10 Cara Restart Hp Tanpa Tombol Power Termudah 2021

Loading...

Cara Restart Hp Tanpa Menggunakan Tombol Power – Sering kali, kita menghadapi beberapa masalah pada ponsel kita. Ini biasanya disebabkan ketika program, atau sistem operasi itu sendiri, rusak karena crash dengan aplikasi yang kita instal atau kinerja aplikasi nakal. Ini dapat menyebabkan masalah kinerja atau bug yang mengarah pada kerusakan software smartphone. Aplikasi jahat semacam itu dapat menyebabkan file cache yang mempengaruhi penggunaan reguler.

Dalam situasi seperti itu, me-reset ulang / me-reboot perangkat Android atau ponsel pintar membantu membersihkan kode yang rusak. Sobat tekno bisa kembali membaca cara restart Hp yang telah kita publish sebelumnya atau sobat tekno bisa melakukan ini. Kita hanya perlu menekan tombol power selama 2-3 detik dan kemudian pilih matikan dari menu mode factory reset.

Namun, sebagai tombol mekanis, tombol daya dapat menjadi tidak responsif atau benar-benar mati setelah beberapa waktu. Ini bisa menjadi masalah nyata karena sekarang kita tidak dapat menghidupkan atau mematikan perangkat dengan tombol tersebut. Tombol power adalah tombol penting pada smartphone Android.

Jika Anda terjebak dalam situasi tersebut, maka jangan khawatir. Dalam posting ini kami akan memberi tahu Anda bagaimana Anda bisa reboot atau memulai ulang ponsel Android Anda tanpa menggunakan tombol power., anda juga dapat lanjut membaca panduan ini.

7 Trik Mempercepat Koneksi Internet di HP Android

Jadi ayo mulai!

Begini Cara Restart Hp Tanpa Tombol Power

10 Cara Restart Hp Tanpa Tombol Power Termudah 2021
Loading...

Setiap ponsel tentu memberikan layanan restart bagi penggunanya. Restart juga bisa dikenal dengan istilah reboot ini memiliki fungsi yang sangat penting pada ponsel. Adapun pengertian dari restart dalam hal ini adalah proses menyalakan ulang sistem pada perangkat ponsel sehingga semua aplikasi yang berjalan akan dimatikan. Kemudian perangkat ponsel akan dihidupkan dan semua sistem dijalankan kembali secara otomatis.

Fungsi dilakukannya restart ini adalah sangat penting terlebih jika ponsel mengalami kondisi-kondisi tertentu. Misalkan saja ponsel berhenti secara mendadak, jika baru saja menginstall aplikasi tertentu, apabila smartphone mengalami beban berat sehingga butuh penyegaran, dan lain sebagainya. Namun terkadang pengguna ponsel akan dihadapkan dengan masalah tidak berfungsinya tombol restart.

Restart Hp Dari Menu Boot

Cara yang pertama ini dapat kamu lakukan jika smartphone kamu dalam keadaan mati. Melakukan restart dengan cara uang juga bisa disebut dengan recovery mode ini dapat menyelesaikan berbagai masalah pada ponsel. Cara ini dapat dilakukan dengan memasukkan menu boot atau recovery mode pada ponsel kamu dengan langkah-langkah dibawah ini.

  1. Langkah pertama yang dilakukan adalah melakukan kombinasi tombol untuk dapat masuk dalam menu boot. Dalam hal ini setiap perangkat ponsel akan memiliki tombol kombinasi yang berbeda-beda. Adapun kombinasi yang paling umum adalah tombol Home + Volume atas +Volume bawah. Selain itu juga ada kombinasi tombol Home + Power, tombol Home + Power + Volume bawah, dan lain sebagainya. Untuk dapat memastikanmya, kamu dapat mencarinya melalui internet.
  2. Setelah menemukan tombol kombinasi pada ponsel kamu, maka langkah selanjutnya tekan hingga muncul menu recovery kemudian lepaskan. Akan ditampilkan beberapa opsi, dalam hal ini pilih menu sistem Reboot sekarang atau dalam bahasa inggris yaitu reboot system now.
  3. Setelah itu, ponsel kamu akan langsung melakukan restart seperti yang kamu inginkan.

Gunakan Volume dan Tombol Home

Jika tombol power tidak berfungsi dan Anda harus merestart ponsel Anda, coba trik ini.

  • Mencoba menekan kedua tombol volume atas dan bawah sekaligus selama beberapa detik. Hal ini akan menampilkan menu boot di layar. Dari menu ini, pilih Restart untuk me-reboot perangkat Anda.
  • Jika ponsel memiliki tombol beranda, Anda juga dapat mencoba menekan volume dan tombol Beranda secara bersamaan. 
  • Jika cara diatas tidak beerhasil, biarkan menyala menyala hingga baterai habis,  kemudian isi daya dan restart secara otomatis

Cara Melihat Penggunaan Data Internet di HP dan PC

Ketuk 2x untuk hidupkan layar

Jika ponsel cerdas Anda dalam mode sleep (layar mati) dan tombol daya tidak berfungsi, maka Anda dapat mencoba cara berikut ini:

  • Jika mempunyai tombol beranda, cukup tekan untuk menghidupkan layar. 
  • Beberapa smartphone saat ini memiliki fitur ketuk dua kali untuk menghidupkan, anda  dapat menggunakan fungsi ini. Jika ponsel Anda tidak memiliki fungsi ini, dan tombol volume juga tidak membantu, cukup colok telepon ke pengisi daya dan layar akan menyala. 
  • Jika itu juga tidak berhasil, mintalah seorang teman untuk menelepon Anda. 

Setelah ponsel hidup, Anda dapat mencoba langkah pertama menggunakan tombol volume untuk menghidupkan ponsel tanpa tombol power.

Menyalakan Hp Menggunakan Aplikasi

Ada juga aplikasi tertentu untuk me-restart ponsel Android sehingga dapat membantu Anda memecahkan masalah tombol power tidak berfungsi. Pada bagian artikel berikut ini, kami akan menyarankan Anda dua dari aplikasi restart Android yang paling banyak digunakan.

Gunakan aplikasi “Power Button to volume button”

Seperti namanya, aplikasi ini memungkinkan Anda menggunakan tombol volume untuk menghidupkan ponsel jika tombol daya rusak, atau tidak berfungsi dengan benar. Ini adalah aplikasi gratis di play store dan bisa anda download disini.

aplikasi untuk restart hp

Ketika Anda telah menginstal aplikasi, Anda harus memberinya hak administrator sehingga dapat melakukan tugas-tugas tombol daya menggunakan tombol volume.

4 Cara Chat WhatsApp Tanpa Simpan Nomor Sangat Mudah

Gunakan aplikasi “Gravity Screen”

Aplikasi lain yang berguna ketika tombol power tidak berfungsi adalah Gravity Screen, yang juga membutuhkan hak administrator. Secara otomatis dapat mematikan layar ketika Anda memasukkan ponsel ke dalam tas, saku, dan bahkan di atas meja, dan itu akan menyala saat Anda mengambil / mengangkat telepon. Anda tidak perlu menyentuh tombol apa pun, download aplikasinya disini.

aplikasi  untuk restart hp tanpa  tombol power

Terlepas dari ini, ada aplikasi tertentu yang tidak hanya menghidupkan dan mematikan layar, tetapi juga me-restart perangkat menggunakan opsi perangkat lunak. Namun, karena tindakan seperti itu membutuhkan hak istimewa tingkat sistem, perangkat Anda juga harus di-root untuk menggunakan aplikasi ini. Hanya dengan begitu Anda dapat mencapai fungsionalitas lengkap. Lihat Cara Melakukan Root dan Membatalkan Root pada Ponsel dan Tablet Android.

Namun, sangat disarankan untuk membeli ponsel baru. Sebuah tombol power adalah tombol yang sangat penting dan dengan sebagian besar ponsel pintar saat ini hadir dengan tampilan layar penuh dan tidak ada tombol lain.

Apa Itu Spam Chat Whatsapp, Hati-hati Banyak Modus

Restart Android Melalui Android Debug Bridge (ADB)

Cara kedua ini juga dapat kamu lakukan jika ponsel dalam keadaan mati. Selain itu syarat untuk dapat melakukan restart dengan cara ini adalah kamu harus mengaktifkan USB Debugging sebelumnya pada ponsel kamu. Melakukan restart dengan cara ini juga sangat mudah untuk dilakukan yaitu dengan langkah-langkah berikut ini.

  1. Langkah awal adalah dengan mendownload Android Studio dan alat SDK pada komputer atau laptop. Kamu dapat mencarinya dengan mudah melalui internet.
  2. Setelah download selesai maka dapat langsung kamu install. Jika sudah berhasil maka kunjungi lokasi dimana kamu telah melakukan install ADB.
  3. Setelah itu kamu harus membuka command prompt dengan tetap mengarahkan lokasi direktori ADB pada komputer kamu.
  4. Hubungan ponsel kamu dengan komputer menggunakan kabel USB lalu beralihlah menuju layar komputer memastikan untuk mengaktifkan ADB Debugging.
  5. Lakukan perintah ADB devices melalui command prompt, dalam hal ini kamu harus memasukkan ID perangkat beserta namanya.
  6. Setelah itu, lakukan perintah dengan menuliskan “-s adb <Device ID>reboot”.
  7. Selanjutnya tunggu sebentar, smartphone kamu akan dapat melakukan restart kembali.

Menggunakan Aplikasi Sebagai Pengganti Tombol Power

Cara ini dapat kamu lakukan jika ponsel dalam keadaan hidup dimana hal ini akan jauh lebih mudah untuk dilakukan. Adapun cara yang dilakukan adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi pendukung pada ponsel. Dengan aplikasi tersebut kamu dapat melakukan restart hanya dengan tombol lainnya yaitu dengan tombol volume yang dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut ini.

  1. Pertama kamu harus menuju ke google playstore untuk mendownload aplikasi Power Button to Volume Button .
  2. Setelah berhasil didownload maka kamu dapat langsung menginstalnya dan langsung dilanjutkan dengan membuka aplikasinya.
  3. Kemudian pilih Enable dan ceklis menu yang terdapat di dalamnya yaitu Boot dan juga Screen Off.
  4. Langkah selanjutnya adalah menekan bagian Screen Off hingga muncul tampilan konfirmasi izin Administrator. Dalam hal ini kamu harus menekan opsi Aktifkan.
  5. Setelah itu secara otomatis tombol volume pada ponsel kamu memiliki fungsi yang sama seperti tombol power. Dalam hal ini kamu tidak hanya dapat menggunakannya untuk restart. Akan tetapi juga menghidupkan atau mematikan layar seperti fungsi yang terdapat pada tombol power pada ponsel kamu.

10 Aplikasi Pembersih RAM Android terbaik 2021

Cara Menghidupkan Hp Tanpa Tombol Power

Salah satu kerusakan handphone yang dialami banyak orang adalah rusaknya tombol power. Dengan rusaknya tombol power, kita pun harus mencari cara menghidupkan hp tanpa tombol power. Seperti apa caranya?

Saat tombol power di hp rusak, tentu kita sangat kesal karena sulit untuk mematikan, menghidupkan, bahkan me-restart hp.

Kerusakan bisa terjadi karena tombolnya lepas atau fungsinya sudah rusak.

Jika mengalami hal ini, jangan panik terlebih dulu.

Karena, ternyata kamu masih bisa mematikan dan menghidupkan hp tanpa tombol power.

Maka dari itu, ikutilah cara menghidupkan hp tanpa tombol power yang mudah berikut ini.

1. Hidupkan Hp Menggunakan Tusuk Gigi

Salah satu kerusakan yang sering dialami banyak orang adalah lepasnya tombol power.

Jika ini yang terjadi, kamu tidak perlu khawatir karena sebenarnya fungsi menghidupkan dan mematikan hp masih bisa berjalan.

Ambillah tusuk gigi untuk menekan tombol yang berada di bagian dalam.

Masukkanlah bagian tumpul dari tusuk gigi ke lubang tempat tombol power itu berada, dan tekanlah.

Cara menghidupkan hp tanpa tombol power ini bisa berhasil selama tombol yang berada di bagian dalam tersebut masih berfungsi.

2. Menggunakan Power Bank atau Charger

Cara ini bisa berhasil digunakan pada beberapa hp.

Saat hp dalam keadaan mati, sambungkanlah ke charger atau power bank.

Setelah daya terisi penuh, jangan cabut charger.

Cabutlah baterai dan kemudian masukkan seperti semula.

Dengan cara ini, hp secara otomatis akan kembali hidup.

Cara Membobol WiFi Tanpa Root Di Android & Laptop

3. Cara Menghidupkan Hp Tanpa Tombol Power Menggunakan Tombol Lain

aplikasi Power Button to Volume Button

Kamu juga bisa memasang aplikasi Power Button to Volume Button untuk menghidupkan hp tanpa tombol power.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa memindahkan fungsi tombol power ke tombol lain, semisal tombol volume.

Berikut adalah langkah yang harus kamu lakukan setelah memasang aplikasi tersebut:

  • Buka aplikasi dan aktifkan opsi Enable/Disable Volume Power.
  • Kamu juga bisa mengaktifkan opsi Boot dan Screen Off‘ agar semua fungsi tombol power pindah ke tombol volume.
  • Restart hp untuk mulai menggunakannya.

Melihat fungsinya yang penting, admin merekomendasikan aplikasi ini sebagai aplikasi android yang harus kamu miliki.

Cara Mengatasi Lag di Android Tanpa Ribet 100% Work

4. Cara Menghidupkan Hp Tanpa Tombol Menggunakan Ketukan Jari

aplikasi untuk menghidupkan hp

Biasanya cara ini dapat digunakan pada hp Android keluaran terbaru.

Untuk kamu pemilik hp keluaran lama, bisa memasang aplikasi Double Tap Screen On and Off.

Setelah memasang aplikasi tersebut, ikutilah langkah berikut untuk mengaktifkan fungsi sentuhan menjadi pengganti tombol power:

  • Buka aplikasi dan aktifkan opsi Double Tap to Screen On.
  • Saat muncul kotak peringatan, tekan OK.
  • Fungsi tombol power pun dapat tergantikan oleh sentuhan jari kamu.
  • Sebagai catatan, cara ini kemungkinan hanya bisa digunakan di beberapa tipe hp Android.

5. Menghidupkan Hp Menggunakan PC

Untuk menggunakan cara ini pastikanlah kamu sudah mengaktifkan fitur USB debugging di hp kamu.

Setelah itu, ikutilah langkah berikut:

  • Pasang software Minimal ADB dan Fastboot di PC.
  • Tekan tombol volume down pada hp untuk masuk ke mode bootloader atau fastboot.
  • Sambungkan hp ke PC menggunakan kabel USB.
  • Buka software Minimal ADB dan Fastboot.
  • Untuk me-restart hp, masukkanlah perintah dengan mengetik ‘fastboot reboot’ lalu tekan enter.
  • Setelah itu, hp akan me-restart secara otomatis sesuai perintah.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan tentang cara merestart dan hidupkan hp android tanpa menggunakan tombol power terbaru 2021. ini saya dapatkan dari beberapa sumber yang benar benar sudah menguji trik tersebut. semoga bermanfaat

Loading...

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *