Pentingnya Meningkatkan Kecepatan Website, Gunakan Cara Berikut

Teknisi blogger – kali ini admin akan berbagi pada anda tentang betapa pentingnya mempunyai website yang super cepat loadingnya, tanpa menunggu beberapa detik maupun menit. Setiap blogger yang sudah pengalaman dia akan tau bagaimana rasanya websitenya loadingnya lambat dikarenakan beberapa hal yang belum dipahami. Dampak loading blog lambat akan terasa sekali, mulai dari pengunjung website turun, pendapatan dari iklan tidak meningkat, posisi website semaiin turun di google dan masih banyak lagi.

Satu hal yang harus diketahui, yaitu website anda belum dioptimalkan secara benar.

Bacaan Lainnya

Blog atau website yang dioptimalkan performanya pada akhirnya akan drop ketika dipasangi iklan dari pihak ketiga seperti adsense dan periklanan digital lainnya. Untuk menghindari itu, dibutuhkan metode khusus untuk memuat iklan agar loading atau performa website tetap terjaga.Umumnya metode yang digunakan untuk memuat iklan agar tidak mempengaruhi kinerja website/blog adalah dengan menerapkan lazy laod pada ikan (adsense), maka dari itu disini saya akan memberikan ulasan yang cukup lengkap tentang lazy load adsense.

Sebelum kita bahas lebih lanjut tentang lazyload, kita jelaskan tentang pentingnya kecepatan website.

Pentingnya Kecepatan Website

Tidak dapat dipungkiri jika speed website kian hari kian penting.

Alasan utama kenapa speed website sangat penting adalah tidak ada orang yang mau menunggu lama hingga website terbuka penuh.

Bahkan, dalam hitungan detik, pengunjung akan langsung kabur dan berpindah ke website lain.

Alasan pentingnya speed website tentu bukan itu saja. Berikut adalah 5 alasan kenapa speed website itu penting.

1. Mempengaruhi Kesan Pertama Pengunjung website

Kecepatan web adalah kesan pertama yang akan didapatkan oleh pengunjung.

Jika kesan pertama sudah buruk, maka kesan tersebut akan menempel lama di benak pengunjung.

Konsekuensinya, Mereka tidak akan kembali dan bahkan bisa saja berbicara kepada orang lain mengenai pengalaman buruk yang dialami.

Berbanding terbalik jika kecepatan web Anda cepat dan mudah diakses. Secara serta merta, Mereka akan terkesan.

2. Menunjang Pendapatan Website Lebih Tinggi

Pengunjung yang kabur karena website yang lambat tersebut bisa jadi adalah pengunjung potensial yang siap membelanjakan uangnya atau berkontribusi positif pada konten yang Anda buat.

Bayangkan saja, sebelum melihat apa yang Anda tawarkan, Mereka sudah berpaling muka. Tentu saja, hal tersebut akan berdampak pada pendapatan yang sudah Anda proyeksikan sebelumnya.

Intinya, jangan biarkan calon konsumen menunggu lama.

3. Mendapatkan Pengunjung Website Lebih Banyak

Setiap pengunjung yang mengakses sebuah website hendak mencari apa yang mereka cari. Katakanlah website Anda menyediakan apa yang Mereka cari. Namun sialnya, kecepatan we Anda lambat.

Para pengunjung ini tidak segan mengabaikan apa yang Mereka temukan karena lambatnya akses ke konten tersebut.

Dalam urusan pengalaman pengunjung, kecepatan adalah hal yang utama dan tidak dapat dikomporomikan.

4. Mempengaruhi Website Pada Ranking Google

Ya, memang kualitas konten, relevansi, dan otoritas merupakan indikator yang berpengaruh besar pada ranking Google.

Namun, kendati speed website bukanlah indikator utama, Anda tidak boleh mengabaikannya. Pasalnya, Google ‘malas’ menjelajahi dan menilai website yang lambat.

Jika ada 2 website yang akan dijelajahi Google, maka Google akan memilih website yang lebih cepat untuk dijelajahi terlebih dahulu.

5. Menjaga Kredibilitas website

Website yang lambat kerap dikaitkan dengan isu keamanan. Website Anda bisa mendapatkan penilaian atau prasangka sebagai website yang berbahaya dan tidak aman.

Anda tidak boleh meremehkan opini pengunjung, apalagi jika opini tersebut berhasil menjadi opini publik yang menyebar dan berdampak pada persepsi orang terhadap website Anda secara umum.

Dampaknya tidak main-main. Kredibilitas website Anda bisa hancur lebur.

Agar website Anda bisa diakses dibawah 2 detik, hal utama yang perlu Anda perhatikan adalah pemilihan provider web hosting.

Saran terbaik web hosting murah yang memiliki kecepatan loading website 1,043ms atau hanya 1 detik adalah webhosting DomaiNesia.

Berikut solusi untuk meningkatkan performa wordpress

Cara meningkatkan performa website

  1. Plugin Cache khusus WordPress

Bila situs website Anda tidak memiliki plugin cache, maka bisa menyebabkan overload pada sever yang berdampak website menjadi lambat. Sistem cache sendiri sangat bermanfaat untuk meningkatkan kecepatan website Anda.

  1. Untuk Wp Memakai CDN (Content Delivery Networks)

Content Delivery Networks yang disebut juga dengan CDN juga sangat mempengaruhi kecepatan website Anda. Sebab, sistem CDN bisa mendeteksi lokasi visitor dan mengirimkan konten ke lokasi server terdekat.

  1. Optimalkan Database di Cpnel

Salah satu penyebab web WordPress Anda menjadi lambat saat diakses adalah database yang besar atau contohnya adalah penumpukan post revision atau draft.

Tak hanya itu saja, seringnya melakukan pemasangan dan pencopotan plugin yang berulang-ulang bisa menyebabkan penumpukan sampah di tabel. Hal ini akan berdampak pada database phpMyAdmin yang tidak stabil sehingga memakan sumber daya.

Baca Juga 9 Alternatif Adsense Termahal Terbukti Membayar di 2021

  1. Rendering JavaScript, CSS

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa dalam sebuah wordpress setiap sosial media memiliki suatu ikon tersendiri. Dan celakanya, ikon ini memakan bandwith. Dengan mengkombinasi JavaScript, CSS dan gambar secara bersama akan menurunkan loading website.

Baca Cara Menghilangkan dan rendering blokir CSS, javascript

  1. Optimasi gambar

Gambar atau foto adalah media yang bermanfaat untuk mempercantik artikel wordpress Anda. Namun yang menjadi masalah adalah jika dalam satu artikel memiliki terlalu banyak gambar yang di upload, maka loading dari laman wordpress akan semakin terasa lambat.

Gambar ternyata sangat menghabiskan bandwith ketika diakses, oleh sebab itu disarankan Anda harus mengoptimasi file gambar terlebih sebelum mengupload ke website. Dengan mengoptimasi gambar terlebih dahulu sebelum di Upload, maka Loading website Anda akan lebih cepat daripada Anda tidak mengoptimasi gambar sama sekali.

Cara meningkatkan performa wordpress agar lebih maksimal adalah dengan memakai gambar yang sudah di optimasi terlebih dahulu sebelum di upload. Untuk rekomendasi, sebaiknya gunakan dimensi yang sesuai dan ukuran dibawah 100 Kb.

Untuk plugin WordPress nya Anda dapat menggunakan plugin kompres gambar seperti smush image supaya ukuran gambar bisa diperkecil.

Itulah beberapa alternatif dan cara meningkatkan performa wordpress dengan mengoptimalkan website Anda. Jika Anda mempraktekan cara ini, dijamin Anda akan bisa merasakan perbedaan kecepatan wordpress setelah melakukan optimasi ini.

Alternatif Lazy Load Adsense Meningkatkan Performa Website

Lazy load adsense adalah script pemuatan lazy atau smart loading pada iklan adsense untuk mengurangi dampak kode pihak ketiga ke situs web dan mempertahankan performa situs web agar tetap optimal.

Ada beberapa metode untuk membuat smart loading pada iklan adsense diantaranya adalah Ad event listenerEvent-based ad reques dan Lazy loading, dimana ketiganya dapat disebut dengan istilah lazy load adsense.

Mengapa Harus Menggunakan Lazy Load Adsense?

Saat ini tidak ada metode yang lebih baik selain lazy load adsense untuk memecahkan segala macam permasalahan performa website yang disebabkan oleh iklan pihak ketiga.

Ada banyak hal yang dapat diselesaikan dengan lazy load adsense, terkait permasalahan performa website/blog, diantaranya:

  1. Third party webfont load (Pemuatan font web pihak ketiga)
  2. JavaScript execution time (Waktu eksekusi JavaScript)
  3. Main-thread work (Pekerjaan utas utama)
  4. Dampact of third party code (Dampak kode pihak ketiga), dll

Itu sebabnya pada tag judul saya mengatakan, lazy load adsense adalah solusi terbaik untuk performa website atau blog yang dipasangi iklan pihak ketiga.

Langsung saja saya akan membagikan script lazy load adsense kepada anda semua, ada dua script lazy load adsense yang akan saya bagikan dan kedua script lazy load sama-sama bagus untuk mempertahan performa website anda dan juga support auto ads.

1. Script Lazy Load Adsense (Original)

<script type="text/javascript">//<![CDATA[
var adsenseLazyload=false;window.addEventListener("scroll",function(){(0!=document.documentElement.scrollTop&&false===adsenseLazyload||0!=document.body.scrollTop&&false===adsenseLazyload)&&(!function(){var e=document.createElement("script");e.type="text/javascript",e.async=true,e.src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js";var a=document.getElementsByTagName("script")[0];a.parentNode.insertBefore(e,a)}(),adsenseLazyload=true)},true);
//]]></script>

Sumber script lazy load : kontenweb.com, support auto ads dan efektif mengatasi semua permasalahan performa website dari dampak pihak ketiga.

2. Script Lazy Load Adsense + ca-pub (id publisher)

<script type="text/javascript">//<![CDATA[
var adsenseLazyload = false; window.addEventListener("scroll", function(){ if ((document.documentElement.scrollTop != 0 && adsenseLazyload === false) || (document.body.scrollTop != 0 && adsenseLazyload === false)) { (function() { var ad = document.createElement('script'); var att = document.createAttribute('data-ad-client'); att.value = 'ca-pub-3776322894567500'; ad.setAttributeNode(att);  ad.async = true; ad.src = 'https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js'; var sc = document.getElementsByTagName('head')[0]; sc.parentNode.insertBefore(ad, sc); })(); adsenseLazyload = true; } }, true)
//]]></script>

Script lazy load adsense yang kedua juga support auto ads, tetapi jika kamu ingin menggunakan script lazy load adsense ini, kamu harus mengganti ca-pub-3776322894567500 dengan id publisher atau ca-pub adsense anda sendiri.

Petunjuk Penggunaan Lazy Load Adsense

Cara menggunakan script lazy load adsense sangat mudah, kamu hanya perlu memasang salah satu kode script lazy load adsense di head atau body situs web, kemudian hapus semua tag pustaka javascript adsense dari template website/blog.

Jika kamu adalah pemula, silahkan pasang script lazy load adsense sebelum atau di atas kode penutup body yakni </body>, kemudian hapus semua tag pustaka javascript adsense dari template blog anda.

Pustaka JavaScript Adsense

<script async="async" src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"/>

atau library javascript versi terbaru
<script async="async" data-ad-client="ca-pub-1234567890123456" src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"/>

Script lazy load adsense hanya bekerja dengan baik jika tidak ada bundle atau library javascript adsense selain yang telah ditanamkan pada script lazy load adsense.

Jika kamu adalah pengguna blogspot (blogger.com), hindari mencentang Show Ads Between Posts dari main blog, karena itu akan menciptakan bundle atau library javascript adsense di template blog anda yang menyebabkan script lazy load adsense tidak dapat bekerja secara maksimal.

Intinya ketika kamu menggunkan script lazy load adsense, pemasangan kode iklan adsense tidak lagi disertai dengan bundle atau pustaka javascript adsense.

Contoh Memasang Kode Iklan Adsense Tanpa Pustaka JavaScript

<ins class="adsbygoogle"
     style="display:block"
     data-ad-client="ca-pub-1234567890123456"
     data-ad-slot="1670232759"
     data-ad-format="auto"></ins>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>

Cara Kerja Script Lazy Load Adsense

Lazy Load Adsense sepenuhnya berbeda dengan lazy load image karena pada dasarnya lazy load adsense adalah scroll event listener, library javascript adsense yang ada pada script lazy load adsense hanya akan dimuat atau dijalankan ketika pengguna menscroll halaman anda.

Dan itu artinya iklan adsense hanya akan muncul ketika pengguna melakukan scroll pada haman blog atau website anda, jika tidak ada aktifitas scroll halaman dari pengguna, maka iklan juga tidak akan dimuat (tidak ditampilkan).

Lazy Load Adsense Dari Sisi Kebijakan Adsense

Google sangat terbuka untuk penerapan lazy load pada iklan mereka (adsense), Silahkan lihat pusat bantuan google yang berjudul “Viewability best practices”. Di halaman itu google menyarankan penggunaan lazy load adsense atau juga dikenal dengan istilah smart loading.

Itu artinya google tidak mempermasalahkan soal penggunaan lazyload adsense. Namun menurut google praktik terbaik penerapan lazy load adsense yang lebih baik adalah dengan menggunakan Google Publisher Tag (GPT).

Tools Cek Kecepatan Website Gratis

Untuk mengetahui bagaimana perilaku pengguna dan meningkatkan performa website Anda, salah satunya dengan Web Analytics (Analitik). Web analitik adalah proses menganalisis perilaku pengunjung ke situs Web.

Dengan menggunakan web analitik akan memungkinkan pelaku bisnis untuk menarik lebih banyak pengunjung, mempertahankan atau menarik pelanggan baru untuk barang atau jasa yang ditawarkan.

Web analitik (tool) mengukur aktivitas dan perilaku pengguna di situs web Anda, misalnya: berapa banyak pengguna yang berkunjung, berapa lama mereka menggunakan web, berapa banyak halaman yang mereka kunjungi, halaman mana yang mereka kunjungi, dan apakah mereka datang dengan mengikuti tautan atau tidak.

Cara Kerja Web Analitik

Sebagian besar alat (tool) web analitik akan menambahkan kode biasanya dalam JavaScript pada halaman. Dengan menggunakan kode ini, alat web analitik akan menghitung setiap kali halaman mendapat pengunjung atau klik pada tautan.

Kode ini juga dapat mengumpulkan informasi lain seperti perangkat, browser, dan lokasi geografis (melalui alamat IP). Selain itu, layanan web analitik web biasanya juga menggunakan cookie untuk melacak setiap sesi dan untuk menentukan kunjungan berulang dari browser yang sama.

Mengapa Web Analitik Penting?

Web analitik memberikan informasi berupa data yang dapat digunakan untuk menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik bagi pengunjung situs web. Dengan memahami perilaku pengguna kita bisa mengoptimalkan situs web untuk mendapatkan konversi sesuai dengan yang diinginkan. Misalnya, web analitik bisa menampilkan halaman paling populer di situs web Anda, kemudian Anda bisa menambahkan link untuk berbelanja di halaman ini.

Berikut ini beberapa Web Analytics Tool yang populer digunakan:

Terdapat berbagai cara untuk mengecek kecepatan website. Anda bisa memilih salah satu atau beberapa tools di bawah ini untuk mengecek kecepatan website Anda. Berikut 10 tools untuk cek kecepatan website gratis:

1. Pingdom

Pingdom adalah salah satu tools monitoring website paling terkenal saat ini. Kliennya pun berasal dari perusahaan-perusahaan besar seperti Facebook, Spotify, Twitter, dan Pinterest. Salah satu fitur gratisnya adalah cek kecepatan website.

Pingdom menilai kecepatan website menggunakan skala 0 sampai 100. Semakin tinggi nilai yang didapatkan menunjukkan kualitas kecepatan website Anda sudah baik. Namun, jangan terlalu terobsesi untuk memperoleh nilai 100. Sebab yang paling penting dari cek kecepatan website di Pingdom adalah saran-saran apa saja yang perlu Anda terapkan untuk meningkatkan nilai kecepatan website.

2. Google PageSpeed Insight

Sejak 2010, Google secara resmi memasukkan kecepatan website sebagai salah satu indikator penilaian untuk SEO. Pada tahun yang sama Google juga merilis Google PageSpeed Insight untuk membantu para penggunanya mengecek kecepatan website untuk perangkat desktop dan perangkat mobile.

Google akan menilai kecepatan loading website Anda menggunakan skala persen. Nilai 0 sampai 49 persen menunjukkan website Anda lambat. Nilai 50 sampai 89 persen menunjukkan kecepatan website Anda sudah mencapai rata-rata. Terakhir, nilai 90 sampai 100 persen menandakan website Anda cepat. Google PageSpeed Insight juga akan memberikan saran untuk meningkatkan kualitas user experience di perangkat mobile.

3. Google Mobile Website Speed Testing Tool

Menurut Google, pengunjung akan lebih cepat meninggalkan website yang tidak mobile friendly. Atas dasar tersebut, Google merilis Google Mobile Website Speed Testing Tool. Tool ini didukung oleh teknologi dari Google PageSpeed Insight, tetapi lebih fokus untuk penilaian website di perangkat mobile.

Google Mobile Website Speed Testing Tool juga menilai kecepatan website dalam skala 0 sampai 100 dan memberikan saran-saran yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kecepatan website di perangkat mobile. Anda bisa mendapatkan laporan kecepatan website melalui email atau langsung dikirimkan ke developer webmaster.

4. Geek Flare

Site Relic adalah tool kecepatan website gratis yang termasuk baru. Software ini memungkinkan Anda untuk mengecek kecepatan website baik di perangkat mobile maupun di perangkat desktop. Dalam laporannya, Geek Flare hanya menyediakan informasi di detik ke berapa konten di website Anda mulai loading dan di detik berapa halaman website Anda sudah loading secara penuh.

5. GTMetrix

Selain Pingdom, GTMetrix juga merupakan salah satu tools gratis kecepatan website yang layak Anda gunakan. Cara penggunaannya yang mudah dan gratis cocok untuk pemula. Tool ini menyediakan analisis lengkap kecepatan website berdasarkan rekomendasi dari Google PageSpeed Insight dan YSlow.

GTMetrix menampilkan ringkasan analisis kecepatan website di bagian atas halaman sehingga mudah dibaca. Ringkasan tersebut berisi page size, jumlah request, dan total waktu loading. GTMetrix juga menyediakan analisis untuk mengidentifikasi masalah apa yang Anda hadapi dan rekomendasi yang diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Anda bisa menyimpan analisis kecepatan website di GTMetrix dengan membuat akun secara gratis. Akun gratis GTMetrix memungkinkan Anda menyimpan hingga 20 tes kecepatan terakhir.

6. KeyCDN Website Speed Test

Tool cek kecepatan website gratis milik KeyCDN menyediakan cara yang mudah dan cepat untuk menganalisis kecepatan website Anda. KeyCDN menampilkan ringkasan analisis beserta preview halaman yang Anda periksa.

Anda bisa menjalankan baik pemeriksaan umum maupun private yang bisa Anda bagikan atau bookmark. KeyCDN memberikan analisis dari metode request (GET/POST), status kode HTTP, tipe file, ukuran konten, waktu tunggu/terima, total waktu download, dan lain-lain.

7. Load Impact

Load Impact adalah salah satu tool kecepatan website yang menyediakan layanan gratis dan berbayar. Untuk layanan cek kecepatan website gratis, Anda perlu sign up dan mendapatkan kuota tes kecepatan website gratis maksimal lima kali dalam sebulan. Layanan premiumnya dibandrol dengan harga 89 US Dollar per bulan.

8. WebPageTest

WebPageTest dikembangkan oleh Patrick Meenan, teknisi Chrome (Google). Software yang bersifat open source ini memungkinkan Anda untuk melakukan tes kecepatan website dari beberapa lokasi di seluruh dunia menggunakan browser secara gratis.

WebPageTest bahkan menyediakan fitur tambahan seperti capture video, pemblokiran konten, perbandingan first view dengan repeat view, mengubah kecepatan koneksi, dan banyak lagi. Kelebihan dari WebPageTest adalah sudah mendukung HTTP/2 sehingga Anda bisa melakukan uji coba kinerja dari WordPress hosting dengan mengikutsertakan SSL dan parallelism dalam penilaian.

9. Web Page Analyzer

Web Page Analyzer adalah tool gratis yang sangat direkomendasikan untuk memeriksa kecepatan website dan komposisi website. Tool ini akan memberitahu Anda kecepatan website Anda pada kecepatan koneksi yang berbeda-beda. Web Page Analyzer juga menyediakan penilaian berdasarkan 11 aspek indikator di mana Anda bisa mendapatkan rekomendasi yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kecepatan website.

10. Chrome DevTools

Chrome DevTools merupakan bagian dari browser Google Chrome. Tool ini cukup populer di kalangan para developer karena kemudahan aksesnya dan efektivitasnya untuk melakukan debugging dan uji coba.

Anda bisa secara mudah menjalankan Chrome DevTools di Google Chrome dengan menekan Command+Option+I (Mac) atau Control+Shift+I (Windows dan Linux). Kemudian Anda bisa melakukan cek kecepatan website situs Anda dan mendapatkan laporannya.

Pos terkait