Cara Membuat Email di Gmail Cepat Jadi Lewat PC / Android

Loading...

Teknisi-Blogger – Cara Membuat Email di Gmail Cepat Jadi Lewat PC / Android – kali ini admin memenuhi kelengkapan artikel sebelumnya yaitu, Bagaimana Cara Membuat akun paypal , karena akun paypal membutuhkan email, maka selanjutnya kita bahas mengenai cara mendaftar email di gmail dengan mudah. Untuk mendaftar di Gmail anda harus mempersiapkan sebuah nomer telepon yang aktif anda gunakan karena nantinya Gmail akan mengirimkan sebuah kode verifikasi ke nomer anda tersebut dan anda harus melakukan verifikasi saat mendaftar di Gmail. Sebagai contoh saya menggunakan nomer Simpati saat mendaftar, saya juga pernah menggunakan nomer Indosat untuk mendaftar di Gmail. Untuk nomer selain kartu Simpati dan Indosat saya belum pernah mencobanya. Jadi silakan dicoba.

Cara membuat email Gmail sangat mudah dan bisa dilakukan lewat Laptop/PC maupun di HP.

Akun Google email ini nantinya bisa kamu gunakan untuk mengakses semua produk Google seperti, Drive, Play Store, Youtube, dan lain-lain.

Di artikel ini, saya akan menunjukan langkah-langkah membuat akun Gmail baru, baik melalui Laptop/PC maupun melalui HP.

sebelum Mengetahui cara membuat email, silahkan pahami terlebih dahulu tentang apa itu email, fungsi dan kegunaanya

Apa Itu Email

Cara Membuat Email di Gmail.com 2021
Loading...
pixabay.com

Email adalah cara pengiriman surat dalam bentuk digital melalui jaringan internet. Hanya dengan berbekal laptop, komputer, atau telepon pintar, Anda bisa mengirimkan email dengan lampiran data yang juga berbentuk digital tanpa perlu menggerakkan badan sama sekali.

Metode yang sangat mudah ini tentu jauh berbeda jika dibandingkan dengan cara konvensional. Anda, yang termasuk dalam generasi tua, pastilah pernah merasakan repotnya ketika ingin mengirimkan surat pada zaman dahulu.

Cara Kerja Email

Cara kerja email sebenarnya sama saja seperti kita sedang menulis surat untuk orang lain. Namun yang membedakan hanyalah kalau email bisa mengirim pesan lebih cepat dan dapat disertai dengan file tertentu yang ingin dikirim sekaligus.

Berikut ada beberapa cara kerja email secara singkat.

1. Buat kamu yang sudah memiliki akun email, bisa membuka emailnya dan kemudian menuliskan isi pesan yang ingin dikirm.

2. Selanjutnya, pengguna email tersebut memberikan instruksi pada aplikasi email untuk mengirimkan pesan pada alamat email lainnya.

3. Email server akan mengindentifikasi alamat email tujuan, lalu mengirimkannya ke email server lain yang lokasinya dekat dengan alamat tujuan.

4. Saat pesan email terkirim ke alamat email penerima, maka isi pesan tersimpan di email server hingga si penerima membuka pesannya.

5. Saat penerima membuka pesan di kotak pos atau inbox, maka aplikasi email penerima akan meminta email baru yang ada pada email server lalu mengunduhnya ke dalam komputer si penerima email.

6. Selanjutnya, penerima email dapat melihat dan membaca isi pesan yang telah diunduh tadi.

Fungsi Email: Mengirim dan Menerima Pesan

Manfaat Email Mengirim dan Menerima Pesan

Fungsi email yang pertama dan paling umum adalah berguna untuk mengirim dan menerma email dari orang lain dimanapun mereka berada. Pesan tersebut dapat terkirim ke tujuan dalam waktu yang sangat cepat, bahkan hanya dalam hitungan detik saja.

Namun, untuk bisa merasakan kecepatan dalam berkirim pesan dengan menggunakan email, kamu memerlukan koneksi internet yang cepat. Hal ini diperlukan baik untuk pengirim atau penerima email.

Melalui email, kamu bisa mengirimkan berbagai jenis file dan dokumen digital dengan ukuran tertentu yang telah ditentukan, baik itu foto, video, teks, dan lain sebagainya. Untuk mengirimkan semua ini melalui email, kamu bisa menggunakan atau menambahkannya dalam lampiran (attachment) pada email.

Berguna untuk Mendaftarkan Diri di Media Sosial

Fungsi email selanjutnya adalah untuk mendaftarkan diri kamu apabila ingin bergabung pada beberapa media sosial yang ada. Ya, sebagian besar layanan media sosial atau website hampir semuanya membutuhkan email penggunanya agar bisa melakukan aktivasi di website tersebut.

Misalnya saja untuk situs media sosial, situs e-commerce, game online, situs forum, dan berbagai layanan lainnya yang menharuskan kamu mendaftarkan akun dengan menggunakan email.

Kegunaan Email: Sebagai Identitas Diri hingga Media Pemasaran

Email Berfungsi Sebagai Identitas Diri

Fungsi email lainnya adalah sebagai identitas diri. Ya, ini dikarenakan dimana segala akses internet menggunakan data pribadi. Sehingga apabila kamu aktif di dunia maya, maka identitas diri di internet dimana orang lain dapat menghubungi pengguna email melalui alamat email miliknya.

Bagi beberapa orang juga penggunaan email sudah menjadi kewajiban. Pasalnya email sering kali menjadi syarat mutlak untuk proses aktivasi berbagai layanan digital seperti untuk aktivasi smartphone, untuk aktivasi layanan berlangganan surat, dan lain sebagainya.

Maka tak heran, identitas mu bisa dikenal melalui digital karena telah memiliki akun email ini.

Email sebagai Media Pemasaran

Bukan menjadi fungsi email yang terakhir, namun fungsi email yang satu ini bisa juga kamu gunakan untuk pemasaran online. Kebanyakan pebisnis online melakukan pemasaran melalui email untuk meningkatkan penjualnnya.

Pemasaran yang dilakukan melalui email ini merupakan salah satu pemasaran online yang paling tua. Namun hingga kini email marketing masih termasuk ke dalam jenis pemasaran online yang sangat efektif.

Email adalah sebuah surat elektronik yang berfungsi sebagai alat berkirim pesan melalui jaringan internet. Email juga sering digunakan sebagai identitas ketika melakukan pendaftaran di berbagai website. Misal, ketika membuat akun media sosial, maka email diperlukan sebagai syarat pendaftaran.

Membuat email sangatlah mudah, tapi ada banyak orang yang masih bingung bagaimana cara membuatnya. Padahal, sudah tersedia menu untuk buat email baru lewat hp Android.

Layanan Email yang Tersedia

Ada beberapa layanan email gratis yang bisa kita pilih ketika ingin membuat email baru dari hp. Berikut adalah tiga email paling populer sebagai referensi Anda.

Email Gmail

Gmail adalah layanan email gratis yang disediakan oleh Google. Bagi pengguna hp Android, Gmail mungkin sudah tidak asing lagi karena di setiap hp Android, pasti memiliki aplikasi Gmail. Alamat email yang kita dapatkan adalah emailcontoh@gmail.com.

Email Yahoo

Untuk sebagian orang yang sudah mengenal internet sejak lama, pasti tidak asing dengan email Yahoo. Layanan email satu ini sangat populer pada masanya. Anda akan mendapatkan alamat emailcontoh@yahoo.com.

Email Microsoft

Microsoft terkenal dengan produk officenya dan Windows. Ternyata, Microsoft juga memiliki layanan email gratis yang sangat bermanfaat untuk sinkronisasi berbagai layanan office Anda. Alamat email yang akan Anda dapatkan adalah emailcontoh@outlook.com.

Memilih Layanan Email

Semua layanan email gratis di atas memiliki fitur yang bagus dan keamanan yang luar biasa. Anda bebas memilih layanan email apa yang Anda inginkan. Bahkan Anda bisa mendaftar di semua layanan tersebut.

Tetapi, karena fokus artikel ini adalah membuat email dari hp, maka email Gmail adalah layanan email gratis yang menurut kami paling baik.

Kenapa Gmail? Karena di dalam hp Android terdapat banyak layanan yang membutuhkan “Akun Google” agar bisa diakses. Contoh layanan yang bisa diakses dengan “Akun Google” adalah Gmail, YouTube, Play Store, Google Drive.

Untuk bisa mengakses Gmail, Anda cukup membuat sebuah “Akun Google”. Dengan satu “Akun Google” yang sama, Anda bisa mengakses banyak layanan sekaligus. Email Gmail adalah salah satu layanan tersebut.

Apa yang Didapatkan Setelah Membuat Akun Google?

Setelah sukses membuat “Akun Google”, Anda akan mendapatkan alamat email dan kata sandi.

Alamat email dan sandi tersebut berfungsi untuk mengakses berbagai macam layanan yang disediakan oleh Google, seperti Gmail, Play Store, YouTube, Drive, Google Document, Google Classroom dan masih banyak lagi.

Nantinya, akun Google tersebut bisa diakses di banyak perangkat sekaligus, contoh, hp, laptop dan smart tv.

Langkah langkah Membuat Email dari Gmail.com

Mau daftar Google Mail lewat PC atau HP? Gambar di atas merupakan tampilan halaman untuk membuat akun Google Mail terbaru yang mana antara di hp dan PC sekarang ini sudah tidak ada perbedaan langkah lagi. Lewat halaman itulah proses buat akun Gmail dimulai. Seperti yang anda lihat, cara daftar Gmail sangat mudah hanya beberapa langkah saja.

Dari seluruh layanan penyedia email gratis di dunia, Gmail adalah yang terbaik dan yang paling dibutuhkan saat ini. Mengapa? Karena selain untuk mengirim pesan email, dengan akun Gmail kita sudah dapat mengakses hampir seluruh media di internet. Dari sosial media, Game Online, Akun Android, Cloud, Youtube, dan masih banyak lagi

Ada banyak platform penyedia layanan email yang bisa kamu akses dan gunakan dengan mudahnya. Salah satu contohnya adalah Gmail yang dimiliki oleh Google. Kamu bisa mendaftar atau membuat email di Gmail secara gratis.

Membuat akun Gmail itu mudah. Anda dapat memulainya dengan membuat akun Google terlebih dahulu, dan selama proses pendaftaran ini Anda akan memilih nama akun Gmail Anda. Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan cara membuat akun Gmail menggunakan desktop (komputer) dan mobile (iOS dan Android).

A. Membuat Akun Gmail Menggunakan Desktop

Untuk membuat alamat Gmail, Anda harus membuat akun Google terlebih dahulu. Gmail akan mengarahkan Anda ke halaman pendaftaran akun Google. Anda harus memberikan beberapa informasi dasar seperti nama, tanggal lahir, jenis kelamin, dan lokasi Anda tinggal. Anda juga perlu memilih nama untuk alamat Gmail baru Anda. Setelah Anda membuat akun, Anda dapat mulai menambahkan kontak dan menyesuaikan pengaturan email Anda.

1. Untuk membuat akun Gmail:

• Buka www.gmail.com.

• Klik “Create Account”.

• Formulir pendaftaran akan muncul. Ikuti petunjuk dengan memasukkan informasi yang diperlukan.

• Selanjutnya, masukkan nomor telepon Anda untuk keperluan verifikasi akun Anda. Google menggunakan proses verifikasi dua langkah untuk menjamin keamanan akun Anda.

• Anda akan menerima pesan teks dari Google dengan kode verifikasi. Masukkan kode untuk menyelesaikan verifikasi akun.

• Selanjutnya, Anda akan melihat formulir untuk memasukkan beberapa informasi pribadi Anda, seperti nama dan tanggal lahir.

• Tinjau dan bacalah Google’s Terms of Service and Privacy Policy, lalu klik “I Agree”.

• Akun Anda telah dibuat.

Sama seperti layanan online lainnya, penting untuk memilih kata sandi yang kuat. Dengan kata lain, kata sandi yang rumit akan sulit ditebak orang lain. 

2. Masuk ke akun Gmail Anda

Saat pertama kali membuat akun Gmail, Anda akan masuk secara otomatis. Namun, sering kali, Anda harus masuk ke akun dan keluar setelah selesai. Keluar akun Gmail sangat penting jika Anda menggunakan komputer bersama (misalnya, di perpustakaan atau kantor) karena itu bertujuan untuk mencegah orang lain melihat isi email Anda.

Untuk masuk:

• Buka www.gmail.com.

• Ketik nama pengguna (alamat email Anda) dan kata sandi Anda, lalu klik “Next”.

• Masuk ke akun Gmail Anda

Untuk keluar:

Di pojok kanan atas halaman, cari lingkaran yang memiliki inisial pertama Anda (jika Anda telah memilih gambar avatar, bagian itu akan menampilkan gambarnya). Untuk keluar, klik lingkaran dan pilih opsi “Sign out”.

B. Membuat Akun Gmail Menggunakan Smartphone

Salah satu hal pertama yang dilakukan kebanyakan orang saat membeli smartphone baru adalah menambahkan akun Gmail mereka. Anda mungkin memiliki lebih dari satu akun, mungkin Anda telah membuat akun baru yang ingin Anda tambahkan, atau mungkin Anda melewatkan sejumlah langkah pembuatan email selama proses berlangsung. Apapun alasannya, menambahkan akun Gmail menggunakan smartphone itu mudah.

Karena ada perbedaan antara iOS dan Android, dan berbagai variasi pabrikan, Anda mungkin akan sedikit bingung untuk menambahkan akun Gmail Anda karena perbedaan dari kedua OS smartphone tersebut. Itulah mengapa kami menyusun panduan langkah demi langkah sederhana ini tentang cara menyiapkan akun Gmail di iPhone dan ponsel Android Anda.

1. Bagaimana cara menambahkan akun Gmail di iOS

• Download aplikasi Gmail ke iPhone Anda

• Pergi ke “Settings”.

• Scroll ke bawah ke bagian “Mail” > “Account” > “Add Account”, lalu pilih Google.

• Anda sekarang berada di halaman masuk Gmail.

• Masukkan alamat Gmail Anda, dan pilih opsi “Next”.

• Masukkan kata sandi Anda, dan pilih opsi “Next”.

Hal ini akan menanyakan hal-hal yang ingin Anda sinkronkan. Matikan hal-hal yang tidak ingin Anda sinkronkan, dan pilih opsi “Save” di pojok kanan atas setelah selesai.

2. Bagaimana cara menambahkan akun Gmail di Android

Ada banyak interface khusus yang berhubungan dengan ponsel Android, jadi proses untuk menambahkan akun Gmail Anda tidak sejelas di iPhone, tetapi ide utamanya adalah membuka layar Add your account dari Google. Terlepas dari seberapa berbedanya tampilan software ini, atau bagaimana menu setelan dikonfigurasi, Anda akhirnya akan diarahkan ke layar ini. Jadi, mari kita lihat cara menambahkan akun Gmail Anda melalui aplikasi Gmail dan menu setelan.

• Buka App Drawer. Ini tergantung pada versi Android Anda, atau tema apa pun yang mungkin Anda miliki, karena ini dapat dilakukan dengan swip ke atas dari dock, atau mengetuk ikon App Drawer.

• Pilih “Settings”.

• Buka Accounts > Add Account, lalu pilih Google.

• Pada titik ini, Anda mungkin dimintai kata sandi, sidik jari, atau pola berdasarkan yang Anda gunakan untuk mengunci smartphone Anda.

• Anda telah sampai di layar “Add your account”, jadi masukkan alamat Gmail Anda dan pilih “Next”.

• Kemudian, masukkan kata sandi Gmail Anda dan pilih “Next”.

• Pilih opsi “Agree” di halaman Agree on the Terms of Sevice.

• Jika Anda ingin menambahkan informasi pembayaran, tambahkan nomor kartu kredit Anda di sini. Jika tidak, pilih opsi “No, Thanks”.

Setelah selesai, Anda akan kembali ke bagian Accounts di Settings. Jika Anda ingin melihat akun yang telah Anda tambahkan, atau ingin menghapusnya, cukup tap saja Google.

Yang Perlu Anda Siapkan Sebelum Mengikuti Panduan Buat Akun Gmail

1. Nomor HP

2. Nama Pengguna

  • Nama Pengguna adalah satu baris nama unik yang akan menjadi alamat email Gmail anda.
  • Cara paling mudah untuk membuat alamat email adalah dengan menggabungkan nama depan dan belakang kemudian ditambahkan angka

3. Kata Sandi

  • Kata Sandi minimal 8 karakter yang terdiri dari huruf, angka dan simbol

Berikut cara membuat akun baru Gmail dengan menggunakan perangkat komputer:

  • 1. Masukkan alamat www.gmail.com pada web browser kamu.
  • 2. Klik create an account, sebuah kotak akan terbuka.
  • 3. Isi data diri kamu dengan lengkap.
  • 4. Pada isian setelah nama, kamu bisa memilih nama untuk username.
  • 5. Jika ternyata terdapat tulisan That username is taken. Try another. Itu tandanya orang lain telah memakai username yang kamu pilih. Kamu bisa mengakalinya dengan menambah angka atau tanda lainnya.
  • 6. Isi semua kolom yang belum terisi dengan data yang benar.
  • 7. Klik Next Step, akan muncul agreement, atau kotak persyaratan, klik pada I Agree.
  • 8. Kamu telah memiliki akun Gmail sekarang.

Itulah Panduan Membuat email dari Gmail.com, namun jika anda belum paham caranya, kami sediakan langkah-langkah membuat email dari gmail.com lengkap serta gambarnya.

Langkah Membuat gmail 2021 Di PC /Komputer Lengkap Serta Gambarnya


Berikut ini cara membuat email dari Gmail :

  • Silakan buka Handphone, Laptop atau komputer anda.
  • Kemudian buka situs www.google.co.id
  • Klik link Gmail yang ada di sebelah kanan atas.
Cara Membuat Email di Gmail.com Lengkap dengan Gambar
  • Maka akan tampil form username seperti gambar berikut ini.
  • Agar saat proses pembuatan email bisa terlihat lebih mudah, sebaiknya anda ganti saja bahasa menjadi Bahasa Indonesia.
  • Perhatikan gambar anak panah berikut ini.
Cara Membuat Email di Gmail.com Lengkap dengan Gambar
  • Pilih Indonesia.
Cara Membuat Email di Gmail.com Lengkap dengan Gambar
Daftar Email di Gmail indonesia
  • Sekarang silakan klik Buat Akun.
Cara Membuat Email di Gmail.com Lengkap dengan Gambar
Masuk Akun Email
  • Akan muncul pilihan seperti gambar berikut ini.
  • Pilih saja Untuk Diri Sendiri.
Cara Membuat Email di Gmail.com Lengkap dengan Gambar
Masuk Gmail.com pilihan email
  • Maka akan muncul form pendaftaran.
  • Silakan isi sesuai data anda.
Cara Membuat Email di Gmail.com Lengkap dengan Gambar
Mngisi identitas diri di gmail
  • Bagian yang paling penting dan perlu anda perhatikan adalah bagian Nama Pengguna.
  • Ini adalah alamat email anda nantinya, jadi silakan isi sampai nama pengguna diterima. Jika saat anda membuat nama pengguna dan kotak masih berwarna merah seperti gambar berikut ini, itu artinya nama pengguna yang anda buat sudah ada orang lain yang menggunakan. 
  • Jadi buatlah nama pengguna yang unik yang dicampur angka atau dikasih tambahan titik misalnya ‘dedik007’ (tanpa tanda petik) atau ‘dedik.gantengsekali’ atau yang lainnya.
Cara Membuat Email di Gmail.com Lengkap dengan Gambar
Membuat alamat email di gmail kamu
  • Jika kotak nama pengguna sudah tidak berwarna merah lagi, itu artinya nama pengguna yang telah anda buat sudah diterima oleh Gmail dan itu nantinya menjadi alamat email anda.
  • Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah pembuatan Sandi / Password.
  • Buatlah Password Gmail anda pada kotak Sandi dan ulangi lagi pada kotak Konfirmasi.
  • Proses pembuatan password ini juga tidak boleh kotak sampai berwarna merah, jika kotak sandi berwarna merah itu artinya sandi yang anda buat ditolak dan anda harus membuat sandi baru lagi. mungkin sandi bisa anda buat dengan gabungan huruf dan angka.
  • Jika sudah, silakan klik tombol Berikutnya.
Cara Membuat Email di Gmail.com Lengkap dengan Gambar
Membuat Password di gmail.com
  • Halaman ini merupakan halaman Verifikasi nomer telepon anda.
  • Pastikan logo bendera indonesia sudah terpilih. Jika sudah ada logo bendera Indonesia berarti sudah aktif kode (+62) yang artinya angka ‘0’. 
  • Jadi anda tinggal memasukkan nomer telepon anda dengan menghilangkan angka nol yang di depan. contohnya 82241616191.
  • Kemudian tekan tombol Berikutnya untuk melanjut.
Cara Membuat Email di Gmail.com Lengkap dengan Gambar
Verifikasi Nomor Telepon di Gmail
  • Tunggu saja ada pesan SMS masuk dari Gmail. karena Gmail telah mengirimkan kode verifikasi ke nomer anda.
  • Jika anda sudah mendapat kode verifikasi, maka silakan masukkan di kotak berikut ini.
  • Kemudian tekan tombol Verifikasi.
Cara Membuat Email di Gmail.com Lengkap dengan Gambar
Memasukkan Kode Verifikasi yang dikirimkan di nomor telepon
  • Dibagian ini isi kotak Alamat Email Pemulihan dengan email anda yang lainnya jika punya karena email pemulihan ini nantinya akan berguna saat email yang anda buat saat ini terdapat masalah.
  • Isi juga tanggal lahir anda dan jenis kelamin anda juga yah…..biar jelas sekalian status diri anda hehehehe.
  • Jika sudah, tekan tombol Berikutnya.
Cara Membuat Email di Gmail.com Lengkap dengan Gambar
Identitas email : alamat, nama, tanggal lahir
  • Pada bagian ini, langsung saja klik Lewati.
Cara Membuat Email di Gmail.com Lengkap dengan Gambar
Langkah Membuat Gmail Opsi lainnya
  • Akan muncul halaman Privasi dan Persyaratan.
  • Ndak usah dibaca deh entar kelamaan. Langsung saja tekan Saya Setuju.
Cara Membuat Email di Gmail.com Lengkap dengan Gambar
Membaca Privasi dan persyaratan membuat gmail
  • Tunggulah beberapa saat sampai anda dibawa masuk ke dalam halaman email anda.
  • Jika sudah muncul seperti berikut ini, tekan saja Berikutnya.
Cara Membuat Email di Gmail.com Lengkap dengan Gambar
Sukses membuat Email, Gmail anda siap untuk digunakan
  • Begini lagi, langsung saja tekan Oke.
Cara Membuat Email di Gmail.com Lengkap dengan Gambar
Mulai menggunakan gmail/email anda
  • Saat pertama kali masuk ke halaman Gmail anda, biasanya banyak sekali sesuatu yang muncul seperti gambar berikut ini.
  • Silakan cari tombol Close nya dan silakan tutup apa saja yang muncul itu.
Cara Membuat Email di Gmail.com Lengkap dengan Gambar
Membuka email masuk di gmail
  • Anda juga boleh menghapus email yang pertama kali masuk dari Gmail. 
  • Berikan tanda ceklis di email yang ingin anda hapus kemudian tekan tombol Tong Sampah.
Cara Membuat Email di Gmail.com Lengkap dengan Gambar
Menghapus pesan di gmail
  • Sekarang Kotak Masuk Gmail anda sudah bersih.
Cara Membuat Email di Gmail.com Lengkap dengan Gambar
Kotak Masuk Gmail kosong
  • Jika ingin keluar dari akun Gmail anda silakan klik tombol lingkaran yang ada di bagian kanan atas berikut ini.
  • Akan muncul menu seperti gambar berikut ini.
  • Klik tombol Keluar (SignOut).
Cara Membuat Email di Gmail.com Lengkap dengan Gambar
Sigout/keluar akun email
  • Anda sudah keluar dari akun Gmail.
laman sigout gmail

Itulah detil cara lengkap membuat dan mendaftar email/gmail di gmail.com, mudah bukan, semoga bermanfaat

Loading...

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *