10 Cara Cek iPhone Asli atau Palsu dengan Mudah

Loading...

Teknisi Blogger – Cek iPhone Asli atau Palsu – Sejak awal berdirinya, iPhone telah menjadi smartphone kelas atas, dan versi terbarunya sudah ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Sampai saat ini, iPhone masih dianggap sebagai ponsel “mewah” namun tetap elok. Nyatanya, sebagian besar penggemar produk Apple rela antre atau memesan untuk mendapatkan seri iPhone terbaru.

Jangan kaget saat iPhone baru dijual seharga puluhan juta dolar. Sejak awal berdirinya, iPhone sudah dijual dengan harga tinggi. Hal ini menjadikan iPhone sebagai merek dagang untuk ponsel mahal yang mampu meningkatkan prestise. Nah, begitu banyak orang telah menuntut iPhone. Padahal, karena permintaan pasar yang sangat besar, kini beredar iPhone palsu. IPhone palsu adalah salinan super atau telepon yang sudah diperbaiki yang diproduksi oleh toko Apple yang tidak resmi.

Supercopy adalah tiruan yang sangat mirip dengan salinan aslinya. Refurbished adalah iPhone rekondisi, atau produk yang gagal diproduksi, tetapi telah diperbaiki agar terlihat seperti produk baru. Sekilas, tampilan iPhone KW ini memang sama persis dengan tampilan aslinya. Namun, selalu ada cara untuk memeriksa iPhone asli untuk membedakannya dari produk palsu.

Biasanya harga iPhone palsu lebih rendah dari harga aslinya. Misalnya, iPhone 6s yang diluncurkan beberapa waktu lalu dibanderol mulai Rp10.500.000 hingga Rp13.500.000 di dealer resmi Apple.

Namun beberapa website penjual smartphone KW hanya menyediakan 3-5 juta iPhone 6s. Nah, di sini Anda tidak akan tertarik dengan harga murah, karena biasanya itu adalah iPhone palsu atau rekondisi tidak resmi. Selain tidak bergaransi, smartphone bisa berjalan cepat hanya dalam beberapa bulan.

Karena itu, jika berencana membeli iPhone dalam waktu dekat, pastikan memilih iPhone yang asli. Ada beberapa cara untuk membedakan iPhone asli dari iPhone palsu.

10 Cara Cek iPhone Asli atau Palsu dengan Mudah
Loading...

Metode berikut dapat membantu Anda mengidentifikasi iPhone asli:

Material iPhone Berbeda dari yang Lain

Karena iPhone ditujukan untuk pasar kelas menengah ke atas, bisa dipastikan material canggih yang digunakan pada smartphone produksi Apple ini berbeda dengan smartphone lainnya. Kecuali iPhone 5c, hampir semua perangkat iPhone menggunakan bahan logam dan kaca berkualitas tinggi.

Bahan ini akan terasa sangat kuat di tangan Anda. Nah, iPhone palsu mungkin menggunakan bahan yang lebih rapuh. Jika Anda memperhatikan dengan cermat, Anda dapat dengan mudah melihat perbedaan signifikan antara iPhone asli dan palsu.

Baca juga Trik mempercepat Koneksi Internet

Hanya iPhone Asli yang Menggunakan Retina Display

Layar Retina adalah bagian dari produk Apple. Tentu saja, vendor lain tidak bisa menggunakan teknologi ini. Retina display adalah sebuah teknologi tampilan layar pada iPhone. Teknologi ini diperkenalkan di iPhone 4. Sejak saat itu, semua seri iPhone dilengkapi dengan layar retina ini.

Tampilan retina display sangat jernih dan halus. Matriks kecil di layar hanya dapat dilihat dari jarak dekat atau dengan bantuan kaca pembesar. Dengan kata lain, retina display memberikan resolusi tinggi untuk layar iPhone. Pada saat yang sama, iPhone Super Copy atau KW biasanya memiliki layar beresolusi rendah. Oleh karena itu, matriks piksel akan terlihat lebih jelas.

iTunes Hanya Mampu Mendeteksi iPhone Asli

Salah satu cara untuk memeriksa iPhone asli adalah dengan menghubungkan ponsel ke komputer dengan iTunes. Seperti yang kita ketahui bersama, iTunes merupakan aplikasi wajib yang digunakan untuk memasukkan lagu, video dan file lainnya ke dalam iPhone.

Jika iTunes dapat mendeteksi telepon yang ingin Anda sambungkan, Anda dapat menentukan bahwa itu adalah iPhone asli. Di sisi lain, jika iTunes tidak dapat membaca iPhone Anda yang terhubung ke komputer, Anda perlu mencurigai bahwa itu adalah iPhone palsu.

iPhone Asli Memiliki App Store

Untuk menguji keaslian iPhone, Anda harus membuka App Store melalui iPhone.

Jika Anda dapat menemukan dan membuka App Store, Anda dapat yakin bahwa iPhone tersebut asli. Namun, jika iPhone Anda tidak dapat mengaksesnya, Anda harus meragukan keasliannya.

Lebih buruk lagi, jika Anda menemukan Google Play Store atau Windows Phone Store di dalamnya, kami menjamin bahwa iPhone itu palsu. App Store adalah merek dagang Apple. Tentu saja, App Store hanya ada di iPhone, iPod atau iPad asli.

Screenshot Melalui Tombol Tertentu Pada iPhone

Mengambil screenshot di iPhone asli sebagai contoh, Anda hanya perlu menekan tombol “Home” dan “Lock” secara bersamaan. Tentu saja, iPhone palsu tidak dapat mengambil tangkapan layar dengan cara yang sama. Dengan cara ini, Anda dapat dengan cepat mengidentifikasi iPhone asli dan palsu.

Harga iPhone Palsu Terlampau Jauh Lebih Murah dari Aslinya

Soal harga, siapa sih yang tidak tertarik dengan iPhone 6s yang hanya dijual seharga 3 jutaan? Nyatanya, banyak orang yang rela membeli smartphone terbaru dari Apple ini seharga $ 7 juta. Namun, jika menemui penjual yang menawarkan iPhone dengan harga yang sangat murah, Anda patut curiga. Karena ini mungkin iPhone KW, perlu disalin atau diatur ulang.

Saat ini, masih ada pedagang nakal yang menjual iPhone palsu dengan harga setara iPhone asli. Nah, Anda perlu waspada dengan hal ini. Karena Anda perlu memeriksa iPhone asli atau palsu di atas.

Cek garansi iPhone Anda

Jika Anda membeli iPhone di toko resmi Apple atau distributor resmi Apple, Anda dapat yakin bahwa garansi iPhone itu asli. Anda dapat memeriksa keaslian garansi iPhone melalui informasi garansi yang tercantum di situs web resmi Apple atau di ponsel Anda.

Namun jika Anda membeli iPhone yang tidak ada jaminan resminya sebaiknya bertanya kepada penjual mengenai garansinya, karena selain ada garansi resmi, ada juga iPhone yang dijual dengan garansi dealer dan garansi toko. Jika penjual masih bersikeras bahwa garansi itu benar, dia harus segera mengecek garansi dengan ponsel yang akan dibeli.

Cek kesamaan IMEI di sistem, fisik, dan dus iPhone

Ketika Anda baru saja membeli iPhone, jangan lupa untuk memeriksa kesamaan IMEI yang ditemukan di kotak sistem, entitas, dan iPhone. Ciri khas iPhone asli tentu saja semua IMEI ada di sistem, secara fisik dan dalam satu kotak.

Cara mengecek iPhone asli dan palsu dengan nomor IMEI sebenarnya adalah cara termudah. Jika salah satu dari 3 bagian memiliki nomor IMEI yang berbeda, batalkan pembelian. Selain itu, Anda dapat memeriksa IMEI melalui iTunes.

Tidak ada slot memori eksternal

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa iPhone selalu menyediakan memori internal yang besar? Padahal, iPhone baru-baru ini merilis varian memori internal 256GB. Ini adalah kapasitas penyimpanan smartphone yang sangat besar.

Apple sengaja memberikan kapasitas penyimpanan internal yang lebih besar, karena iPhone tidak dibekali slot penyimpanan eksternal. Ini sangat berbeda dengan smartphone Android masa kini yang tentunya menawarkan slot penyimpanan eksternal hingga 64GB. Apple yakin bahwa memori internal yang disediakan cukup untuk menyimpan berbagai data pengguna. Oleh karena itu, jika Anda menemukan iPhone dengan slot penyimpanan eksternal, itu berarti Anda harus menyadari bahwa iPhone adalah produk palsu.

Cek fitur iPhone yang akan dibeli

Dapat dipastikan bahwa semua seri iPhone 5s dan versi yang lebih baru dilengkapi dengan sidik jari. Jika Anda membeli iPhone 7s, tetapi tidak ada fungsi sidik jari, bisa jadi iPhone yang Anda beli itu palsu. Selain itu, iPhone adalah ponsel dengan kartu SIM, yaitu ponsel yang hanya dapat menggunakan satu kartu SIM.

Jika Anda menemukan iPhone dengan kemampuan dual SIM card, kami dapat memastikan bahwa iPhone tersebut adalah produk palsu. Apalagi jika iPhone memiliki fitur-fitur aneh yang tidak dimiliki iPhone (seperti TV analog, dll), maka sebaiknya Anda tidak membeli iPhone karena iPhone asli mungkin tidak memiliki fitur tersebut. Saat Anda langsung memegang iPhone untuk diperiksa, Anda harus melakukan metode pemeriksaan iPhone asli ini.

Karena ada banyak iPhone palsu di pasaran, Anda harus ekstra hati-hati saat membeli iPhone secara online. Alasannya adalah ketika Anda membeli secara online, Anda sebenarnya tidak dapat memeriksa iPhone. Untuk keamanan lebih, sangat disarankan agar Anda membeli iPhone dari dealer resmi Apple di Indonesia. Meskipun Anda membeli di toko Apple resmi, periksa untuk membedakan antara iPhone asli dan palsu.

Agar tidak mudah tertipu, Anda juga bisa melihat daftar merk iPhone palsu yang sedang beredar di artikel ini. Silakan baca artikel ini agar Anda dapat memahami merek, fitur, dan berbagai fitur replika iPhone.

Ada banyak cara untuk mengecek iPhone asli. Anda juga dapat membedakan antara iPhone asli dan palsu dengan imei iPhone. Oleh karena itu, sangat disarankan agar Anda sendiri memeriksa fisik, spesifikasi, dan bahan untuk membeli iPhone secara offline.

Loading...

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *