Cara Menjadi Host di Zoom Meeting Online

Dalam melakukan proses pembelajaran online saat ini memang Zoom termasuk media teleconference paling diminati hingga saat ini. Hanya saja terkadang saat proses mengajar, ada sebagian pendidik yang tidak bisa harus stay menemani proses presentasi hingga kelar. Makanya butuh yang namanya co host agar bisa membantu jalannya presentasi berlangsung.

Zoom menjadi salah satu aplikasi yang bisa dibilang saat ini menjadi aplikasi wajib bagi para pelajar, pengusaha, dan profesi lainnya.

Bacaan Lainnya

Aplikasi Zoom menyediakan versi gratis dan berbayar (pro/premium). Pengguna zoom gratis tentunya memiliki beberapa kekurangan diantaranya batas pemakaian waktu saat membuat meeting tidak lebih dari 40 menit, sementara pengguna Zoom Pro memiliki keuntungan utama yakni tidak dibatasi waktu saat membuat meeting dan juga diberi akses untuk membuat Co-Host dan Live Streaming menggunakan platform media sosial diantaranya Youtube dan Facebook.

Nah berangkat dari hal tersebut maka kami akan buatkan tutorial yang insyaallah bisa berguna dan bermanfaat untuk Anda. Tutorial ini akan berkaitan dengan cara menambahkan co host di Zoom. Yuk tanpa perlu panjang lebar lagi. Silahkan disimak dengan betul betul.

Banyak orang yang sudah lama menggunakan Zoom, tapi hanya paham mengenai istilah Host saja, tidak mengenal istilah Co Host. Selain menjadi Host, Anda juga bisa menjadi Co Host dalam meeting atau konferensi dari aplikasi Zoom.

Cara Menjadi Host di Zoom Meeting tak luput dari Peran Co-Host juga cukup penting dan berpengaruh. Cara menjadikan Co Host di Zoom juga mudah, tidak membutuhkan waktu yang lama.

Tapi agar tidak bingung, Anda harus paham dulu mengenai pengertian Co Host dalam aplikasi Zoom. Berikut penjelasannya:

Apa Itu Co Host Zoom

Cara Menjadi Host di Zoom Meeting Online

Host dalam Zoom Meeting merupakan akun yang secara teknis mempunyai kewenangan penuh pada kegiatan meeting atau webinar. Host dapat mengatur siapa yang akan diseting menjadi co-host, mengijinkan peserta masuk ke room, mematikan (mute) mic peserta dan lain sebagainya.

Co-Host dalam Zoom Meeting merupakan akun yang diperbantukan untuk mengatur kegiatan meeting. Jika dalam acara yang besar tentu akan repot jika operator teknisnya (Host) hanya dikerjakan oleh 1 orang, oleh karena itu dalam Zoom Meeting memungkinkan sebuah akun untuk “diangkat” menjadi Co-Host sehingga akun tersebut mempunyai kewenangan layaknya Host.

Participant dalam Zoom Meeting merupakan akun peserta biasa. Tidak mempunyai kewenangan mengatur secara teknis acara meeting atau webinar tersebut, bahkan participant-lah yang diatur oleh Host dan Co-Host.

CO Host di Aplikasi Zoom

Mengadakan meeting di Zoom dengan banyak peserta kadang bisa jadi ada masalah baru seperti login peserta, mute audio peserta dsb. Menambahkan co-host dalam meeting Anda memungkinkan Anda untuk berbagi tugas sebagai host, sehingga beberapa beban kerja dapat dibagi dengan rekanan seperti mengelola peserta dan share screen presentasi. Berikut adalah cara menjadikan Co Host di Aplikasi Zoom.

Zoom merupakan aplikasi video telekonferensi secara daring. Hal ini bisa juga disebut sebagai tatap muka jarak jauh. Ini menjadi bagian dari solusi kebijakan Pemerintah yang sampai saat ini tidak memperbolehkan mengadakan tatap muka secara langsung. Baik dalam acara seminar, pembelajaran ataupun kegiatan lain.

Nah, jika kamu akan melaksanakan sebuah seminar, tentunya fitur Co-Host ini menjadi penting karena bisa saja pematerinya berada di jarak yang jauh. Sehingga membutuhkan hak akses layaknya seorang host. Adapun cara mengaktifkannya bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Membuat Co Host di Zoom

Agar Anda bisa membuat co host di Zoom maka Anda setidaknya sudah mengaktifkan fitur co host melalui pengaturan. Untuk mengaktifkan fitur co host dapat Anda lakukan dengan mudah lewat laman resmi Zoom di Portal Web Zoom.

Setelah nanti Anda masuk di sana dengan akun Zoom Anda maka segera pilih Settings. Saat ini Anda akan masuk di tab Rapat di dalam menu Pengaturan. Dari sini, silahkan Anda gulir ke bawah sampai Anda menemukan pilihan Co-Host.

Agar lebih cepat dalam mencari, Anda bisa menggunakan shortcut keyboard dengan menekan Control + F (Command + F untuk Mac) dan kemudian ketik co-host di kotak pencarian yang muncul. Jika sudah ketemu, slider on ke kanan di sebelah pilihan Co-Host agar bisa mengaktifkan fitur co-host Zoom.

Dengan begini maka Anda sudah bisa menjadikan salah satu peserta rapat menjadi co host yang berperan kurang lebih sama seperti host. Hanya saja co host tidak mampu memulai rapat yang dijadwalkan oleh host itu sendiri.

Cara Menjadikan Co Host di Zoom Selama Rapat

Saat kondisi saat ini mengharuskan banyak pihak menggunakan media daring sebagai sarana komunikasi. Salah satu aplikasi populer saat ini yang banyak digunakan di masyarakat adalah aplikasi zoom milik Eric Yuan yang sudah diinstall lebih dari 100 juta pengguna di dunia. Oleh karena itu kami mencoba menuliskan Tutorial Cara Menambahkan Co Host Dalam Zoom Meeting ini.

Sebagai pengguna baru terkadang tidak mengetahui menggunakan semua fitur yang sudah disediakan aplikasi meeting ini. Salah satunya adalah host dan co host.

Host adalah aministrator yang bisa membuat schedulle meeting sendiri dan berfungsi sebagai moderator sebuah meeting online dengan akses bisa mengatur jalanya meeting dengan cara menambah dan mengurangi peserta, mengatur layar, menampilkan presentasi, mengatur suara peserta, dan merekam pembicaraan.

Berikut ini langkah-langkah mengaktifkan kedua fitur Co-Host dan Live Streaming Zoom (khusus versi Pro/Premium).

  1. Akses website zoom.us melalui browser (Firefox, Chrome, dll)
  2. Login ke akun menggunakan username (email) dan password
  3. Pilih menu “Settings”
  4. Cari fitur Co-Host (untuk mempermudah, silahkan Ctrl+F lalu masukan co-host). Silahkan aktifkan dengan cara klik tombol abu menjadi biru
  5. Selanjutnya untuk mengaktfikan fitur live streaming, masih pada menus “settings”, silahkanc ari “Allow live streaming meetings” silahkan klik tombol abu hingga menjadi biru, seperti pada gambar dibawah
  6. Silahkan pilih platform mana yang akan diaktifkan untuk live streaming (Facebook, Youtube, dll).
  7. Untuk menggunakan fitur ini pada zoom, silahkan menggunakan aplikasi Zoom pada cersi desktop/PC
  8. Pada saat sudah memulai meeting, silahkan cek pada bagian bawah aplikasi klik “More” lalu pilih live streaming pada media yang mana
  9. Untuk menjadikan peserta lainnya menjadi co-host pada saat meeting, silahkan lihat peserta, lalu klik kanan pada peserta yang akan dijadikan co-host, pilih “Make co-host”

Cara Menambahkan Co Host Dalam Zoom Meeting

Co-Host memiliki peran yang sama dengan host seperti disebutkan diatas, bisa menggantikan peran host apabila host sedang menjalankan fungsi lainnya dalam meeting. Keberadaanya sangat penting karena tidak mungkin semua fungsi diatas di handle oleh satu orang.

  1. Buka website utama di www.zoom.us
  2. Masuklah dengan email dan password yang sudah anda daftarkan sebelumnya.
  3. Masuklah ke https://zoom.us/profile kemudian masuklah ke menu setting
  4. Setelah masuk ke setting coba scroll ke bagian bawah, kemudian cari tulisan co-host. Pastikan sudah di centang kekanan dan berwarna biru.
  5. Tunggu beberapa saat, fungsi cohost bisa anda nikmati. Tentu sesuai paket yang anda beli. Dari pengalaman kami untuk paket 100 partisipant ada 2 cohost. Dan itu sepertinya cudah cukup.

Fungsi CO Host Di Zoom

Menjadi host di Zoom Meeting perlu mempersiapkan banyak hal agar rapat, meeting atau webinar dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting dapat berjalan dengan baik. Diantara hal yang paling penting adalah menguasai penggunaan fitur-fitur yang ada di aplikasi Zoom, akan tetapi itu saja belum cukup. Berikut ini ulasan cara menjadi host di aplikasi Zoom Meeting agar acara berjalan lancar.

Co-Host memiliki fungsi yang mirip seperti Host dalam aplikasi Zoom. Fungsinya salah satunya dalam mengontrol dan memonitoring penggunaan Zoom. Mengenai haknya, seorang co-Host memiliki peran yang sama seperti Host, hanya saja tidak bisa menambahkan participant lain sebagai Co-Host.

Sebagai Host di Zoom tentunya kamu memiliki banyak fungsi, antara lain dapat menyelenggarakan Meeting, membuat schedule Meeting atau join meeting secara langsung. Saat ini total pengguna aplikasi Zoom ini sudah mencapai 250ribu orang di khususnya di Indonesia. Hal ini berdasarkan data pada bulan Mei 2020.

Sama seperti Host, Co-Host adalah user yang bisa mengontrol jalannya meeting, mulai dari mengatur peserta hingga aturan-aturan lainnya yang lebih kompleks seperti menonaktifkan voice over, video, presentasi, dan lain-lain.

Ternyata di dalam aplikasi Zoom, Anda bisa mengaktifkan dua atau lebih Host, yang pertama adalah Host dan yang kedua adalah Co-Host. Nantinya Co-Host ini bisa bersamaan dengan Host untuk mengatur jalannya meeting, seperti memberhentikan rekaman, dan lain-lain.

Co-Host ditunjuk oleh Host dan setiap aktivitasnya akan dipantau oleh Host. Tidak ada limit jumlah Co-Host, jadi Anda sebagai Host bisa menunjuk siapa saja untuk menjadi Co-Host tanpa batasan jumlah.

Co-Host sendiri tidak diizinkan untuk melakukan hal-hal seperti di bawah ini:

  • Memberhentikan meeting.
  • Memulai live streaming.
  • Menunjuk seseorang untuk menjadi Co-Host.
  • Menggunakan fitur waiting room.
  • Menggunakan fitur breakout room.

Cara Menjadikan Co-Host di Zoom Tanpa Batas Selamanya

Sebelum menambahkan Co-Host di aplikasi Zoom, Anda diharuskan untuk mengaktifkannya terlebih dulu di pengaturan. Berikut caranya:

  • Buka web Zoom di: https://us02web.zoom.us/signin
  • Log in dengan akun Zoom yang akan Anda gunakan untuk melakukan conference.
  • Pilih tab Settings.
  • Setelah itu, Scroll ke bawah sampai menemukan opsi Co-Host. Anda juga bisa menggunakan CTRL + F dan ketikkan Co-Host untuk mencari opsi tersebut. Jika Anda menggunakan Mac, gunakan Command + F dan ketikkan Co-Host.
  • Aktikan fitur tersebut dengan menggeser opsinya menjadi terlihat warna biru. Setelah mengaktifkan, itu artinya jika Anda menjadi Host, Anda dapat menambah Co-Host dalam konferensi meeting.

Perlu diingat, Co-Host tidak bisa memulai rapat. Jadi jika Anda menginginkan ada seseorang yang memulai meeting, seharusnya Anda mengaktifkan fitur Alternative Host.

Setelah mengaktifkan di pengaturan, kemudian Anda sudah bisa log in akun melalui aplikasi Zoom. Log in pada akun di aplikasi Zoom seperti biasa.

Pos terkait