Cara Mendaftarkan Artikel Blog di Google News 2021

Bagaimana Cara Mendaftarkan Artikel Blog di Google News Cepat Diterima? Google News atau Google Berita merupakan salah satu fitur untuk menampilkan artikel blog. Bagaimana cara dan langkah menampilkan artikel blog kita di hasil pencarian Google Berita ? Dengan Akun Publisher, Google Berita bisa dikelola dari Publisher Center. Berikut Panduan cara daftar google news untuk blogspot dan wordpress.

Akhir Akhir ini banyak saya lihat di forum – forum diskusi facebook yang tertarik untuk mendaftarkan situs atau blognya ke layanan google news. Oke, sebelum masuk ke pembahasan yang lebih dalam tentang topik ini, mari kita tanyakan dahulu sebenarnya apa si itu google news, mengapa banyak orang yang tertarik untuk mendaftarkan situsnya disitu dan apa dampak yang diberikan oleh google news jika kita mendaftarkan situs kita nantinya. Oke akan kita bahas secara lengkap dibawah ini..

Bacaan Lainnya

APa Itu google News

Cara Mendaftarkan Situs Web atau Blog ke Google News (Google Berita) Ternyata sangat mudah, sebelum kita menampilkan postingan blog kita di google news kita bahas telebih dahulu tentang geoogle berita. Google news adalah salah saltu layanan yang disediakan oleh google untuk publisher yang nantinya bisa berksempatan mendapatkan traffic lebih dengan mengoptimasi konten pada situs atau websitenya. Nah pertanyaannya…Bagaimana situs atau blog yang didaftarkan di google news bisa mendapatkan traffic tambahan.?

Cara kerja dari google news sendiri adalah merekomendasikan artikel yang relevan kepada pembaca dengan memanfaatkan fitur discover pada aplikasi google chrome, dan artikel yang direkomendasikan oleh google tersebut juga akan muncul pada layanan berita milik google yaitu Google News.

Tentunya untuk bisa mendapatkan rekomendasi artikel yang tampil pada google news, kita membutuhkan traffic organik yang cukup besar perharinya, maka dengan otomatis google akan melihat bahwa situs atau website kita memang layak untuk dapat di tampilkan kepada pembaca melalui layanan google news.

Nah menurut beberapa orang yang telah berhasil mendaftarkan situsnya pada google news, ada beberapa peningkatan pada situsnya, terutama pada fungsi indexing url artikel di google search console, katanya lebih cepat terindex, cuma disitus saya juga yang satunya, sebelum diterima oleh google news fungsi indexing masih tetap normal 30 menit artikel sudah terindex tanpa perlu meminta pengindexan, cukup mengirimkan ping sitemap dan ketika di approved oleh google news tetap masih normal juga.

Lalu bagaimana cara mendaftar google news.? Nah caranya mudah kok, mungkin banyak dari teman – teman yang sudah mencoba mendaftar di google news tapi terkendala masalah pada bagian Rubrik yang diperintahkan untuk memasukan feed dari situs yang dimiliki.

Keuntungan Blog Atau Web Diterima Google News

Banyak keuntungan yang akan situs web Anda dapakan jika terdaftar di Google News. Selain tampil di kanal hasil pencarian, situs berita Anda akan hadir di kanal “berita” dan lebih diprioritaskan dari pada situs lainnya. Hasilnya trafik di situs web Anda dari adalah organik. Berikut ini adalah keuntungan yang akan Anda peroleh jika situs web Anda terdaftar di Google News.

1. Langsung terindeks oleh mesin pencari Google

Postingan Anda akan langsung diindeks oleh Google seketika setelah Anda mempublikasikan artikel Anda. Hal ini karena sifat berita daring yang membutuhkan kecepatan informasi [daripada ketepatan informasi].

2. Lalu lintas organik meningkat

Pengunjung yang masuk dari Google News akan dihitung sebagai pegunjung organik. Dalam perangkingan situs web, Google lebih memprioritaskan kunjungan dari halaman hasil pencarian di tempat mereka.

3. Akan diprioritaskan masuk halaman pertama hasil pencarian Google

Karena situs web berita akan diprioritaskan, maka tak butuh pengaturan SEO yang rumit untuk tampil di halaman pertama.

4. Meningkatkan penghasilan AdSense

Seiring dengan meningkatnya kunjungan ke situs web, seharusnya juga akan mempengaruhi penhasilan AdSense. Pengunjung organik adalah yang memiliki nilai klik tertinggi pada AdSense.

Cukup menggiurkan tentunya keuntungan yang akan didapat dari terdaftarnya situs web Anda di Google News.

Cara Mendaftarkan Artikel Blog di Google News Paling Mudah

Apa itu publisher center. Publisher Center adalah layanan menampilkan artikel dengan platform berita. Di tab pencarian (News/Berita), hasil pencarian kata kunci bisa dilihat. Agar cara menampilkan artikel blog di Google Berita bisa ditempuh, kita harus memiliki Akun Publisher.

Menariknya, Google Berita ini juga mengangkat artikel-artikel berdasarkan pemeringkatan di halaman yang ada. Pihak Google menyatakan: “Kami membuat peningkatan peringkat setiap hari. Dengan berita, kami bertujuan untuk memberikan informasi yang paling berharga dan tepat waktu dari berbagai sudut pandang. Penerbit yang memberikan konten informatif, tepat waktu, asli, dan relevan yang mematuhi kebijakan konten kami, berhak untuk dipertimbangkan di permukaan berita kami.

Cara Mendaftarkan Artikel Blog di Google News
Gambar Tampilan Google News

Sebagai blogger penerbit artikel, kiranya patut mempertimbangkan manfaat dari Google Berita ini. Anda tertarik? Yuk lanjutkan membaca Cara Menampilkan Artikel Blog di Google Berita.

Syarat Mendaftarkan Artikel Blog di Google Berita

Langkah pertama : Silahkan buka situs google news publisher, atau bisa langsung klik tautan yang saya sediakan ini.. https://publishercenter.google.com/. Usahakan situs atau website anda tidak melanggar ketentuan google mulai dari artikel dan navigasi situs, agar nantinya proses approved bisa berjalan dengan lancar.

Langkah kedua : Setelah muncul halaman dashboard awal google news, silahkan klik “Tambah Publikasi” yang berada di bagian atas, atau bisa melihat dokumentasi yang saya sediakan dibawah ini. Setelah itu akan muncul pop up untuk menambah publikasi baru, silahkan nama publikasi diisi sesuai dengan nama situs anda, jika sudah klik simpan.

Langkah ketiga : Setelah kita mengatur nama publikasi saat diawal tadi, selanjutnya kita akan diarahkan pada halaman untuk mengisi apa saja yang menjadi kebutuhan situs atau website saat mendaftar google news agar dapat menggunakan layanan Google News Publisher, kita akan bahas satu demi persatu.

Persyaratan lain yang harus dilengkapi situs web sebelum daftar google news :

  • Memiliki Akun Google
  • Blog sudah terdaftar dan terverifikasi di Google Webmaster Tools
  • Pasang Kode Google Analytics.
  • Membuat Akun di Publisher Center. Baca dulu FAQ nya di sini > How do I access the Publisher Center?
  • Melengkapi data yang diperlukan Akun di Publisher Center. Seperti jenis content dan link artikel yang hendak didaftarkan.
  • Membaca dan Menyetujui (Submit) Terms of Services Google News Publisher Agreement. Ini muncul di bagian akhir data yang harus diisikan.
  • Menunggu persetujuan dari Google.
  • Sebaiknya Blog sudah compatible dengan Accelerated Mobile Page (AMP)
  • Pertimbangkan keaktifan publikasi artikel, karena Google News menggunakan platform artikel berita. Jika mungkin, menulis artikel setiap hari di blog

Cara Membuat Akun Publisher Google berita

Akun publisher pada hakikatnya adalah sub akun untuk jenis layanan Google News atau Google Berita. Yang dibutuhkan hanya email utama Gmail yang anda miliki. Plus password, tentunya. Bagaimana cara membuat akun Publisher? Berikut ini Cara Membuat Akun Publisher, step by step:

  1. Login ke Google Publisher Center
  2. Tuliskan Nama Publikasi (sesuai Title Blog) /Publication Name > Save
  3. Tuliskan Deskripsi dari Nama Publikasi, maksimal 141 huruf
  4. Pilih Category, isikan kategori yang terdekat dengan jenis artikel blog
  5. Pilih Bahasa
  6. Beri Centang pada Allow Automatic Translation agar artikel diterjemahkan secara otomatis jika dibuka dibaca di luar negeri
  7. Website Property URL, tuliskan nama domain blog anda, yang tepat
  8. Klik Verify in Search Console (untuk memverifikasi URL . Jika nama domain Anda sudah terverifikasi di Search Console, maka verifikasi Property URL untuk Publisher akan lebih cepat)
  9. Klik > Save di sisi kanan atas layar
  10. Pada Location, Pilih > Indonesia, dan pastikan ToS dicentang
  11. Pada Contact, isikan alamat email. Lalu Tekan > Save. Pada pengisian ini ada proses verifikasi email. Jadi Layar email Anda harus standby. Klik Link yang dikirim Google di inbox email untuk memverifikasi
  12. Pilihan isian Distribution > Countries, pilih > Worldwide agar Google menampilkan artikel blog ke seluruh penjuru dunia.
  13. Google Properties, pilih > Allow Properties
  14. Isikan Kode Google Analytics website Anda
  15. Lalu Klik > SAVE

Sampai di sini, Cara Membuat dan Melengkapi Akun Publisher dan pengaturan umum Google Publisher sudah selesai.

Cara Melengkapi Akun Data Publisher News

Perhatikan bagian atas Dashboard Publisher Center, di sana ada General, Content, Image, Ads, Advanced, Review & Publish. Masing-masing tab tersebut untuk melakukan pengaturan.

  • General, untuk pengaturan umum
  • Content, untuk mengatur jenis content artikel
  • Image, menambahkan Gambar Tampilan Google Berita
  • Ads, mengatur Iklan
  • Advanced pengaturan lanjutan
  • Review & Publish. Untuk melihat pengaturan sebelum setting Google Berita dipublikasikan;

Itu adalah alat navigasi Akun Publisher yang kita miliki. Semua pengaturan dan melengkapi data publisher ada di dan dilakukan dari sana.

[1] Pengaturan postingan Artikel Google Berita

Dari mana Google menampilkan artikel Blog di Google Berita. Tentu dari blog atau website. Namun, ada beberapa pilihan: dari Feed, Web, Video, atau dari Personalized Feed. Anda pilih sesuai yang anda kehendaki. Berikut ini pengaturan Content lewat Feed

  1. Pastikan Feed blog sudah valid. Bisa divalidasi di Feed Validation Service
  2. Klik > New Section
  3. Pilih > Feed
  4. Pada Section Title > Tuliskan Judulnya, terserah Anda, pilih nama terbaik
  5. Isian Pada RSS or Atom URL Feed > Tuliskan alamat RSS Feed website anda. [namadomain.com/feed]
  6. Isian Pada View Aces, pilih > Anyone
  7. Pada Feed Options, pilih > Generate articles directly from feed and crawl. Ini akan mempermudah Google menggenerate dan merayapi artikel blog
  8. Pilihan Rendering Preference, bisa pilih > Use Website or AMP. Ini agar Artikel Blog di Google News bisa dibaca di Web juga Mobile Selular.
  9. Centang sesuai pilihan anda pada isian Duplicate Image Removal
  10. Lalu Klik > Add
  11. Dan akhiri dengan klik > SAVE

[2] Pengaturan Label Content

Cara Menampilkan Artikel Blog di Google News dilengkapi dengan penentuan Label pada Content atau artikel. Label Content diberikan beberapa pilihan: Blog, Opinion, Satire, User-generate, Press Release, seperti di bawah. Ini semacam pengaturan untuk articles genre.  Pengguna Yoast Premium SEO News akan memerlukan pilihan ini.

Content Label Google News

[3] Menambahkan dan Memverifikasi URL Artikel dan Blog

Tambahkan URL artikel dan blog yang akan di-crawl Google News. Sebaiknya, URL mengarah pada beberapa Kategori dari blog anda.

  • Contoh namadomain.com
  • Contoh namadomain.com/namakategori1,
  • Contoh namadomain.com/namakategori2 dst.

Untuk mengaktifkan label konten, Anda harus terlebih dahulu memverifikasi URL yang Anda daftarkan. Yang terpenting di sini adalah bahwa namadomain tersebut adalah benar milik anda.

Google sudah mengingatkan: Verify URL ownership. All content associated with your publication in Google News must be from a verified domain. Akhiri proses pengaturan menambahkan dan memverifikasi URL artikel dan log dengan klik > SAVE.

[4] Menambahkan Gambar Logo Google Berita

Cara menampilkan artikel blog di Google News atau Berita selanjutnya adalah menambahkan gambar/image. Add a square logo to represent your publication. Tambahan gambar untuk merepresentasikan publikasi artikel. Gambar yang khas dan unik bisa menjadi ciri publikasi anda.

Google News menyarankan gambar dengan ukuran 1000 x 1000 pixel. Gambar dengan extensi PNG lebih direkomendasikan. Ikuti langkah Upload Gambar Google Berita anda, sampai selesai dan terpasang dengan sempurna.

Menambahkan Iklan di tampilan Google New

Menambahkan iklan di layar tampilan Google Berita, ini opsional. Tapi baik untuk ditambahkan jika Anda sudah memiliki Akun Google Adsense Verified. Tambahkan Kode Publisher Adsense yang anda miliki. Lalu akhiri dengan Klik >SAVE.

Iklan di tampilan Google Berita blog Anda, kelak akan muncul juga di Aplikasi Google News berbasis Android. Namun jika masih ragu, sebaiknya pelajari dulu tentang > How to set up Google-managed ads

Review Google Berita sebelum Diterbitkan

Pada Tab Review & Publish, ada beberapa pemberitahuan tentang status pengaturan sebelumnya. Jika terdapat kekurangan atau kekeliruan dalam pengaturan, harus ditinjau / direview kembali untuk diperbaiki.

Salah satu Review yang wajib untuk diisi oleh Blogger sebagai Publisher adalah Persetujuan atas Terms Of Services Google News. Jika ini tidak diisi, maka upaya dan cara menampilkan artikel blog di Google News akan tertunda. Atau bahkan tidak selesai.

Persetujuan TOS Google Berita

  • Data yang harus diisikan dalam Kolom Persetujuan Terms Of Services meliputi: Nama, Email, Kedudukan anda dalam Akun Google News dan Organisasi. Ahiri dengan klik > Submit

Kembali ke Halaman Review & Publish, di sinilah akhir dari proses bagaimana cara menampilkan artikel blog di Google News. Karena akan ada proses persetujuan terlebih dahulu dari pihak Google.

  • Pastikan Anda Klik > PUBLISHto submit for review. Once approved, your publication will be live in the Google News app.
  • Agar kelak bisa terhubung dengan Aplikasi Google News di Android, Klik > Follow this Publication.
  • Menguji Publikasi Google Berita. Ikuti saran Google ini > Testing your publication : Open the Google News app on your Android or iOS device and sign in with your Google Account. If you follow this publication you’ll see it in your Favorites.

Saat Menunggu Persetujuan Akun Publisher Google News

Artikel Blog Tips dan Google Tools bagaimana cara menampilkan artikel blog di Google News ini Saya tulis sambil membuat Akun Publisher. Dan Akun Publisher di Google Berita, mesti mendapatkan persetujuan terlebih dahulu.

Ini pesan dari Google : Thanks for submitting your publication to Google News. The review process takes 2 – 4 weeks. You’ll get an email when your publication is live, or if there’s an issue

Jadi, sambil menunggu 2 sampai dengan 4 pekan ke depan. Kiranya artikel cara menampilkan artikel blog di Google News ini bisa bermanfaat untuk pembaca.

Cara Agar Blog Cepat Diterima Google News (Google Berita)

Tidak ada salahnya untuk mendaftarkannya ke Google News. Tidak sulit untuk mendaftarkan situs web Anda di Google News. Namun untuk bisa diterima, akan ada seleksi ketat dan cukup memakan waktu. Kanal Google News hanya menerima situs web berita yang berkualitas [meski tidak selalu]. Berikut Cara Daftar Google News Agar Cepat Diterima.

1. Gunakan domain TLD (Top Level Domain)

Ini adalah persyaratan utama yang harus dimiliki. Top Level Domain (TLD) akan memiliki nilai kepercayaan yang tinggi. Menggunakan TLD akan dianggap lebih serius dalam pengerjaannya.

2. Utamakan menggunakan WordPress Self Hosting

Sebenarnya anda dapat menggunakan CMS lainnya untuk mendaftar Google News. Namun, CMS WordPress memiliki plugin yang lebih banyak untuk membantu peningkatan situs web.

3. Tampilan yang benar-benar terlihat sebagai situs web berita

Tampilan yang terlihat profesional akan membantu proses penerimaan situs web Anda di Google News. Lebih disarankan menggunakan tema magazine premium dengan fitur yang disesuaikan untuk situs web berita. Tema magazine akan meningkatkan kredibilitas situs web Anda. Dalam penilainnya, pihak Google News benar-benar akan meninjau situs web Anda.

4. Kelengkapan navigasi

Lengkapi situs web Anda untuk menunjang kepercayaan pengujung. Buatlah laman kontak, disclaimer, ToS, about, dan lainnya untuk menunjang. Selain itu, pihak Google News juga mengharuskan adanya peta situs khusus berita dalam indeks.

5. Menggunakan banyak penulis

Untuk diterima di Google News, disarankan banyak penulis dalam situs web Anda. Indikator banyaknya penulis yang adalah dari banyaknya konten yang ada di situs web. Namun tidak harus, Anda bisa saja menggunakan penulis bayangan.

6. Situs web telah berumur minimal enam bulan

Umur situs web dapat dilihat dari tanggal pendaftaran domain. Untuk amannya, saya sendiri hanya mengajukan domain yang telah berumur lebih dari 2 tahun dengan konten sudah mencapai ribuan.

7. Perlu diperhatikan juga

Pastikan situs web anda memiliki performa yang baik. Jangan sampai situs web anda susah diakses, berat, atau bahkan sama sekali tidak bisa diakses oleh peninjau dari Google News.

Pos terkait