Tekno

Cara Mengetahui Nomor PUK Telkomsel 2021

Loading...

Apa Itu Kode PUK? Bagaimana Cara Mengetahui Kode PUK Telkomsel – Dalam masing masing kartu SIM tentunya memiliki pengaturan mengenai SIM Card lock. Pengaturan ini menggunakan PIN lock tertentu yang dimasukkan ketika PIN tertentu diminta. Akan tetapi jika PIN ini salah dimasukkan sebanyak 3 kali, maka PUK akan diminta dan SIM Card terkunci. Apa itu kode PUK Telkomsel itu? Bagaimana cara membuka kode PUK Telkomsel itu? Apa kode PUK Telkomsel dapat diperoleh? Apa fungsi kode PUK Telkomsel itu? PUK (Personal Unblocking Key) ialah kode unik yang digunakan untuk membuka kartu SIM terblokir dari operator dikarenakan nomor PIN nya lupa. Kartu SIM yang terblokir ini dapat dibuka menggunakan kode PUK tersebut. Akan tetapi anda harus mengetahui kode tersebut pada masing masing operator Telkomsel yang digunakan.

Baca juga Cara Transfer Kuota Telkomsel

Bagaimana cara mengetahui Nomor PUK?

Dengan bantuan Veronika, asisten virtual Telkomsel, Anda bisa mendapatkan Nomor PUK dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi Asisten Virtual Veronika di kanal-kanal aplikasi berikut:
    • LINE: tsel.me/lineVA2
    • Facebook Messenger: tsel.me/fbV2
    • Telegram: tsel.me/telegramVA2  
    • Situs Web: www.telkomsel.com
    • WhatsApp: tsel.me/wa2
    • Aplikasi MyTelkomsel: my.telkomsel.com/app/chatbot
  2. Ketik “Hai”
  3. Ketik “Info PUK”
  4. Masukkan nomor Telkomsel Anda
  5. Masukkan Kode Verifikasi (OTP)]
  6. Pilih salah satu metode verifikasi yang diinginkan, “PIN T-Care”, “Nomor Telepon” atau “Tanggal Lahir”
  7. Asisten Virtual Telkomsel akan mengirimkan Informasi PUK Anda

Biasanya kode tersebut dibutuhkan ketika pengguna telah memasukkan nomor PIN yang salah sebanyak tiga kali, maka setelahnya kartu akan terblokir. Dan dengan mengetahui kode PUK sangat dibutuhkan jika dalam keadaan seperti itu, karena dapat membuka kembali nomor PIN. Dan karena banyaknya pengguna yang mengalami hal tersebut, maka berikut ini akan dibahas mengenai cara tersebut, termasuk kartu SimPATI, AS, hingga Loop.

Kode Puk Telkomsel Melalui Layanan Website

Kode-PUK-AS
Loading...

Langkah pertama, kode PUK Pada kartu Telkomsel bisa diakses melalui situs web My Telkomsel, lalu masukkan nomor dan PIN T-Care pengguna. Cara melakukannya adalah dengan memilih menu profil serta menu PUK.

Hubungi Layanan Call Center Telkomsel

layanan-call-center

Selain itu, kode PUK bisa juga didapatkan melalui call center Telkomsel di 188, dengan memasukkan PIN T-Care. Caranya dengan memilih menu “Lanjutkan” dengan nomor PIN yang sama pula. Setelah itu, klik pengaturan profil, lalu akan ada menu PUK yang harus di klik. Sebelum melakukan proses tersebut, biasanya pengguna akan dimintai keterangan kartu. Dan untuk para pengguna, harus dipastikan terlebih dulu bahwa data yang dimiliki sudah valid, seperti contohnya akan ditanyakan mengenai kali terakhir isi ulang pulsa, nama lengkap, serta NIK ketika melakukan registrasi kartu.

Baca juga Trik Dapat Pulsa gratis telkomsel 50.000

Kunjungi GraPARI Telkomsel

GraPARI

Langkah ketiga dalam pembahasan ini, pengguna juga bisa mengaktifkan kode PUK dengan mengunjungi gerai Telkomsel atau GraPARI. Jika kamu mengunjungi gerai, maka akan dilayani oleh customer service untuk menuntunmu melakukan aktivasi ulang pada kartu SIM yang telah diblokir. Cara yang satu ini terbilang efektif dari segi keamanan dan kepercayaannya, karena kita akan secara langsung bertatap muka dan berlayanan dengan pihak CS Telkomsel.

Baca juga cara ubah Kuota Chat Telkomsel

Hubungi Layanan Resmi Media Sosial

Kode-PUK-Simpati

Selanjutnya, ada cara mendapatkan kode PUK Telkomsel lain yang lebih efektif lagi. Yaitu dengan melalui layanan official atau resmi pada media sosial yang dimiliki oleh Telkomsel. Akun media sosial tesebut akan aktif dan tersedia selama 24 jam untuk para pelanggannya, sehingga bisa mereka lakukan kapan saja. Cara mendapatkan kode PUK melalui media sosial resmi atau melalui Asisten Virtual Telkomsel, bisa kamu lakukan dengan mengunjungi akun resmi Telkomsel, baik itu melalui Facebook Messenger, Line, Telegram, WhatsApp, dan berbagai platform lainnya.

Terutama jika menggunakan layanan chatting pendukung seperti Line dan Facebook Messenger, pengguna bisa langsung mengetik “hai”. Lalu setelah itu memilih menu “Lihat Menu Utama”, dan disana akan terdapat “Info PUK” yang terdapat pada menu profil. Jika sudah, maka bisa memasukkan nomor Telkomsel, dan masukkan pula kode verifikasi (OTP). Selanjutnya pilih metode verifikasi yang pengguna inginkan, misalnya “PIN T-Care” atau “Nomor Telepon”. Jika semua proses telah diikuti, maka Asisten Virtual Telkomsel akan mengirimkan informasi dan kode PUK.

Biasanya untuk mendapatkan PUK melalui aplikasi chatting, kamu harus mengakses terlebih dulu link official Telkomsel. Dan untuk membuka link tersebut, disarankan untuk membukanya dari HP lain yang tidak terblokir. Sebelum pengguna membuka blokiran atau mendapatkan informasi seputar PUK, pastikan juga aplikasi yang akan kamu gunakan seperti Line, Mesengger, atau Telegram telah diunduh dan dipasang di HP.

Dan perlu diketahui pula jika kamu diminta untuk memasukkan kode PUK satu saja, maka bisa masukkan atau ketikkan kode PUK1. Jika kode yang kamu dapatkan salah, itu artinya sebelumnya kamu pernah mengganti kartu SIM Telkomsel dengan nomor yang sama. Jika begitu, kamu bisa masukkan kode ‘PUK Standar’, yaitu 12345678. Apabila telah sukses memasukkan nomor PUK, selanjutnya pengguna akan diminta nomor PIN juga.

Baca juga kode gratis Internet telkomsel seumur hidup

Gunakan Layanan Kode Dial *116#

Kode-PUK-Simpati-Loop

Langkah kelima yang bisa kamu pilih untuk mendapatkan kode PUK kartu Telkomsel adalah dengan menggunakan nomor milikmu yang lain, caranya dengan melakukan dial kode UMB *116# dan memilih menu PUK. Jika sudah, kamu dapat memasukkan nomor yang sebelumnya telah terblokir. Kamu bisa masukkan nomor yang terdiri dari 16 digit kode, yang tertera di belakang kartu SIM Telkomsel, baik itu kartu SimPATI, AS, atau Loop.

Apa fungsi kode PUK Telkomsel itu?

Bagaimana cara mendapatkan kode PUK Telkomsel? Apa fungsi kode PUK Telkomsel itu? Personal Unblocking Key atau PUK memang merupakan kode dari operator yang cukup unik untuk membuka terblokirnya kartu SIM dikarenakan nomor PIN dilupakan oleh penggunanya. Untuk itulah fungsi utama kode PUK Telkomsel tersebut ialah untuk membuka kartu SIM yang terblokir. Masing masing operator seluler tentunya menyediakan kode PUK yang berbeda beda. Untuk itulah kode PUK Telkomsel dan kode PUK Indosat yang dimiliki tentunya tidak dapat disamakan. Meski kode PUKnya berbeda, namun fungsinya hampir sama. 

Kode PUK ini biasanya diperlukan ketika nomor PIN yang dimasukkan oleh pengguna sebanyak tiga kali tidak cocok/salah. Setelah kode yang dimasukkan salah, kemudian akan terjadi pemblokiran kartu dari pihak operatornya. Untuk mengatasi masalah seperti ini biasanya membutuhkan kode PUK yang harus dibuka agar nomor PIN yang digunakan dapat dibuka kembali. Masalah seperti ini tentunya juga pernah dialami oleh pengguna Telkomsel, baik pada kartu Loop, Simpati ataupun As. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara mendapatkan kode PUK Telkomsel beserta fungsi kode PUK telkomsel. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Kode PUK atau Personal Unblocking Key adalah kode unik yang disediakan operator untuk membuka kartu SIM yang telah terblokir karena lupa nomor PIN. Dengan mengetahui kode PUK, kartu SIM yang terblokir karena salah memasukkan nomor PIN selama tiga kali kemudian dapat dibuka kembali.

Sekarang ini Sepulsa memuat mengenai cara mengetahui kode PUK di tanah air seperti Telkomsel, Indosat, XL, 3, Smartfren. Untuk mengetahui kode PUK ini sebenarnya sangatlah mudah. Anda tidak perlu repot untuk datang ke galeri operator. Berikut ini cara mendapatkan nomor PUK dibawah ini.

Baca juga Paket Telkomsel murah 10 rupiah

Cara Mengetahui Kode PUK Telkomsel 2021

Anda dapat mengetahui nomor atau kode PUK Anda melalui situs website MyTelkomsel demgan memasukkan nomor dan PIN T-Care Anda, caranya pilih menu profil dan menu kode PUK. Melalui call center Telkomsel, 188 dengan memasukkan PIN T-Care dengan cara pilih menu lanjutkan dengan nomor yang sama, pengaturan profile, lalu pilih menu PUK.

Baca Juga kode telkomsel *888# Paket Nelpon Murah

6 Cara Mendapatkan Kode PUK Telkomsel

Untuk memperoleh kode PUK telkomsel dapat dilakukan melalui Fb Messenger, Telegram atau Line dengan cara menghubungi Asisten Virtual Telkomselnya. Setelah itu anda tinggal mengikuti langkah langkah berikutnya sesuai dengan perintah hingga nomor PUK ini dapat diperoleh. Setiap operator Telekomunikasi di Indonesia memang menyediakan kode Personal Unblocking Key (PUK) yang berbeda beda. Kode ini dialih fungsikan sebagai pembuka nomor PIN yang telah terblokir.

Kartu SIM yang terblokir dikarenakan nomor PIN yang salah dimasukkan sebanyak tiga kali ini memang dapat dibuka menggunakan kode PUK. Sebelum membagikan cara membuka kode PUK yang terblokir tersebut, alangkah baiknya jika anda mengetahui fungsi kode PUK Telkomsel terlebih dahulu. Cara mendapatkan kode PUK Telkomsel dapat dilakukan melalui FB Messenger, Line ataupun Telegram. Adapun penjelasannya yaitu sebagai berikut:

Kode PUK Melalui Line

Cara mengetahui kode PUK Telkomsel yang pertama dapat dilakukan melalui Line. Adapun langkah langkahnya yaitu:

  • Langkah pertama yaitu pasang aplikasi Line pada smartphone anda.
  • Setelah itu gunakan Chrome di HP untuk membuka link http://tsel.me/lineVA .
  • Kemudian klik Open Line dan pilih Add.
Cara Mendapatkan Kode PUK Telkomsel Beserta Fungsi
  • Temukan Profil Line anda dengan menggesernya ke kiri. Lalu klik Lihat Menu Utama dan pilih Info PUK.
Cara Mendapatkan Kode PUK Telkomsel Beserta Fungsi
  • Lalu nomor HP yang terblokir dimasukkan dalam kolom yang disediakan.
  • Pilih Nomor Telepon untuk memverifikasi nomor telepon.
Cara Mendapatkan Kode PUK Telkomsel Beserta Fungsi
  • Kemudian masukkan tiga nomor HP dalam satu bulan terakhir yang paling sering dihubungi. Masukkan nomor dengan format 08xxx, 08xxx, 08xxx. Gunakan tanda koma “, “, untuk memisahkan masing masing nomornya.
Cara Mendapatkan Kode PUK Telkomsel Beserta Fungsi
  • Info PUK1 dan PUK2 dapat diperoleh jika nomor yang anda masukkan benar. Gunakan kode PUK ini untuk membuka blokir kartu SIM anda.
Cara Mendapatkan Kode PUK Telkomsel Beserta Fungsi

baca Juga kode smartfren Voucher gratis

Kode PUK Melalui Facebook Messenger

Cara membuka kode PUK Telkomsel karena PIN terblokir selanjutnya dapat dilakukan melalui fb messenger. Adapun cara mendapatkan kode PUK Telkomsel melalui facebook messenger yaitu sebagai berikut:

  • Langkah pertama yaitu memasang facebook messenger terlebih dahulu.
  • Kemudian gunakan chrome di handphone untuk membuka link http://m.me/telkomsel.
  • Ketikkan Hai dan pilih pada opsi Lihat Menu Utama.
Cara Mendapatkan Kode PUK Telkomsel Beserta Fungsi
  • Temukan profil anda dengan menggesernya ke kiri dan klik Info PUK.
Cara Mendapatkan Kode PUK Telkomsel Beserta Fungsi
  • Verifikasi Nomor Telepon dengan memasukkan nomor HP yang diblokir.
Cara Mendapatkan Kode PUK Telkomsel Beserta Fungsi
  • Setelah itu tiga nomor HP pada satu bulan terakhir ini yang sering dihubungi dimasukkan menggunakan format 08xxx, 08xxx, 08xxx. Gunakan tanda “, “, untuk memisahkan masing masing nomornya.
Cara Mendapatkan Kode PUK Telkomsel Beserta Fungsi
  • Info PUK1 dan PUK2 dapat diperoleh apabila anda benar dalam memasukkan nomor yang terblokir kartu SIMnya.

Kode PUK Melalui Telegram

Cara mendapatkan kode PUK Telkomsel karena pin diblokir selanjutnya dapat melalui telegram. Adapun cara membuka kode PUK Telkomsel melalui Telegram yaitu sebagai berikut:

  • Langkah pertama yaitu memasang aplikasi Telegram terlebih dahulu.
  • Setelah itu gunakan Chrome di HP untuk membuka link https://t.me/telkomsel_official_bot.
  • Pilih Start dan klik Lihat Menu Utama.
  • Tekan profil anda dan pilih Info PUK.
  • Kemudian verifikasi nomor Telepon dengan memasukkan nomor HP yang diblokir.
  • Masukkan 3 nomor HP dalam satu bulan terakhir ini yang paling sering dihubungi menggunakan format 08xxx, 08xxx, 08xxx. Gunakan tanda “, “, untuk memisahkan masing masing nomor.
  • Info PUK1 dan PUK2 akan diperoleh jika anda benar memasukkan nomor SIM yang terblokir itu.

Catataan:

  • Gunakan HP teman atau HP lain yang tidak diblokir untuk membuka link di atas.
  • Usahakan aplikasi Line, FB Messenger atau Telegram sudah dipasang terlebih dahulu sebelum menerapkan cara mendapatkan kode PUK Telkomsel karena PIN diblokir ini.
  • Masukkan kode PUK1 saja jika hanya 1 kode yang diminta untuk dimasukkan.
  • Masukkan kode PUK Standar berupa 12345678 apabila salah memperoleh kode PUK1. Hal ini disebabkan kartu SIM pernah anda ganti menggunakan nomor yang sama.
  • Masukkan nomor PIN standar yakni 1234 jika nomor PIN anda tida diketahui karena nantinya nomor PIN akan diminta setelah memasukkan kode PUK.

Fungsi Kode PIN dan PUK Telkomsel

Cara Mengetahui Nomor PUK Telkomsel 2021

Setelah membagikan cara mendapatkan kode PUK Telkomsel melalui Facebook Messenger, Line dan Telegram di atas. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang fungsi dari kode PUK dan PIN tersebut. Personal Identification Number (PIN) berfungsi untuk membuat kartu SIM terlindungi dari berbagai penggunaan yang salah atau tidak sah. Ketika kartu SIM dimasukkan dan akan digunakan, maka biasanya anda akan diminta untuk memasukkan PIN. Kode PIN ini diperoleh ketika kartu SIM diterima, dimana kodenya terdiri dari 4 – 8 digit angka.

PIN (Personal Identification Number) berfungsi untuk melindungi kartu SIM dari bentuk penggunaan yang tidak sah atau salah. PIN biasanya akan diminta ketika kamu memasukkan kartu SIM dan mulai digunakan. Kode PIN biasanya terdiri dari 4 sampai 8 angka saja, yang akan diterima bersamaan dengan katu SIM.

Kemudian fungsi kode PUK Telkomsel ialah untuk membuat kode PIN yang diblokir dapat diubah kembali. PUK masih dapat dibagi menjadi beberapa macam seperti kode PUK2 dan PUK1. PUK dan PIN ini tidak dapat dipisahkan satu sama lain karena termasuk satu kesatuan. Jika sebanyak tiga kali berturut turut anda memasukkan kode PIN yang salah, maka kartu SIM akan diblokir. Namun pemblokian ini dapat dibuka menggunakan kode PUK yang tersedia. Kode PUK sendiri diartikan sebagai pembuka penguncian atau blokiran.

Lalu ada kode PUK (Personal Unblocking Key), yang mana berfungsi sebagai alat untuk membantu mengubah kode PIN yang terblokir. PUK juga terdiri dari beberapa jenis yang diantaranya ada UPUK yang berfungsi untuk mengubah kode PIN, kode PUK2 yang digunakan untuk mengubah kode PIN2 yang diblokir.

Kedua jenis kode tersebut merupakan satu kesatuan penting yang tidak dapat terpisahkan. Kode PUK sangat membantu jika pengguna salah dalam memasukkan kode PIN tiga kali berturut-turut, dan akan berujung pada pemblokiran. Dan istilahnya, kode PUK tersebut sebagai pembuka blokiran atau penguncian.

Itulah penjelasan mengenai berbagai macam cara mendapatkan kode PUK Telkomsel yang bisa dilakukan melalui banyak jalan. Dengan begitu, kamu sudah tidak akan bingung jika tiba-tiba mengalami pemblokiran PIN.

Sumber https://daftarpaket.co.id/kode-puk-telkomsel/

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button