Cara Daftar BPJS Online di JKN Mobile Cuma Lewat Hp

Cara Daftar BPJS Online di JKN Mobile Cuma Lewat Hp – Jika anda termasuk peserta BPJS kesehatan dan menginginkan kemudahan dalam mengetahui tagihan iuran BPJS, pendafataran atau mengubah  fasilitas kesehatan, cetak kartu, pendaftaran online BPJS atau ubah data peserta BPJS, maka aplikasi Mobile JKN adalah jawabannya. Pengembangan aplikasi BPJS Kesehatan Mobile merupakan wujud nyata dari komitmen BPJS Kesehatan dalam memberikan kemudahan akses dan pelayanan yang optimal bagi peserta. Melalui aplikasi ini, peserta dapat mengakses beragam informasi terkait program Jaminan Kesehatan Nasional yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan secara cepat dan mudah, dimanapun dan kapanpun.

Kemajuan teknologi yang terus berekembang setiap tahunnya membuat masyarakat modern saat ini sangat dimudahkan dalam berbagai hal, smartphone atau telepon pintar merupakan teknologi yang tidak bisa terlepas dari kehidupan sehari-hari kita tentunya hampir semua masyarakat memiliki smartphone manfaat telepon pintar tidak hanya untuk menikmati berbagai informasi dari seluruh dunia, bahkan sekarang smartphone dapat digunakan untuk memudahkan proses pendaftaran BPJS Kesehatan.

Bacaan Lainnya

Dengan metode pendaftaran melalui smartphone kita lebih menghemat waktu karena tidak perlu repot untuk datang langsung ke kantor BPJS, mengingat antrian yang panjang dan memakan waktu yang lama jika anda mendatangi kantor BPJS dan kemudian jika anda mendaftar melalui smartphone prosesnya lebih cepat dan tepat sehingga memudahkan anda untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan, selain anda bisa mendaftarkan diri sendiri anda juga dapat mendaftarkan anggota keluarga yang lain dengan catatan data sesuai dengan aslinya.

Untuk BPJS Kesehatan sendiri merupakan program dari pemerintah untuk masyarakat Indonesia banyak manfaat yang dapat kita rasakan saat menjadi peserta BPJS Kesehatan, banyak layanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan diantaranya ketika anda sudah menjadi peserta BPJS dan anda sakit anda akan mendapatkan layanan kesehatan secara berkala yaitu dengan rawat inap gratis sesuai dengan kelas yang anda pilih di awal pada saat pendaftaran menjadi peserta BPJS Kesehatan.

BPJS Kesehatan merupakan Badan Penyelenggara Jamaninan Sosial dan tentunya memiliki tiga kelas yang berbeda-beda yaitu kelas 1, kelas 2, dan kelas 3 untuk setiap kelasnya menawarkan pelayanan kesehatan yang berbeda pula, nah untuk anda yang ingin mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan anda harus mengetahui berapa biaya iuran yang harus dibayarkan setiap bulannya, pasalnya setiap biaya iuran berbeda satu sama lain dan itu disesuaikan dengan kemampuan financial calon peserta BPJS Kesehatan.

Aplikasi JKN Mobile adalah

Cara Daftar BPJS Online di JKN Mobile

JKN Mobile adalah aplikasi yang didesain BPJS Kesehatan untuk memberikan kemudahan akses bagi peserta JKN-KIS. Dengan menggunakan aplikasi dari BPJS Kesehatan ini, kamu bisa mendapatkan berbagai informasi penting seputar akun BPJS kamu.

Informasi yang bisa kamu dapatkan dari Mobile JKN ini di antaranya adalah cek iuran BPJS Kesehatan dan data kepesertaan. Ada juga fitur terbaru yaitu screening mandiri Covid-19, konsultasi kesehatan online dengan dokter, hingga cek jadwal operasi.💰Gratis biaya berobat pakai asuransi kesehatan swasta terbaik di Lifepal. Premi mulai dari Rp150 ribuan per bulan!

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur kartu peserta digital yang disebut KIS Digital. Kartu ini menggantikan kartu fisik, sehingga peserta tidak perlu selalu menunjukkan kartu fisik untuk mendaftar perawatan kesehatan.

Fitur Mobile JKN

Setelah kamu mendaftar dan memiliki aplikasi ini, pasti kamu bakal menemukan 21 fitur. Biar gampang menggunakannya dan gak salah, yuk cari tahu fitur apa saja yang tersedia dan fungsinya.

FiturFungsi
Fitur Pendaftaran PesertaMendaftarkan diri sebagai peserta PBPU
Fitur PesertaInformasi kepesertaan peserta dan anggota keluarga.
Fitur Ubah Data PesertaMengubah data pribadi termasuk no.hp, email, dan lainnya.
Fitur Ketersediaan Tempat TidurInformasi rawat inap di RS.
Fitur Obat yang DitanggungInformasi jenis obat yang ditanggung untuk peserta JKN-KIS
Fitur PremiInformasi tagihan iuran
Fitur Jadwal Tindakan OperasiInformasi jadwal dan lokasi operasi peserta sesuai nama dalam Aplikasi Mobile JKN
Fitur Pendaftaran PelayananInformasi pendaftaran pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan yang telah memiliki sistem antrean.Wadah penilaian dan masukan terhadap pelayanan yang pernah diterima di FKTP melalui Walk Through Audit (WTA)
Fitur Pendaftaran Auto DebitPanduan pendaftaran dengan pembayaran iuran autodebit.
Fitur PembayaranPanduan pembayaran sesuai channel autodebit Bank dan E-Money, serta top up saldo E-Money.
Fitur Catatan PembayaranRiwayat pembayaran dan denda.
Fitur Riwayat PelayananInformasi riwayat pelayanan dari fasilitas kesehatan.
Fitur SkriningRiwayat kesehatan yang berisi pertanyaan dan pernyataan terkait riwayat kesehatan.
Fitur Cek VAMenampilkan nomor Virtual Account peserta.
Fitur Info JKNInformasi seputar program JKN-KIS dari manfaat hingga hak dan kewajiban peserta.
Fitur LokasiMemberikan informasi lokasi pengguna hingga kantor BPJS dan faskes terdekat.
Fitur Pengaduan KeluhanWadah pengaduan secara tertulis maupun melalui telepon.
Fitur Skrining Mandiri Covid-19Informasi, pertanyaan, hingga lokasi peserta terkait Covid-19.
Fitur Konsultasi DokterKonsultasi kesehatan dengan dokter di tempat FKTP secara online.
Fitur Kartu PesertaKartu peserta JKN-KIS digital.
Fitur Artikel dan FAQInformasi seputar kesehatan dalam bentuk artikel dan pertanyaan yang sering diajukan.

Manfaat JKN Mobile Apk

Manfaat Mobile JKN sebenarnya sesuai dengan fitur yang kamu gunakan. Jadi, setidaknya ada 21 manfaat dari aplikasi online ini bagi peserta BPJS Kesehatan.

Mau tahu lebih banyak tentang manfaatnya? SImak penjelasan berikut:

1. Memudahkan pendaftaran

Untuk daftar jadi peserta gak ribet karena gak harus datang ke kantor BPJS Kesehatan. Cukup buka aplikasi, isi biodata, verifikasi, maka kamu sudah terdaftar deh!.

Kemudahan pendaftaran lewat JKN Mobile bisa dilakukan semua, baik calon Peserta Bukan Penerima Upah ataupun peserta mandiri yang belum terdaftar di BPJS Kesehatan.

2. Mengubah data dan informasi diri lebih simpel

Ganti nomor ponsel, email, atau yang lainnya gak lagi ribet lewat aplikasi ini. Kamu hanya perlu buka fitur Ubah Data Peserta dan mengganti dengan informasi terbaru. Tentunya fitur ini benar-benar membantu dan menghemat waktu kamu.

3. Gak ribet antre di faskes

Antre di faskes seperti Puskesmas itu panjang lho! Lewat JKN Mobile, kamu gak perlu berlama-lama di faskes untuk mendapatkan perawatan kesehatan atau berkonsultasi dengan tenaga medis.

4. Gampang cek tagihan dan bayar iuran

Cek tagihan dan bayar iuran juga gak perlu ribet lagi dengan fitur yang tersedia. Dengan memakai aplikasi ini kita bisa mengecek berapa jumlah tagihan untuk iuran program JKN kita. Tidak hanya itu, proses pembayarannya juga bisa diinfokan melalui transfer bank atau Tokopedia.

Selain di fitur ini, kamu juga bisa mencoba cek BPJS kamu di Lifepal lewat BPJS Digital. Caranya juga simpel banget, lho!

5. Mudah dalam menyampaikan keluhan

Selama ini yang kita tahu keluhan kepada BPJS dan pelayanannya disampaikan melalui telepon atau email. Nah, lewat fitur yang tersedia, kamu bisa menyampaikan pengaduan atau keluhan kita. Daripada kita repot-repot pergi ke kantor BPJS kesehatan lebih baik menggunakan klik mobile JKN ini untuk keluhan kita.

6. Gampang cari dokter untuk konsultasi offline dan online

Fitur yang memudahkan lainnya adalah konsultasi dengan dokter secara offline ataupun online.Kamu bisa melihat jadwal praktek dokter untuk konsultasi langsung. Jadi, gak perlu mendatangi faskes dan menanyakan ke petugas di faskes.

Lantas, gimana sih cara daftar JKN Mobile? Yuk simak ulasan cara daftar, fitur, dan manfaat JKN Mobile berikut ini.

Syarat untuk bisa menggunakan aplikasi JKN Mobile

  • 1) Terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan,
  • 2) memiliki HP android, dan
  • 3) Memiliki kuota internet untuk mendownload aplikasi Mobile JKN dari Play Store.

Pendaftaran BPJS di JKN Mobile Pengguna Baru

Mobile JKN ini diluncurkan demi mempermudah masyarakat dalam menikmati layanan JKN-KIS tanpa perlu datang ke kantor cabang atau pusat BPJS.

Masyarakat hanya perlu mengakses JKN Mobile melalui ponsel saja, yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

Aplikasi JKN Mobile ini dapat dengan mudah diunduh melalui aplikasi Play Store dan Apple Store secara gratis.

Dikutip dari akun YouTube BPJS Kesehatan, berikut ini adalah cara mudah menggunakan JKN Mobile:

  • 1. Buka aplikasi Apple Store atau Play Store, kemudian cari dan download aplikasi mobile JKN
  • 2. Setelah diunduh tampilan pada aplikasi Mobile JKN 
  • 3. Lalu klik pada menu ‘Pendaftaran Pengguna Mobile’
  • 4. Kemudian isi data pribadi sebagai berikut;

No Kartu BPJS
No KTP/NIK
Tanggal Lahir
Nama Ibu Kandung
Email
No Handphone
Password
Konfirmasi Password
Pastikan anda mengisi data sesuai dengan data BPJS yang telah terdaftar sebelumnya.

  • 5. Kemudian kode aktivasi akun akan dikirim melalui email, kemudian anda hanya perlu memasukkan kode aktivasi pada aplikasi JKN Mobile, kemudian klik ‘login’.
  • 6. Setelah berhasil masuk/login anda bisa mengakses fasilitas yang ada pada JKN Mobile.
    Pada bagian profil akan menampilkan data pribadi dari pemilik akun, seperti nama, nomor BJS, dan email beserta foto.

Cara Daftar JKN Mobile untuk BPJS Kesehatan

Pendaftaran BPJS Kesehatan semakin mudah bahkan bisa dilakukan di rumah saja. Hal ini tentunya memudahkan masyarakat di tengah imbauan untuk tetap di rumah saja dan mengurangi keluar rumah selama pandemi.

berikut cara mendaftar BPJS Kesehatan. Pertama, unduh dan install aplikasi Mobile JKN. Setelah itu, klik daftar dan pilih pendaftaran peserta baru.

Selanjutnya, klik setuju jika sudah membaca semua ketentuan sebelum melakukan pendaftaran. Masukkan NIK atau E-KTP serta kode Captcha di kolom yang tersedia, lalu klik selanjutnya.

Tampilan di layar akan berubah dan akan menampilkan daftar data keluarga dan calon peserta BPJS Kesehatan, kemudian klik selanjutnya. Masukkan data diri sesuai E-KTP dan klik selanjutnya. Pilih fasilitas kesehatan yang diinginkan dan faskes gigi yang mudah diakses.

Adapun cara mendaftar dan menggunakan aplikasi Mobile JKN adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Play Store di HP android anda. Tulis di kolom pencarian ” Mobil JKN BPJS ” dan klik cari.
  2. Pilih Mobile JKN. Download dan instal mobile jkn di HP anda.
  3. Setelah aplikasi terpasang, buka aplikasi Mobile JKN. Disana ada 3 Menu yang dapat dipilih yaitu : a) Pedaftaran Peserta Baru, b) Pendaftaran Pengguna Mobile, dan c ) login. Pilih Pendaftaran peserta baru jika anda belum terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, Pilih Pendaftaran Pengguna Mobile, jika anda sudah terdaftar sebagai peserta BPJS tetapi belum terdaftar di aplikasi JKN Mobile dan pilih login jika anda sudah terdaftar di aplikasi JKN Mobile.
  4. Untuk mendaftarkan menjadi mpengguna aplikasi mobile JKN, pilih Menu Pendaftaran Pengguna Mobile.Isi form pendaftaran dengan benar dan kemudian klik register.
  5. Langkah selanjutnya adalah verifikasi pendaftaran. Kode verifikasi akan dikirimkan ke nomor HP atau alamat email yang tadi didaftarkan. Tulis kode verifikasi dengan benar di kolom yang tersedia dan klik tombol verifikasi. Jika verifikasi benar, maka anda sudah bisa login ke mobile jkn.
  6. Untuk login ke Mobile JKN, pilih tombol login. Masukan nomor  kartu BPJS sebagai username dan password yang telah dibuat pada saat pendaftaran. Tulis kode capthca dengan benar dan terakhir klik login.
  7. Jika userid, password dan kode captcha yang dimasukan benar, anda akan masuk ke aplikasi Mobile JKN. Di sana ada beberapa menu utama seperti : Peserta, Tagihan, Pelayanan dan Umum.
  8. Menu peserta berisi sub menu : Peserta, Ubah Data Peserta, Kartu Peserta dan Pendaftaran Peserta,
  9. Menu Tagihan dan Sub Menunya. Disini kita bisa melihat besaran premi BPJS, melakukan pembayaran, melihat catatan pembayaran dan cek VA.
  10. Menu Pelayanan
  11. Menu Umum

Untuk Menu Tagihan,  jika anda adalah seorang PNS atau karyawan perusahan yang pembayaran iuran BPJSnya ditanggung pemerintah/perusahaan maka menu tersebut tidak bisa digunakan. 

Cara Menggunakan Mobile JKN Untuk Daftar Onilne BPJS Kesehatan

Pertama, Mobile JKN melayani pendaftaran dan perubahan data peserta. Sehingga, Anda tidak perlu ke kantor cabang BPJS untuk melakukan hal tersebut.

Kedua, aplikasi ini dapat memberikan informasi data peserta dan keluarga. Ketiga, Mobile JKN layani cek tagihan dan pembayaran iuran.

Keempat, Mobile JKN memberikan kemudahan mendapatkan layanan fasilitas kesehatan atau KIS digital. Dan, kelima, Anda dapat menyampaikan pengaduan dan permintaan informasi JKN KIS melalui aplikasi ini.

Wah, lengkap sekalikan Anda jadi tidak perlu repot lagi ke kantor BPJS Kesehatan.

Khusus untuk Anda yang ingin mendaftar sebagai peserta JKN, dapat mendaftar secara online dengan cara berikut :   

  • Anda download dan install aplikasi Mobile JKN melalui App Store atau Play Store. Setelah proses install selesai, Anda buka aplikasi tersebut.
  • Anda ketuk menu “Pendaftaran peserta baru” pada halaman utama Mobile JKN. Layar ponsel akan menampilkan halaman syarat dan ketentuan, Anda ketuk “Ya, setuju” pada halaman tersebut.
  • Anda masukkan nomor NIK KTP, copy kode captha, lalu ketuk “Selanjutnya”. Layar ponsel akan menampilkan daftar data keluarga dan Anda ketuk “Selanjutnya”.
  • Kemudian, Anda masukkan data diri sesuai yang tercatat di KTP dan ketuk “Selanjutnya”. Setelah itu, Anda pilih faskes (fasilitas kesehatan) dan faskes gigi.
  • Setelah itu, Anda masukkan alamat email (aktif) dan ketuk “Simpan”. Sistem JKN akan mengirimkan nomor verifikasi kepada Anda melalui email.
  • Anda buka pesan email tersebut dan salin nomor verifikasi ke Mobile JKN. Layar ponsel akan menampilkan data peserta yang berhasil didaftarkan. Anda akan menerima nomor virtual account melalui email. 
  • Kemudian, Anda lakukan pembayaran iuran sesuai dengan nomor virtual account. Anda dapat membayar iuran tersebut melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM), internet banking, atau tunai di bank, kantor pos, dan merchant BPJS.

Setelah proses pembayaran berhasil, Anda bisa mulai menggunakan mobile JKN. Cara diatas sangat mudah bukan? gratis dan tidak dipungut biaya apapun serta proses pendaftrannya yang lebih cepat dibandingkan jika kita harus datang langsung ke kantor BPJS dan menuggu lamanya antrian tentunya sangat tidak efisien. namun ada baiknya anda datang ke kantor BPJS Kesehatan untuk mencetak kartu BPJS dari pada anda harus mencetak kartu BPJS Sendiri.

Pos terkait