Kode MMI Tidak Valid, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Loading...

Cara Mengatasi Masalah Sambungan atau Kode MMI Tidak Valid Pada Android – Bagi pengguna smartphone atau ponsel pintar yang sudah mengadopsi sistem operasi android tentu saja sudah tidak asing dengan lagi dengan pesan Masalah Sambungan atau Kode MMI Tidak berlaku.

Biasanya pesan tersebut akan muncul saat kita gagal dalam melakukan cek pulsa, cek paket internet, ataupun saat melakukan koneksi internet yang lain menggunakan layanan USSD, dan tentunya ini terjadi pada ponsel berbasis GSM.

Kode MMI Tidak Valid atau Masalah Sambungan yang terjadi pada Android secara umum di sebabkan oleh penerimaan sinyal yang kurang baik dan tentunya Kode MMI Tidak Valid bisa saja terjadi pada HP, Tablet, dan Smartphone merk dan type apa saja.

Penyebab Masalah Sambungan atau Kode MMI Tidak Valid Pada Android.

  • HP, Tablet, Smartphone yang tidak mendukung Jaringan 3G, HSPA, HSDPA, HSUPA, H+ atau dengan kata lain Smartphone, HP, Tablet masih menggunakan koneksi EDGE.
  • Mengingat Android adalah sistem operasi canggih, jadi sangat tidak cocok jika digunakan pada perangkat yang belum mendukung koneksi 3G / HSDP / HSUPA ataupun jaringan yang lebih tinggi yaitu 4G LTE.
  • Menggaktifkan Dual SIM Card pada daerah yang minim jaringan.
  • Adanya file yang hilang atau rusak pada sistem operasi android.
  • Terlalu banyak file sampah / history, seperti Cache dan Cookies, User, Password, sehingga menyebabkan kinerja sistem operasi tidak stabil dan lambat.
  • Salah memilih Band / setting Jaringan HP Android.
Kode MMI Tidak Valid
Loading...

Pengalaman pribadi yang menjadi penyebab utama munculnya pesan Masalah Sambungan atau Kode MMI tidak Valid adalah kondisi jaringan yang buruk dan Handphone belum mendukung jaringan 3G atau masih menggunakan Jaringan EDGE, dan ini terjadi pada Tablet MITO T89 dan Smartphone EVERCOSS A5B.

Selain kedua merk serta type tablet dan smartphones yang saya sebutkan diatas tentu masih sangat banyak handphone yang lain tidak terkecuali ponsel merk terkenal sekalipun yang mengalami Masalah Sambungan atau kode MMI tidak Valid.

Cara Mengatasi Masalah Sambungan atau Kode MMI Tidak Valid Pada Android (kondisi baru).
Invalid Code MMI biasanya saat kita akan melakukan panggilan melalui phonebook atau ketika cek pulsa, cek paket internet, dan lain sebagainya menggunakan fitur USSD, dan untuk mengatasi masalah tersebut ada bebebrapa hal yang bisa dilakukan antara lain.

  • Pastikan daerah tinggal Anda tidak ada masalah dengan koneksi jaringan.
  • Pastikan bahwa Smartphone, Tablet, sudah mendukung jaringan 3G, HSDPA, atau jaringan yang lebih tinggi.
  • Bersihkan file sampah yang ada di browser dan sistem operasi (OS).
  • Kalau ingin masuk ke USSD, pastikan mengetik dengan lancar dan tidak terlalu lama.

Jika beberapa cara diatas sudah dilakukan dan hasilnya nihil, maka untuk mengatasi Masalah Sambungan Atau Kode MMI tidak valid, silahkan ikuti beberapa langkah di bawah ini.

Periksa pengaturan jaringan.

  1. Pilih setelan.
  2. Pilih Network Connection Option.
  3. Ikuti Jaringan Mobile.
  4. Cari operator jaringan.
  5. Pilih jaringan yang ada di daftar secara otomatis atau pilih sesuai sinyal / jaringan yang tersedia di lokasi anda.
  6. Selesai.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sinyal HP Android dan untuk mengatasi kode MMI tidak valid adalah dengan melakukan Activate The Radio to Turn on SMS over IMS, dan untuk caranya adalah sebagai berikut.

1. Buka menu Dial.

Kode MMI Tidak Valid

2. Kemudian ketik *#*#4636#*#* (tidak perlu menekan tombol dial / call), maka secara otomatis muncul modus layanan telepon seperti dibawah ini.

  • Informasi telepon.
  • Informasi baterai.
  • Statistik penggunaan.
  • Wi-Fi information.

3. Silahkan pilih Informasi telepon, lalu lakukan setingan sebagai berikut.

  1. Pilih jaringan sesuai area dan kemampuan dukungan jaringan android anda, pada contoh dibawah ini saya memilih WCDMA Prefered.
  2. Kemudian klik run ping test.
  3. Selanjutnya klik tombol turn radio off.
  4. Lalu klik turn on SMS over IMS.
  5. Tahap berikutnya Restart / reboot smartphone android.

Jika semua cara diatas sudah dilakukan tetapi masalah belum teratasi, kemungkinan penyebab masalah sambungan atau kode MMI tidak valid pada amdroid dikarenakan kondisi perangkat smartphone, handphone, ataupun tablet sangat buruk, sehingga jangan terburu-buru untuk melakukan install ulang / flash Android.

Saran.
Jika Anda ingin membeli Handphone (HP), Smartphone, dan Tablet type dan merk apa saja yang menggunakan Sistem Operasi Android, pastikan Tablet atau Smartphone sudah mendukung koneksi 3G / HSDPA / H+, atau mendukung koneksi jaringan yang lebih tinggi 4G LTE.

Karena jika Tablet, HP, Smartphone masih menggunakan koneksi EDGE, maka besar kemungkinan akan sering mengalami Masalah Sambungan atau Kode MMI tidak Valid, terlebih pada daerah yang minim jaringan dan penggunaan Dual Sim yang aktif, dan untuk mengenal tentang jenis technology jaringan, silahkan baca artikel tentang Perbedaan 3G dan 4G LTE.

Kesimpulan.
Penyebab utama Masalah Sambungan atau Kode MMI Tidak Valid adalah.

  • Minimnya jaringan / signal yang tersedia.
  • Buruknya kualitas handphone, smartphone, tablet dalam menerima signal.
  • Salah dalam memilih band / jaringan pada menu pengaturan handphone.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan tentang Penyebab Masalah sambungan atau Kode MMI tidak Valid pada Android.

Loading...

You May Also Like