Lupa Password & Email BPJS Aplikasi JKN Mobile? Ini Cara Mengatasinya

Artikel ini menjelaskan bagaimana caranya mengatasi Lupa Password BPJS dengan Aplikasi JKN Mobile, jika lupa email aplikasi BPJS, solusinya silahkan baca postingan ini sampai selesai. Pemerintah sudah mencanangkan program untuk kesejahteraan masyarakat yaitu BPJS. Bahkan saat ini layanan BPJS sudah bisa diakses melalui aplikasi mobile sehingga lebih mudah dan cepat. Namun, seringkali pengguna lupa akan password mereka. Sehingga berikut cara mengatasi lupa password BPJS kesehatan yang paling mudah.

Beruntung pada aplikasi mobile JKN-KIS ini memiliki fitur untuk mengatasi masalah ini dengan menambahkan navigasi untuk mengatasi lupa password. Navigasi tersebut bisa ditemukan di halaman landing aplikasi. Ada yang tidak boleh lupa dalam hal ini yaitu email yang digunakan pada aplikasi, kita harus bisa mengakses email tersebut karena password baru akan dikirim oleh server aplikasi ke email.

Bacaan Lainnya

Untuk mengganti password lama dengan password baru sesuai dengan yang kita inginkan maka harus melakukan Reset password dulu untuk mendapatkan password baru, setelah itu kita seting lagi password-nya sesuai selera. Perhatikan dengan cermat panduan reset password berikut ini :

Lupa password login BPJS ketenagakerjaan dapat dilakukan dengan aplikasi mobile BPJS yang sudah disediakan. Saat Kamu mereset password BPJS, Pastikan email yang dimasukan adalah email Kamu bukan email orang lain. Karena jika email tersebut bukan milik Kamu, bisa menyebabkan hal yang tidak diinginkan. Salah satunya peretasan email untuk hal yang tidak baik.

Dalam hal lupa password untuk login aplikasi Mobile JKN sebenarnya caranya sangat mudah sekali asalkan kalian semua masih menyimpan password login-nya. Lalu bagaimana jika kita tidak mencatatnya dan kebetulan lupa ? Apabila sudah seperti ini, solusi paling tepat untuk memecahkan masalah ini ialah dengan cara reset password. Dalam hal reset password diharuskan memasukan email terdaftar atau nomor terdaftar juga bisa.Advertisements

Pada kasus ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan beberapa aplikasi lainnya, semisalnya saja kita punya aplikasi saku digital LinkAja dan kebetulan lupa password. Untuk atasinya cukup mudah dengan cara reset password Aja, proses tersebut bisa anda terapkan jika lupa password Mobile JKN. Bila ingin mengetahui lebih lengkapny, kali ini Lupapin.com akan memberitahukan secara detail berikut ini.

Tentang Aplikasi JKN Mobile

Lupa Password & Email BPJS Aplikasi JKN Mobile? Ini Cara Mengatasinya

Pasca diluncurkannya aplikasi mobile JKN-KIS ke tengah-tengah lapisan masyarakat Indonesia kini metode informasi pelayanan BPJS kesehatan menjadi semakin mudah, ringkas dan cepat. Namun dibalik semua itu ada beberapa kendala yang cukup menghambat masyarakat, salah satunya yaitu sering lupa password login. Oleh karenanya penulis menerbitkan ulasan ini sebagai salah satu solusi untuk mengatasi lupa password login pada aplikasi tersebut.

Aplikasi yang sudah dikenal dengan nama “Mobile JKN-KIS” ini merupakan sebuah terminal informasi seputar BPJS Kesehatan yang dapat diakses kapanpun dan oleh siapapun yang berstatus sebagai peserta JKN-KIS dengan syarat memiliki akun pada aplikasi tersebut. Jadi mohon untuk selalu menyimpan username dan password yang digunakan pada buku catatan supaya bisa dilihat saat lupa password.

Mungkin untuk username tidaklah sulit karena ia bisa menggunakan nomor peserta yang tertera pada kartu BPJS Kesehatan. Penulis akan memberikan contoh kasus lupa password dan bagaimana cara mengatasinya. Bagi pengguna aplikasi ini harap selalu menjaga alamat email dan nomor telepon yang digunakan pada aplikasi jangan sampai lupa password email atau nomor teleponnya hilang karena ini akan sedikit rumit.

BPJS kesehatan merupakan program dari pemerintah khusus untuk warga negara Indonesia, jadi setiap orang bisa menjadi anggota BPJS Kesehatan. Unntuk daftar BPJS Kesehatan terbilang sangat mudah dan prosesnya juga cepat, setiap calon anggota harus memenuhi syarat-syaratnya agar proses langsung jadi. Demi kemudahan bagi semua orang dianjurkan untuk menggunakan aplikasi Mobil JKN.

Didalam aplikasi tersebut anda bisa dengan mudah untuk melihat informasi terbaru dari BPJS Kesehatan dan bahkan kita semua bisa lihat total tagihan harus dibayarkan. Oleh karena itu kenapa aplikasi Mobile JKN harus aman, jadi aplikasi akan login ke device baru diharuskan login terlebih dahulu. Lalu bagaimana cara mengatasi lupa password Mobile JKN karena lupa, apakah kita bisa mengatasinya.

Cara Aktivasi Mobile JKN

Jika anda belum terdaftar dalam program dari pemerintah yakni BPJS Kesehatan, dapat dipastikan kalian tidak bisa menggunakan aplikasi Mobile JKN. Karena aplikasi ini dibuat khusus untuk para peserta BPJS Kesehatan sudah terdaftar, bila anda merupakan peserta terdafar dan belum aktivasi aplikasinya. Bisa simak langsung saja informasi berikut ini.

  • 1. Langkah pertama pastikan jika kalian semua sudah memiliki aplikasi, jika belum memilikinya bisa download saja di Playstore maupun juga IOS
  • 2. Apabila sudah memiliki aplikasinya maka kalian semua tinggal buka saja, pada tampilan utama dari aplikasi Mobile JKN ada beberapa pilihan Pendaftar Peserta Baru dan Pendaftaran Pengguna Mobile
  • 3. Selanjutnya kalian semua cukup klik saja Pendaftaran Pengguna Mobile, lalu tunggu beberapa saat
  • 4. Pada tampilan selanjutnya anda diharuskan untuk mengisi data dari nor kartu BPJS, tabggal lahir, no KTP dan lainnya
  • 5. Pastikan jika kalian mengisi dengan benar, bila sudah semua tinggal klik saja Register
  • 6. Apabila sudah klik registrasi, maka langkah selanjutnya cukup lakukan verifikasi saja dan setelah itu bisa digunakan aplikasi Mobile JKN

Cara Mengatasi Lupa Password BPJS di Aplikasi mobile JKN

Aplikasi mobile JKN KIS merupakan aplikasi yang memuat PBJS kesehatan secara digital yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Kemudahan teknologi sekarang ini memudahkan semua orang untuk melakukan berbagai macam hal salah satunya saat mendapatkan masalah lupa sandi BPJS mobile.

Aplikasi JKN KIS mempunyai fitur yang canggih dan lengkap. Terdapat fitur untuk navigasi, reset password dan sebagainya. Untuk membuat akun BPJS, Kamu harus mempunyai email yang aktif agar server dapat mengirim kode verifikasi untuk akun Kamu. Email juga dapat digunakan saat Kamu ingin mengganti password akun BPJS kesehatan.

Semakin canggih teknologi sekarang ini, semakin banyak pula kendala yang terjadi. Kendala tersebut umum terjadi di semua aplikasi bukan hanya PBJS kesehatan. Lupa password akun BPJS menjadi masalah umum di masyarakat. Oleh karena itu, Kamu harus mengetahui cara mengatasi lupa password BPJS yang paling efektif.

Sebelum Kamu bisa menikmati layanan BPJS online tersebut, Kamu harus membuat akun yang berisi username dan password. Username menjadi nama pengguna Kamu saat menggunakan layanan online dari aplikasi BPJS. Dan password menjadi sistem keamanan untuk akun yang telah Kamu buat tersebut.

Bagaimana jika lupa password akun BPJS? Jika Kamu mengalami kendala akan password. Kamu bisa memilih beberapa cara mengatasi lupa password BPJS berikut ini.

Saat Kamu mengalami kendala untuk login karena lupa password. Kamu bisa membuka halaman landing hingga muncul jendela pop up pada aplikasi JKN KIS. Selanjutnya Kamu bisa mengikuti langkah berikut ini.

Pada kolom username atau nomor BPJS, isikan dengan username Kamu atau alamat email yang terhubung dengan aplikasi.

  1. Pilih menu reset jika username dan email Kamu sudah benar dan sesuai.
  2. Tunggu sampai server mengirim password baru untuk akun Kamu.
  3. Cek email untuk mendapatkan notifikasi password baru.
  4. Password baru akan diterima setelah 1 menit melalui email Kamu.
  5. Masukan password baru yang dapat Kamu ingat dengan baik.

Agar proses reset password bisa berjalan dengan cepat dan lancar, pastikan dulu koneksi internet stabil. Sehingga server tidak mengalami kendala saat mereset password baru Kamu. Saat Kamu lupa password BPJSTK, Kamu juga bisa mengikuti langkah tersebut melalui aplikasi dari JKN KIS. Jika Kamu sudah masuk ke menu pengaturan password, pilih navigasi untuk mengubah password.

Cara Mengganti Password BPJS Secara Manual

Cara mengatasi lupas password BPJS bisa juga dengan datang langsung ke kantor BPJS terdekat. Kantor BPJS kesehatan akan melayani dengan baik keluhan yang Kamu salah satunya saat mengalami kendala lupa sandi akun BPJS.

Sebagai jasa layanan masyarakat, BPJS selalu siap untuk memberikan pelayanan dan membantu Kamu saat mengalami kendala. Hal tersebut dilakukan dalam rangka mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan mendapatkan layanan terbaik dari pemerintah terutama untuk kesehatan dan kesejahteraan mereka. Cara mengganti password BPJS melalui nomor telepon yaitu:

  1. Untuk mengganti password bisa menggunakan nomor telepon yang masih aktif.
  2. Kamu bisa login ke aplikasi BPJS dan pilih menu lupa sandi.
  3. Setelah itu masukan nomor telepon yang masih aktif untuk mendapatkan kode verifikasi email Kamu.
  4. Setelah mendapatkan notif kode tersebut, masukan kembali pada kolom verifikasi dan lakukan reset password baru untuk akun BPJS kesehatan Kamu.

Namun, jika Kamu lupa sandi BPJS mobile dan lupa password email juga. Maka satu-satunya cara terbaik yang dapat Kamu lakukan adalah dengan reset akun BPJS. Kamu harus membuat akun BPJS yang baru dan menonaktifkan akun BPJS lama Kamu. Membuat akun baru merupakan solusi terakhir yang dapat Kamu lakukan. Namun sebelum membuat akun baru, pastikan Kamu mencoba cara lain dengan menghubungi call center BPJS.

Cara Mengganti Password BPJS Melalui Call Center

Biasanya bukan hanya masalah lupa sandi BPJS online saja yang sering dialami oleh masyarakat. Masalah lain yang sering muncul adalah lupa kata sandi email yang digunakan saat registrasi BPJS. Jika terjadi hal demikian, maka cara mengatasi lupa password BPJS yang paling tepat adalah dengan mengganti password email Kamu terlebih dahulu.

Masih ada cara lain untuk mengatasi lupa password login BPJS ketenagakerjaan yaitu dengan menghubungi call center BPJS ketenagakerjaan. BPJS ketenagakerjaan selalu siap melayani Kamu kapan saja. Kamu bisa menghubungi call center BPJS pada nomor telepon 1500400.

Call center akan membantu Kamu untuk mengatasi berbagai keluhan dan kendala. Sebagai layanan masyarakat, BPJS ketenagakerjaan memberikan fitur yang lengkap. Baik mengenai fitur layanan, aplikasi, dan sebagainya. Sebagaimana tujuan utama adanya BPJS untuk memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

Untuk memberikan bantuan atau layanan service, BPJS juga memberikan layanan call center. Karena setiap aplikasi atau media digital yang berbasis online atau wireless pasti mempunyai kendala yang kapanpun bisa terjadi. Termasuk kendala lupa sandi BPJS online dan sebagainya. Karena itu BPJS memberikan layanan service baik dalam bentuk layanan online maupun offline melalui panduan.

Pos terkait