Internet Telkomsel Lemot 2021, Solusi Atasi Masalahnya

Anda pengguna telkomsel yang mengeluh dengan lemotnya jaringan telkomsel, ditahun 2021 banyak kendala muncul seperti sinyal telkomsel hilang, internet telkomsel lemot, telkomsel tidak ada jaringan, gangguan telkomsel hari ini, dan banyak lagi.

Namun teknisi blogger kali ini ingin menjelaskan tentang beberapa penyebab telkomsel lemot dan cara mengatasinya.

Bacaan Lainnya

Yuk langsung simak solusi mengatasi Internet Telkomsel Lemot 2021, Solusi Atasi Masalahnya

Penyebab Internet Telkomsel Lemot

Internet Telkomsel Lemot
Internet Telkomsel Lemot

Sudah bayar paket data internet dengan pulsa mahal-mahal, tapi layanan yang diberikan tidak sesuai harapan? Katanya kecepatan internet bisa sampai belasan Mbps. Tapi cuma dipakai browsing media sosial saja kok lemot hingga tidak ada gambar atau video yang muncul.

Pernahkah Anda merasakan masalah tersebut saat sedang asyik bersantai dan menjelajah dunia maya di smartphone? Hal tersebut tentu akan membuat siapa saja merasa jengkel dan frustasi, hingga secara otomatis langsung menyalahkan layanan operator selulernya. Padahal, akar masalah lemotnya koneksi internet dari paket data belum tentu berasal dari buruknya kualitas jaringan dari operator selulernya.

Nyatanya, masalah koneksi internet yang lemot pada paket data bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Tidak melulu kesalahan dari operator selulernya, lambatnya koneksi internet paket data bisa disebabkan karena gangguan pada perangkat atau faktor eksternal lainnya.

Sebagai contoh, bisa jadi smartphone Anda tengah bermasalah dan mengalami jaringan macet. Meski mengajukan komplain ke customer service operator seluler berulang kali, masalah lemotnya koneksi internet tidak akan teratasi. Nah, sebelum malu duluan karena salah komplain, coba atasi cari dulu masalah koneksi internet paket data telkomsel yang lemot ini.

Baca juga 4 Cara Cek Kuota Telkomsel Terbaru 2021

Kemungkinan beberapa penyebab telkomsel jadi lemot seperti dibawah ini.

1. Simcard di Hp Kalian Tidak Terpasang Dengan Pas

Yup, ini sering kali di jumpai. Apabila kalian memasang simcard tidak pas pada posisinya itu dapat menyebabkan sinyal tidak akan muncul apabila kalian belum membenarkannya. kalian dapat membenarkannya dengan membuka kembali lalu memasang dengan pas dan nantinya sinyal kalian akan muncul kembali dan kalian dapat menggunakannya dengan normal.

2. Rusaknya Perangkat Keras atau Hardware di Hp Kalian

Banyak penyebab yang mengakibatkan Hardware hp kalian rusak yaitu hp kalian pernah terjatuh, masuk ke dalam air, membuka hp tidak sesuai prosedur, mengotak-atik hardware hp kalian sendiri tanpa bantuan ahli.

Jika beberapa hal itu terjadi bisa saja salah satunya merusak bagian jaringan di hp kalian yang mengakibatkan sinyal di hp kalian hilang dan tidak akan muncul. Apabila hp masuk ke dalam air itu juga dapat mengakibatkan karat di bagian dalam hp dan menyebabkan bagian dalam rusak akibat karat itu. Jika memang sudah di pastikan rusak kalian dapat membawa hp kalian ke konter-konter resmi atau konter hp yang kalian percayai dan mungkin biayanya tidaklah murah.

3. Faktor Cuaca di Sekitar Kalian

Jika di tempat kalian cuaca sedang tidak mendukung atau sedang hujan yang cukup deras itu dapat mengakibatkan sinyal di hp kalian akan melambat dan dapat juga mengakibatkan hilangnya sinyal di hp kalian. Apabila terjadi hujan yang sangat deras atau cuaca yang tidak mendukung lebih baik jangan dulu menggunakan hp.

4. Mati lampu

Penyebab yang terakhir adalah mati lampu, mati lampu dapat mengakibatkan sinyal hilang karena tower atau BTS di sekitar kalian akan ikut padam juga sehingga hp kalian akan mencoba menggapai tower atau BTS yang masih aktif sehingga akan mengakibatkan sinyal kalian mengalami penurunan atau malah bisa menghilang.

Baca juga Cara Mengatasi Internet Indosat Lemot, Lelet 2021

Tips Atasi Internet Lemot

Saat mengalami gangguan koneksi layanan data, sebelum kamu menghubungi customer service operator, ada baiknya untuk memeriksa terlebih dahulu apakah gangguan ini bisa kamu selesaikan sendiri sebagai pengguna. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengidentifikasi masalah dan memperbaiki koneksi secara mandiri:

1. Perhatikan lokasi kamu

Pastikan lokasi kamu sudah aman untuk menangkap sinyal dan tidak terhalang oleh bangunan bertembok tebal atau berada di dalam basement. Jika di sekitar kamu ada bangunan baru yang menghalangi smartphone saat menangkap sinyal, kamu bisa coba untuk berpindah ke lokasi lain.

2. Refresh sinyal agar layanan data kembali aktif

Ada kalanya status bar sinyal penuh tapi “bengong” atau tidak ada aktivitas pertukaran data. Yang bisa kamu lakukan adalah mengaktifkan airplane mode selama beberapa detik sebelum kembali menonaktifkannya. Kamu juga bisa melakukan restart pada smartphone untuk mengatasi hang atau lag pada sinyal.

3. Tutup aplikasi yang sudah tidak kamu gunakan

Kamu juga perlu pastikan tidak ada aplikasi yang lupa ditutup dan masih berjalan di background. Pastikan semua aplikasi yang sudah tidak terpakai sudah ditutup dengan sempurna.

4. Cek aplikasi dan situs web yang kamu gunakan

Jika kendala koneksi internet hanya terjadi saat kamu mengakses salah satu aplikasi atau situs web, coba buka aplikasi atau situs web lain sebagai pembanding.

5. Pastikan kualitas smartphone memadai

Periksa usia smartphone yang kamu gunakan. Rata-rata smartphone masih layak pakai hingga lima tahun dari tahun produksi. Sebaiknya ganti smartphone kamu dengan yang tahun produksinya lebih baru.

6. Periksa kondisi SIM card

Jika usia SIM card sudah lebih dari tiga tahun atau bagian chip-nyasudah memiliki banyak goresan, ada baiknya untuk mengganti kartu tersebut dengan yang baru. SIM card baru akan membuat kualitas penangkap sinyal di smartphone kamu berfungsi optimal seperti semula.

7. Pastikan kuota data masih tersedia

Cek sisa kuota kamu melalui aplikasi MyTelkomsel, situs web MyTelkomsel, UMB di *888#, atau Asisten Virtual Telkomsel dengan cara ketik “Cek Kuota”. Kalau kamu tidak memiliki kuota, silakan membeli paket melalui kanal-kanal tersebut ya.

8. Ayo, upgrade ke 4G!

Saat ini kamu masih memakai jaringan 3G? Kami sarankan untuk segera beralih ke 4G! Jika koneksi kamu sering bermasalah karena masih menggunakan 3G, maka 4G adalah jawaban dari masalah kamu. Kapasitas 3G jauh lebih kecil dan koneksinya pun tidak secepat 4G. Dengan beralih ke 4G, jaringan menjadi lebih luas dan koneksi pun akan jauh lebih cepat dan stabil.

Buat kamu yang belum beralih ke 4G, yuk segera tukar SIM card lama kamu! Kamu bisa melakukan permintaan ganti kartu secara online melalui Virtual Assistant Telkomsel atau melalui platform e-commerce rekanan. Kamu tinggal duduk manis di rumah, karena kami yang akan antarkan SIM card tersebut. Khusus bagi kamu yang SIM card-nya terdaftar layanan mobile banking, silakan kunjungi GraPARI terdekat untuk upgrade ke 4G.

Baca Juga Internet Axis Lemot 2021 ? Berikut Cara Mengatasinya

Cara Memperkuat Sinyal Telkomsel Lemot

Memperkuat Sinyal Telkomsel Lemot dengan cara berikut :

Cara untuk memperkuat sinyal Telkomsel sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan, hanya saja kita harus mengetahui beberapa hal kecil sebelum dapat melakukannya.

Kami telah merangkum bahwa ada beberapa metode yang dapat dipakai untuk memperkuat sinyal Telkomsel agar internetan semakin lancar tanpa ngelag. Adapun beragam metode yang dapat dipakai diantaranya yakni:

Memperkuat Sinyal Telkomsel Tanpa Aplikasi

Cara memperkuat sinyal Telkomsel pada metode pertama bisa dilakukan tanpa aplikasi tambahan. Kamu hanya perlu untuk melakukan beberapa tips berikut ini, diantaranya:

1. Restart Ponsel

Jika sinyal Telkomsel yang kamu pakai sedang lemot alias lambat, tips untuk memperkuat sinyal Tekomsel yang pertama kali bisa kamu lakukan dengan me-restart ponsel yang tengah kamu pakai.

Cara restart ponsel sendiri berbeda-beda di setiap tipe handphone. Intinya, matikan ponsel kamu kemudian hidupkan/nyalakan kembali ponselmu untuk mendapatkan jaringan terbaik Telkomsel.

2. Upgrade Kartu 4G

Ketahui dahulu penyebabnya, apakah kartu Telkomsel yang kamu pakai saat ini masih mendukung jaringan dibawah 4G? Jika kartu Tsel yang kamu pakai belum mendukung jaringan 4G, maka segeralah berpindah untuk menggunakan kartu 4G Telkomsel.

Disini, kamu bisa request ke customer service Telkomsel untuk upgrade kartu Telkomsel ke 4G. Jika tak ingin repot menghabiskan waktu untuk menghubungi CS Telkomsel, kamu bisa beli kartu perdana Telkomsel 4G baru di counter HP terdekat yang menjual kartu perdana Telkomsel 4G.

3. Refresh Data Internet

Tips selanjutnya jika sinyal Telkomsel kamu lemot, adalah dengan merefresh data internet yang saat ini aktif. Bagaimana caranya? Kamu bisa masuk ke panel notifikasi, lalu matikan jaringan data yang saat ini hidup atau aktif.

Kemudian setelah dipastikan keadaan mati, hidupkan atau aktifkan ulang jaringan data internet kamu untuk mendapatkan sinyal terbaik dari Telkomsel.

4. Atur Mode Jaringan

Jika jaringan internet Telkomsel yang kamu pakai saat ini lemot, bisa jadi karena mendapatkan sinyal yang naik turun. Tips dari kami, kamu bisa kunci jaringan ke mode 4G only. Jadi nantinya kamu akan aktif saat jaringan 4G saja yang tersedia.

Cara untuk mengunci jaringan internet sendiri berbeda-beda di setiap smartphone. Jadi, kamu bisa memperkirakan sendiri bagaimana memilih dan atur mode jaringan ke 4G only atau LTE only.

5. Pindah Tempat yang Lebih Terbuka dan Cukup Tinggi

Penyebab lain sinyal internet Telkomsel kamu lemah, biasanya dikarekan lokasi kamu berada di dataran rendah. Bisa jadi juga banyak penghalang sinyal disekitarmu.

Jadi, yang perlu kamu lakukan adalah dengan berpindah ke tempat lain yang lebih terbuka dan cukup tinggi agar mendapatkan sinyal terbaik Telkomsel tanpa adanya penghalang sinyal.

Pos terkait