Apa Itu Host ? Cara Mengganti Host Zoom Meeting

Cara Mengganti Host Zoom – – Aplikasi meeting online yang paling dapat perhatian di masa pandemi seperti sekarang ini adalah Zoom. Tidak hanya digunakan oleh para pekerja kantoran yang diwajibkan bekerja dari rumah tetapi juga oleh para dosen dan mahasiswa untuk melakukan pembelajaran secara online.

Bahkan aplikasi ini juga digunakan para pegiat seminar secara online atau yang biasa disingkat webinar. Sebelum membahas lebih jauh tentang Zoom sebaiknya kenali aplikasi ini terlebih dahulu.

Bacaan Lainnya

Sebenarnya untuk mengganti host di zoom memang sangatlah mudah. Kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah saja. Namun, pada kenyataanya masih banyak orang yang belum mengerti bagaimana cara mengganti host di zoom.

Bagi kamu yang belum mengerti bagaimana langkah atau caranya, maka kali ini saya akan sedikit menjelaskanya secara singkat dan jelas.

Sebelum kita mulai, ada batasan penting yang perlu kamu waspadai. Zoom meeting memiliki versi gratis yang dapat digunakan oleh semua orang.

Akan tetapi zoom meeting juga menawarkan beberapa paket untuk bisnis. Dalam kasus meneruskan kontrol host ke pengguna lain. Apabila host asli merupakan pengguna berlisensi, maka rapat di zoom akan dapat dilanjutkan dalam jumlah waktu yang tidak terbatas.

Lantas, bagaimana cara mengganti host di zoom supaya dapat bergantian dalam menyampaikan sesuatu. Berikut pembahasanya dengan mudah dan jelas.

Apa Itu Host Dan Co Host Di Zoom

Zoom didirikan oleh Eric Yuan, yang saat ini menjadi CEO Zoom Technologies, Inc. ide memulai startup konferensi video berawal dari masa Eric sedang duduk dibangku kuliah dan sedang menjalin hubungan jarak jauh dengan sang pacar.

Jarak mereka dipisahkan 10 jam perjalanan menggunakan kereta. Tahun 1997 Eric pindah ke Silicon Valley dan diterima bekerja di perusahaan yang bergerak dibidang video conference yaitu Webex. 10 tahun kemudian perusahaan ini diakuisisi oleh Cisco dan Eric diangkat menjadi salah satu wakil presiden.

Yuan kemudian menceritakan idenya untuk membuat sebuah aplikasi video conference. Ide itu ditolak oleh para petinggi Cisco sehingga Eric akhirnya memutuskan mundur dari perusahaan tersebut. Tahun 2011 Eric Yuan resmi mendirikan Zoom.

Fitur-fitur Zoom

Banyak fitur yang tersedia pada aplikasi Zoom ini, diantaranya adalah

  • Video dan Audio HD

Menggunakan aplikasi ini, Anda tidak perlu khawatir akan kualitas gambar dan suara yang dihasilkan karena aplikasi ini telah didukung oleh kualitas high definition atau HD.

  • Alat Kolaborasi Bawaan

Pengguna dapat berbagi layar secara bersama-sama dan ikut menulis catatan penting dari hasil rapat untuk  pertemuan yang lebih interaktif dengan alat kolaborasi bawaan.

  • Keamanan

Adanya fitur end-to-end encryption  yang dapat digunakan pada seluruh rapat melalui aplikasi Zoom membuat keamanan para penggunanya tidak perlu dipertanyakan lagi. Keamanan tambahan dapat Anda peroleh dari kata sandi yang hanya Anda yang mengetahuinya

  • Rekaman dan Transkrip

Peserta rapat juga dapat merekam rapat yang dilakukan melalui Zoom kemudian menyimpan hasil rekaman di perangkat masing-masing atau pada akun cloud.

  • Fitur Penjadwalan

Pada aplikasi Zoom Anda dapat melakukan penjadwalan terhadap video conference yang akan Anda lakukan. Anda juga dapat memulai video conference atau rapat melalui akun Outlook, Gmail, atau iCal yang Anda miliki.

  • Obrolan Tim

Mengobrol dengan para peserta rapat dapat Anda lakukan dengan mudah. Anda juga dapat dengan mudah menemukan riwayat percakapan , berbagi file yang sudah terintegrasi dan data tersebut dapat tersimpan selama 10 tahun. Fitur ini tentunya memudahkan para peserta rapat melakukan panggilan antara sesama peserta atau melakukan panggilan grup.

Ada beberapa peran yang tersedia untuk rapat: HostCoHostAlternative host, dan peserta. Peran yang kamu yang miliki dalam rapat ditetapkan oleh tuan rumah.

  • Host

Host merupakan pengguna yang menjadwalkan rapat. Host memiliki izin penuh untuk mengelola rapat. Hanya boleh ada satu penyelenggara rapat.

  • Co-host

Co-host merupakan sebagian besar kontrol yang dimiliki oleh penyelenggara, memungkinkan rekan penyelenggara untuk mengelola sisi administratif rapat, seperti mengelola peserta.

Tuan rumah harus menugaskan rekan tuan rumah selama rapat, rekan penyelenggara tidak dapat memulai rapat.

Jika tuan rumah membutuhkan orang lain untuk memulai rapat, mereka dapat menetapkan tuan rumah alternatif.

  • Alternative hosts

Berbagi kontrol yang sama dengan rekan penyelenggara, tetapi juga dapat memulai rapat. Tuan rumah dapat menetapkan tuan rumah alternatif saat mereka menjadwalkan pertemuan.

Selanjutnya lantas bagaimana cara misalkan kita ingin menggati host di zoom? Berikut langkahnya.

Host Di zoom meting

Cara Membuat Co Host Di Zoom.sebenarnya untuk membuat co host atau menjadi co host di zoom meeting sangat mudah lohh.berikut ini ada 7 cara membuat co host zoom di hp android, ios, mac, laptop dan pc dengan mudah dan cepat.

Sekarang Anda tahu bagaimana perasaan guru Anda ketika Anda masih di sekolah! Mereka perlu mengelola terlalu banyak siswa dan mungkin berharap mereka bisa memiliki rekan guru untuk membantu mereka.

Untungnya, sekarang Anda bisa mengadakan rapat melalui Zoom, Anda dapat memiliki Co Host. Dari waktu ke waktu, akan ada terlalu banyak peserta untuk Anda tangani sendiri. Itulah sebabnya perangkat lunak yang berguna ini memungkinkan pengguna untuk menjadikan orang lain sebagai rekan penyelenggara dan memberi mereka kontrol atas rapat.

Apakah Anda ingin tahu bagaimana melakukan hal ini? Anda sudah membahas artikel ini.

Cara Mengganti Host Zoom

Jika kamu sudah tau apa itu yang dimaksud dengan Host dan Co-host di zoom. Maka selanjutnya kamu juga harus tau bagaiman cara untuk mengganti host pada zoom.

Perlu kamu tau dalam hal ini ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengganti Host pada aplikasi zoom.

Salah satunya kamu dapat menggunakan melalui laptop dam Smartphone Android. Lantas? Bagiamana cara menggantinya. Berikut langkah-langkahnya.

Cara Mengganti Host Zoom di Laptop

Cara yang pertama kamu dapat menggantinya melalui laptop yang pakai caranya pun sangat mudah. Kamu hanya perlu melakukan beberapa cara saja.

Cara menggantinya adalah sebagai berikut ini.

    1. Atur Zoom Sebagai Host

Kamu dapat melakukan hal ini dengan membuka aplikasi Zoom meeting dan klik tombol “Rapat Baru” dari layar beranda.

   2. Undang Para Peserta Zoom

Selanjutnya, undanglah para peserta rapat untuk  bergabung dalam meeting zoom tersebut. kamu dapat melakukan ini dengan cara memilih “Undang” di bagian bawah jendela.

   3. Pilih Opsi Kelola Peserta

Setelah rapat disiapkan dan semua peserta telah bergabung, pilih opsi “Kelola Peserta” di bagian bawah jendela tempat konferensi video diadakan.

   4. Pilih Lainya (More)

Daftar peserta akan muncul di panel kanan. Arahkan mouse ke atas nama peserta tempat Anda meneruskan kontrol host lalu pilih tombol “Lainnya”.

   5. Buat Host

Setelah kamu pilih lainya maka nanti akan muncul beberapa pilihan. Kamu klik opsi “Buat Host”.

   6. Pilih Yes

Setelah kamu selesai membuat Host. Maka selanjutnya akan ada sebuah pesan yang akan menanyakan apakah Anda yakin ingin mengganti host menjadi (Nama Peserta).

Lalu kamu silahkan cukup Pilih “Yes” & kamu sudah berhasil melakukan penggatian host pada aplikasi zoom meeting.

Di panel akan memperlihatkan peserta, Sekarang kamu bisa melihat kontrol host yang telah diteruskan ke pengguna.

Host asli sekarang dapat dengan aman meninggalkan rapat tanpa mengganggu konferensi video

Cara Menjadikan Host Zoom di Hp

Cara yang kedua, kamu dapat menjikan salah satu perserta menjadi host untuk zoom meeting melalui hp.

Lantas, bagimana cara menjadikan host tersebut. Berikut langkah-langkah yang dapat kamu tirukan, diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  1. Buka “Aplikasi zoom” di Hp kamu.
  2. Pilih “participants”.
  3. Pilih “daftar peserta” meeting yang akan keluar.
  4. Pilih salah satu nama peserta meeting yang akan kamu jadikan sebagai host.
  5. Jika sudah klik “make host”.
  6. Klik yes untuk mengkonfirmasi.
  7. Selesai

Dengan begitu maka otomatis kamu sudah berhasil menjadikan host dengan cara melalui Hp atau Smartphone android kamu.

Cara Menambah Host Zoom Meeting

Untuk menambahkan host pada zoom, kamu hanya perlu memerlukan beberapa cara atau langkah saja.

Cara ini merupakan cara yang mudah dan dapat kamu tirukan sebagaiman yang sudah saya jelaslkan.

Lantas bagaimana cara menambah host pada zoom dengan mudah, berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka Aplikasi” Zoom kamu.
  2. Masuk ke akun Zoom kamu & pilih tab “Settings
  3. Scroll ke bawah dan pilih opsi “Co-Host“.
  4. Klik dan geser tombol opsi “Co-Host” yang berguna untuk mengaktifkan fitur “co-host” Zoom.

Jika cara diatas sudah kamu selesaikan, maka selanjutnya kamu dapat mengikuti langkah seperti dibawah ini.

Tambahkan Co-Host dalam Zoom Meeting

Untuk langkah-langkah dalam menambahkan co-host dalam zoom meeting, kalian dapat mengikuti langkahnya seperti dibawah ini.

  1. Pilih tombol “Manage Participants”.
  2. Pilih opsi “More“.
  3. Pilih “Make Co-Host“.
  4. Jika pesan pop-up sudah muncul, maka silahkan kamu pilih tombol “Yes“.
  5. Selesai

Jika kamu sudah melakukan cara seperti diatas, maka sudah berhasil menambahkan Co-host meeting pada zoom.

Jangan lupa, pastikan juga bahwa peserta yang kamu dipilih memiliki label (Co-host) yang berada pada posisi samping namanya.

Bagaimana sangat mudah bukan? Cara mengganti host zoom lewat laptop maupun lewat Hp. Insya Allah cara ini sangat buat dengan semudah-mudah mungkin.

Jadi saya jamin buat kamu yang belum mengerti, semoga bisa memahami sesuai yang saya haraplkan. Kuncinya kamu hanya perlu cukup mencoba dan mencoba saja.

Dengan mengetahui semua itu tentu akan membuat kamu menjadi banyak mengerti sekilas penggunaan Aplikasi Zoom.

Cara Mengaktfikan Co Host Di Zoom Mac

Apakah Anda memiliki Mac? Ikuti instruksi kami untuk memungkinkan seseorang menjadi Host bersama rapat Anda.

Sebelum Anda berbagi hak hosting Anda dengan orang ini, Anda perlu mengaktifkan fitur ini di akun Zoom Anda. Ini bukan pengaturan default dalam perangkat lunak.

Untuk melakukan ini, lakukan hal berikut:

  • Buka situs web resmi Zoom.
  • Masuk ke akun Anda, tapi pastikan akun tersebut sebagai admin sehingga Anda bisa mengedit Pengaturan Akun Anda.
  • Pilih Pengaturan Akun dari bilah tugas.
  • Gulir tab Rapat untuk menemukan bagian Rekan penyelenggara, untuk memperbolehkan rekan penyelenggara ditambahkan ke rapat. Mereka akan memiliki kontrol yang hampir sama seperti Anda. Jika Anda tidak ingin menggulir, Anda dapat menggunakan pintasan keyboard: tekan CMD lalu F untuk membuka bidang pencarian, lalu mulai ketik Co Host.
  • Saat Anda telah menemukan fitur tersebut, alihkan tombol untuk mengaktifkannya.

Pos terkait