Event Bitcoin 2021, Cara Mengikuti & Cara Kerja Bitcoin

Event Bitcoin 2021 – Bitcoin akan menggelar sebuah event Bitcoin terbesar sepanjang sejarah! Event Bitcoin 2021 tersebut akan digelar di Miami pada tanggal 4-5 Juni 2021.

Adanya event Bitcoin ini tentu saja disambut dengan antusias bagi para trader cryptocurrency.

Bacaan Lainnya

Penasaran dengan event Bitcoin ? Kali ini kami akan membahas mengenai event Bitcoin terbesar sepanjang sejarah cryptocurrency ini.

Jadi simak dengan seksama pembahasan tentang event Bitcoin ini

Bitcoin adalah mata uang digital yang paling populer saat ini. Hal itu ditunjukkan dengan kapitalisasi pasar dan nilainya yang kian meningkat.

Saat ini, bitcoin merupakan aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar nomor satu. Dikutip dari Coingecko, total nilai kapitalisasi pasar bitcoin di pasar mata uang kripto mencapai 1,064 triliun dollar AS, angka tersebut setara dengan sekitar Rp 15.428 triliun.

Angka tersebut mencapai 43,7 persen dari total kapitalisasi pasar aset kripto.

Harga bitcoin sempat menyentuh rekor harga tertingginya sepekan yang lalu di kisaran 64.804 dollar AS per keping atau sekitar Rp 939,67 juta. Saat ini, harga bitcoin diperdagangkan di kisaran 56.863 dollar AS per keping. Namun, banyak pihak yang memperkirakan, bitcoin masih bisa mencapai harga yang lebih tinggi lagi.

Kepingan bitcoin sendiri didapatkan dari proses menambang atau ‘mining’.

Menambang bitcoin adalah sebuah proses memecahkan sebuah permasalahan matematika yang rumit. Maka dari itu, proses ini kerap kali diibaratkan sebagai proses layaknya menambang emas.

Proses pemecahan masalah matematika tersebut sebagai bentuk upaya untuk menambah blok baru dalam sistem transaksi bitcoin yang disebut dengan blockchain.

Bagi Anda yang penasaran dengan cara menambang bitcoin dan ingin terlibat langsung, ada hal yang perlu diperhatikan.

Dilansir dari 99bitcoins.com, dibutuhkan perangkat lunak atau software yang beragam serta komputer super canggih yang disebut dengan application specific integrated circuit (ASIC) untuk menyelesaikan algoritma rumit dalam proses menambang bitcoin.

Apa itu Bitcoin?

Event Bitcoin 2021
Apa Itu Bitcoin, Ini Event Bitcoin 2021

Bitcoin adalah sebuah mata uang baru atau uang elektronik yang diciptakan pada 2009 lalu oleh seseorang yang menggunakan nama samaran Satoshi Nakamoto, seperti dilansir dari Investopedia.com. Bitcoin utamanya digunakan dalam transaksi di internet tanpa menggunakan perantara alias tidak menggunakan jasa bank.

Bitcoin menggunakan sistem peer to peer (P2P). Namun, sistemnya bekerja tanpa penyimpanan atau administrator tunggal di mana Departemen Keuangan Amerika Serikat menyebut Bitcoin sebagai sebuah mata uang yang terdesentralisasi.

Tidak seperti mata uang lain pada umumnya, Bitcoin tidak bergantung pada satu penerbit utama. Bitcoin menggunakan sebuah database yang didistribusikan dan menyebar ke node-node dari sebuah jaringan P2P ke jurnal transaksi.

Pada 18 Agustus 2008, domain Bitcoin.org sudah terdaftar. Domain ini sudah Dilindungi oleh WhoisGuard, yang berarti identitas penggunanya bukanlah informasi publik.

Kemudian pada 31 Oktober 2008, Satoshi Nakamoto membuat pengumuman di Milis Kriptografi di metzdowd.com.

“Saya telah mengerjakan sistem keuangan elektronik baru yang sepenuhnya peer-to-peer, tanpa pihak ketiga,” Magna Carta tentang bagaimana Bitcoin beroperasi mulai hari ini.

Pada 03 Januari 2009, Block pertama dari blockchain Bitcoin yang diluncurkan dapat diartikan sebagai sebuah pernyataan, sebuah petunjuk, atau hanya sebagai penanda. Para pengguna cryptocurrency yakin bahwa ini merupakan sebuah pernyataan khusus dari Satoshi setelah muncul di koran ‘The Times: Chancellor on brink of second bailout for banks’ pada tanggal yang sama.

Versi pertama dari perangkat lunak Bitcoin diumumkan di milis Kriptografi pada 8 Januari 2009. Dan hari berikutnya, Blok 1 ditambang, dan penambangan Bitcoin sudah mulai berjalan.

Bagaimana Cara Kerja Bitcoin

Sebagai pengguna baru, hal pertama ialah dengan meng-install wallet Bitcoin di komputer atau ponsel. Langkah ini secara otomatis akan membuat alamat Bitcoin pertama. Sama seperti email, kita bisa saling berbagi alamat Bitcoin kepada orang lain, sehingga mereka bisa membayar atau sebaliknya. Namun, alamat Bitcoin sebaiknya hanya digunakan sekali saja.

Rantai-blok (blockchain) adalah sebuah catatan transaksi publik di mana jaringan Bitcoin bersandar. Semua transaksi yang telah dikonfirmasi tersimpan di dalam rantai-blok. Dengan demikian, wallet Bitcoin dapat menghitung sisa uang yang dapat dibelanjakan serta transaksi-transaksi baru dapat diverifikasi untuk memastikan bahwa memang dimiliki oleh pengguna itu.

Private Keys, sebuah transaksi transfer nilai antar wallet Bitcoin yang dimasukkan ke dalam rantai-blok. Wallet Bitcoin menyimpan sebagian data rahasia yang disebut kunci pribadi atau seed, yang digunakan untuk menandatangani transaksi, memberikan bukti matematis bahwa memang benar berasal dari pemilik wallet.

Pertambangan adalah sistem digunakan untuk mengonfirmasi antrian transaksi dengan memasukkannya ke dalam rantai-blok. Proses ini menegaskan urutan kronologis rantai-blok, melindungi netralitas jaringan, dan memungkinkan komputer lain untuk menyetujui keadaan sistem. Agar dapat dikonfirmasi, transaksi haruslah dirangkai dalam sebuah blok yang sesuai dengan aturan kriptografi ketat dan akan diverifikasi oleh jaringan.

Pertambangan juga seperti sebuah lotre yang kompetitif dalam mencegah setiap individu menambahkan blok baru dengan mudah secara berturut-turut ke dalam rantai-blok.

Perlu Perangkat Khusus

Seperti dijelaskan sebelumnya, diperlukan software dan hardware khusus untuk menambang bitcoin. Dengan demikian, Anda tidak bisa menggunakan PC yang biasa Anda miliki di rumah.

Dari keseluruhan 21 juta keping bitcoin yang tersedia, saat ini sudah ada 18,7 juta bitcoin yang berhasil ditambang dan tersedia di pasar.

Bisa dibilang, dalam proses menambang bitcoin, Anda juga berpacu dengan penambang lain. Semakin canggih dan semakin cepat cara kerja komputer yang Anda miliki, maka kian besar pula kemungkinan Anda untuk berhasil.

Namun demikian perlu diketahui, sebenarnya prsoes menambang merupakan produk dari proses konfirmasi dari sebuah transaksi. Sebab, tujuan utama dari menambang mulanya adalah untuk menjaga sistem kas atau blockchain untuk tetap terdesentralisasi.

Cara Menambang Bitcoin

Setelah membaca penjelasan sebelumnya, setidaknya Anda telah memiliki bayangan mengenai definisi menambang bitcoin dan perangkat apa saja yang diperlukan. Secara lebih rinci, kini akan dijelaskan cara menambang bitcoin langkah demi langkah.

  1. Memperhitungkan kemungkinan untung. Sebelum memulai proses menambang bitcoin Anda perlu untuk melakukan riset untuk memperhitungkan profitabilitas. Hal itu bisa dilakukan dengan kalkulator menambang bitcoin. Perlu diingat kembali, untuk bisa menambang bitcoin, Anda perlu merogoh kocek yang cukup dalam. Bahkan, ongkosnya bisa mencapai ribuan dollar AS. Bila Anda tidak memiliki dana yang cukup serta tidak memiliki akses listrik yang murah, mungkin menambang bitcoin bukan jalan Anda.
  2. Miliki perangkat penambang bitcoin. Pastikan Anda telah membaca berbagai ulasan yang tersedia di internet mengenai hardware penambang bitcoin. Hal itu diperlukan untuk bisa mengetahui jenis hardware apa yang Anda butuhkan. beberapa perangkat yang cukup terkenal yakni Antminer S19 Pro dan M30 S++. Perangkat tersebut bisa Anda beli melalui produsennya langsung atau membelinya di beberapa e-commerce seperti eBay dan Amazon.
  3. Miliki dompet bitcoin. Anda memerlukan dompet bitcoin untuk menempatkan bitcoin yang baru saja Anda dapatkan dari proses menambang. Selain itu perlu dipastikan Anda memiliki alamat dari dompet digital tersebut yang biasanya terdiri atas rangkaian panjang angka dan huruf.
  4. Carilah sumber penambang bitcoin. Bila Anda berhasil mendapatkan sumber penambang bitcoin dan bekerja sama dengan mereka, Anda hanya akan mendapatkan sebagian dari keseluruhan permasalahan algoritma yang harus dipecahkan. Proses yang dilakukan secara bersama-sama memiliki kemungkinan keberhasilan untuk mendapatkan bitcoin yang lebih besar. Nantinya, bila sumber atau pool dari penambang tersebut berhasil mendapatkan bitcoin, maka keuntungannya akan dibagi sesuai dengan kotribusi dari masing-masing penambang.
  5. Miliki program penambang. Jenis dari program penambang nantinya akan bernatung pada rig yang Anda miliki. Anda perlu menemukan software atau program yang tepat.
  6. Mulai menambang. Setelah Anda melakukan berbagai langkah yang disebutkan sebelumnya, Anda siap untuk menambang bitcoin.

Event Bitcoin 2021

Event Bitcoin ini merupakan sebuah event yang sangat besar yang digelar di Miami.

Dalam event tersebut akan hadir ribuan orang untuk menyaksikan konferensi Bitcoin di Miami tersebut. Event ini akan digelar di Mana Wynwood Convention Center Miami.

Pada event Bitcoin di Miami tersebut tentunya akan ada banyak orang penting yang hadir untuk berbicara.

Beberapa pembicara dari event Bitcoin ini antara lain adalah Jack Dorsey (CEO Twitter), Ron Paul (Anggota Kongres USA), dan Cynthia Lummis (Senator Wyoming).

Masih banyak lagi pengusaha dan orang-orang sukses yang akan hadir dan berbicara di Event Bitcoin .

Sehingga jika ada kesempatan, maka Anda bisa mengikuti event Bitcoin terbesar sepanjang sejarah ini.

Cara Mengikuti Event Bitcoin 2021

Bagaimana cara untuk mengikuti event Bitcoin ? Untuk bisa mengikuti event Bitcoin 2021i, itu artinya Anda harus terbang ke Miami.

Anda juga harus melakukan pembelian tiket untuk bisa mengikuti event Bitcoin ini. 

Pembelian tiket event Bitcoin ini bisa Anda lakukan secara online melalui situs resminya di https://b.tc/conference/registration.

Namun sayang sekali, tiket Event Bitcoin ini sudah terjual habis. Sehingga Anda sudah tidak bisa lagi mengikuti event Bitcoin di Miami.

Dampak Event Bitcoin 2021 Terhadap Harga Bitcoin

Adanya event Bitcoin ini jelas akan memberikan dampak terhadap harga Bitcoin.

Seperti yang kita ketahui, harga Bitcoin sempat anjlok sehingga membuat banyak orang merugi.

Dengan adanya event Bitcoin , diharapkan harga Bitcoin bisa perlahan meningkat.

Cukup sekian yang bisa kami sampaikan tentang event Bitcoin 2021.

Semoga saja kenaikan harga Bitcoin ini bukan hanya angan-angan para trader yang kemarin sempat merugi. 

Pos terkait