Cara Mengatasi WIFI Menolak Akses Perangkat, Ini Penyebabnya

Cara Mengatasi WIFI Menolak Akses Perangkat, Ini Penyebabnya – Masalah umum bagi pengguna WIFI IndiHome adalah bahwa FUP atau WIFI tidak dapat dihubungkan dan muncul peringatan menolak akses saat terhubung ke perangkat PC atau Laptop. Masalah ini memang bisa terjadi kapan saja, terutama bagi yang menggunakan perangkat WIFI Router seperti MIFI, Modem atau Tethering Hotspot. Salah satu alasan mengapa akses WIFI ditolak bisa karena kata sandi yang salah, terblokir dan sebagainya. Nah, cara terbaik agar WIFI tidak menolak akses saat ingin terkoneksi dengan perangkat HP, PC dan Laptop, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini, jadi simak terus artikel ini hingga selesai!

Memasang WiFi di rumah menjadi salah satu kewajiban tersendiri. Sekarang sudah tidak lagi perlu menggunakan internet data smartphone ketika sedang di rumah. Dengan menggunakan WiFi, maka Anda bisa menikmati jaringan internet yang lebih stabil dan cepat. Namun terkadang ada masalah yang bisa muncul. WiFi yang dimiliki malah tidak mau tersambung ke perangkat. Sebenarnya apa penyebab WiFi menolak akses perangkat Anda?

Bacaan Lainnya

Baca juga Aplikasi Penghemat Kuota Terbaik 2021 Terbukti Work 100%

Penyebab WiFi Menolak Akses Perangkat dan Cara Mengatasinya

Untuk bisa keluar dari masalah ini, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebagai solusi. Untuk lebih lengkap, simak rangkumannya di bawah ini.

Penyebab koneksi wifi muncul akses ke jaringan di tolak – setiap kali ingin menghubungkan atau koneksi wifi terkait,selalu muncul akses ke jaringan di tolak,padahal password atau kata sandi sudah benar.

pertanyaan ini selalu muncul di wa ku,oleh karena itu dari pada pertanyaan sama terus muncul dan saya menjelaskan hal yang sama secara terus menerus,lebih baik saya menulis artikel ini.

oke langsung saja ini penyebab utama kenapa setiap ingin hubungkan ke jaringan wifi tertentu muncul notif jaringan di tolak.

Akses jaringan di tolak itu tidak ada hubungan dengan password atau kata sandi anda masukan.jika muncul notifikasi seperti itu bisa di pastikan password atau kata sandi anda masukan sudah benar.

penyebab utama akses jaringan di tolak karena anda ketahuan akses jaringan wifi atau menggunakan wifi tersebut tanpa izin dari pemilik router atau wifi tersebut,ketika anda mengakses atau menghubungkan hp android anda ke salah satu wifi ,ip dan nama perangkat anda akan muncul pada router.alias pemilik wifi bisa mengetahui jika anda menggunakan wifi mereka secara diam-diam.

pemiliki router yang menyedia wifi bisa melihat berapa jumlah perangkat yang terhubung di router tersebut,beberapa router huawei bisa menampilkan jumlah penggunakan kuota atau paket data setiap perangkat.

salah satu penyebab utama muncul akses jaringan di tolak adalah id perangkat anda untuk akses wifi tersebut di tolak atau di blokir oleh si pemilik.

ketika pemilik router memblokir atau blacklist perangkat anda,maka selama pemilik belum membuka akses tersebut,maka perangkat anda tidak akan pernah bisa menggunakan akses wifi tersebut atau menghubungkan ke wifi tersebut.

meski anda sudah hapus history wifi atau reset hp android ,tetap saja akses jaringan dari hp anda ke wifi tersebut akan di tolak.apakah ada solusi ,jawab secara umum tidak,namum jika anda memang berniat oprek perangkat anda hanya demi wifi tersebut,mungkin masih bisa.tapi saran saya jangan deh gara-gara 1 wifi harus root dan oprek hp android,karena meski nanti berhasil,ketika pemilik router mengetahui kembali jika anda perangkat baru akses ilegal lagi.maka mereka akan blokir lagi.begitu lah seterusnya.

ada 1 kemungkinan lain yang bisa menyebabkan munculnya Akses jaringan di tolak,yakni pemilik membuat batas jumlah pengguna router tersebut,misalnya batasnya cuma 5 perangkat,ketika anda ingin akses wifi tersebut sedangkan jumlah pengguna sudah 5 perangkat ,maka otomatis akses jaringan wifi anda di tolak.

Baca Juga Tips Mempercepat Smartphone Android 10x Lebih Cepat

Cara Mengatasi WIFI Menolak Akses

Cara Mengatasi WIFI Menolak Akses Perangkat, Ini Penyebabnya

Saat ini wifi telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari hari, seperti menyelesaikan pekerjaan, melakukan streaming film, belajar online, mendownload aplikasi dan lain sebagainya. Wifi dibutuhkan bagi banyak orang karena mempunyai kelebihan berupa kecepatan yang stabil dan mempunyai harga yang lebih murah dibanding dengan penggunaan kuota internet.

Akan tetapi seringkali terdapat permasalahan pada beberapa perangkat elektronik seperti smartphone android atau laptop yang mengalami error seperti wifi menolak akses ketika digunakan, nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara mudah mengatasi wifi menolak akses pada perangkat elektronik masa kini seperti smartphone android, laptop, komputer dan perangkat pintar lainnya. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasannya di bawah ini.

Adapun cara mengatasinya biasanya saya lakukan secara bertahap, mulai dari mencoba cara termudah hingga cara yang cukup rumit. Tapi tenang saja, cara ini tetap bisa kamu coba langsung lewat hp android atau pc laptop.

1. Kata sandi salah

Penyebab WIFI menolak akses di Android mungkin karena Anda memasukkan kata sandi yang salah. Jadi pastikan Anda sudah memasukkan password yang benar sesuai dengan password WIFI yang akan disambungkan. Pengubahan password WIFI juga dapat dilakukan secara langsung melalui halaman Dashboard, dan pengguna WIFI IndiHome dapat membukanya melalui alamat IP. Tetapi jika Anda menggunakan WIFI publik, tanyakan kata sandi kepada pemilik WIFI.

2. Nyalakan kembali Perangkat WIFI

Kemudian untuk cara mengatasi WIFI yang menolak akses saat ingin terhubung adalah dengan merestart perangkat WIFI. Namun, metode ini hanya berlaku untuk Anda pengguna router WIFI seperti MIFI dan Modem. Nah buat anda yang bertanya-tanya kenapa jaringan WIFI tidak bisa diakses? padahal kamu sudah memasukkan password yang benar? Mungkin hal ini bisa disebabkan oleh sistem pembacaan yang tidak maksimal jika perangkat belum dimatikan dan dihidupkan kembali.

3. SSID Tersembunyi

Selanjutnya yang bisa Anda coba agar akses WIFI tidak menolak adalah mengubah setting SSID dari hidden menjadi public. Karena jika SSID masih di hidden / hidden setting, bisa jadi akses WIFI akan sangat sulit. Mungkin masih banyak orang yang belum tahu kalau koneksi WIFI bisa disembunyikan. Jadi jika Anda memiliki jaringan WIFI pribadi, Anda dapat menyembunyikan jaringan tersebut agar tidak ketahuan oleh orang lain atau orang di lokasi terdekat.

4. Akses yang Diblokir

Jika semua langkah di atas sudah dicoba, namun pengaksesan WIFI tetap ditolak. Maka Anda perlu mencurigai bahwa perangkat yang Anda gunakan telah diblokir oleh jaringan, atau mungkin pemiliknya telah mengubah alamat IP WIFI dengan yang baru. Untuk mengetahui lebih pasti, silakan cek daftar blokir di halaman pengaturan WIFI. Biasanya akan terlihat perangkat mana yang terhubung dan diblokir, sehingga akan muncul nama perangkat HP sesuai merk seperti Vivo, Oppo A3s atau Samsung.

5. Ubah Alamat IP Otomatis

Cara pertama ini bisa anda gunakan jika laptop anda bisa terkoneksi dengan wifi tapi tidak ada akses internet, biasanya ada tanda seru pada icon wifi tersebut. Coba cek setting IP address pada wifi adapter, mungkin ada yang mengubahnya menjadi statis. Mengganti alamat IP statis memang perlu untuk menggunakan fitur File and printer sharing, namun jika laptop Anda sering terkoneksi dengan wifi yang berbeda, maka akan menjadi masalah. Karena tidak semua wifi memiliki gateway default IP yang sama.

6. Restart android

Cara mengatasi wifi menolak akses yang selanjutnya ialah restart perangkat anda, baik itu android atau komputer. permasalahan pada wifi menolak akses ini kemungkinan dapat diatasi dengan cara yang simple, Alasannya ialah karena saat perangkat elektronik seperti android dihidupkan kembali, beberapa error pada sistem dapat menjadi normal.

Tentu hal ini juga disebabkan karena berbagai data yang mengalami crash akan segera dimuat ulang, sehingga sistem yang ada didalamnya akan menjadi lebih optimal dan dengan langkah ini diharapkan tidak terjadi berbagai error pada sistem seperti yang telah ada sebelumnya.

Trik lainnya yang dapat anda terapkan ialah mematikan smartphone dan mencopot semua kartu SIM serta memori yang telah terpasang, tunggu beberapa saat sekitar lima menit, kemudian hidupkan perangkat kembali.

7. Aktifkan mode pesawat sementara

Trik yang selanjutnya ialah mengaktifkan mode pesawat secara sementara, ini juga merupakan salah satu cara umum yang diketahui oleh banyak orang dalam mengatasi internet yang tidak bermasalah. Ketika mode pesawat aktif, tentu secara otomatis setiap koneksi data ataupun wifi yang tersambung dengan internet akan diputuskan secara paksa.

Tentu langkah ini patut anda coba dalam mengatasi wifi yang sulit terhubung menolak akses. Nah seringkali saat telah mematikan mode pesawat ini, koneksi yang mengalami masalah akan menjadi normal seperti semula. Apabila anda masih bingung, coba lihat langkah langkahnya di bawah ini.

  • Pertama coba restart perangkat anda
  • Hubungkan ke jaringan WiFi
  • Kemudian nyalakan mode pesawat selama beberapa menit, lalu matikan kembali
  • Langkah terakhir, hubungkan kembali ke jaringan WiFi tersebut

8. Memeriksa ulang password wifi

Solusi mengatasi wifi menolak akses yang selanjutnya ialah memasukkan ulang password wifi. Terkadang saat kita menulis password seringkali mengalami typo, entah itu huruf kecil, besar, angka ataupun kesalahan lainnya.

Masalah yang terlihat sepele ini, dapat membuat anda kerepotan ketika menghubungkan perangkat ke jaringan wifi. Coba teliti dan perhatikan kembali saat menulis password wifi, pastikan juga password yang ditulis telah sesuai dengan yang ada pada pengaturan router/modem tersebut.

Apabila password yang dimasukkan tidak sesuai, maka dapat dipastikan wifi tidak dapat tersambung dengan benar, nah biasanya kesalahan sepele ini menyebabkan jaringan wifi dapat mengalami kesalahan autentifikasi yang pada akhirnya membuat perangkat menjadi sulit terhubung.

Perlu diketahui juga bahwa dampak kesalahan autentifikasi ini kemungkinan dapat membuat koneksi perangkat anda menjadi no respon atau bengong. Akan tetapi anda dapat mengatasi permasalahan ini dengan langkah langkah di bawah ini.

Ganti kata sandi dengan huruf yang lebih mudah ditulis pada modem atau router tersebut.
Lakukan forget jaringan wifi pada pengaturan android.
Langkah selanjutnya ialah menghubungkan kembali wifi dengan password yang telah diubah tadi.

9. Periksa ulang jaringan wifi

Salah satu penyebab yang sering dialami oleh pengguna wifi ialah gangguan provider. Provider atau yang dikenal dengan jasa penyedia layanan internet ini berkaitan erat serta berperan penting terhadap kestabilan sinyal dan kelancaran internet akses pada jaringan WiFi.

Sangat mungkin bagi anda akan mengalami berbagai gangguan alam pada cuaca tertentu, yang diantaranya seperti hujan lebat, hujan es, turun salju dan faktor alam lainnya. Tentu hal ini akan mempengaruhi koneksi jaringan wifi tersebut yang menyebabkan wifi menolak akses karena faktor faktor alam tersebut.

Nah untuk solusi pada gangguan ini, anda dapat mengganti provider wifi tersebut seperti indihome, bisnet, myrepublik, first media dan provider lainnya. Atau anda juga dapat menunggu beberapa waktu sampai jaringan wifi yang mengalami error tersebut menjadi normal seperti semula. Bagi anda pengguna internet router/kabel, anda dapat langsung menghubungi call center pada provider yang bersangkutan, apabila mengalami gangguan selama berhari-hari

Kenapa WiFi menolak akses publik yang gratis

Jaringan Wi-Fi publik di pusat perbelanjaan atau stasiun kereta tidak dapat diverifikasi di ponsel Anda.

Buka Pengaturan> Nirkabel & jaringan> Wi-Fi, temukan jaringan Wi-Fi yang telah Anda sambungkan, pilih Lupakan dan sambungkan kembali ke jaringan Wi-Fi. Tunggu sekitar 30 detik hingga ponsel Anda menampilkan prompt verifikasi, lalu selesaikan verifikasi seperti yang diminta.

Jumlah perangkat yang terhubung dari jaringan Wi-Fi publik melebihi batas.

Router jaringan Wi-Fi publik memiliki perangkat dalam jumlah terbatas yang dapat dihubungkan. Jika jumlah perangkat yang terhubung ke jaringan publik telah melebihi batas, router mungkin kelebihan beban dan tidak dapat terhubung ke perangkat lain. Dalam hal ini Anda dapat beralih ke jaringan 4G.

Perintah kata sandi salah ditampilkan saat menghubungkan ke jaringan Wi-Fi.

Setelah memasukkan kata sandi Wi-Fi, sebuah prompt akan muncul yang menunjukkan bahwa kata sandi yang dimasukkan salah sehingga ponsel tidak dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi.

Pastikan Anda memasukkan kata sandi WiFi yang benar. Anda dapat menyentuh ikon mata di kotak input kata sandi untuk melihat konten yang telah Anda masukkan.

Pastikan daftar alamat MAC dikonfigurasi di router. Buka Pengaturan> Tentang ponsel> Status, ketuk alamat MAC Wi-Fi dan tambahkan alamat ini ke daftar router yang diizinkan. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Mengatur Daftar Blokir Wi-Fi dan Daftar yang Diizinkan atau hubungi administrator router Anda untuk bantuan.

Saat menghubungkan ke jaringan Wi-Fi, pilih Tampilkan opsi lanjutan pada layar login. Buka Privasi> Gunakan MAC Perangkat dan coba sambungkan lagi.

Verifikasi identitas atau sertifikat enkripsi diperlukan saat menghubungkan ke jaringan Wi-Fi.

Anda mungkin tersambung ke jaringan Wi-Fi dengan enkripsi kelas perusahaan:

Hubungi administrator Wi-Fi perusahaan untuk metode koneksi.
Jika Anda menghubungkan ke perute pribadi, periksa metode enkripsi perute dan setel sebagai WPA2 / WPA3 Personal atau WPA2 / WPA3 Enterprise. Jika metode enkripsi router disetel ke Enhanced Open, WPA3 Personal, atau WPA3 Enterprise, router akan dikenali sebagai router dengan enkripsi tingkat perusahaan oleh perangkat yang menjalankan EMUI 9.X atau versi sebelumnya.

Tidak dapat menyambung kembali secara otomatis ke jaringan Wi-Fi.

Sentuh nama Wi-Fi, pilih Lupakan dan masukkan kata sandi untuk menghubungkan kembali.

Akses jaringan ditolak ditampilkan atau tidak ada tanggapan setelah koneksi.

Jumlah perangkat yang terhubung telah melebihi jumlah maksimum perangkat yang diizinkan untuk router, atau pemfilteran alamat MAC (daftar blokir) disetel pada router:

Jika jumlah perangkat yang terhubung telah melebihi jumlah maksimum perangkat yang diizinkan untuk router, jaringan Wi-Fi akan menolak permintaan akses dari perangkat lain atau berhenti menanggapi permintaan akses berikutnya. Dalam hal ini, Anda disarankan untuk menambah jumlah perangkat maksimum yang diperbolehkan untuk router. Untuk mengubah jumlah maksimum perangkat yang diperbolehkan untuk router Anda, hubungi penyedia layanan Anda untuk mendapatkan bantuan.
Jika alamat MAC ponsel Anda telah ditambahkan ke daftar hitam, prompt Akses jaringan ditolak akan ditampilkan dan ponsel Anda tidak akan dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi. Jika demikian, ubah pengaturan filter alamat MAC untuk menyelesaikan masalah. Untuk memeriksa alamat MAC ponsel Anda, buka Pengaturan, temukan dan buka Status dan temukan alamat MAC Wi-Fi. Jalur untuk alamat MAC mesin mungkin berbeda menurut model ponsel. Anda dapat menghubungi penyedia layanan Anda untuk mendapatkan bantuan.

Pos terkait