Foto Instagram Tidak Muncul di Galeri, Penyebab Kenapa, Cara Mengatasi

Kenapa Foto dInstagram Tidak Muncul di Galeri ? Banyak pengguna Instagram yang bertanya-tanya kenapa foto di Instagram tidak muncul di galeri. Apakah ini sebuah error baru di Instagram? Atau memang karena ada pengaturan di Instagram yang belum berhasil dilakukan.

Belakangan ini cukup banyak sekali pengguna Instagram yang kebingungan kenapa foto di Instagram tidak bisa disimpan di galeri. Lantas, kenapa demikian dan bagaimana cara untuk mengatasinya? Instagram adalah salah satu media sosial yang paling digandrungi selain Tiktok atau WhatsApp, di aplikasi ini penggunanya dapat mengunggah video maupun foto dengan sangat mudah.

Bacaan Lainnya

Selain itu, Instagram juga memiliki sebuah fitur yang dinamakan Instagram Story atau Story Instagram. Disini pengguna dapat mengunggah video pendek atau foto menggunakan filter tertentu.

Namun, belakangan ini, banyak sekali pengguna yang mengeluhkan masalah yang mana penggunanya tidak dapat mengunduh atau menyimpan foto di Instagram ke galeri mereka.

Masalah ini dilaporkan terjadi pada sejumlah ponsel yang digunakan pengguna seperti OPPO, Asus, Vivo atau merek-merek lainnya. Lantas kenapa foto di Instagram tidak bisa disimpan di galeri?

Instagram punya banyak filter yang bisa dipakai, sehingga banyak orang lebih nyaman berfoto dengan menggunakan kamera Instagram.

Namun ternyata baru-baru ini pengguna Instagram mengeluhkan foto yang tidak muncul di galeri. 

Anda mungkin juga salah satu orang yang mengalami masalah foto di Instagram yang tidak tersimpan dan tidak muncul di galeri. Sebetulnya kenapa foto dari Instagram ini tidak muncul di galeri? Simak alasan dan cara mengatasi foto Instagram tidak muncul di Galeri dengan menyimpak artikel ini. jika pengguna Instagram mengunggah foto story di Instagram. Foto tersebut akan secara otomatis tersimpan ke galeri di ponsel yang kita gunakan untuk membuat story tersebut.

Akan tetapi, belakangan ini, sejumlah pengguna tidak lagi mendapati foto yang telah mereka unggah pada story tersimpan lagi ke galeri secara otomatis sehingga bertanya-tanya ada apa sih?

Usut punya usut, kemungkinan besar hal ini terjadi akibat adanya bug pada pembaruan atau update aplikasi Instagram yang belum lama ini diluncurkan di Google Play Store maupun App Store. Hal inilah yang membuat kenapa foto di Instagram tidak bisa disimpan di galeri lagi secara otomatis seperti sebelumnya. Lalu bagaimana sih cara untuk mengatasi masalah ini?

Penyebab Kenapa Foto dInstagram Tidak Muncul di Galeri?

Banyak penyebab kenapa foto instagram tidak muncul di galleri hp, salah satunya adalah karena tidak lengkap saat download foto tersebut

Kenapa Foto di Instagram Tidak Muncul di Galeri

Biasanya saat kita mengambil foto menggunakan fitur story di Instagram, maka foto tersebut nantinya akan otomatis tersimpan ke galeri Anda.

Namun keanehan terjadi setelah beberapa pengguna Instagram melakukan update, foto yang mereka jepret di Instagram malah tidak muncul di galeri.  Pada umumnya ketika Anda mengambil foto atau video dengan kamera story Instagram maka foto / video tersebut secara otomatis akan tersimpan ke galeri. Hal ini karena memang secara sistem default hasil tangkapan foto dengan kamera story Instagram akan otomatis disimpan di galeri hp.

Akan tetapi anehnya beberapa pengguna Instagram yang mencoba mengabadikan momen terbaiknya dengan Instagram story malah foto tidak tersimpan di galeri.  Tentu hal ini membuat sebagian kalangan yang telah menggunakan Instagram meradang bukan kepalang.

Anda jangan khawatir, ternyata pusat masalah dari kenapa foto di Instagram tidak tersimpan di galeri adalah karena ada bug pada update instagram yang terbaru. Jadi hal ini wajar terjadi. Terkadang update yang diberikan pada aplikasi Instagram menimbulkan bug yang tidak terduga. Makanya disini pengguna tidak bisa menyimpan foto di galeri hp dari Instagram. Kenapa foto dari Instagram tidak muncul atau tidak bisa menyimpan foto pada galeri ? Ternyata hal ini terjadi disebabkan karena adanya bug pada update Instagram terbaru.

Anda yang mengalami masalah foto Instastory tidak muncul di galeri pasti sebelumnya mengupdate aplikasi Instagram Anda.

Jika Anda merupakan salah satu orang yang merasakan kesulitan menyimpan foto di Instagram ke galeri hp Anda maka Anda sudah berada di tempat yang tepat. Sejak beberapa hari ini foto di Instagram tidak bisa muncul di galeri. Lantas apa solusinya?

Tanpa perlu panjang lebar lagi. Inilah informasi selengkapnya terkait dengan cara mengatasi foto di Instagram tidak bisa tersimpan di galeri hp. Semoga saja apa yang kami sampaikan di bawah ini dapat dipergunakan dengan baik.

Cara Mengatasi Foto di Instagram Tidak Muncul di Galeri

Tidak usah panik jika foto Instagram Anda tidak muncul di galeri. Sebab masalah foto Instagram tidak tersimpan ke galeri  ini bisa Anda selesaikan dengan melakukan beberapa cara. Ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah ini jika masalah ini menimpa kamu. Cara ini dapat kamu terapkan sehingga foto menjadi tersimpan secara otomatis lagi.

Nah bagi kamu yang penasaran dengan bagaimana cara untuk mengatasinya. Kamu bisa langsung saja simak beberapa cara mengatasi foto di Instagram tidak muncul di galeri secara otomatis berikut.

Berikut ini merupakan cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi foto Instagram tidak tersimpan di galeri: Untuk story sendiri, kamu harus mengaktifkan fitur simpan ke galeri supaya story-story yang telah kamu buat akan secara otomatis tersimpan ke galeri. Berikut ini adalah cara untuk mengaktifkan fiturnya.

  1. Aktifkan setting simpan ke galeri yang ada di kamera story Instagram Anda. Setting ini berada di kamera story > klik ikon setting di pojok kiri atas > ketuk Cerita.
  2. Di bagian menyimpan maka segera aktifkan Simpan ke Galeri.
  3. Terakhir Anda bisa coba kamera story Instagram Anda.

Nyalakan setting simpan ke galeri

Pastikan Anda sudah mengaktifkan setting simpan galeri pada fitur Story IG. Berikut ini merupakan cara mengaktifkan setting untuk menyimpan Story Instagram ke galeri:

  • Buka fitur story Instagram dan klik tombol setting di pojok kiri atas, lalu tekan tombol Cerita. 
  • Pada bagian Menyimpan Anda bisa menyalakan setting Simpan ke Galeri.
  • Setting telah diubah, kini Anda bisa mencoba lagi untuk mengambil foto menggunakan Instagram.

Setelah mengaktifkan fitur Simpan ke Galeri melalui pengaturan story ini. Setiap story yang telah kamu buat akan langsung tersimpan pada perangkat ponsel kamu secara otomatis lagi. Mudah banget kan?

Update Aplikasi Instagram

Pastikan Anda sudah menggunakan versi instagram yang terbaru. Jadi solusi perbaikan pertama adalah melakukan update pada aplikasi Instagram, guna memperbaiki bug system yang terjadi.

Periksa Koneksi Internet Stabil

Satu-satunya cara Instagram dapat berfungsi adalah jika Anda memiliki koneksi Internet yang stabil. Jika Anda menggunakan koneksi internet dari data seluler, cobalah untuk mengubahnya ke jaringan WIFI. Begitu juga sebaliknya.

Hapus Cache Instagram

Ini juga perlu dilakukan jika Anda sudah lama tidak menghapus cache pada aplikasi instagram, karena cache juga dapat menyebabkan beberapa masalah. 

Restart Hp dan Uninstall IG

Jika setelah Anda mengubah setting story foto di Instagram tidak muncul di galeri, maka Anda bisa restart dulu hp Anda.

Namun, apabila setelah melakukan restart hp foto masih belum muncul juga di galeri, maka Anda bisa uninstal aplikasi Instagram Anda. 

Setelah uninstal Instagram, maka Anda bisa coba instal lagi aplikasi Instagram tersebut.

Kemudian coba apakah foto dari Instagram sudah bisa tersimpan ke galeri Anda.

Menggunakan Aplikasi Story Downloader

Langkah yang terakhir jika metode-metode sebelumnya tidak bekerja adalah dengan menggunakan aplikasi insta saver, story downloader atau aplikasi-aplikasi downloader lainnya yang ada di Play Store.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa menyimpan foto atau video di insta story kamu secara manual apabila cara-cara yang sebelumnya tidak bekerja juga. Nah, gampang banget kan caranya?

Gunakan Aplikasi File Manager

Jika foto masih juga belum muncul di galeri, maka Anda bisa instal aplikasi file manager seperti ZArchiver. Buka aplikasi file manager Anda, lalu Anda bisa masuk ke penyimpanan internal> Pictures> lalu klik folder Instagram untuk melihat foto dari Instagram.

Tunggu Beberapa Jam

Beberapa pengguna Instagram menemukan keanehan dimana foto baru akan masuk ke galeri setelah beberapa jam. Anda bisa coba tunggu dulu selama beberapa jam sampai foto Instagram berhasil muncul ke galeri.

Jika Anda merekam video menggunakan Instagram, maka video tersebut bisa segera muncul ke galeri, berbeda dengan foto. 

Semoga saja bug foto online di Instagram tidak bisa muncul di galeri ini bisa  segera dibetulkan oleh pihak Instagram. Dengan cara di atas maka Anda bisa berhasil dalam memunculkan foto di instagram yang tidak muncul di galeri hp. Selain cara tersebut kami masih ada opsi lain untuk mengatasi hal ini. Coba ikuti seperti petunjuk di bawah ini.

Cukup sekian pembahasan tentang kenapa foto Instagram tidak muncul di galeri. Semoga apa yang kami sampaikan tentang cara mengatasi foto Instagram tidak tersimpan di galeri ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Pos terkait