Mengenal Proxy Telegram, Cara Menggunakannya Mudah

Apa Itu Proxy Telegram ? Apasih fungsinya jika menggunakan proxy di telegram, berikut ini rangkuman artikel mengenai proxy di telegram yang kami ambil dari berbagai sumber.

Aplikasi Telegram memang penuh dengan fitur-fitur menarik yang sering tidak diketahui oleh banyak orang. Salah satu fitur yang cukup tersembunyi di Telegram adalah fitur proxy.

Dengan fitur telegram yang ada Anda bisa dengan bebas mengatur proxy yang Anda inginkan ketika menggunakan Telegram. 

Jika Anda belum mengerti apa itu proxy Telegram dan bagaimana cara menggunakannya. kali ini kami akan membahas tentang apa itu proxy Telegram.

Apa Itu Proxy Telegram? Begini Cara Menggunakan & Mematikan
Apa Itu Proxy Telegram

Simak juga dengan lengkap agar Anda bisa mengetahui bagaimana cara menggunakan proxy di Telegram. 

Mengenal Proxy Telegram?

Mengenal Proxy Telegram, Cara Menggunakannya Mudah
Fungsi Proxy Telegram, Cara Menggunakannya Mudah

Proxy Telegram merupakan sebuah perantara jaringan yang bisa Anda gunakan untuk mengamankan koneksi pribadi atau bahkan membuka konten yang terblokir oleh provider.

Telegram memperbolehkan penggunanya untuk mengatur proxy sesuai yang dikehendaki oleh keinginan pengguna tersebut. 

Dengan mengatur dan menggunakan proxy, maka koneksi Anda saat menggunakan Telegram bisa menjadi lebih aman.

Proxy Telegram ini biasanya juga digunakan untuk mempercepat koneksi ketika Anda sedang chat, menonton film, atau mendownload file di Telegram.

Baca Juga Cara Menghapus Akun Telegram Secara Permanen & Sementara

Fungsi Proxy Telegram

Sedikit menyinggung masalah proxy server yang sudah di tuangkan berulang kali pada postingan sebelumnya. Proxy merupakan server yang meneruskan atau menyambungkan handphone atau komputer kita ke jaringan internet global. Jadi fungsi utama dari penggunaan proxy di aplikasi telegram tentu tujuannya adalah menyambungkan lalu lintas data dari hp android atau IOS kita ke server telegram.

Sesungguhnya di indonesia pengguna telegram masih bisa menggunakan aplikasi ini tanpa hambatan. Jadi perlu atau tidaknya men-setting proxy di telegram menurut kami itu tergantung kebutuhan dan keadaan. Perlu kamu ketahui kalau fitur ini ditambahkan sejak update telegram versi 4.1. tujuannya tidak lain adalah agar pengguna yang berada pada negara dengan pembatasan penggunaan telegram dapat menggunakan aplikasi ini dengan maksimal. Itulah sebenarnya fungsi kenapa settingan proxy ada pada aplikasi telegram ini.

Fungsi lainnya adalah agar koneksi lebih terarah tanpa adanya interprensi data. Terkadang saat kita melakukan panggilan menggunakan telegram, perlu koneksi yang stabil, terarah dan tanpa gangguan. Dengan proxy telepon maupun video-call akan lebih lancar karena tidak diganggu koneksi lainnya. Jika di bandingkan dengan setting proxy server di hp android secara langsung, itu mencangkup semua koneksi yang keluar masuk ponsel smartphone android. Jadi tetap saja koneksi internet ke telegram akan terganggu.

Penggunaan proxy server pada telegram cukup membantu tetapi data kamu bisa saja tersimpan di server tersebut. Walaupun begitu, bukan berarti data kamu bisa di salahgunakan karena server telegram sudah menerapkan enkripsi menggunakan protokol MTproto. Jadi tidak perlu khawatir jika memang ingin menggunakan proxy di aplikasi telegram.

Baca Juga Cara Masuk Telegram Tanpa Kode Verifikasi

Kenapa Harus Menggunakan Proxy?

Ada beberapa alasan yang perlu Anda ketahui kenapa harus menggunakan proxy sebagai jembatan untuk mengakses jaringan internet. Salah satunya ialah karena akses yang diblokir sehingga tidak bisa membuka situs dari negara atau alamat IP tertentu.

Di bawah ini beberapa alasan pengguna beralih menggunakan proxy dan mungkin Anda tertarik untuk menggunakannya juga:

  1. Beberapa pengguna tidak ingin identitasnya diketahui: lokasi dan alamat IP yang digunakan, maka mereka menyembunyikannya dengan menggunakan proxy.
  2. Terkadang beberapa sekolah melakukan pembatasan akses pada website tertentu. Proxy digunakan oleh siswa untuk menyiasatinya sehingga bisa mengakses website yang diblokir.
  3. Pengguna yang pergi ke luar negeri dan memblokir akses ke negara asal atau rumah Anda.
  4. Kantor atau penyedia layanan internet di rumah memblokir akses ke sosial media atau situs lainnya

Kelebihan menggunakan proxy server

Berikut ini merupakan sisi baik atau positif yang merupakan kelebihan yang bisa kita nikmati jika menggunakan proxy server antara lain:

1. Membuat koneksi internet lebih stabil. (semua jenis proxy)

Hal ini disebabkan karena koneksi dari komputer kita hanya menuju ke proxy server. Jadi tidak ada komputer lain yang menuju proxy tersebut kecuali kalau kamu menggunakan proxy gratis. Situasi ini bisa menguntungkan pengguna karena jaringan data tidak terganggu oleh jaringan komputer lain.

2. Menambah proteksi keamanan jaringan internet (high anonimity proxy)

Proteksi menjadi sangat penting saat kita menggunakan internet. Apalagi jika kita tambahkan proxy server pada jaringan kita, tidak akan ada lagi pencurian data maupun manipulasi data. Kelebihan ini bisa ditawarkan jika proxy kita menggunakan fitur enkripsi lalu-lintas data.

3. Membuka blokir situs yang dilakukan penyedia layanan internet (semua tipe server)

Blokir situs banyak terjadi sejak dibatasinya situs yang dapat kita buka di Indonesia. Hal ini memang memiliki tujuan baik yaitu memblok situs bermuatan negatif yang bisa saja di akses oleh anak di bawah umur. Dengan proxy server, semua situs yang di blokir akan terbuka karena lalu lintas data melewati proteksi dari operator atau penyedia layanan internet.

4. Menyembunyikan identitas di internet (anonimity, high anonimity proxy server )

Fitur yang menguntungkan ini sangat bisa kita rasakan ketika menggunakan jenis proxy server anonim. Mesin pelacak tidak akan dapat mengetahui siapa yang sedang mengakses internet karena identitas kita sudah di samarkan atau di anonim oleh proxy tersebut. Kelebihan ini sudah diketahui oleh hampir semua pengguna proxy baik gratis maupun yang premium.

5. Mempercepat distribusi data internet (reverse proxy)

Proxy juga memiliki kelebihan untuk mempercepat koneksi internet. Fitur ini hanya tersedia untuk tipe atau jenis reserve proxy yang dapat menyimpan file-cache di dalam proxy server. Ini membuat akses file saat diminta oleh klien menjadi lebih cepat karena server proxy tidak mengambil file di internet, tetapi tinggal meneruskan file-cache yang terdapat di server.

Tipe proxy pada telegram

Terdapat dua tipe proxy pada telegram yang bisa kita gunakan, yaitu SOCKS5 dan MTProto Proxy. Berikut masing-masing perbedaanya:

– SOCKS5

Tipe proxy ini adalah versi terbaru dari protokol SOCKS dan merupakan versi upgrade dari SOCKS4.

Tipe ini menawarkan metode otentikasi yang lebih beragam dan terbilang lebih cepat dari versi sebelumnya.

– MTProto Proxy

Tipe ini bisa kita gunakan untuk melindungi data pribadi kita dan menambah kemanaan saat melakukan chat.

Bisa dibilang, tipe proxy ini merupakan bentuk keamanan tertinggi dari telegram untuk melakukan enkripsi pesan penggunanya.

Baca Juga Telegram Tidak Dapat Mengirim Pesan, Ini Cara Mengatasinya

Cara Menggunakan Proxy di Telegram 2021

Cara menggunakan proxy di Telegram ini sangatlah mudah dan Anda diberi kebebasan untuk memilih dan mengatur proxy yang digunakan. Berikut ini merupakan cara memakai proxy di aplikasi Telegram:

  1. Klik tombol menu garis tiga di pojok kanan atas, selanjutnya Anda bisa klik menu Pengaturan lalu pilih Data dan Penyimpanan.
  2. Scroll kebawah sampai Anda menemukan menu Pengaturan Proxy, klik menu Pengaturan Proxy tersebut. 
  3. Nyalakan tombol Gunakan Pengaturan Proxy, kemudian Anda bisa memilih proxy mana yang akan Anda gunakan. 
  4. Kemudian isi detail proxy yang ingin Anda koneksikan dengan mengisi kolom server, port, dan rahasia sesuai yang Anda mau.
  5. Tekan tombol centang dan pastikan tombol Gunakan Pengaturan proxy sudah menyala. Dengan begitu maka proxy Telegram yang Anda tambahkan akan berstatus connected/

Cara Mematikan Proxy di Telegram

Bagaimana cara mematikan proxy di Telegram? Cara mematikan proxy di Telegram ini sangat mudah, sama mudahnya dengan cara menyalakan proxy di Telegram. Berikut tutorial mematikan koneksi proxy di Telegram:

  1. Seperti saat memasang proxy di Telegram, untuk mematikan proxy maka Anda perlu klik tombol menu garis tiga dipojok kanan atas.
  2. Klik pengaturan> Data dan Penyimpanan> scroll kebawah lalu Anda bisa tap menu Pengaturan Proxy. 
  3. Untuk mematikan proxy maka Anda tinggal mematikan saja tombol Gunakan Pengaturan Proxy, dengan begitu maka proxy akan mati. 
  4. Jika Anda menghapus proxy di Telegram, maka Anda bisa long tap pada proxy yang ingin Anda hapus.
  5. Selanjutnya akan muncul pop up Hapus Proxy, Anda bisa tekan tombol Ok untuk menghapus proxy tersebut.

Itulah cara menggunakan proxy di aplikasi Telegram yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Sekian yang bisa kami sampaikan, semoga bisa membantu Anda yang ingin menggunakan proxy di Telegram.

Pos terkait