Filter IG Hilang, Cara Mengembalikan, Penyebab Kenapa Filter Instagram Hilang

Bingung kenapa filter IG hilang di Instagram kamu beberapa waktu ini? Yuk simak cara mengembalikan filter IG yang hilang dengan mudah dari artikel yang telah admin tulis berikut ini. Banyak sekali pertanyaan yang masuk tentang kenapa filter atau efek ig hilang dan selalu loading padahal sinyal bagus dan tidak ada kendala ketika membuka aplikasi atau situs lain di ponsel.

Seperti yang telah kita semua ketahui, Instagram memiliki fitur yang kerap kali disebut sebagai insta story. Didalamnya, kalian bisa menambahkan filter atau efek yang dapat mempercantik tampilan story kalian.

Bacaan Lainnya

Beberapa filter atau efek ig yang lagi viral dan banyak dicari saat ini adalah filter ig abang jago, filter ko mo cari yang bagaimana, efek ig muka hitam jadi putih, filter ig nenek dan efek ig ko langsung berubah.

Sayangnya, pada sejumlah perangkat atau ponsel, tidak semua filter dapat digunakan dengan baik bahkan tidak dapat dibuka sama sekali oleh pengguna Instagram yang akan menggunakan filter tersebut. Terkadang, filter loading sangat lama atau hilang sama sekali. Hal tersebut kemudian menimbulkan pertanyaan kenapa filter hilang dan selalu loading terus padahal sinyal bagus?

Banyak sekali pertanyaan yang masuk tentang kenapa filter atau efek ig hilang dan selalu loading padahal sinyal bagus dan tidak ada kendala ketika membuka aplikasi atau situs lain di ponsel.

Seperti yang telah kita semua ketahui, Instagram memiliki fitur yang kerap kali disebut sebagai insta story. Didalamnya, kalian bisa menambahkan filter atau efek yang dapat mempercantik tampilan story kalian.

Beberapa filter atau efek ig yang lagi viral dan banyak dicari saat ini adalah filter ig abang jago, filter ko mo cari yang bagaimana, efek ig muka hitam jadi putih, filter ig nenek dan efek ig ko langsung berubah.

Sayangnya, pada sejumlah perangkat atau ponsel, tidak semua filter dapat digunakan dengan baik bahkan tidak dapat dibuka sama sekali oleh pengguna Instagram yang akan menggunakan filter tersebut.

Terkadang, filter loading sangat lama atau hilang sama sekali. Hal tersebut kemudian menimbulkan pertanyaan kenapa filter hilang dan selalu loading terus padahal sinyal bagus?

Kenapa Filter IG Hilang dan Selalu Loading Terus?

Mau bikin Story IG pakai filter kekinian, tapi loadingnya lama banget? Itu, sih, kamu perlu cobain trik cara mengatasi filter Instagram yang loading lama!

Tapi, sayangnya terkadang pengguna mengalami masalah loading yang lama saat ingin menggunakan filter tersebut. Kamu termasuk salah satunya?

Yuk, simak pembahasan tentang penyebab dan cara atasi filter Instagram loading lama atau berputar terus berikut ini.

Ada beberapa alasan yang membuat kenapa filter IG hilang atau selalu loading terus alias lemot padahal sinyal internet hp sudah bagus. Berikut adalah beberapa alasan diantaranya.

Mungkin kamu bertanya-tanya kenapa filter atau efek di IG berputar terus. Nah, ternyata ada sejumlah hal yang menjadi penyebab filter di Instagram lama loading.

Versi Aplikasi Usang

Alasan yang pertama kenapa efek ig hilang dan selalu loading terus padahal sinyal bagus adalah karena versi aplikasi Instagram yang telah usang atau lama, sehingga tidak mendukung fitur filter ini.

Instagram Belum Update

Kemungkinan besar kenapa filter di Instagram lama loading adalah karena kamu masih menggunakan Instagram versi lawas.

Biasanya, Instagram memiliki update rutin hampir setiap minggu. Oleh karena itu, kamu harus melakukan update atau pembaruan aplikasi Instagram.

Atau jika kamu merasa repot harus mengecek update aplikasi tiap minggunya, kamu bisa mengaktifkan update secara otomatis di HP kamu.

Ponsel Tidak Kompatibel

Selanjutnya, kenapa efek ig hilang dan selalu loading terus padahal sinyal sudah bagus karena perangkat atau ponsel yang digunakan tidak kompatibel untuk menggunakan fitur yang satu ini.

Masalah Internet

Jika filter Instagram Kamu hilang pada saat kondisi jaringan internet tidak stabil, maka Kamu harus coba dahulu menggunakan Instagram pada saat jaringan internet stabil. Kamu bisa mencari lokasi lain ataupun mengganti jaringan internet yang Kamu gunakan dengan jaringan internet yang lebih stabil.

Penyebab kedua yang membuat kenapa filter Instagram tidak mau muncul bisa jadi disebabkan koneksi internet yang lemot atau tidak stabil.

Koneksi internet yang lemot kadang bisa menghambat proses update aplikasi Instagram. Alhasil, update tidak berjalan dengan baik atau sempurna.

Kamu bisa melakukan beberapa hal untuk mempercepat koneksi internet seperti misalnya menginstal aplikasi yang bisa digunakan untuk mempercepat koneksi internet.

Data internet yang telah habis atau koneksi internet yang lemot bisa juga mempengaruhi loading yang sangat lama atau bahkan tidak dapat membuka filter ketika kalian tengah membuka filter di Instagram.

4. Penyimpanan Internal Penuh

Hal lainnya yang dapat menyebabkan kenapa efek ig hilang dan selalu loading terus adalah karena penyimpanan internal yang telah penuh sehingga menyebabkan filter di Instagram tidak dapat dimuat.

5. Data & Chache Aplikasi Penuh

Alasan lainnya dapat juga diakibatkan karena chache aplikasi yang telah terisi penuh. Chache aplikasi yang besar akan mempengaruhi penyimpanan internal yang juga akan menjadi penuh.

6. Ponsel Tidak Mendukung Filter

Ada kalanya apabila sebuah filter membutuhkan dukungan dari fitur yang terdapat pada ponsel. Apabila filter tiba-tiba hilang, artinya filter tersebut tidak mendukung ponsel yang tengah kalian gunakan.

7. Akun Pembuat Filter IG Hilang / Dihapus

Pada beberapa kasus, filter IG yang hilang bisa jadi disebabkan karena akun pembuat atau yang mengunggah filter tersebut ke Instagram hilang, dihapus atau diblokir oleh Instagram.

Lalu bagaimana cara mengembalikan filter IG yang hilang tersebut?

Penyebab Filter Instagram Hilang

Beberapa pengguna Instagram mendapati jika filter Instagram Story-nya hilang ketika akan digunakan. Padahal salah satu keunggulan Instagram sebenarnya terletak pada berbagai macam filter yang membuat gambar atau video terlihat lebih kreatif dan berbeda. Jika filter Instagram Kamu hilang, bisa jadi karena salah dari 3 penyebab ini.

  1. Jaringan Internet Yang Tidak Stabil
    Kondisi jaringan internet yang tidak stabil seringkali menimbulkan masalah bagi beberapa aplikasi Telepon Seluler. Penyebabnya adalah ketika Kamu menggunakan aplikasi tersebut, selalu ada proses untuk melakukan koneksi ke pusat server dari aplikasi tersebut, kemudian pusat server akan memberikan data yang diperlukan. Namun jika koneksi internet berada pada jaringan yang tidak stabil, seringkali proses permintaan dan pengiriman data dari pusat server terganggu. Begitu pula dengan aplikasi Instagram. Ketika jaringan internet tidak stabil, maka bisa jadi permintaan menampilkan filter tidak dapat dipenuhi, sehingga filter tersebut hilang.
  2. Perangkat Telepon Seluler Yang Belum Mendukung
    Meski pengembang Instagram sudah berusaha agar aplikasi ini dapat dijalankan di berbagai perangkat telepon seluler, nyatanya masih banyak perangkat yang belum mendukung berbagai fitur Instagram, seperti misalnya penggunaan filter. Jika filter Instagram Kamu tidak muncul, ada kemungkinan perangkat telepon selulermu tidak mendukung penggunaan filter di aplikasi Instagram.
  3. Belum Update Versi Instagram Yang Terbaru
    Penyebab lainnya filter Instagram yang tidak muncul adalah karena aplikasi Instagram yang Kamu gunakan bukan versi Instagram yang terbaru. Menggunakan aplikasi bukan yang terbaru memang beresiko dapat menimbulkan ketidaksesuaian pada saat penggunaan aplikasi tersebut.

Cara Mengembalikan Filter IG yang Hilang

Kaget tiba-tiba filter Instagram hilang? Tenang saja, dengan cara yang Saya bagikan di artikel ini Anda bisa mengatasi filter di aplikasi Instagram yang tidak muncul dengan mudah.

Memang sangat menyebalkan ketika sedang menggunakan Instagram lalu ingin membuat konten foto namun ternyata filter tidak bisa digunakan karena tidak bisa muncul.

Apalagi jika Anda tidak paham cara agar filter di Instagram muncul kembali, pasti kebingungan dan berfikir mungkin aplikasinya yang rusak.

Padahal cara memunculkan filter di Instagram yang hilang sangatlah mudah, Saya akan mengupas tuntas pada artikel ini.

Jika kalian memiliki masalah serupa yang mana kalian tidak dapat membuka efek atau filter ig atau efek ig selalu loading terus sangat lama, kalian bisa melakukan hal-hal berikut ini untuk mengatasinya.

Memperbarui Aplikasi Instagram

Ada beberapa kasus jika filter Instagram hilang disebabkan karena tidak menggunakan aplikasi Instagram yang terbaru. Untuk itu, pastikan untuk selalu memperbarui aplikasi Instagram. Namun, ada juga kasus ditemukan ketika sudah menggunakan aplikasi Instagram terbaru, namun filter Instagram tetap hilang. Untuk itu Kamu bisa menggunakan langkah berikut ini:

  • Uninstall dan Install Kembali, Jika ternyata filter Instagram masih belum tampak, coba uninstall kemudian install kembali aplikasi Instagram. Lakukan hal ini karena bisa jadi ketika proses memperbarui aplikasi tidak berjalan dengan sempurna.
  • Menghapus Data Cache, Jika Kamu sudah menggunakan aplikasi terbaru dari Instagram tetapi filter Instagram masih belum muncul, coba hapus cache pada aplikasi Instagram. Setelah cache terhapus, maka data-data yang ada pada aplikasi tersebut akan hilang, termasuk juga login untuk masuk aplikasi. Oleh sebab itu, setelah menghapus data cache, login kembali ke aplikasi agar Kamu dapat menggunakan kembali aplikasi Instagram ini.

Kosongkan Ruangan Penyimpanan Internal

Agar dapat memuat filter Instagram di ponsel, pastikan ruangan penyimpanan tidak penuh atau mendekati penuh. Jika demikian, cobalah untuk sedikit mengosongkan ruangan pada penyimpanan internal ponsel kalian.

Seringkali masalah kenapa efek ig hilang dan selalu loading terus dapat diselesaikan hanya dengan keluar lalu masuk kembali pada akun Instagram kalian yang sama, lalu lihatlah perubahannya.

5. Restart Ponsel

Langkah atau cara mengembalikan filter IG yang hilang berikutnya adalah dengan merestart ponsel. Jika langkah-langkah sebelumnya tidak bekerja, cobalah untuk menggunakan langkah ini.

6. Force Close Instagram

Jika cara-cara sebelumnya masih juga tidak bekerja. Cobalah untuk melakukan force close pada aplikasi Instagram. Kalian bisa melakukan force close aplikasi pada menu Pengaturan Manajer Aplikasi > Instagram.

7. Instal Ulang Aplikasi Instagram

Cara yang terakhir untuk mengatasi masalah filter ig selalu loading lama terus dan hilang adalah dengan mencoba menginstall ulang aplikasi Instagram, setelah itu, kemudian kalian bisa melihat perubahannya.

8. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Untuk mengatasi masalah filter ig yang hilang dan selalu loading terus adalah dengan memastikan koneksi internet telah stabil dan sedang tidak gangguan, cobalah menggonta ganti data agar bisa terlihat perubahannya.

9. Cari Alternatif Filter Lain

Cara mengembalikan filter IG yang hilang terakhir adalah dengan mencoba mencari filter alternatif dengan judul atau gaya filter yang serupa dengan filter yang sebelumnya hilang.

Cara mengembalikan filter IG yang hilang satu ini dapat kamu terapkan apabila kamu merasa ponsel kamu tidak mendukung atau pengunggah atau pembuat filter tersebut telah hilang di Instagram.

Pos terkait