5 Cara Mengecek Kecepatan Internet Secara Akurat di Android

Cara Mengecek Kecepatan Internet Secara Akurat – Melihat kecepatan internet memang merupakan hal yang perlu kamu tahu, entah itu anda menggunakan kuota data kartu xl, telkomsel, indosat, tri maupun yang lain. terutamanya saat menggunakan wifi hal ini berguna untuk mengetahui apakah koneksi wifi milikmu lancar atau sesuai Mbps atau tidak. Di bawah ini akan kami berikan cara melihat kecepatan wifi di android.

Koneksi wifi yang lelet akan menyebabkan beberapa kendala utamanya untuk kamu yang setiap kali memakai koneksi internet wifi.

Bacaan Lainnya

Kendala-kendala tersebut seperti menonton YouTube macet-macet, browsing lelet, sosial media loading terus dan hampir semua yang menggunakan koneksi wifi akan merasa terganggu.

Nahh hal tersebut akan membuat kamu kesal dan alhasil kamu pasti akan akan berulangkali mereset jaringan. Perlu kamu ketahui bahwa kecepatan wifi terbagi menjadi dua, yakni kecepatan upload dan kecepatan download.

Maka dari itu berikut dibawah ini panduanhp akan memberikan beberapa tips cara melihat kecepatan wifi di android baik menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi.

Cara Melihat Kecepatan Internet Wifi di Android Paling Akurat

Cara Mengecek Kecepatan Internet
Cara Mengecek Kecepatan Internet dengan Akurat

untuk dapat mengecek kecepatan jaringan internet kamu, bisa menggunakan aplikasi android yang sudah ada playstore. tidak sedikit pula yang mengetes kecepatan wifi dan internet tanpa aplikasi apapun. caranya bagaimana? simak dibawah ini

Cek mengunakan Aplikasi Speedtest

Nahh untuk cara yang pertama kamu bisa menggunakan aplikasi bernama Speedtest.net. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa mengetahui dengan terperinci berapa sebenarnya Mbps wifi yang kamu miliki.

Aplikasi ini bisa kamu dapatkan di Google Play dengan ukuran yang tidak terlalu besar, sehingga ringan digunakan di perangkat android apapun.

  • Pertama buka Google Play
  • Cari aplikasi bernama Speedtest.net
  • Tekan unduh, dan tunggu sampai selesai
  • Buka aplikasinya, dan tekan opsi GO/Mulai untuk memulai pengujian kecepatan wifi
  • Terakhir, kamu bisa melihat berapa sebenarnya kecepatan internet wifi

Kekurangan dari aplikasi ini adalah adanya batas pengecekan, dimana setelah batas itu tercapai kamu harus mengupgrade ke versi yang pro.

Untuk batas saya juga kurang tahu yang pasti cukup banyak, tak mungkin kamu mengecek kecepatan setiap saat.

Cek dengan Aplikasi Internet Speed Meter Lite

Bagi para pengguna android pasti sudah tak asing lagi dengan aplikasi ini. Aplikasi internet speed meter lite ini memang sudah banyak sekali digunakan orang.

Selain ukuranya yang sangat kecil, aplikasi ini juga berjalan secara otomatis tanpa pengaturan yang ribet. Tak hanya itu aplikasi ini juga bisa mengetahui penggunana data secara akurat.

Selanjutnya adal fitur pemantauan real time, sehingga kamu bisa mengetahui kecepatan wifi dimana saja kapan saja.

Untuk cara penggunaanya sangat mudah sekali, cukup instal di Google Play, lalu buka maka secara otomatis aplikasi akan bekerja sendiri.

Melihat Kecepatan Inernet dengan Apk Internet Speed Test

Berikutnya ada aplikasi bernama Internet Speed Test, aplikasi saya kira mirip dengan aplikasi yang pertama karena dari segi tampilan pun tidak berbeda jauh.

Untuk fitur juga saya kira hampir semuanya sama seperti aplikasi nyang pertama, cara pemakain juga sama cukup unduh dan pasang lalu lakukan uji kecepatan, maka kamu akan melihat hasilnya.

Yang berbeda adalah aplikasi ini tidak mempunyai batas penfecekan seperti aplikasi yang pertama, sehingga kamu tidak perlu mengupgrade suatu saat nanti.

Melalui Situs Speedtest.net

Untuk berikutnya adalah dengan menggunakan situs Speedtest.net, situs ini sebenarnya adalah sama dengan aplikasi speedtest.net.

Speedtest adalah sebuah situs untuk melihat kecepatan wifi di android, dan speedtest adalah penyedia pengujian internet nomor 1 alias terbaik.

Hampir seluruh pengguna pc atau laptop saya kira menggunakan situs ini untuk melakukan pengujian kecepatan internet wifi mereka.

Tak hanya untuk pc dan laptop saja, situs ini bisa kamu gunakan untuk menguji kecepatan wifi kamu di android. Caranya sangat mudah sekali, berikut langkahnya:

  • Buka browser di hp android
  • Ketik di kolom pencarian speedtest.net dan tap cari
  • Maka kamu akan diarahkan ke situs speedtest, untuk pengujian kamu tinggal tekan logo GO
  • Tunggu prosesnya, maka kamu akan melihat hasilnya

Demikian beberapa cara melihat kecepatan wifi di android baik menggunakan aplikasi ataupun tanpa aplikasi. Kamu bisa mencoba keempat cara diatas, coba yang menurut kamu cepat dan tanpa ribet, semoga bisa membatu terima kasih.

Pos terkait