Bagaimana Cara Membuka File Zip Yang Di Password

Loading...

Bagaimana Cara Membuka File ZIP Yang Di Password di Android – File zip, bagi anda yang sudah familiar dalam dunia komputer pasti sudah tahu dengan jenis file yang satu ini. File zip merupakan kumpulan file yang diarsipkan menjadi satu kesatuan folder.

Dan tentunya dengan menggunakan file ZIP kita bisa menjadi lebih simple untuk melakukan penyimpanan folder atau dokumen, terlebih lagi folder tersebut akan dikirimkan ke orang lain, jadi dengan jenis file ZIP maka urusannya menjadi lebih mudah.

Nah, bagi sobat yang belum mengetahui semua tentang file ZIP bisa melihat pengertian dan jenis apa saja pada ulasan yang ada dibawah ini.

Bagaimana cara untuk mengekstrak file ZIP atau RAR di Android tanpa aplikasi dan tanpa root? Untuk saat ini mengekstrak file zip di perangkat Android bukan perkara sulit.

Perlu diketahui, ZIP merupakan salah standar pemampatan atau kompresi data yang sangat populer di pada teknologi komputer dan juga perangkat seluler. Selain ZIP juga ada RAR, TAR, GZIP, dan BZIP2. Standar kompresi data tersebut berfungsi untuk mengecilkan ukuran data sehingga membuat penyimpanan atau storage menjadi lebih efisien.

Standard kompresi data ZIP pertama kali dikenalkan oleh Phil Katz. Karena dukungan dari berbagai perangkat dan sistem operasi. Saat ini, telah banyak tools yang mendukung untuk kompresi dan pengekstrakan data menggunakan standar pemampatan ini.

Untuk kamu pecinta komputer khususnya Linux pasti tidak asing lagi dengan format ZIP. Sehingga bukanlah menjadi suatu permasalahan. Akan tetapi bagaimana dengan pengguna Android ?

Berikut Cara Mengekstrak File Zip di Android

  1. Pertama, download dan install aplikasi ES File Explorer melalui Google Play Store [download].
  2. Setelah berhasil diinstal, silahkan buka aplikasi File Manager tersebut.
  3. Kemudian cari file berekstensi .zip yang ingin diekstrak.
  4. Jika file tersebut sudah ketemu, tekan dan tahan pada file tersebut (untuk memunculkan menu pengelolaan file).
  5. Setalah menu pengelolaan file sudah muncul, pilih opsi More pada bagian pojok kanan bawah aplikasi
  6. Kemudian pilih opsi Extract to dan klik OK untuk menyimpan hasil pengekstrakan di lokasi yang sama

Saat ini mengekstrak file berekstensi .zip merupakan sesuatu perkara yang sulit, bisa dibilang sangat gampang. Hal tersebut dikarenakan beberapa file manager bawaan perangkat Android sudah mendukung fitur tersebut. Bahkan pengguna dapat membuka file ZIP tanpa harus mengekstraknya terlebih dahulu.

Namun, jika file manager bawaan perangkat Android belum mendukung hal tersebut, kamu dapat melakukan pengekstrakan file bertipe zip dengan menggunakan file manager pihak ketiga seperti aplikasi ES File Explorer.

Aplikasi manajemen file ES File Explorer memiliki fitur yang cukup lengkap, salah satunya termasuk di dalamnya fitur yang mendukung pengekstrakan file berekstensi .zip.

File dalam format zip atau rar sering sekali digunakan untuk kebutuhan akademik maupun pekerjaan. Lantas, apa sih keuntungan menggunakan file dalam bentuk zip? Lalu bagaimana cara membuka file dalam format zip yang dipassword? Berikut ini adalah ulasannya.

Apa Itu File zip atau Rar

Cara Membuka File Zip Yang Di Password

Anda yang sering download file di Internet, pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis format tersebut. Tujuan penggunaan format zip atau rar adalah untuk mengompress file sehingga ukurannya menjadi lebih kecil. Hanya saja, tidak jarang file dalam bentuk zip yang diberi password. Sehingga untuk mengaksesnya, Anda diharuskan membubuhkan password terlebih dahulu.

Mereka yang memasang password pada file zipnya biasanya para youtuber. Mereka menyisipkan password di sela-sela videonya sebagai proteksi. Tujuannya, agar para penonton tidak bisa mendownload begitu saja, sehingga video mereka memiliki jam tayang.

Namun pada dasarnya penyisipan password pada file zip atau rar dapat dilakukan oleh siapa saja dengan tujuan tertentu. Lantas apakah siapapun tidak bisa membuka file tersebut tanpa seizin pemiliknya? Jawabannya, dengan cara-cara tertentu jelas saja Anda bisa membuka file zip yang dipassword.

Apa itu file ZIP?

Kompresi file atau pemampatan file merupakan bagian yang luar biasa penting dalam ruang kerja digital. Kita dapat mengirim data dengan kecepatan lebih tinggi daripada yang pernah mungkin dilakukan sebelumnya, sehingga itulah yang menyebabkan file ZIP menjadi alat yang populer bagi bisnis di seantero dunia. Namun apa itu file ZIP?

Penjelasan tentang file ZIP

ZIP merupakan format file arsip yang digunakan secara luas untuk mengompresi atau memampatkan satu atau beberapa file bersama-sama menjadi ke dalam satu lokasi sehingga mengurangi ukurannya secara keseluruhan serta memudahkan pemindahan file tersebut. File ZIP bekerja serupa dengan folder standar pada komputer Anda. Namun demikian, dengan file zip, konten folder dikompresi, mengurangi jumlah data yang digunakan oleh komputer Anda. Jadi, jika Anda ingin tahu cara mengecilkan ukuran file, sebaiknya ketahui tentang format file ZIP.

Jadi, bagaimana Anda bisa membedakan sebuah file arsip ZIP? Sederhana. Kapan saja Anda melihat ekstensi .ZIP atau .zip di akhir sebuah file, maka Anda sedang melihat sebuah file ZIP. Format file zip sudah ada sejak cukup lama, pertama kali ditemukan oleh Phil Katz di tahun 1986. Pada awalnya, Katz mengimplementasikan file ZIP dalam program PKZip perusahaannya, namun penggunaannya kemudian meluas, dan meski ada banyak format arsip file lain yang berbeda, ZIP kemungkinan merupakan format yang paling sering digunakan, terutama berkat popularitas program WinZip di tahun 1990-an.

Baga mana cara kerja file ZIP?

File ZIP mengubah informasi menjadi bit yang lebih sedikit—sehingga mengurangi ukuran file atau beberapa file—dengan membuang data yang redundan atau tidak terpakai. Inilah yang disebut sebagai “kompresi data tanpa hilang”, yang memastikan semua data asli tetap utuh. Mari kita lihat secara singkat contoh penjelasan cara kerjanya.

Bayangkan sebuah file yang berisi kalimat-kalimat berikut:

  • Solusi berbagi dan penyimpanan terbaik untuk bisnis Anda
  • Solusi bisnis Anda untuk penyimpanan dan berbagi yang terbaik

Setiap kata dalam file ini muncul dua kali. Sekarang, jika setiap karakter dan spasi di dalam file sama dengan satu unit memori, maka keseluruhan ukuran file akan menjadi 110 unit. Namun demikian, jika Anda membuat kode berangka dari file ini, maka data dapat dinyatakan dengan cara yang berbeda:

  • 1 – Solusi
  • 2– bisnis
  • 3– Anda
  • 4– untuk
  • 5– penyimpanan
  • 6– dan
  • 7– berbagi
  • 8– yang
  • 9– terbaik

Atau jika dinyatakan dengan cara lain, maka kalimat itu sekarang akan terbaca: 123456789896712345. Ini berarti bahwa ukuran file awal sebesar 110 unit dapat dikurangi menjadi 18 unit saja, dan ini merupakan penghematan yang sangat besar. Format file ZIP menggunakan algoritme kompresi loseless atau tanpa hilang untuk melakukan persis seperti penjelasan di atas, sehingga Anda dapat mengekspresikan informasi yang sama dengan cara yang lebih efisien dengan hanya membuang data redundan atau tidak terpakai dari file.

Apa saja kelebihan dan kekurangan dari format file ZIP?

Sekarang setelah Anda mengetahui sedikit banyak tentang file yang di-zip, Anda harus mengetahui potensi kelebihan dan kekurangan menggunakan jenis file arsip ini, terutama tentang cara mengecilkan ukuran file. Pertama, dan paling jelas, adalah ZIP memberi kemungkinan kepada pengguna untuk menghemat ruang penyimpanan dan meningkatkan efisiensi komputer mereka. Selain itu, hal tersebut juga efektif dalam meningkatkan transfer email, karena Anda dapat mengirim email tersebut jauh lebih cepat dengan file yang berukuran lebih kecil. Selanjutnya, format file ZIP akan mengenkripsi data pribadi Anda, hal yang selalu paling penting saat Anda mengirim file lewat internet. Singkat kata, format ini merupakan cara mudah untuk memaksimalkan efisiensi penanganan file Anda. Cukup klik kanan pada file yang ingin Anda zip, pilih “Kirim ke”. klik “Folder yang dikompresi (di-zip)”, maka selesailah.

Namun demikian, ada sejumlah kekurangan yang terkait dengan file arsip ZIP yang harus Anda ketahui. Yang terpenting, sebagian file tidak dapat dikompresi atau dimampatkan lebih lanjut daripada yang sudaha da sekarang, termasuk file MP3 dan file JPG. Jadi jika Anda sering mengerjakan file-file video dan gambar, format ZIP mungkin tidak banyak membantu Anda menghemat ruang penyimpanan. Lalu Anda juga harus memikirkan aspek keamanan dari file yang di-zip. Meski file yang di-zip telah dienkripsikan pada saat diproses, Anda sama sekali tidak dapat mengetahui apa yang terjadi pada data Anda saat pertama kali diunggah ke aplikasi kompresi file, dan Anda sama sekali tidak dapat menghentikannya agar tidak jatuh ke tangan orang yang tidak semestinya. Tentu saja Anda dapat menggunakan fungsi penge-zip yang sudah terintegrasi di dalam Windows dan Apple, namun jika Anda memakai aplikasi kompresi eksternal dari penyedia pihak ketiga, keamanan data selalu menjadi hal yang perlu dikhawatirkan. Juga Anda perlu mengetahui bahwa ekstensi file ZIP bisa rusak, dan pada sebagian kasus, data yang rusak dapat memengaruhi keseluruhan folder file ZIP.

Download Archidroid Apk

Aplikasi ini bisa digunakan untuk membuka file zip yang dipassword. Hanya saja, ia belum tersedia di google play store. Untuk mengunduhnya, Anda bisa searching di Internet atau langsung download di sini

Loading...
.

Aplikasi ini memiliki ukuran yang sangat kecil, tidak sampai 1 mb. Dengan demikian, Anda atau siapapun dapat mendownloadnya tanpa khawatir menghabiskan memori

Cara Install

Adapun cara Install Archidroid Apk adalah sebagai berikut.

  • Langkah pertama silahkan Anda download terlebih dahulu aplikasi tersebut pada link download yang sudah disediakan.
  • Lalu buka pengaturan ponsel untuk mengizinkan sumber tidak dikenal. Caranya pilih setelan ponsel, lalu keamanan ponsel, dan terakhir aktifkan sumber tidak dikenal.
  • Selanjutnya silahkan buka file Archidroid Apk yang sudah berhasil didownload, klik tombol Install.
  • Jika proses instalasi sudah selesai, berarti aplikasi sudah siap untuk dioperasikan.

Cara Membuka File Zip Terkunci di Android

Ketika Anda ingin membobol file zip yang diproteksi dengan password, mungkin bisa dilakukan dengan mudah menggunakan laptop. Pasalnya, banyak sekali software yang bisa dipakai untuk membuka file zip yang dipassword. Tidak menjadi masalah jika Anda memiliki laptop. Masalahnya jika Anda tidak memiliki laptop dan membutuhkan file tersebut dengan segera.

Anda dapat melakukannya di smartphone dengan. modal Archidroid apk. Berikut ini adalah cara membuka file zip yang dipassword dengan memakai aplikasi Archidroid.

  • Pastikan jika aplikasi Archidroid sudah terinstall di ponsel anda. Jika belum, Anda dapat mendownloadnya di file yang sudah kmai sediakan. Atau silahkan coba cari di play store, mungkin saja aplikasi tersebut sudah dipasarkan secara legal.
  • Jika sudah terinstall, Anda bisa langsung membuka aplikasi tersebut, lalu pilih unpack archive.
  • Selanjutnya Anda bisa memilih archive file path untuk memilih file zip yang akan dibuka. Anda bisa menemukannya dengan mengklik gambar titik tiga yang berada di samping layar.
  • Lalu tentukan file yang ingin Anda gunakan untuk menyimpan file yang sudah diekstrak dengan memilih out path.
  • Selanjutnya Anda bisa menginputkan password sesuka Anda, lalu pilih kunci. Berikutnya ceklis use password dan pilih oke.
  • Sekarang saatnya Anda melakukan ekstrak file dengan mengklik ikon mata, lalu centang file yang akan diekstrak

Kini file zip yang asalnya terlindungi dengan password dapat diakses. Anda dapat mendownload file yang Anda butuhkan sesuka Anda.

9+ Aplikasi Pembobol WiFi 2021 Internet Gratis di Android

Cara Membuka File ZIP yang Dipassword di Android Tanpa Root

Internet dan dunia digital menjadi sesuatu yang tidak dapat dipisahkan. Banyak orang kini menjadikan jaringan internet sebagai kebutuhan primer. Apalagi di masa pandemi seperti ini yang menganjurkan akademisi untuk belajar daring di rumah, begitu juga dengan para pakerja yang work from home. Semua itu bisa berjalan ketika perangkat komputer atau ponsel tersambung ke Internet.

Pasalnya jaringan internet dapat menghubungkan Anda dengan banyak orang. Selain itu, Anda juga dapat download file dalam berbagai format, seperti mp4, apk, mp3, dan lain sebagainya.

File berformat zip atau rar biasa digunakan di file game android maupun PC, film yang berisikan beberapa episode atau part supaya lebih mudah dalam melakukan proses download. Akan tetapi biasanya banyak pengguna yang menemukan file yang berformat zip atau rar terdapat password untuk membukanya. Hal demikianlah yang terkadang membuat para pengguna menanyakan tentang password untuk membukanya.

Mungkin kalo kita tahu password tidak masalah ya sob. Akan tetapi banyak juga yang akhirnya lupa dengan password yang mereka buat saat membuat format tersebut. Namun sobat jangan khawatir karena biarpun tanpa password sobat masih bisa membukanya dengan aplikasi tambahan yang bakal mimin bagikan. Untuk itu simak terus ulasannya sampai selesai ya sob.

Cara Membuka File ZIP Yang di Password Mudah di Android

Untuk cara membuka file zip yang terdapat password mimin disini akan menggunakan aplikasi ketiga yaitu ArchiDroid for Android. Akan tetapi aplikasi ini tidak terdapat di Google Play Store ya sob, tapi tenang saja nanti mimin akan kasih tahu link supaya sobat bisa download. Ok sobat, kalau begitu kita langsung saja mulai cara menggunakan aplikasi ArchiDroid untuk membuka file zip yang di password di Android.

  • Yang pertama sobat bisa klik link INI untuk mendownload aplikasi ArchiDroid.
  • Jika sudah terinstall langsung saja buka aplikasinya. (untuk cara install sobat bisa lihat dibawah).
  • Pada halaman pertama ArchiDroid sobat pilih Unpack Archive.
  • Di menu Archive File Path sobat klik ikon tiga titik, kemudian pilih file zip yang ingin dibuka.
  • Selanjutnya pada menu Out Path pilih folder untuk penyimpnan file setelah terbuka.
  • Setelah itu sobat klik gambar kunci dan akan muncul kolom password. Silahan isi password bebas terserah sobat.
  • Jika sudah centang pada kotak USE Password lalu tekan OK.
  • Berikutnya sobat klik gambar mata lalau centang file yang sudah di pilih.
  • Sekarang sobat klik Unpack dan masukan password yang sudah sobat masukan tadi secara bebas.
  • Klik OK dan selesai.
  • Selamat file yang berformat zip telah berhasil dibuka.

Sebenarnya banyak cara untuk membuka file zip yang dipassword, bisa dengan cara online atau menggunakan aplikasi. Namun kami rasa cara yang satu ini sangat mudah untuk digunakan dan akan membantu Anda. Jika Anda memiliki cara untuk bobol file zip yang dipassword dengan lebih simpel, silahkan share di kolom kementar.

Bagaimana, mudahkan sob! Sekarang sobat sudah dapat membuka file zip yang berpassword dengan mudah tanpa mengetahui password dari pemilik file tersebut.

Loading...

You May Also Like