9 Cara Mengatasi Memori Internal Penuh Tanpa Ribet

Loading...

Teknisi Blogger – Memori Internal Penuh – Teknologi semakin canggih, zaman era modern serba teknologi ini kita harus bisa memanfaatkan sebaik mungkin dengan adanya smartphone android maupun yang lain. kali ini kita akan bahas mengenai Memori internal penuh di smartphone padahal kosong, apa sih penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya memori hp tiba-tiba penuh sendiri, padahal tanpa instal aplikasi apapun. untuk itu kita simak yuk.

Memori Internal Penuh? Berikut Cara Mengatasinya
Loading...
Memori Internal Penuh? Berikut Cara Mengatasinya

Setiap pengguna smartphone pasti tidak asing dengan istilah memori internal dan eksternal. Memori merupakan komponen penting dalam smartphone yang memiliki beragam fungsi dan jenisnya.

Setiap pengguna smartphone juga membutuhkan kapasitas memori yang berbeda. Namun, pengguna sering mendapati masalah memori internal penuh padahal masih kosong. Berikut penyebab dan cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Memori Internal

Memori internal yang digunakan sudah pasti menyimpan semua data pengguna. Oleh karena itu, kurang tepat bila menyimpulkan bahwa memori penuh padahal masih kosong. Masalah memori internal penuh tidak hanya terjadi di hp xiaomi, vivo, samsung, oppo, semua smartphone pasti pernah mengalami hal tersebut.

Lalu kenapa pemberitahuan memori penuh terus muncul ? Jawabannya adalah jenis file yang tersimpan. Ada beberapa file yang kapasitasnya besar, namun letaknya tersembunyi seperti file cache, maka anda harus segera membersihkan cache pada android tersebur.

Penyebab Memori Internal HP Android Cepat Penuh

Kenapa memori internal cepat penuh? Sebenarnya ada beberapa sebab yang menjadi faktor memori internal kamu cepat penuh, salah satunya adalah dari aplikasi yang terinstall. Jika kamu perhatikan ketika kamu menginstall aplikasi setidaknya akan ada beberapa data yang tersimpan yang mana akan memakan kapasitas memori.
Data tersebut merupakan data yang berkaitan dengan file data login, cache, dan apa yang kamu simpan dari aplikasi tersebut contohnya ketika kamu mendownload videos/foto yang di kirim melalui aplikasi Chatting seperti WhatsApp dan Telegram.
Selain itu juga sering menyimpan hasil foto dan videos dari kamera ke storage internal dapat menyebabkan memori internal kamu cepat penuh, tentu solusinya kamu harus memanage pilihan penyimpanan akhir ke SD Card untuk mengurangi penggunaan memori internal.

Baca Juga Rekomendasi Hp Terbaik 2021

Cara Mengatasi Memori Internal Android Penuh Tanpa Root

Mengatasi Memori Internal Android Penuh

Cara Mengatasi Memori Internal Android Penuh – Pernah mengalami memori internal Android kamu tiba-tiba penuh? Ketahuilah penyebabnya dahulu supaya dalam penanganannya mudah. Nah, kali ini blogcahti akan membahasnya.

Faktor-faktor penyebab memori android penuh

Ada beberapa faktor penyebab memori internal android menjadi penuh yang terkadang sangat menjengkelkan kita disaat seperti melakukan update aplikasi di Google Play Store harus menghapus aplikasi lain karena memori penuh. Berikut faktor-faktor tersebut :

  • Kapasitas penyimpanan internal yang tergolong kecil
  • Terlalu banyak aplikasi yang diinstal di memori internal terutama aplikasi bawaan pabrik (bloatware)
  • Menyimpan berbagi file media seperti foto, video dan sebagainya di memory internal
  • Terdapat cache serta file sampah yang menumpuk

Untuk mengatasi masalah internal penuh, kamu harus cek terlebih dahulu apa penyebab memori internal android penuh seperti hal-hal yang sudah saya sampaikan diatas agar pemecahan masalah dapat ditangani dengan cepat dan mudah.
Terkadang para pengguna android juga menyepelekan berkas foto yang dibiarkan disimpan di sdcard yang akan membuat cache thumbnails yang berfungsi agar loading foto lebih cepat menjadi menumpuk sehingga ruang bebas memori berkurang padahal penyimpan internal android mereka tergolong kecil.

Cara Mengatasi Internal Android Penuh

Kamu bisa lakukan tips yang pernah saya lakukan. Berikut berbagai cara mengatasi memori internal android penuh yang wajib kamu coba.

1. mencopot aplikasi tidak penting

Pergi menuju setelan android, pilih aplikasi kemudian lihat aplikasi yang berada di semua penyimpanan. Lalu cari dan pilih aplikasi yang tidak penting misal disini saya pilih Chrome. Pilih copot pemasangan aplikasi.

mencopot aplikasi tidak penting

Untuk menonaktifkan aplikasi bloatware cukup pilih nonaktifkan. Namun jika aplikasi sudah diperbarui, pilih copot pemasangan dahulu lalu pilih nonaktifkan.

2. Menghapus cache

Cara menghapus cache yaitu langsung melalui setelan penyimpanan atau bisa juga menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti CCleaner dll.

#Menghapus langsung di setelan penyimpanan

Pergi menuju setelan penyimpanan lalu pilih data dalam cache. Pilih OKE untuk menghapus.

Menghapus langsung di setelan penyimpanan

#Menggunakan aplikasi CCleaner

Disini blogcahti terbiasa menggunakan aplikasi CCleaner yang dapat diunduh langsung di Google Play. Aplikasi tersebut sangat sederhana dan antarmuka pengguna yang mudah dimengerti. Pertama buat widget. Kamu bisa menyesuaikan tergantung kebutuhan seperti hapus memori ram, clipboard, dan history browser.

Menggunakan aplikasi CCleaner

Setelah itu cukup klik satu kali pada widget untuk menghapus cache. Sangat mudah bukan?

3. Menghapus folder thumbnails

Folder thumbnails berisi cache gambar yang bertujuan agar saat kita membuka gambar loading lebih cepat. Karena jika foto yang ada di memori internal anda semakin banyak maka semakin banyak pula file yang berada di folder thumbnails yang pastinya akan membuat memori menjadi penuh. Folder tersebut biasanya berada dimana anda menyimpan foto, jika di internal atau sdcard terletak di /sdcard/DCIM/thumbnails. Kamu tinggal hapus saja folder thumbnails maka memori kamu akan sedikit lebih lega dari sebelumnya.

Namun jika ingin foledr tersebut tidak muncul lagi kamu bisa membuat sebuah file baru di /sdcard/DCIM/disini .bBuat sebuah file dengan nama .thumbnails menggunakan aplikasi file manager seperti File Explorer atau lainnya. Saran saya lebih baik menggunakan aplikasi Root Explorer karena pengalaman saya aplikasi tersebut lebih mudah dalam masalah oprek android.

Menghapus folder thumbnails

Dari beberapa cara diatas sebenarnya ada cara yang bisa dikatakan sangat ampuh yaitu dengan membuat partisi memori eksternal untuk dijadikan tempat penyimpanan kedua yang menampung aplikasi.

9 Cara Ampuh Mengatasi Memori Internal Penuh Di smartphone

9 Cara Ampuh Mengatasi Memori Internal Penuh

Memori internal yang penuh merupakan permasalahan yang umum dan sering di alami oleh pengguna smartphone yang mana terkadang hal ini sangat menjengkelkan karna cukup berdampak bagi kinerja dan fungsi HP itu sendiri sehingga menjadi lemot atau lambat.

Masalah memori internal ini sebenarnya bisa diatasi diawal dengan memilih spesifikasi memori internal pada saat memutuskan untuk membeli smartphone dengan memperhatikan bagian kapasitas penyimpanan yang disediakan.

Selain dari kapasitas penyimpanan memori internal yang perlu diperhatikan kamu juga tentu harus memperhatikan penggunaannya, jangan-jangan yang menyebabkan memori internal HP kamu cepat penuh akibat terlalu banyak menginstall atau menggunakan aplikasi, menyimpan file musik, videos, dan foto yang berlebihan.

Namun banyak diluar sana khususnya pengguna HP Android yang mengeluhkan memori internal penuh padahal masih kosong, gallery juga tidak terlalu banyak menyimpan foto/videos namun masih saja muncul notifkasi ”Ruang penyimpanan hampir penuh”.

Tips Mempercepat Smartphone Android 10x Lebih Cepat

Hapus Data Kamera yang Tersimpan

Sebenarnya, masalah ini termasuk mudah untuk diatasi, karena pengguna hanya perlu melakukan optimasi saja, yakni dengan menghapus beberapa file yang sudah tidak digunakan. Sebelum menghapus data, pastikan untuk melakukan backup data terlebih dahulu. Hal ini merupakan cara untuk mencegah hilangnya data yang penting. Berikut cara mengatasi memori internal penuh padahal masih kosong.

Pertama, hapus terlebih dahulu data kamera yang tersimpan, terutama bagi pengguna yang sering menyimpan foto maupun merekam video. Alasannya karena setiap kamera android saat ini telah mendukung resolusi HD (720P) hingga 4K, yang memakan banyak memori untuk data satuannya. Setelah selesai menghapus beberapa data, pengguna akan bisa melihat kapasitas internal yang penuh akan berkurang banyak.

Sebenarnya anda bisa lakukan, menyimpan foto di google drive. Sehingga anda tidak kehabisan lagi memori. Atau juga anda bisa backup atau disimpan lewat laptopmu untuk sementara.

Hapus Cache Aplikasi

Setelah mengetahui penyebab memori internal yang cepat penuh setidaknya ada beberapa langkah-langkah yang harus kamu terapkan mulai sekarang,

Apakah Anda merasa ponsel Android mulai lelet saat dioperasikan? Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan ponsel Android lambat bekerja. Salah satunya bisa jadi karena kapasitas memori sistem yang sudah penuh. Semakin lama, ponsel akan dijejali berbagai macam file dan aplikasi. Namun, menghapus beberapa file atau aplikasi agar ruang memori agak lega cukup memakan waktu. Belum lagi memilah mana yang masih dibutuhkan dan mana yang harus dihapus.

Ada cara lain yang bisa dilakukan untuk melegakan memori sistem, yakni menghapus data cache.

Apa itu data cache?

Data cache merupakan data sementara dari aplikasi yang terpasang dan tersimpan di memori ponsel. Setiap aplikasi memiliki file cache masing-masing dan membutuhkan ruang penyimpanan. Semakin sering digunakan, data cache akan semakin menumpuk. Misalnya saja ketika membuka situs di peramban, sistem akan menyimpan gambar yang dilihat dan menyimpannya di file cache. Dengan menyimpannya sementara, sistem tidak harus mengunduh gambar yang sudah pernah dibuka sebelumnya. Sehingga bisa lebih cepat membuka situs yang diinginkan dan tidak mengonsumsi banyak kuota data.

Menghapus data cache tidak akan menghapus data aplikasi seperti data log in, game yang tersimpan, dan sebagainya.

Berikut langkah-langkah menghapus data cache:

1. Buka pengaturan

2. Device Care

3. Storage

4. Advance

5. Other Apps

6. Pilih aplikasi yang sering digunakan satu per satu

7. Setelah aplikasi dibuka, pilih opsi “clear cache” yang ada di kanan bawah. Lihat Foto Cara menghapus data cache di ponsel Android

membersihkan Chace Android
Memori Internal Penuh? Berikut 9 Cara Mengatasinya : Gambar kompas.com

Perlu diingat, karena antarmuka setiap merek ponsel Android berbeda, kemungkinan langkahnya agak sedikit berbeda. Namun langkah dasarnya sama.

Rutin Membersihkan File Sampah / Cache

Seperti yang sudah DIjelaskan diatas untuk bekerja sebuah aplikasi akan membuat atau menyimpan sebuah file ‘sampah’ yang sebenarnya file ini bisa juga membantu proses memuat aplikasi menjadi lebih cepat, namun jika ukurannya besar akan menjadi beban memori internal kamu juga bukan ?
Untuk membersihkan file sampah atau cache ini setiap HP Android sudah memiliki fitur bawaannya jadi tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan.
Untuk caranya bisa kamu buka pada menu Setting lalu cari bagian Application atau App Management (untuk setiap merk/type HP Android tidak jauh berbeda) kemudian pilih salah satu aplikasi kemudian pilih Clear Cache seperti gambar berikut 

9 Cara Ampuh Mengatasi Memori Internal Penuh

Gunakan SD Card Untuk Menyimpan Foto, Videos, dan Musik

Untuk mengurangi penggunaan memori internal bawaan HP kamu, gunakanlah kartu SD eksternal berkapasitas minimal 16 GB – 32 GB untuk menyimpan hasil foto dan videos yang dihasilkan oleh kamera, kamu juga bisa memilih sd card ini untuk menyimpan file-file lainnya seperti musik, audio, dan lain-lain.


Install Aplikasi Secukupnya

Mulai sekarang perhatikan penggunaan aplikasi kamu, cukup dengan menggunakan aplikasi-aplikasi yang memang perlu dan sangat kamu butuhkan. Menginstalll banyak aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan tentunya sangat tidak berguna dan hanya memenuhi storage internal HP kamu.

Reset HP Ke Pengaturan Pabrik

Jika dirasa ke-3 langkah diatas sudah kamu lakukan namun HP kamu masih saja menampilkan notifikasi memori internal hampir habis atau penuh, cara terkahir yang bisa kamu coba adalah dengan me-reset setelan atau pengaturan ke pabrik. Ini merupakan cara yang cukup ampuh untuk mengatasi hp lemot sekalipun.
Perlu diingat dengan reset ke pengaturan pabrik atau factory reset ini menjadikan smartphone / HP kamu seperti baru pertama kali disetting dari pabrik, semua aplikasi termasuk file yang tersimpan sebelumnya akan terhapus permanent.
Jadi, sebelum memutuskan untuk memilih langkah terakhir ini pastikan kamu sudah membackup semua file gallery  foto, videos, dan lain-lain ke laptop kamu ya.

Berikut langkah – langkah untuk membersihkan file cache, yaitu pertama buka dulu setelan pada ponsel anda, lalu masuk ke menu aplikasi. Lanjutkan mencari aplikasi apa saja yang memiliki ukuran paling besar, dan buka aplikasinya. Pilih menu penyimpanan, kemudian pilih hapus cache. Jika dirasa menghapus cache satu aplikasi belum cukup, bisa dilanjut mencari cache pada aplikasi yang lainnya.

Gunakan Aplikasi Cleaner

Jika anda malas menggunakan cara manual, maka aplikasi ini bisa menjadi pilihan. Aplikasi cleaner adalah aplikasi yang berfungsi untuk mengoptimalkan ponsel anda, baik untuk performa ataupun penggunaan data. Aplikasi ini memang dirancang bagi anda yang ingin menggunakan cara praktis dan menghemat waktu. Dengan aplikasi Cleaner, kegiatan menghapus data telah dijalankan secara otomatis.

Memori internal penuh padahal masih kosong kini dapat diatasi dengan mudah. Berikut langkah untuk menggunakan aplikasi Cleaner, yaitu pertama instal aplikasinya, kemudian klik aplikasi untuk memulai. Anda bisa langsung menuju menu utama dan pilih tombol bersihkan. Kemudian silahkan tunggu hingga proses pembersihan data selesai. Pengguna bisa cek kembali memori internalnya, apakah ada perubahan signifikan.

Pindahkan aplikasi ke memori external

Salah satu yang dapat membuat memory internal penuh adalah instal aplikasi kebanyakan. Terutama untuk aplikasi marketplace, aplikasi tersebut kisaran sampe ratusan MB. Jika menurut anda aplikasi tersebut penting, alangkah baik nya pindah ke memori card. Cara nya cukup mudah untuk memindahkan aplikasi terinstal, ke memory eksternal untuk hp samsung.
a. Masuk ke pengaturan
b. Pilih aplikasi
c. Masuk ke manager aplikasi
d. Pilih aplikasi yang di download dan klik. Maka akan ada beberapa informasi untuk hapus memori, hapus data dan pindahkan ke kartu SD.
e. Pilih pindahkan ke kartu SD.

Hapus file aplikasi yang sudah unistall dan data yang tidak perlu

Meski kita sudah menghapus beberapa aplikasi yang tidak penting. Ternyata, aplikasi yang kita install masih tersimpan file cachenya. Untuk menghapus file cache aplikasi yang di unistall, terutama untuk hp samsung sebagai berikut.
a. Pada menu utama pilih file saya
b. Klik button penggunaan penyimpanan pada posisi paling bawah.
c. Pilih rincian, dan masuk ke file campuran
d. Hapus file cache aplikasi yang sudah di uninstall

Pada file campuran ini juga, ada pilihan untuk menghapus data yang tidak perlu. Manfaatkan fitur samsung clean master, untuk menghapus seperti singgahan, residu, dan file iklan.

6. Aplikasi yang memakan memori internal

Perlu anda ketahui, ada beberapa alikasi yang memakan memori besar. Tanpa disadari dan tidak bisa di hentikan applikasi tersebut, tetap akan membengkak jika ada update. Maka dari itu kita hanya bisa optimasinya dengan, memindahkan aplikasi ke memory ekternal.

Aplikasi yang menyebabkan memori penuh padahal aplikasi cuman sedikit. Pasti ini menjadi masalah hal besar, yang bikin kita stress. Dari beberapa aplikasi tersebut adalah.

  • Layanan google play
    Layanan google play sangatlah memakan memori, boros baterai dan bikin ram full. Hal ini tidak bisa kita optimasi, melainkan hanya memindahkan aplikasi ke kartu sd.
  • Facebook
    Untuk anda penggila medsos facebook, kian waktu akan terus update. Semakin fitur facebook lengkap, maka akan semakin banyak ruang memory yang termakan. Untuk facebook, bisa gunakan facebook lite agar lebih enteng dan tidak memakan memory.
  • Aplikasi browser (Google, chrome dan lainnya.)
    Selain update, pastinya browser akan meninggal cache. Jadi meski sering hapus cache di ponsel anda.
  • Aplikasi marketplace
    Tidak dipungkiri pastinya setiap hp android yang anda miliki, memiliki aplikasi market place. Padahal aplikasi market place ini, akan memakan banyak memory hingga ratusan MB.
  • Maps
  • Foto
  • Dan google play Store

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi memori internal penuh padahal masih kosong dengan mudah. Kini anda tidak perlu lagi bingung ketika menerima pemberitahuan dari ponsel.

Cukup lakukan salah satu 9 cara yang disebutkan DIATAS, maka ponsel anda kembali normal. Setiap ponsel memiliki perbedaan kapasitas memori kosong dan jumlah file yang berbeda, untuk itulah memori ponsel pengguna perlu cek secara rutin.

Loading...

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *