Apa Itu Google Form? Kenapa Tidak Bisa Diisi Tidak Dapat Dikirim

Google Form makin populer sepanjang pandemi, walaupun masih ada saja banyak orang yang bertanya apa itu Google Forms, bagaimana cara membuatnya dan lain sebagainya.

Google formulir atau yang lebih dikenal dengan istilah Google Form adalah perangkat lunak administrasi survei yang disertakan sebagai bagian dari rangkaian penyunting Google Dokumen berbasis web gratis yang ditawarkan oleh Google.

Karena berbasis web, maka setiap orang dapat memberikan tanggapan atau jawaban terhadap kuis ataupun kuisioner secara cepat dimanapun ia berada dengan menggunakan aplikasi internet komputer/laptop ataupun smartphone.

Google Form atau Google formulir adalah alat besutan googel yang biasa digunakan untuk merencanakan acara, membuat survei, membuat kuis baik untuk siswa atau orang lain, dan tak sedikit yang menggunakannya untuk mengumpulkan informasi/survei. Keuntungan dari Google Form adalah bisa digunakan oleh semua orang secara gratis bermodalkan akun google. 

Beberapa hari yang lalu saya menemukan masalah dismartphone salah satu teman saya, masalah itu adalah Google form yang ada tidak bisa dipencet alias tidak ada respon saat form tersebut dipencet. Masalah ini terjadi di perangkat xiaomi, dan tak menutup kemungkinan juga terjadi diperangkat lain. Berikut tampilannya, saat menu tersebut dipencet tidak ada respon, hanya perubahan bentuk pada bagian luarnya saja.

Kenapa Google Form Tidak Bisa Diisi dan Dipencet? Ini Cara Mengatasi

kenapa google form tidak bisa diisi — Pernahkah Anda mengalami masalah ketika sedang mengisi Google Form? Beberapa masalah yang mungkin pernah Anda alami adalah Google Form yang tidak bisa dipencet atau Google Form yang tidak bisa diisi.


YouTubeCara mengatasi Google form tidak bisa di isi dan tidak bisa di kirim, Kira-kira apa yang menyebabkan terjadinya masalah tersebut pada Google Form?

Apa Itu Google Form? Kenapa Tidak Bisa Diisi Tidak Dapat Dikirim

Jika Anda bingung kenapa Google Form tidak bisa dipencet atau kenapa Google Form tidak bisa diisi, maka Anda bisa simak tulisan kali ini.

Sebab kali ini kami akan membahas penyebab Google Form tidak bisa dipencet dan diisi, serta cara menyelesaikan masalah tersebut.

Penyebab google form login tidak bisa diisi

Kenapa Google Form tidak bisa dipencet tidak bisa diisi ini? Lantas apa yang menyebabkan error ini terjadi? Pertama kemungkinan Google Form kamu sedang mengalami not responding, maka hal ini menjadikan kita tidak bisa diisi dan tidak bisa dipencet bahkan mengetik didalamnya juga demikian karena link tidak mau diakses.

Google form login untuk ulangan tidak dapat diisi tentu ada penyebab yang mendasarinya. Dan dibawah ini adalah beberapa sebab form google login tidak dapat diisi (berdasarkan pengalaman admin tatkala menggunakan google form) :

Secanggih apapun produk Google, tetap saja bisa terjadi permasalahan sebagaimana pada produk-produk lainnya. Biasanya gangguan tersebut bisa disebabkan karena beberapa faktor. Sebelum membahas cara mengatasi Google Form tidak bisa diisi lebih lanjut, ada baiknya ketahui terlebih dahulu beberapa penyebabnya di bawah ini.

1. Browser Error

Penyebab pertama Google Form tidak bisa diisi atau dipencet yaitu karena browser yang sedang digunakan untuk mengakses layanan tersebut dalam keadaan error. Pada dasarnya gangguan tersebut bukan hanya terjadi pada Google Form saja, namun juga bisa terjadi pada semua produk Google.

2. Browser Versi Lama

Kebanyakan orang mengeluhkan bahwa browser mereka tidak menanggapi atau not responding pada saat mengakses Google Form. Umumnya hal tersebut terjadi karena usia peramban sudah tua atau versi lama sehingga kinerjanya semakin menurun.

3. Riwayat Browser Tidak Dihapus

Penyebab lainnya ketika Google Form tidak bisa diisi atau dipencet yaitu karena sampah atau history cache browser menumpuk akibat tidak pernah dibersihkan. Tentunya hal tersebut akan berdampak pada Google Form menjadi error dan tidak bisa diisi.

History browser terlalu banyak

Meskipun tampaknya sepele, History di web browser yang sudah terlalu banyak dan tidak pernah dihapus bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan Google Form jadi tidak bisa dipencet atau diisi. Solusi untuk permasalahan ini sangatlah mudah.

Yang perlu kamu lakukan hanyalah membersihkan History serta Cache dari web browser yang paling sering kamu pakai tersebut. Gunakan menu clear cache yang ada di setiap web browser. Kalau kamu menggunakan smartphone, clear cache bisa ditemukan di Pengaturan Aplikasi.

Pastikan kamu membersihkan History serta Cache di web browser baik PC maupun smartphone secara berkala agar semua situs web yang kamu kunjungi bisa terbuka dengan lancar.

4. Perangkat Error

Perangkat error juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja dari Google Form. Biasanya hal ini disebabkan karena perangkat seperti smartphone, laptop, komputer ataupun PC sedang dalam kondisi tidak baik.

5. Internal Error

Apabila gangguan pada Google Form masih berlanjut padahal sudah dilakukan pengecekan ke berbagai faktor penyebab masalahnya, maka kemungkinan besar terdapat internal bermasalah atau error. Biasanya permasalahan ini akan muncul ketika Google Form sedang dalam masa perawatan atau maintenance.

Cara memperbaiki Google Form Tidak Bisa Diisi dan Dipencet

Penyebab utama dari Google Form yang tidak bisa dipencet dan diisi adalah karena salah satu produk Google ini mengalami sesuatu yang disebut sebagai not responding, atau tidak memberikan respon apapun. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat menghadapi masalah ini.

Setelah kamu mengetahui beberapa penyebab Google Form  tidak bisa diisi ataupun dipencet, maka berikut ini saya sajikan solusi bagaimana cara mengatasi Google Form yang tidak bisa dipencet ataupun diisi :

1. Update browser

Silahkan update browser yang kamu gunakan di ponsel masing-masing. Caranya bukalah Google Play Store atau App Store untuk memperbarui browser versi terbaru.

Sementara untuk di laptop atau komputer mu, biasanya browser secara otomatis akan update dengan sendirinya jika terhubung oleh internet.

Bisa jadi, Google Form tidak bisa digunakan karena terdapat error pada web browser yang kamu gunakan untuk membuka Google Form. Bug yang ada di web browser tersebut menyebabkan masalah not responding sehingga web browser dan Google Form tidak bisa diapa-apakan.

Solusi untuk permasalahan ini adalah mencoba menggunakan web browser lain. Kalau kamu menggunakan Google Chrome dan ternyata Google Form malah tidak berfungsi, coba buka Google Form di Mozilla Firefox, Opera Browser, atau web browser bawaan PC kamu.

Kalau error ini terjadi di semua web browser, coba lakukan install ulang. Hapus web browser dan instal kembali web browser terbaru. Mungkin web browser kamu hanya kurang update saja.

2. Bersihkan Cache dan History Browser

Untuk mengatasi not responding, cobalah bersihkan cache dan history browser kamu di HP maupun laptop/PC. Jika browser yang kamu gunakan Chrome, maka caranya tinggal tap tombol titik tiga lalu tekan tombol History atau Riwayat. Selanjutnya kamu tinggal cleare saja cache dan history browser kamu tersebut.

3. Gunakan Browser Lain

Jika browser yang kamu gunakan sekarang ini error, maka gunakanlah browser lain untuk membuka Google Form seperti Google Chrome, Firefox, dan Opera.

Penyebab lain Google Form tidak bisa dipencet dan diisi adalah adanya error di perangkat PC maupun smartphone yang kamu gunakan. Misalnya, terlalu banyak aplikasi yang berjalan di PC menyebabkan RAM kamu bekerja terlalu keras.

RAM yang bekerja ekstra biasanya mempengaruhi performa PC sehingga kinerja PC pun menurun. Hal ini bisa menyebabkan web browser menjadi lemot dan Google Form tidak bisa diisi.

Pastikan PC maupun smartphone yang kamu gunakan untuk membuka Google Form bekerja dengan baik.

Tutup dulu berbagai aplikasi yang belum kamu butuhkan. Hal ini membuat RAM berfokus pada program yang penting saja. Atau kamu bisa menggunakan perangkat lain untuk mengisi Form.

4. Gunakan Perangkat Lain

Seperti yang sudah saya singgung diatas, penyebab Google Fprm tidak bisa di klik dikarena oleh perangkat yang kamu gunakan error. Oleh karena itu, cobalah lakukan restart terlebih dahulu.

Jika setelah direstart masih tetap tidak bisa diisi dan di klik, maka silahkan gunakan perangkat lain untuk membuka Google Form.

Fitur-fitur Google Form

Google menyediakan berbagai layanan yang canggih dan berkualitas. Tapi secanggih apapun karya tangan manusia, masih mungkin mengalami error dan kerusakan. Salah satu error yang kadang terjadi pada produk Google adalah Google Form tidak bisa diisi.

Kalau kamu pernah atau bahkan sedang mengalami masalah ini, ada solusi yang bisa kamu coba terapkan. Masalah ini bisa disebabkan oleh berbagai hal. Perbedaan penyebab tentu membutuhkan solusi yang berbeda.

  1. Ringkasan hasil jawaban

Fitur pertama yang dimiliki oleh Google Form adalah Google Form mampu menyediakan atau menyajikan ringkasan dari hasil jawaban responden secara otomatis. Ringkasan tersebut akan disajikan dalam bentuk grafik atau diagram yang sesuai dengan jenis pertanyaan yang telah Anda buat.

Fitur yang disediakan Google Form ini tentu akan mempermudah Anda untuk dapat melihat jawaban dari responden secara umum.

Selain itu, Anda akan menjadi lebih mudah dalam menganalisis data secara lebih lanjut. Jika Anda ingin melihat secara lebih jelas dan detail, Anda dapat mengekspor hasil Google Form tersebut ke Google Sheets atau Excel.

  1. Validasi tanggapan

Fitur ke-2 yang ditawarkan oleh Google Form adalah fitur validasi tanggapan. Dimana responden harus harus mengisi jawaban sesuai dengan aturan yang ditetapkan. Sebagai contoh, Anda dapat menetapkan aturan bahwa jawaban yang diisikan responden harus berupa teks singkat.

Anda dapat menetapkan aturan sesuai dengan yang Anda butuhkan. Sayangnya, tidak semua pertanyaan mempunyai fitur validasi tanggapan ini. Hanya pertanyaan yang bertipe short answer, paragraph, dan checkboxes yang memiliki fitur ini.

  1. Conditional branching

Conditional branching atau skip logic adalah fitur yang disediakan oleh Google Form yang memungkinkan responden untuk berpindah ke pertanyaan lanjutan yang lebih mendetail sesuai dengan jawaban yang dipilih. Untuk setiap jawaban pilih section lanjutan yang ada di daftar section.

Daftar ini tentu saja hanya tersedia jika section sudah dibuat.Jika di branching question responden memilih jawaban yang tidak dibuatkan Go to sectionnya, default-nya adalah ke section selanjutnya. Fitur ini sangat membantu bagi Anda yang membutuhkan informasi ataupun data secara mendetail.

  1. Jenis pertanyaan lain yang beragam

Selain fitur – fitur di atas, Google Form juga menawarkan beragam jenis tipe pertanyaan yang dapat kita gunakan sesuai dengan kebutuhan, diantaranya ada :

  • Multiple choice : Pertanyaan Multiple Choice dapat Anda gunakan jika responden hanya boleh memilih satu jawaban saja untuk pertanyaan yang diajukan. Pertanyaan jenis ini sama dengan pertanyaan jenis dropdown.
  • Checkboxes : Pertanyaan checkboxes dapat Anda gunakan jika responden boleh memilih satu jawaban atau lebih dari satu jawaban untuk pertanyaan yang diajukan.
  • Multiple choice grid : Pertanyaan multiple choice grid dapat Anda gunakan ketika Anda memiliki sejumlah pertanyaan berbeda namun dengan pilihan jawaban yang sama dan berulang-ulang. Dan sama seperti Multiple Choice, responden hanya boleh memilih satu jawaban saja untuk tiap item pertanyaan yang diajukan.
  • Checkbox grid : Pertanyaan checkbox grid dapat Anda gunakan ketika Anda memiliki sejumlah pertanyaan berbeda namun dengan pilihan jawaban yang sama dan berulang-ulang. Dan sama seperti Checkbox, responden boleh memilih satu jawaban atau lebih dari satu jawaban untuk tiap item pertanyaan yang diajukan.
  • Linear scale : Pertanyaan linear scale dapat Anda gunakan ketika Anda menginginkan responden untuk memberikan skor penilaian, berupa angka dalam range/kisaran tertentu.
  • Paragraph : Pertanyaan paragraph dapat Anda gunakan ketika Anda mengharapkan jawaban berupa tulisan atau teks yang panjang.
  • Short answer : Pertanyaan short asnwer dapat Anda gunakan ketika Anda mengharapkan jawaban yang pendek baik berupa tulisan atau teks serta angka.
  1. Hasil survey real time

Salah satu fitur sekaligus dapat dikatakan sebagai salah satu kelebihan dari Google Form adalah hasil jawaban yang telah diberikan oleh responden akan langsung diupdate saat itu juga setelah responden mengklik tombol “Submit/Kirim”.

Artinya, Anda dapat langsung melihat jawaban yang diberikan oleh responden tanpa perlu menunggu waktu untuk melihatnya, hal ini tentu sangat mempermudah Anda yang membutuhkan data ataupun informasi dengan segera.

  1. Drag and drop

Drag and drop adalah salah satu fitur yang diberikan oleh Google Form untuk mempermudah kita ketika sedang membuat pertanyaan sehingga menjadi lebih mudah.

Drag and drop memungkinkan kita untuk memindahkan suatu objek dengan cara mengklik kemudian menarik objek tersebut ke tempat yang diinginkan. Saat menarik objek (Drag), Anda perlu menahan tombol kiri mouse dan kemudian melepaskannya saat meletakkan objek (Drop).

Kelebihan Google Form

  1. Gratis : Kelebihan pertama yang dapat Anda rasakan ketika menggunakan Google Form adalah tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Anda dapat menggunakan seluruh fitur Google Form yang telah dijelaskan di atas tanpa harus mengeluarkan biaya. Hanya, Anda tetap memerlukan layanan paket data atau kuota untuk mengakses Google Form.
  2. Hasil real time : Selain menjadi salah satu fitur yang ditawarkan, hasil real time yang disediakan oleh Google Form juga merupakan sebuah kelebihan.
  3. Mudah digunakan : Kelebihan selanjutnya yang juga dimiliki oleh Google Form adalah kemudahan pengguna ketika menggunakan Google Form dalam membuat suatu survey ataupun kuesioner. Tampilan yang simple membantu pengguna bahkan yang awam sekalipun untuk dapat membuat daftar pertanyaan secara mudah.
  4. Mudah untuk dibagikan : Karena memiliki tampilan yang simple ketika digunakan, Google Form juga mempermudah Anda yang ingin membaginan survey atau kuesioner yang telah Anda buat. Google Form memberikan berbagai pilihan untuk membagikan form. Anda dapat membagikan Google Form melalui email, link, ataupun dengan meng-embed form di blog atau website Anda.
  5. Terhubung dengan Google Sheets : Sebagai salah satu produk keluaran Google, Google Form tentu terhubung dengan beberapa produk Google lainnya seperti contohnya Google Sheets. Artinya, Anda dapat mengekspor hasil Google Form yang telah Anda buat ke Google Sheets.

Kekurangan Google Form

  1. Tidak memiliki history pengeditan : salah satu kekurangan yang dimiliki oleh Google Form adalah Google Form tidak memiliki history ataupun riwayat pengeditan. Ini artinya Anda tidak dapat melihat perubahan apa saja yang sudah dibuat pada Google Form. Bahkan tidak ada fitur undo yang dapat membantu Anda jika ternyata Anda melakukan kesalahan.
  2. Desain yang terbatas : Meski mempunyai opsi kustomisasi, Google Form hanya menyediakan pilihan yang terbatas. Salah satu contohnya adalah pilihan font yang sangat sedikit.
  3. Pilihan ekspor yang terbatas : Seperti yang telah disebutkan di atas, kita dapat mengekspor hasil Google Form yang telah kita buat hanya ke dalam bentuk Google Sheets dan Excel. Sehingga tidak terdapat banyak pilihan lain yang dapat kita gunakan untuk mengekspor file Google Form yang telah kita buat.
  4. Tidak memiliki notifikasi email : Google Form tidak memberikan notifikasi secara otomatis ke email bila ada responden yang mengisi survei Anda. Anda perlu mengaktifkannya secara manual melalui tab Response, pilih tanda titik tiga (di atas menu Accepting responses) kemudian pilih Get email notifications for new responses.

Oke, mungkin itu saja penyebab google form tidak bisa dipencet dan cara mengatasinya. Semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua. Terimakasih telah mampir poskabarmedia.com dan jangan lupa untuk mampir ke artikel selanjutnya.