Internet Axis Lemot 2021 ? Berikut Cara Mengatasinya

Teknisi Blogger – Cara mengatasi Internet Axis Lemot 2021? setelah kemarin membahas artikel tentang Cara Mengatasi Internet Indosat Lemot, Lelet. saatnya sekarang mengulas penyebab axis lemot dan cara mengatasinya, Salah satu cara untuk memperbaiki kualitas jaringan axis yang buruk adalah dengan mengatur atau setting APN axis agar tidak lemot saat internet. Mengapa harus diperbaiki? Hal ini dikarenakan saat ini bukan lagi zamannya konvensional, semua sudah serba canggih, digital, online. Sehingga, jaringan yang buruk ini bakal mempengaruhi kinerja. Saat ini, provider yang tengah digandrungi adalah AXIS. Lalu, bagaimana kalau sinyalnya down? Apakah ada cara atasi sinyal jaringan AXIS lemot? Tentu saja ada.

AXIS pun sekarang ini sudah menyediakan jaringan 4G terbaru, LTE. Sebagai provider yang cukup punya nama, tentu AXIS memiliki komitmen untuk memberikan kualitas pelayanan terbaiknya kepada para pemakai setia kartu AXIS. Namun, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, meski sudah berkemampuan LTE, AXIS tidak lekas bebas masalah. Ya, salah satunya sinyal lemot.

Pada saat menggunakan perangkat gadget untuk mengakses internet, maka kecepatan koneksi internet menjadi hal yang paling penting. Ketika sedang melakukan aktifitas browsing seperti mengerjakan tugas, atau aktifitas lain yang menggunakan data internet maka tentu saja dibutuhkan koneksi internet yang cepat dan tidak lemot. Jaringan koneksi internet yang lemot atau lambat menjadi satu hal yang sangat ditakutkan ketika sedang internetan karena dapat menghambat aktifitas.

Hal demikian juga tentu saja berlaku ketika anda menggunakan jasa yang ditawarkan oleh pihak operator seluler seperti Axis. Kadang kala, ketika sedang internetan menggunakan simcard Axis maka akan didapati kecepatan koneksi internet yang sangat lambat meskipun pada area 4G. Padahal, jika diperhatikan tidak ada masalah mulai dari cek sisa kuota axis dan masih tersedia, posisi dan jaringan 4G yang stabil, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, agar dapat mengatasi koneksi internet Axis lambat maka sangat penting bagi anda untuk mengecek kecepatan internet dan mengetahui penyebabnya.

Baca Juga Daftar 15+ APN Telkomsel Tercepat dan Stabil

Berikut ini Penyebab Koneksi Internet Axis Lemot

Seperti halnya internet axis lemot juga bisa diatasi dengan mengatasi sinyal axis hilang dan tidak ada layanan, penyebab penyebabnya juga sudah saya bahas di postingan terbaru tentang hilangnya jaringan axis. silahkan di baca Penyebab & Mengatasi Sinyal Axis Hilang Tidak Ada Layanan

Sebenarnya, kendala koneksi internet axis yang menjadi lemot tidak hanya dialami provider seperti Axis saja. Kasus demikian juga sangat sering dialami oleh berbagai provider lain seperti Telkomsel, XL, Indosat, dan Tri. Oleh karena itu, berikut diuraikan beberapa penyebab koneksi internet yang menjadi lambat.

  1. Operator sedang dalam perbaikan, sehingga kinerja tidak maksimal.
  2. Jaringan 4G yang tidak stabil atau sinyal tidak kuat, oleh karena itu anda bisa mengubah pengaturan Smartphone ke H+ atau 3G atau berpindah tempat.
  3. Banyaknya pengguna jaringan internet yang menggunakan provider yang sama dengan yang anda gunakan, sehingga koneksi internet menjadi melambat.
  4. Kartu yang anda gunakan belum diregistrasi, oleh karena itu silahkan melakukan registrasi kartu prabayar menggunakan NIK dan KK terlebih dahulu.

Jika ternyata tidak ada masalah dengan penyebab diatas, maka ada satu lagi penyebab yang paling sering mengakibatkan koneksi internet lambat, tidak terkecuali pada Axis. Penyebab koneksi internet Axis lambat yang paling sering didapati adalah karena kesalahan pengaturan Access Point Name (APN) pada Smartphone. Artinya, untuk mengatasi internet Axis lambat, salah satu cara terbaik adalah melakukan pengaturan APN Axis yang benar.

Baca Juga 7 APN Tri Tercepat Internet Ngebut Anti Lemot Internet 4G LTE

Mengatasi Internet Axis Lelet dengan APN 4G LTE Tercepat

Jika anda mengalami kondisi dimana kuota Axis masih banyak dan jaringan 4G yang full, tetapi koneksi internet masih saja lemot maka sebaiknya anda periksa pengaturan APN Smartphone anda. APN atau Access Point Name (Nama Poin Akses) adalah sebuah protokol yang memungkinkan perangkat untuk mengakses internet menggunakan jaringan telepon seluler, baik itu GSM ataupun CDMA. Pada perangkat smartphone dan sejenisnya, APN bisa dikatakan sebagai jalur penghubung antara perangkat dengan dunia internet. Oleh karena itu, kecepatan koneksi internet sangat ditentukan oleh pengaturan APN.

Baca Juga Cara Mengatasi Internet Indosat Lelet 2021, Ini Penyebabnya

Sebenarnya, sudah ada APN default yang disediakan oleh operator, termasuk oleh pihak Axis, tetapi seringkali APN tersebut tidak cocok untuk area anda, atau alasan lainnya sehingga koneksi internet yang dihasilkan menjadi lambat. Dengan demikian, untuk mengatasi internet Axis lambat maka anda juga harus menggunakan APN Axis tercepat. Untuk melakukan pengaturan APN Axis pada Smartphone anda,

silahkan simak langkah-langkah berikut ini.

Langka pertama adalah silahkan buka Settings/Pengaturan pada Smartphone anda. Pada pengaturan, silahkan cari pengaturan APN karena posisinya akan berbeda untuk setiap OS dan Brand Smartphone yang anda gunakan. Jika anda menggunakan OS Android Nougat, silahkan klik More pada bagian Wireless & networks. Selanjutnya, silahkan masuk ke pengaturan jaringan seluler dengan cara klik Cellular networks.

Internet Axis Lemot 2021 ? Berikut Cara Mengatasinya

Pada bagian pengaturan jaringan seluler, silahkan klik Access Point Names untuk masuk ke pengaruran APN. Pada layar smartphone anda akan tampil semua daftar APN yang terdapat pada simcard Axis anda, silahkan buat APN baru dengan cara klik ikon plus (tambah) yang terdapat pada pojok kanan atas.

Internet Axis Lemot 2021 ? Berikut Cara Mengatasinya

Pada form isian APN, silahkan isi sesuai dengan petunjuk berikut.

  • Name : Axis
  • APN : axis
  • Username : axis
  • Password : axis
  • Selebihnya abaikan saja.
Internet Axis Lemot 2021 ? Berikut Cara Mengatasinya

Setelah itu, silahkan Save APN yang sudah anda buat. Selanjutnya aktifkan APN tersebut untuk melihat perubahan yang terjadi.

Internet Axis Lemot 2021 ? Berikut Cara Mengatasinya

Setelah melakukan Setting APN Axis, silahkan coba untuk mengakses internet kembali. Jika masih belum berubah kecepatan internetnya dan masih saja lambat, maka silahkan anda restart terlebih dahulu Smartphone anda. Jika sudah menjadi lebih cepat, maka anda sudah berhasil mengatasi internet axis lambat dengan cara setting APN Axis 4G LTE tercepat.

Itulah cara mengatasi koneksi internet axis lambat yang bisa anda lakukan dengan sangat mudah. Jadi, jika anda menggunakan kartu Axis dan mengalami koneksi internet yang lambat, sedangkan sisa kuota data masih banyak, maka jangan langsung emosi dan membuang kartunya. Silahkan anda lakukan setting APN Axis seperti cara diatas. Jika memang masalahnya bukan pada masalah teknis dari pihak operator, maka koneksi internet Axis anda akan menjadi lebih cepat.

Baca juga APN XL Game Online, Streaming, Download Tercepat 2021

Daftar APN Axis Anti lemot 2021

Bagi kalian, pengguna setia kartu AXIS pasti pernah dong ya merasakan yang namanya sinyal hilang timbul atau bahkan hilang sama sekali? Bagaimana perasaannya? Kalau cuma sekali dua kali sih tidak ada, lah kalau sampai berkali-kali pasti bikin jengkel juga. Well, nggak perlu khawatir. Karena di sini, kalian akan menemukan cara mengatasinya dengan mengutak-atik APN. Apasih APN itu? Acces Point Name (APN) secara sderhana adalah gerbang masuk untuk ke dalam internet. Di sini kita akan menyeting APN pada kartu Axis, langsung aja yuk.

Kegunaan Setting APN AXIS untuk Jaringan 4G dan 3G

Internet Axis Lemot 2021 ? Berikut Cara Mengatasinya

Tidak sedikit yang sudah membuktikan bahwa cara ini cukup ampuh untuk mengatasi jaringan yang lemot. Kalau dulu, setting APN hanya bisa digunakan untuk satu jaringan, maka saat ini pengaturan APN AXIS ini sudah bisa digunakan untuk semua jaringan. Termasuk untuk jaringan 2G atau EDGE, 3G atau HSDPA, 4G LTE.

Salah satu kegunaan dari pengaturan APN ini adalah untuk mengubah pengaturan pada jaringan agar mampu menangkap sinyal dengan lebih baik dan cepat dibandingkan performa sebelumnya. Namun, ada sejumlah catatan jika ingin melakukan pengaturan kartu SIM.

Sebaiknya, sebelum memulai pengaturan, harus mempelajarinya dengan benar dan hati-hati serta teliti. Karena kalau tidak sesuai dengan format yang dimaksud, malah-malah kartu AXIS milikmu bisa terblokir. Namun, jangan khawatir, karena di sini, bakal kamu temukan jawaban cara atasi sinyal jaringan AXIS lemot dengan setting APN di Android. Tenang, bisa diikuti untuk pengguna yang masih newbie atau awam kok.

Setting APN AXIS Default Anti Lambat

Sebelum membahas setting APN AXIS untuk full speed, sebaiknya kamu perlu tahu kondisi dari setting APN AXIS default atau bawaan kartu. Tujuannya adalah agar saat kamu gagal melakukan pengaturan APN, kamu bisa mengembalikannya ke pengaturan APN kondisi awal, bawaan kartu.

Nama Provider : AXISMCC : 510
Nama APN : AXISMNC : 08
Proxy : 10.8.3.8Tipe Autentikasi : PAP
Port : 8080Tipe APN : Default, SUPL
Username : AXISAnable Disable APN : APN Enabled
Password : 123456Bearer Unspectified
Server :Tipe MVNO : None
MMSC : Tidak DiaturMVNO Value :
MMS proxy : Tidak DiaturAPN Protokol : IPv4
MMS Port : Tidak DiaturAPN Roaming Protokol : IPv4

Tabel di atas adalah pengaturan APN default atau belum diutak-atik, bisa juga disebut dengan APN standar.

Baca Juga Setting APN Axis Tercepat Anti Lemot Super Ngebut

APN AXIS Full Speed Internet Anti lelet

Internet Axis Lemot 2021 ? Berikut Cara Mengatasinya

Sebenarnya, cara pengaturan APN 3G atau 4G ini masihlah standar. Artinya, kamu hanya akan melakukan sedikit perubahan pada bagian setting APN. Langkah pertama, masukkan ke menu Pengaturan atau Setting dari ponselmu. Kemudian, masuklah ke pengaturan Kartu SIM atau Konnektivitas dan Jaringan, atau juga Jaringan dan Nirkabel. Sesuaikan saja dengan tipe ponsel Android milikmu. Karena pengaturan setiap ponsel berbeda-beda, tetapi langkahnya tetap sama.

Setelah itu, masuk ke menu Jaringan Seluler dan pilihlah APN (access point name) atau nama titik akses. Setelah masuk ke menu APN, perhatikanlah pengaturan di tabel berikut ini.

Nama Provider : UnlimitedMCC : 510
Nama APN : UnlimitedMNC : 08
Proxy : 10.8.3.8Tipe Autentikasi : PAP
Port : 8080Tipe APN : Default, SUPL
Username : AXISAnable Disable APN : APN Enabled
Password : 123456Bearer Unspectified
Server : Tidak DiaturTipe MVNO : None
MMSC : Tidak DiaturMVNO Value : Tidak Diatur
MMS Proxy : Tidak DiaturAPN Protokol : IPv4
MMS Port : Tidak DiaturAPN Roaming Protokol : IPv4

Ada beberapa pengaturan standar yang memang tidak harus diubah atau diatur. Nah, cara di atas bisa kamu gunakan untuk mengatasi jaringan lemot di provider AXIS baik itu di jaringan 2G, 3G, maupun di jaringan 4G LTE. Mudah sekali, kan caranya?

Baca JJuga Daftar APN Anti FUP Smartfren

Cara Setting APN AXIS untuk Modem

Nah, mungkin ada juga yang bertanya, bagaimana cara mengatur APN untuk modem? Kurang lebih, caranya sama dengan yang telah dijelaskan di atas. Hanya saja, kamu perlu menambahkan dial nomor kartu AXIS. Hal ini bertujuan agar jaringan modem kartu AXIS yang kamu gunakan memiliki kualitas kecepatan yang lebih stabil dan cepat saat digunakan. Pengaturannya bisa dilihat di tabel di bawah ini.

Nama Provider :AXIS
Nama APN :AXIS
Username :AXIS
Password :123456
Dial Number :*99#

Baca Juga APN Sakti Kartu XL – Axis

APN AXIS Internet Tercepat 2021

Ada juga setting APN AXIS lainnya untuk membuat proxy AXIS full speed. Hanya sedikit yang berbeda, berikut hal-hal yang harus diubah.

1. APN AXIS Internet Default

Kurang lebih pengaturannya adalah nama provider dibuat default. APN isilah dengan internet. Username, password, dan dial number kosongkan saja.

2. APN AXIS 4G LTE Unlimited

Khusus pengguna AXIS LTE bisa menggunakan pengaturan berikut. Nama provider dan Nama APN isilah dengan LTE. Sedangkan username, password, dan dial number tetaplah kosong.

Sebelum kamu menerapkan cara atasi jaringan AXIS lemot di atas, perlu diperhatikan dulu. Apakah di tempatmu sudah mendukung jaringan 4G atau 3G, karena percuma saja apabila di lokasimu masih belum terjamah jaringan tersebut. Kamu nggak perlu khawatir, karena sebenarnya setting default sudah memberikan kualitas jaringan yang optimal sesuai dengan daerahmu.

Kesimpulan

Setiap Provider Termasuk Axis mempunyai settingan apn berbeda-beda, jika penngaturan apn dan cara settingannya tepat, maka jaringan internet akan semakin kencang tanpa kendala seperti lelet, lemot, lambat, loading lama dll. semoga berhasil dan work ditempat kalian.

Baca juga Cara Mengatasi Internet XL Lemot

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *