Cara Melihat Penggunaan Data Internet di HP dan PC

Loading...

Teknisi Blogger – Cara Melihat Penggunaan Data Internet di HP dan PC mengetahui penggunaan data internet di HP Android adalah salah satu upaya untuk mengontrol dan menghemat penggunaan paket data internet yang digunakan.

Dengan mengetahui penggunaan data internet setiap hari, penggunaan data kemarin, minggu lalu atau selama bulan ini, bahkan penggunaan data pada tiap-tipa aplikasi, maka secara tidak langsung kita di dorong untuk selalu pintar dalam menggunakan data internet yang kita miliki. Utamanya pada masa-masa Work from Home (WFH) seperti sekarang ini.

Untuk memantau penggunaan data atau seberapa besar kuota data internet yang terpakai setiap harinya, pada tiap-tiap smartphone Android sebetulnya sudah dibekali fitur untuk melihat penggunaan data yang disebut dengan Data Usage.

Dengan hadirnya fitur ini, maka untuk cara melihat penggunaan data di hp Oppo, melihat pemakaian data di hp Vivo, Meizu, Samsung Galaxy, Realme, Redmi, melihat penggunaan data Xiaomi, Asus Zenfone dan lainnya dapat dilakukan dengan mudah dan cukup akurat pula.

Baca Juga Cek iphone asli atau palsu

Cara Menampilkan Penggunaan Kuota Internet di HP Android Lewat Fitur Data Usage

Bagi kamu yang ingin melihat penggunaan data, mengetahui pemakaian paket internet atau menampilkan sisa kuota di hp Android kamu, caranya dapat dilakukan melalui fitur Data Usage atau Penggunaan Data.

Nah berikut ini cara mengakses Data Usage untuk berbagai macam brand smartphone. Mulai dari Samsung Galaxy, Vivo, Oppo & Realme, Xiaomi & Redmi, dan ponsel Android lainnya.

ika Anda ingin tahu berapa banyak data yang Anda gunakan di internet rumah Anda, Anda biasanya tidak dapat mengetahui tanpa sedikit peretasan router atau menggunakan aplikasi pihak ketiga di komputer Anda. Namun, jika Anda menggunakan sistem router WiFi Google, Anda dapat melacak ini secara asli. Begini caranya.

Ini adalah cara yang baik untuk melihat perangkat mana yang menjadi pelakunya ketika harus memukul batas data bulanan Anda, jika Anda memilikinya. Dengan Google WiFi, Anda dapat melihat berapa banyak data yang digunakan setiap perangkat di jaringan Anda dan mudah-mudahan memecahkan masalah bandwidth Anda.

Untuk mengakses fitur ini di jaringan Google WiFi Anda, mulailah dengan membuka aplikasi Google WiFi dan pilih tab tengah jika belum dipilih.

Loading...

Dari sana, ketuk lingkaran di bagian bawah di samping nama jaringan WiFi Google Anda.

Anda akan melihat daftar perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi Google Anda, bersama dengan berapa banyak data yang mereka konsumsi pada detik ini. Ketuk perangkat untuk melihat info lebih lanjut tentang penggunaan datanya dari waktu ke waktu.

Secara default, Anda akan melihat penggunaan data perangkat itu selama lima detik terakhir. Namun, Anda dapat melihat riwayat yang lebih luas dengan mengetuk “5 detik terakhir” ke atas.

Pilih rentang tanggal, yang terdiri dari 24 jam, 7 hari, 30 hari, atau 60 hari terakhir.

Setelah dipilih, Anda akan melihat berapa banyak data yang diunduh dan diunggah oleh perangkat itu selama jangka waktu yang ditentukan. Jadi dalam kasus saya, selama tujuh hari terakhir, Nest Cam saya mengunduh data 229MB dan mengunggah 3,5 GB data.

Dengan menggunakan info ini, Anda dapat melihat perangkat mana yang menggunakan sebagian besar data, dan semoga membuat beberapa perubahan pada pengaturan Anda sehingga Anda tidak menekan batas data Anda setiap bulan.

Cara Melihat Penggunaan Data Internet Di Pc

Bagi sebagian orang yang menggunakan jaringan wifi / modem internet dengan kuota data terbatas, memantau penggunaan kuota internet adalah hal yang biasa di lakukan demi menghindari tagihan berlebih atau demi kepentingan lainnya seperti memantau sisa kuota saat mendownload file.

Di Windows sendiri kalian dapat memanfaatkan fitur bawaan milik Windows yang berfungsi untuk memantau penggunaan kuota data internet oleh PC / Laptop secara realtime beserta penggunaan data semenjak 30 hari terakhir.
Kalau begitu langsung saja berikut caranya :

Cek Penggunaan Data Terakhir / Terbaru Real-Time

#1 : Pastikan kalian masih tersambung ke jaringan mode / wifi yang di gunakan, kemudian buka menu program Control Panel kalian bisa memanfaatkan search windows dan memasukkan kata kunci ‘ Control Panel ‘ )
#2 : Setelah itu pilih menu Network and Internet > Network and Sharing Center 
#3 : Kemudian klik nama jaringan kalian di samping menu Connections, contohnya bisa kalian lihat pada gambar di bawah

#4 : Setelah itu akan muncul informasi internet kalian beserta penggunaan data oleh Laptop / PC

Satuan yang di gunakan adalah Bytes / Bita :

  • 1.000 Bita = 1 KB
  • 1.000.000 Bita = 1 MB
  • 100.000.000 Bita = 100 MB
  • 1.000.000.000 Bita = 1 GB

Memang kalau satuan Bita di konversi ke MB atau GB akan menjadi sangat besar angkanya, tetapi mungkin hal ini di karenakan Windows ingin memberikan informasi secara real time dan detail, cukup bergunalah apalagi tanpa harus ribet cari-cari aplikasi di luaran sana.

Penggunaan Data 30 Hari Terakhir

#1 : Buka Setting / Pengaturan ( start > ikon gear )

#2 : Kemudian pilih Network & Internet > Data Usage

#3 : Pada bagian Overview klik nama jaringan yang kalian gunakan

Pada menu tersebut kalian juga dapat mengatur data limit untuk membatasi penggunaan data.

Ya fitur yang sangat berguna apalagi buat orang seperti saya yang suka menghabiskan waktu di YouTube dengan kualitas video Full HD 60fps 🙂

Baik sekian dulu informasi yang dapat saya berikan jika ada tips atau masukkan lainnya silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah, semoga bermanfaat!

Akhir Kata

Pada tiap-tiap OS (sistem operasi) Android seringkali terjadi perombakan tatanan menu. Meski demikian, tidaklah sulit untuk menemukan fitur Data Usage di ponsel Android apapun UI dan OS-nya.

Jika tidak menemukan fitur ini pada menu/opsi Jaringan atau Network, letak lainnya akan berada di Kartu SIM (SIM Card), atau bahkan bisa jadi akan ditampilkan pada deretan menu Setelan/Settings dengan nama Data Usage atau Penggunaan Data.

Demikian ulasan tentang cara mengetahui penggunaan data internet di hp Android. Semoga membantu dan selamat mencoba!

Loading...

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *