usaha baru bisa Anda lakukan dari mana saja termasuk dari rumah Anda sendiri. Anda bisa memulai untuk mencari penghasilan tambahan tanpa harus keluar dari rumah dan hanya menggunakan pakaian rumahan Anda saja. Dengan bermodal informasi dari riset yang bisa Anda lakukan dari rumah, peluang usaha baru yang bisa Anda mulai bahkan dengan modal nol mengandalkan kemampuan yang sudah Anda miliki sebelumnya.

Mencoba peluang usaha baru tidaklah mudah. Anda memerlukan sebuah komitmen yang tinggi agar usaha tersebut bisa berjalan dengan lancar. Salah satu cara cerdas yang harus Anda lakukan agar usaha bisa berjalan lancar adalah dengan melakukan riset pasar terlebih dahulu. Riset pasar penting dilakukan agar Anda bisa mengetahui apakah momen untuk memulai peluang usaha baru sudah pas atau tidak. Anda juga perlu melihat tren yang ada saat ini agar usaha Anda bisa berjalan dengan lancar dan baik.

Anda sebaiknya memanfaatkan kemampuan yang sudah dimiliki dan memanfaatkan apa yang sudah ada di rumah sebagai modal untuk usaha. Selain itu, untuk mewujudkan peluang usaha baru Anda juga harus pintar membagi waktu kegiatan di rumah. Selanjutnya, situasi dan kondisi rumah yang nyaman untuk memulai usaha Anda. Jika perlu memanfaatkan salah satu ruangan untuk menjadi ruang khusus usaha Anda. Untuk itu Anda perlu hunian dengan ruangan yang cukup dengan lingkungan perumahan yang nyaman

Tips Memilih Peluang Usaha dengan Modal Kecil

Kalau kita bicara usaha modal kecil berarti kita memang tetap punya modal yang cukup untuk memulai bisnis tersebut. Walaupun jumlahnya terbatas kita tetap harus mengeluarkan uang. Selain itu kita juga harus punya modal non-materil seperti pengetahuan tentang bisnis yang akan dijalankan (ini bisa dipelajari), modal kemauan & usaha yang keras.

Apakah kekurangan modal menjadi penghambat bagi Anda untuk memulai bisnis yang diinginkan? Tentu saja tidak! Manfaatkan berbagai usaha kecil yang menguntungkan yang bisa dijalankan walau dengan modal yang minim karena sebenarnya ada banyak sekali peluang usaha modal kecil di sekitar kita.

Usaha dengan modal yang sangat kecil ialah bisnis yang aneka macam di cari orang banyak sebagai bisnis sampingan namun dengan keuntungan yang besar, terutama buat ibu rumah tangga, karyawan swasta, mahasiswa maupun pelajar untuk menambah biaya jajan sehari-hari, apalagi kalau banyak sanggup di tabung buat masa depan.

7 Peluang Usaha Offline Dari Rumah, Patut Dicoba

Dengan begitu, kita bisa meminimalisir resiko tertular atau menularkan COVID-19. Selain itu, beberapa usaha ini juga tidak memerlukan modal yang terlalu besar sehingga sangat mudah untuk dicoba. 

Lalu, apa saja peluang usaha rumahan yang bisa dijajal? Berikut adalah 7 macam peluang usaha rumahan 

Berikut ini adalah beberapa contoh peluang bisnis dengan modal kecil yang sering dijalankan oleh para pengusaha kecil dan menengah:

Peluang Usaha Offline Dari Rumah

Peluang usaha rumahan yang bisa dicoba saat pandemi virus corona ini apa ya? Mungkin hal itu pernah tebersit di pikiran Anda. 

Tak bisa dipungkiri, wabah virus corona berdampak pada berbagai sektor mulai dari kesehatan, pariwisata, hingga ekonomi. Banyak karyawan terpaksa dirumahkan karena perusahaan tak mampu bertahan menghadapi pandemi

Jika Anda menginginkan untuk mencari penghasilan tambahan maka Anda bisa memulai untuk membuka peluang usaha baru. Dilansir dari Definitions, peluang usaha merupakan sebuah kondisi dimana Anda bisa melakukan berbagai aktivitas yang menghasilkan seperti berjualan dan menawarkan jasa kepada siapapun yang membutuhkan. Perlu menjadi catatan untuk Anda bahwa membuka peluang usaha baru tidaklah sama dengan franchise. Karena franchise merupakan sebuah bentuk kerja sama dari seseorang yang sudah mempunyai usaha sebelumnya.

Dikutip dari Sensible Businessmen, tidak semua orang mempunyai prinsip dan sudut pandang yang sama mengenai usaha. Apabila Anda melihat sesuatu yang tampak menguntungkan tetapi akan bernilai berbeda di mata orang lain. Sebuah ide saja tidak akan menjamin kesuksesan dari usaha yang ingin Anda bangun. Pergunakanlah setiap waktu dan kemampuan Anda untuk menjadi sebuah kesempatan. Oleh karena itulah, sebaiknya Anda harus membuat dan menjalankan peluang usaha baru Anda sendiri tanpa campur tangan orang lain.

Ada banyak sekali peluang bisnis dengan modal kecil yang bisa dikerjakan dari rumah. Kita dapat melakukan semua proses menjalankan bisnis dengan baik tanpa harus menyewa tempat.

Walaupun begitu kita harus mempertimbangkan market yang ada di sekitar kita, apakah akan ada orang yang membutuhkan produk yang kita jual di sana?

Dibawah ini akan saya berikan kepada teman-teman semua aneka macam perjuangan yang paling laku di masyarakat kita Indonesia dengan modal yang sangat kecil tanpa mengganggu pemasukan uang dari kerjaan utama. Usaha ini cocok dijalankan oleh semua kalangan usia mulai dari yang muda sampai yang tua.

Berikut ini adalah beberapa usaha modal kecil yang bisa dikerjakan di rumah secara offline:

1. Membuka Usaha Jasa Menjahit

Banyak orang yang ingin menjahitkan pakaiannya dengan model dan ukuran tertentu, terutama mereka yang memiliki tubuh yang agak gemuk atau terlalu kurus.

Nah, mereka ini pasti selalu mencari jasa penjahit pakaian yang bisa membuat pakaian yang sesuai dengan bentuk tubuh mereka. Peluang bisnis yang satu ini sangat cocok untuk orang yang memiliki minat pada dunia fashion, tentunya Anda harus memiliki kemampuan dalam menjahit dan mendesain pakaian.

Peluang bisnis jasa menjahit
Ilustrasi dari Google Image

Selain untuk membuat pakaian baru, jasa menjahit sering juga dibutuhkan oleh mereka yang ingin mengecilkan pakaian yang terlalu besar, atau sekedar memasang atribut tertentu di pakaian mereka. Seperti kita ketahui, banyak sekali orang membeli pakaian (baju/ celana) yang modelnya sedang hits, namun saat akan dibeli ternyata ukurannya terlalu besar. Nah, untuk mengecilkan pakaian tersebut, si customer tentu akan mencari jasa penjahit yang bisa mengecilkan pakaian tersebut.

2. Menjalankan Bisnis Kuliner

Kalau Anda memiliki resep makanan yang unik atau bisa membuat snack yang digemari banyak orang, maka Anda harus mempertimbangkan peluang usaha di bidang kuliner.

Peluang usaha makanan
Ilustrasi dari Nagaswarafm.com

Peluang usaha yang menjanjikan ini sangat cocok untuk mereka yang menyukai dunia kuliner. Tidak sedikit orang yang berhasil menjalankan bisnis makanan, bahkan bisnisnya semakin berkembang dan membuka cabang di tempat lain.

Kisah orang-orang sukses di bisnis ini bisa dibaca di topik tentang bisnis kuliner.

Perlu diketahui juga bahwa bisnis kuliner adalah salah satu model bisnis yang tidak akan pernah mengalami kemunduran. Mengapa? Karena kuliner atau makanan adalah kebutuhan pokok manusia. Walaupun saat ini telah banyak kita temukan berbagai jenis usaha kuliner, tetap saja akan muncul jenis bisnis kuliner lain dengan tampilan dan kemasan yang berbeda.

Model bisnis ini juga bisa dijalankan dengan modal yang relatif kecil lho. Dan bila Anda tidak punya keahlian dalam dunia kuliner namun sangat ingin memiliki sebuah bisnis makanan, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli bisnis waralaba makanan dengan modal yang kecil, misalnya waralaba makanan camilan. Salah satu bisnis franchise makanan ringan yang bisa Anda pertimbangkan adalah bisnis waralaba gorengan karena banyak peminatnya.

3. Bisnis Menjual Pulsa Elektrik

Peluang usaha jualan pulsa elektrik
Ilustrasi dari Google Image

Memulai bisnis jual pulsa saat ini sebenarnya cukup mudah dan murah, hanya dengan modal awal Rp 100.000 – Rp 300.000 kita sudah bisa mulai menjalankan bisnis ini, bisa dikerjakan di mana saja dan siapa saja.

Bila Anda adalah seseorang yang aktif dalam sebuah network, organisasi di mana anggotanya cukup banyak, atau anak kuliahan, maka peluang bisnis berjualan pulsa bisa sangat menguntungkan lho karena kita bisa menjualnya pada teman-teman yang berada di network, organisasi, dan kampus.

Namun, untuk menjalankan bisnis pulsa elektrik butuh keseriusan dan strategi pemasaran yang baik karena saat ini persaingan jual pulsa elektrik sudah cukup ketat. Dan untuk memulai, maka Anda harus mendaftar menjadi agen jual pulsa elektrik di beberapa Distributor pulsa elektrik, seperti: Pulsa-Online.comVenuspulsa.comIstanareload.comCenterpulsa.com, dan lain-lain.

Ada beberapa tips jitu yang bisa dilakukan agar bisa berhasil menjalankan bisnis pulsa elektrik, diantaranya adalah:

a. Mendaftarlah menjadi agen pulsa pada distributor pulsa terpercaya
b. Jangan mengambil untung terlalu besar
c. Jangan berikan kesempatan orang untuk nge-bon pulsa
d. Promosi dengan memperhatikan etika, baik itu melalui media sosial ataupun media lain
e. Pertahankan memberikan pelayanan yang baik pada semua pelanggan

4. Peluang Usaha Membuka Les Private/ Kursus

Peluang usaha les private
Ilustrasi dari Google Image

Menjual keahlian dengan cara mengajari orang lain keahlian kita ternyata bisa menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan lho. Bila kita memiliki kemampuan dalam bidang tertentu, misalnya; keahlian bermain gitar, keahlian membuat website, desain, bahasa Inggris, komputer, dan lain-lain, kita bisa memberikan les private atau kursus di rumah atau bisa juga dilakukan di tempat lain tergantung kondisi.

Uniknya, sekarang menjalankan bisnis les private atau kursus ini bisa dilakukan secara online via internet. Di Indonesia sendiri saat ini sudah cukup banyak startup bisnis yang memberikan kemudahaan untuk les private/ kursus secara online. Salah satu dari sekian banyak startup tersebut adalah SekolahPintar.com.

Jadi, Sekolahpintar.com menjadi media penghubung antara guru dan murid yang ingin belajar secara online. Materi pelajarannya dalam bentuk video yang bisa langsung ditonton oleh para murid. Selain itu, murid dan guru pun bisa berinteraksi tanya-jawab bila ada materi yang ingin dibahas lebih detail.

Nah, bagi Anda yang punya ilmu atau keahlian khusus tentunya ini adalah sebuah peluang bisnis yang menjanjikan, bahkan bisa dijalankan dengan modal yang sangat minim. Yang perlu Anda lakukan adalah membuat materi pelajaran yang sesuai dengan bidang keahlian Anda, mendaftar menjadi pemateri/ guru di Sekolahpintar.com, dan upload materi pelajaran.

Yang pasti kita harus menghubungi pihak Sekolahpintar.com, karena seluruh materi pelajaran yang akan dijual di sana harus atas seijin mereka. Kalau Anda tertarik, bisa mencoba menjadi guru private online di Sekolah Pintar.

5. Membuka Warung atau Toko Sembako

Peluang Usaha Toko Sembako
Ilustrasi dari Google Image

Memang peluang usaha membuka warung/ toko sembako (sembilan bahan pokok) sangat potensial karena pasti akan selalu dicari masyarakat. Namun, bisnis ini sudah cukup banyak yang menjalankannya, karena itu kita sebaiknya melihat tingkat persaingan yang ada, lokasi, dan juga modal yang dimiliki.

Kita juga perlu memperhatikan kelebihan dan kekurangan menjalankan model bisnis ini karena tidak semua orang cocok dalam menjalankan usaha warung sembako. Peluang usaha yang menguntungkan ini membutuhkan perhatian serius, ketelitian, dan membutuhkan keberadaan pemilik usaha terus-menerus, sehingga mau tidak mau Anda harus turun tangan sendiri agar warung sembako bisa berjalan dengan baik.

6. Peluang Bisnis Jasa Desain, Editing Foto, dan Percetakan

Peluang bisnis jasa desain grafis
Ilustrasi dari Google Image

Peluang usaha yang satu ini sangat cocok untuk mereka yang punya keterampilan dan kreativitas dalam mengolah gambar dan desain. Tentunya kita harus memiliki kemampuan dalam menggunakan salah satu software editing foto, seperti: CorelDraw, Photoshop, dan software lainnya.

Untuk membuka sebuah usaha di bidang jasa design, percetakan digital atau digital printing, Anda tidak harus punya modal yang besar lho. Bahkan Anda bisa mulai berbisnis tanpa modal materiil dengan cara menjual jasa tersebut memanfaatkan layanan dari beberapa situs seperti; Ciptaloka.comSribu.com, Sribulancer.com, blazbluz.com, Projects.co.id, dan lainnya.

Di Ciptaloka.com misalnya, Anda bisa menjual jasa print kaos dengan desain khusus yang sudah Anda ciptakan. Jadi, orang bisa memesan kaos dengan desain tertentu melalui Anda, lalu setelah customer membayar pesanan, Anda bisa memesan kaos dengan desain Anda tersebut melalui Ciptaloka. Dengan cara seperti ini, tentunya akan sangat membantu mereka yang belum punya modal untuk membangun perusahaan percetakan tapi ingin segera berbisnis.

7. Peluang Usaha Membuka Jasa Laundry

Peluang usaha jasa laundry
Ilustrasi dari Google Image

Kalau kita perhatikan bisnis laundry ini semakin banyak dan semakin bermacam-macam layanannya, bahkan ada yang menawarkan untuk menjemput pakaian yang akan di-laundry. Dan bisnis laundry biasanya akan sangat laris bila berlokasi di dekat kampus, kost-kostan.

Bila Anda merasa bisnis ini cocok dengan Anda maka sebaiknya Anda segera melakukannya karena bisnis ini akan selalu dicari oleh banyak orang.

Ada beberapa informasi yang harus kita perhatikan bila ingin sukses di bisnis laundry;

a. Perhatikan target market. Sebelum membuka usaha jasa laundry kita harus tahu dulu siapa target market yang akan sering menggunakan jasa laundry yang ditawarkan. Biasanya orang yang sering menggunakan jasa laundry adalah mahasiswa, pekerja kantoran yang masih bujangan. Tapi tidak menutup kemungkinan pelanggan berasal dari segmen yang berbeda, misalnya ibu rumah tangga.

b. Modal adalah faktor penting yang harus diperhatikan. Bukan hanya modal materiil tapi juga pengetahuan tentang bisnis laundry, kemampuan manajemen, dan jaringan bisnis.

c. Lokasi usaha laundry juga menjadi faktor penentu keberhasilan di bisnis ini. Usahakan membuka bisnis laundry di lokasi yang cukup ramai, misalnya di sekitar perkantoran, perumahan, asrama, atau kost-kostan.

d. Memilih dan membina karyawan juga tidak bisa disepelekan. Bila Anda akan mempercayakan operasional bisnis laundry kepada karyawan, pastikan bahwa karyawan tersebut telah memiliki pengetahuan yang cukup baik.

e. Yang terakhir adalah proses pemasaran dan promosi. Selain menggunakan media offline untuk promosi (misalnya banner, brosur, pamflet), pertimbangkan juga untuk melakukan promosi via internet (misalnya promosi di Facebook).

Itulah beberapa peluang usaha offlins yang sedang populer menarik patut untuk Anda coba. Ingat untuk selalu konsisten dalam menjalankan usaha sampingan Anda agar bisa terus maju dan berkembang. Jangan lupa untuk terus belajar agar standar usaha Anda bisa lebih meningkat. Selamat mencoba.

Loading...

You May Also Like