Cara Mengatasi Lag Mobile Legends, Sering Error, Keluar Sendiri Di Android

Loading...

Teknisi Blogger – Terkait mengenai Game Mobile Legends, mungkin sudah banyak para pengguna Android yang memainkan game ini.

Jujur, sebenarnya saya tidak pernah memainkan Game ini, hanya saja ada sebagian pengguna yang mendapati masalah bahwa Game sering terjadi macet, error, keluar sendiri, dan bahkan muncul pesan error bertuliskan “sayangnya, mobile legends telah berhenti”.

Salah satu game online terlaris di mainkan saat ini ialah Mobile Legends Bang Bang. Game ini bertemakan petualangan adu strategi juga kelebihan skill dari para pemaiannya untuk menggerak para hero. Cara memenangkan pertandingan pun sangat mudah tinggal kita hacurkan terlebih dahulu tower utama musuh, tapi tidak mudah sebab ada banyak rintangan dari mulai tower 3 lapis dan juga sergapan para musuh yang terus mengintai.

Ada banyak hero yang dapat dipilih dan terus bertambah dari waktu ke waktu, kelebihan dari Mobile Legends ialah berfitur PVP maksimal 5 orang, akan lebih seru tentunya jika melakukan komunikasi antar pemain membuat strategi mengalahkan musuh. Di Google Play Store tercatat jika Mobile Legends Bang Bang dapat dimainkan dengan kondisi sistem operasi Android pada sebuah smartphone minimal 4.0.3 Ice Cream Sandwich.

Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Main Mobile Legends, Sering LAG

Cara Mengatasi Mobile Legends Lag, Error, Keluar Sendiri Di Android
Loading...

Untuk ukuran besar datanya bergantung pada jenis handphone yang di pergunakan. Biasanya ketika menginstall Mobile Legends maka aplikasinya akan langsung melakukan penyesuaian, ketika smartphone anda memiliki jumlah kapasitas RAM yang tak begitu besar otomatis set efek 3D pun tidak sampai kualitas yang tinggi, akan tetapi bila anda merasa handphone anda kuat bisa juga melakukan pengaturan manual dengan merubah set grafis 3D menjadi menengah.

Ada beberapa orang mengaku jika sering aplikasi Mobile Legends tiba – tiba berhenti tidak merespon dan bahkan tidak jarang kejadian force close juga menimpa. Hal ini sih mungkin di dasari pada beberapa faktor, seperti RAM kecil, namun jika anda merasa bahwa handphone anda memiliki RAM besar tapi masih juga kok sering Mobile Legends error,

Mengatasi Mobile Legends Sering Error, Macet, Keluar Sendiri Di Android 

Mobile Legends: Bang Bang adalah arena game online multiplayer game mobile yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Moonton. Game ini dirilis di seluruh dunia untuk Android pada tanggal 14 Juli 2016 dan kemudian untuk iOS pada tanggal 9 November 2016.

Baca Juga

Mobile Legends:Bang Bang adalah game pertarungan multiplayer online yang dirancang untuk ponsel. Kedua tim lawan berjuang untuk mencapai dan menghancurkan basis musuh sambil mempertahankan basis mereka sendiri untuk mengendalikan jalan setapak, tiga “jalur” yang dikenal sebagai “top”, “middle” dan “bottom”, yang menghubungkan basis-basis. (Sumber: Wikipedia.org)

kita coba cari tahu saja penyebabnya melalui informasi berikut ini.

RAM terlalu kecil Maka Sering LAG

Nah hal pertama yang mendasari ialah adanya RAM tak mencukupi untuk bisa bermain Mobile Legends Bang Bang. Jika anda memang menginginkan bisa main game online Mobile Legends Bang Bang dengan lancar setidaknya perhatikan jumlah aplikasi yang anda miliki.

Kurangi menggunakan aplikasi yang tidak perlu, hapus juga adanya widget – widget terlebih yang menggunakan efek 3D karena berpengaruh terhadap kinerja RAM. Anda juga dapat menggunakan aplikasi bernama RAM Manager untuk mengatur RAM agar boosting pada saat bermain Mobile Legends.

Dari aplikasi RAM Manager anda buka kemudian pilih opsi Game Booster, secara otomatis apabila anda melangsungkan membuka permainan Mobile Legends Bang Bang kinerja RAM langsung diprioritaskan memperlancar permainan anda tersebut. Coba install RAM Manager

Bersihkan cache aplikasi Android

Mungkin juga yang membuat aplikasi Mobile Legends tidak bisa dibuka atau error maupun yang lain ialah karena cache aplikasi dari game itu sendiri. Coba saja anda bersihkan cache aplikasinya siapa tahu berhasil memulihkan kondisi permainan Mobile Legends anda. Untuk membersihkan aplikasi bisa menggunakan cara manual atau juga dapat mempergunakan jalan alternatif yakti memasang aplikasi pembersih Android, seperti Clean Master misalnya.

Install ulang aplikasi Mobile Legends

Cara berikutnya nih guna mengatasi game Mobile Legends tak bisa dibuka adalah mencoba install ulang aplikasi. Ada kalanya ketika melakukan penginstalan pertama kali ada file yang korupt jadi kita coba saja sekali lagi melakukan penginstalan ulang. Tapi ketika menginstall ulang aplikasi Mobile Legends tentu semua data – data permainan anda juga ikut hilang, pastikan ya ketika main Mobile Legends anda sudah terdaftar sebagai member sehingga jika kejadian perlu menginstall ulang seperti ini anda tidak bingung lagi.

Pembaruan sistem operasi Android anda

Dengan terus dilakukan pembaruan aplikasi Mobile Legends Bang Bang maka tidak jarang data support untuk Android pun terus meningkat. Boleh jadi untuk versi aplikasi Mobile Legends sekarang support buat OS 4.0.3 tapi bisa jadi beberapa waktu lagi saat dilakukan pembaruan aplikasi kompatibilitas Mobile Legends dapat meningkat entah itu ke versi OS 4.4.4 KitKat atau malah diatasnya.

Untuk yang terakhir ini memang jadi masalah juga sebab kalau sudah OS yang diperlukan lebih tinggi dari yang di miliki handphone kita tentu aplikasi Mobile Legends bakal mental ketika di pasang.

Jika masalah – masalah tersebut, belum bisa diatasi maka selanjutnya atasi dengan cara berikut ini.

1. Hapus File Temporary

Untuk cara yang pertama, anda bisa mencoba untuk membersihkan file temporary atau file sampah pada Game tersebut dan juga pada Aplikasi lainnya. Gunakan aplikasi cleaner bawaah atau pilihan anda untuk membersihkannya.

Hapus Cache Mobile Legends
  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Mobile Legends” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

2. Paksa dan Hapus Data Game

Selanjutnya, untuk yang kedua, anda bisa menghentikan dan menghapus data Game Mobile Legendsmenghapus data yang dimaksud disini adalah file cachehistorybasis datadata login, dan lainnya. Adapun selanjutnya setelah hapus data, anda bisa buka dan login kembali pada game yang anda mainkan tersebut.

Dan untuk menghapus data aplikasi, anda bisa simak langkah – langkahnya berikut ini.

Hapus Data Mobile Legends
  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Mobile Legends” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

3. Update Game

Dan untuk yang ketiga, anda bisa mencoba untuk Update Game. Ini anda lakukan agar semua bugs dan kerusakan yang terjadi pada Game Mobile Legends bisa hilang dan game bisa anda mainkan kembali.

Untuk update, anda bisa melakukan melalui Google Play Store atau untuk iPhone bisa melalui Apps Store. Untuk update di HP Android, anda bisa simak langkah – langkahnya berikut ini.

Update Game Mobile Legends
  • Buka Google Play Store » Aplikasi & Game Saya » cari “Mobile Legends” » tap “Update” dan “Terima”.

4. Install Ulang Game

Dan untuk yang terakhir, anda bisa Install Ulang game Mobile Legends yang anda miliki tersebut. Pertama, hapus Game tersebut, lanjutkan dengan membersihkan file temporary. Kemudian anda restart perangkat Android anda.

Dan setelah itu, barulah anda coba install kembali game Mobile Legends via Google Play Store. Dan untuk penghapusan, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Uninstall Mobile Legends
  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Mobile Legends” » Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

5. Jangan Lupa Cek Konektivitas Internet

Koneksi Internet yang cepat tentu menjadi unggulan saat bermain Game Online, tidak hanya Mobile Legends, ini berlaku untuk game lainnya pula. Anda Sebagai pengguna tentu harus melihat seperti apa kecepatan internet smartphone saat ini. Coba buka aplikasi yang sekiranya membutuhkan akses internet seperti YouTube atau Play Store.

Jika lancar maka tentu itu baik – baik saja, namun jika tidak maka anda perlu pastikan pula paket internet serta manfaatkan juga fitur mode pesawat terbang untuk memancing sinyal yang ada.

6. Gunakan Aplikasi Keamanan

Smartphone terbaru saat ini kebanyakan telah dilengkapi dengan fitur keamanan atau pengelola keamanan yang fungsinya selain melindungi smartphone juga menjadi opsi cepat dalam membersihkan file temporary pada memori Internal.

Tidak hanya itu saja, sebagian fiturnya juga dapat digunakan untuk melakukan Boost pada memori RAM yang tujuannya untuk mempercepat dan memaksimalkan jalannya aplikasi maupun Game. Penasaran bagaimana cara menggunakannya, simak langkah – langkahnya dibawah ini.

1. Langkah pertama, buka aplikasi “Keamanan” yang ada di HP Xiaomi anda. Aplikasi ini biasanya langsung ada pada Home Screen layar dengan icon/ logo warna hijau. Setelah dibuka, anda akan melihat tampilan (Interface) dari aplikasi tersebut. Selanjutnya tap “Pembersih”…

Aplikasi Keamanan Xiaomi

2. Selanjutnya, Aplikasi akan melakukan scanning pada semua file temporary. Jika scanning selesai, anda bisa tap “Bersihkan” untuk membersihkan file cache dan file temporary lainnya.

Bersihkan Cache Xiaomi

3. Dan itulah metode singkat dan cepat dalam membersihkan file Cache di HP Xiaomi menggunakan aplikasi Keamanan. Cukup mudah bukan!

4. Selesai.

7. Game Sudah Tidak Kompatibel

Alasan lain bisa jadi Game Mobile Legends memang sudah tidak kompatibel dengan smartphone yang anda gunakan saat ini. Pengembangan game selalu ditingkatkan, baik dari segi grafis, performa, serta peningkatan fitur dan pengalaman. Hal ini tentu memaksa sebagian smartphone untuk tidak kebagian fitur atau pembaruan yang ada.

Untuk smartphone dengan sistem yang sudah cukup lama maka dipastikan sudah tidak kompatibel atau mungkin bisa terinstal namun tidak maksimal saat dijalankan, terkadang terjadi lag, macet, lemot, dan semacamnya.

8. Space RAM Yang Minim

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah space RAM yang minim, mungkin dibawah 2 GB. Space RAM yang 2 GB saja masih merasa kurang maksimal, apalagi yang dibawah 2 GB, tentu menjadi hambatan tersendiri. Solusinya adalah dengan membatasi aplikasi atau game lain, bisa dengan menonaktifkan atau menghapusnya.

Dengan begitu, aplikasi lain tidak akan mengambil space RAM pada latar belakang.

Nah mungkin itu saja sedikit informasi pengalam dari saya seputar Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Main Mobile Legends, jika anda juga memiliki pengalam bari silahkan di share saja disini.

Akhir Kata

Terimakasih banyak untuk kunjungan.nya dan sampai bertemu lagi di sesi ulasan informasi seputar gadget Android dan juga aplikasi – aplikasinya.

Loading...

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *