Apa itu Class Diagram, Pengertian, Contoh Dan Simbolnya

Class Diagram – Kita bahas satu pesatu mengenai class diagram serta contoh simbol simbol yang ada di class diagram.

Class diagram adalah bagian dari UML (Unified Modeling Language). Dimana class diagram ini menggambarkan struktur dan deskripsi serta hubungan antar class diagram tersebut.

Sekilas apabila kita perhatikan class diagram ini hampir menyerupai ERD (Entity Relationalship Diagram), hanya saja yang menjadi pembeda class diagram memiliki operasi dan method.

Pengertian Apa Itu Class Diagram

Apabila use case diagram berbicara mengenai alur dari sebuah sistem atau program, maka class diagram merupakan alur database dalam sebuah progam.

Dimana pada setiap laporan sistem yang hendak dibuat, class diagram harus diikut sertakan, karena dari sinilah kita dapat melihat aliran data sebuah program.

Selain class diagram, dalam sebuah UML harus ada juga yang namanya sequance diagram. Apabila class diagram menjelaskan aliran data, sequance diagram ini menjelaskan mengenai proses program.

Adapun beberapa pengertian atau definisi class diagram menurut para ahli, berikut penjelasan mereka.

  • Pendapat pertama datang dari Sukamto dan Shalahuddin (2013:141), mereka berdua mengartikan class diagram adalah penggambaran dari struktur sistem serta mendefinisikan kelas yang hendak dibangun sistem.
  • Satzinger (2011 : 28) memaparkan, pengertian class diagram atau diagram kelas ialah alat untuk membantu menggambarkan serta memvisualisasikan struktur kelas yang terdapat dalam suatu sistem atau program. Mengapa demikian? Sebab class diagram ini mendeskripsikan kelompok objek bersama properti, operasi dan relasi yang sama.

Ringkasan :

Class diagram adalah suatu metode untuk menggambarkan aliran database serta hubungannya

3 Komponen Class Diagram

Terdapat tiga komponen dalam sebuah class diagram, sebagai berikut;

  • Class name, merupakan sesuatu yang yang mewkaili dari nama kelas.
  • Atribut, merupakan properti dari sebuah kelas, atribut melambangkan batas nilai kelas yang mungkin terdapat dalam objek kelas.
  • Proses/method, sesuatu yang dapat dilakukan tau diproses oleh sebuah kelas.

Selain itu, atribut dan proses dapat memiliki salah satu sifat berikut ini;

  • Private, tidak dapat dipanggil atau digunakan oleh kelas lain, itu artinya hanya dapat digunakan oleh kelas sendiri.
  • Protected, hanya dapat dipanggil dan digunakan oleh kelas kelas bersangkutan serta turunannya dari kelas itu sendiri.
  • Public, dapat dipanggil dan digunakan oleh siapa saja yang memerlukannya.
  • Package, hanya dapat dipanggil dan digunakan oleh instance sebuah kelas di paket yang sama.

Berikut Hubungan Antar Classs Diagram

Tidak jauh berbeda dengan data flow diagram (DFD) yang menggambarkan hubungan antar tabel. Pada class diagram terdapat empat hubungan antar class sebagai berikut;

Hubungan Antar Kelas

1. Asosiasi, dapat diartikan sebagai hubungan statis antar class. Umumnya Asosiasi menggambarkan class yang memiliki atribut seperti class lain, ataupun jenis class yang memerlukan informasi mengenai eksistensi class lain.
2. Agregasi, yakni dapat dairtikan hubungan yang menyatakan suatu bagian seperti (“terdiri atas…”)
3. Pewarisan, yakni hubungan urutan jenjang (hirarkir)antar class. Misalnya suatu class dapat mewarisi semua atribut dan metoda class asalnya dengan cara menurunkannya ke class lain sehingga ia disebut anak dari class yang diwarisinya.
4. Hubungan dinamis, berarti suatu message (rangkaian pesan) yg dilalui satu class ke class lainnya. Adaapun hubungan dinamis dapat digambarkan dengan menggunakan sequence diagram

Komponen Tambahan Class Diagram

Tergantung pada bahasannya, nama kelas dalam class diagram bisa dikatakan mampu mewakili objek utama, interaksi atau hubungan dalam aplikasi, maupun kelas yang akan diprogram. 
Bagi Anda yang masih bingung atau kesulitan menjawab pertanyaan “Apa itu Class Diagram di UML ?” maka terlebih dahulu Anda wajib mengetahui konsepnya.

  • Class: bisa diartikan sebagai template yang berguna dalam membuat suatu objek serta mengaplikasikan perilaku objek dalam suatu sistem. Dalam UML sendiri, kelas dapat mewakili sekumpulan objek ataupun hanya satu objek dengan catatan memiliki struktur serta perilaku yang sama. 
    Objek tersebut diwakili oleh persegi panjang yang terdiri dari baris nama kelas, atributnya, dan operasinya. Ketika Anda mencoba menggambar kelas pada Class Diagram, maka wajib untuk mengisi baris paling atas dan baris dibawahnya opsional jika Anda ingin memberikan detail lebih banyak.
  • Nama: Baris pertama dalam bentuk class.
  • Atribut: Baris kedua dalam bentuk class. Setiap atribut kelas akan ditampilkan pada baris terpisah.
  • Metode: Baris ketiga dalam bentuk kelas. Juga dikenal sebagai operasi, metode/operasi digambarkan ke dalam bentuk atau format daftar dengan setiap operasi pada barisnya sendiri.
  • Sinyal: bisa diartikan sebagai simbol yang mewakili komunikasi asinkron satu arah antara objek yang aktif.
  • Jenis data: Klasifikasi yang menentukan nilai suatu data. Tipe data dapat memodelkan tipe primitif dan enumerasi.
  • Paket: Bentuk yang disusun yang berguna dalam mengatur pengklasifikasi, pengklasifikasian disini terkait dalam diagram. Paket dilambangkan dalam bentuk persegi panjang tab besar.
  • Antarmuka: Mirip dengan class, bedanya jika class dapat memiliki instance dari jenisnya sedangkan antarmuka harus mempunyai setidaknya satu kelas untuk mengimplementasikannya. Antarmuka dapat pula diartikan sebagai sebuah kumpulan tanda tangan operasi.
  • Pencacahan: encacahan merupakan bagian kelompok pengidentifikasi yang mewakili nilai-nilai pencacahan. Pencacahan disebut pula sebagai representasi tipe data yang ditentukan oleh pengguna. 
    Objek: Sebagai tambahan ke Class Diagram untuk mewakili prototipe atau contoh konkret .
  • Artefak: Elemen model yang mewakili entitas nyata dalam sistem perangkat lunak, seperti dokumen, komponen perangkat lunak, basis data, file yang dapat dieksekusi, dll.

5 Fungsi Class Diagram

Berikut adalah fungsi atau manfaat dari sebuah class diagram;

  • Menggambarkan model data untuk sebuah program.
  • Memudahkan untuk mempelajari sekema aplikasi.
  • Menyatakan secara visual apa yang dibutuhkan oleh sistem.
  • Class diagram sebagai bahan acuan dalam membuat program.
  • Class diagram bisa memberikan gambaran dengan jelas.

Contoh Simbol Class Diagram

Berikut ini adalah simbol yang terdapat dalam class diagram, beberapa menyerupai simbol flowchart.

Contoh Simbol Class Diagram
Simbol di atas digunakan untuk menunjukan sebuah kelas pada struktur sistem. Aturan penulisan yang berlaku tidak diperkenankan menggunakan spasi, sebagai contohnya nampak pada gambar di atas. Sibol ini memiliki tiga susunan sebagai berikut. Nama class Atribut Operasi Dimana ketiga komponen di atas tersebut telah dielaskan maksudnya pada bagian sebelumnaya.
Simbol lingkaran ini digunakan dalam class diagram untuk menunjukan interface atau dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan antar muka. Konsep dalam interface ini sama dengan pemograan berorientasi objek atau kita kenal OOP.
Simbol asosiasi yang memiliki bentuk garis ini digunakan untuk menghubungkan class satu dengan class lainnya.
Simbol class diagram yang satu ini nampak sama dengan simbol sebelumnya, namun meskipun demikian simbol ini memiliki nama yang berbeda, yaitu indirected asociation atau dalam Bahasa Indonesia simbol asosiasi berarah. Simbol ini memiliki kegunaan yang sama dengan simbol sebelumnya, yaitu untuk menghubungkan antar class. Namun yang menjadi perbedaan ialah penggunaannya, yaitu ketika suatu class digunakan oleh class lainnya.
Simbol ini bernama generalisasi, yang mana digunakan untuk menghubungkan antar class, baik khusus maupun umum. Sehingga apabila kita menemukan sebuah class yang memiliki makna umum dan khusus dapat dihbungkan menggunakan simbol ini.
Nama simbol ini yaitu aggregation, barangkali simbol satu ini tidak akan ditemukan di diagram lain, contohnya di flowchart atau yang memerlukan notasi lain. Simbol ini di pakai untuk menghubungkan kelas satu dengan kelas lainnya. Namun kelas tersebut haruslah memiliki makna yang sama. Sehingga dapat disimpulkan simbol atau notasi ini digunakan jika suatu kelas merupakan bagian dari kelas lainnya.
Simbol satu ini dikenal dengan defedency, yang mana Bahasa Indonesianya adalah ketergantungan. Simbol ini digunakan untuk menunjukan suatu kelas yang menggunakan kelas lain. Seperti yang dapat kalian lihat, defedency ini memiliki simbol panah dengan garis yang putus-putus.

Sama halnya dengan ERD, class diagram memiliki kardinalitas, berikut kardinalitas dari class diagram;

kardinalitas dari class diagram

Kumpulan Contoh Class Diagram

Berikut adalah beberapa kumpulan contoh class diagram yang dapat kalian pelajari.

1. Contoh Class Diagram Tabel Penjualan

Contoh Class Diagram Tabel Penjualan

Keterangan :

  • Class atau table departemen mempunya agresi dengan class atau table pegawai. Karena departemen ini dapat berdiri sendiri. Kemudian banyak pegawai dapat bekerja dalam satu departemen, jadi many to 1.
  • Class atau table transaksi tidak dapat berdiri sendiri, sebab ia harus ada table produk. Hal ini berlaku terhadap table produk, sebab membutuhkan table departemen.
  • Banyak pelanggan yang bisa melakukan banyak transaksi.
  • Satu transaksi bisa mencakup banyak produk.

2. Contoh Class Diagram Sistem Manajemen PerHotelan

Contoh Class Diagram Sistem Manajemen PerHotelan

Keterangan :

Dalam class diagram sistem manajemen hotel di atas, dapat kita lihat bahwasannya antar class memiliki keterhubungan sesuai dengan kebutuhannya, misal informasi tamu, jumlah hunia atau kamar, tanggung jawab staf dll.

3. Contoh Class Diagram Aplikasi Mesin ATM

Contoh Class Diagram Aplikasi Mesin ATM

Keterangan :

Sebuah mesin ATM memiliki sistem yang tidak sederhana, meskipun kelihatannya tidaklah demikian. Seperti yang dapat kita lihat dalam contoh class diagram di atas, setidaknnya memiliki 7 class.

Sistem mesin ATM menjadi begitu rumit disebab oleh ke amanan yang berlapis, hal ini tentu menjadi prioritas yang begitu dibutuhkan oleh sebuah sistem ATM. Bagaimana tidak setiap harinya begitu banyak orang yang mekakse, mulai dari melakukan penarikan uang, transfer hingga cek saldo.


Untuk membuat sebuah class diagram diperlukan aplikasi yang mumpuni, agar hasil yang didapat terlihat bagus. kalian dapat mencoba visual paradigm.

Tinggalkan komentar