Aplikasi Pengolah Angka Fungsi Dan Jenisnya

Loading...

PENGERTIANAplikasi pengolah angka atau spreadsheet merupakan aplikasi yang digunakan untuk membantu seseorang dalam mengerjakan tugas yang melibatkan banyak angka. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai jenis fungsi untuk melakukan perhitungan. Perangkat aplikasi pengolah angka adalah program yang difungsikan untuk mengolah data berupa angka.

Kemampuan aplikasi ini, antara lain: pembuatan tabel data, pengolahan data dengan melibatkan penggunaan rumus, grafik, database, dan lain-lain. Dalam hal ini, angka yang sering muncul di bidang bisnis, ilmiah, perencanaan, pembuatan statistik, pembuatan lembar kerja, pengelolaan angka untuk perhitungan sebuah data (basis data) dan grafik.

Aplikasi pengolah angka juga dilengkapi dengan fitur-fitur untuk menyajikan data seperti sort (pengurutan data), filter (penyaringan data), chart (grafik), formula (rumus), dan sebagainya. Dengan fasilitas sort, data dapat dengan mudah diurutkan berdasar kriteria tertentu. Fasilitas filter memberikan kemudahan untuk menampilkan sejumlah data dari keseluruhan data yang diolah.

Fasilitas chart digunakan untuk menyajikan data dalam bentuk grafik se- hingga lebih mudah dimengerti. Adapun fasilitas formula memungkinkan kita untuk mengolah data sesuai dengan kebutuhan kita. Fasilitas formula memberikan kemudahan di dalam melakukan perhitungan-perhitungan kompleks.

Baca Juga Aplikasi Get Contact

Sebutkan minumal 20 jenis aplikasi pengolahan angka dan jelaskan masing-masing

1. Kspread
Kspread adalah aplikasi pengolah angka yang bersifat open source dan multiplatform. Open Source berarti kita dapat mendownload secara gratis dari internet dan menggunakannya secara bebas.

2. Star Office Calc
Star Office Calc merupakan aplikasi pengolah angka yang dikembangkan oleh Sun Microsystem. Star Office Calc adalah aplikasi pengolah angka yang bersifat multiplatform, yang berarti dapat dijalankan di berbagai sistem operasi termasuk Linux, Solaris, Unix, dan Windows.

3. Open Office Calc
Open Office Calc adalah program spreadsheet yang dapat dipergunakan untuk membuat daftar memelihara record, dan menganalisis data. Open Office Calc dapat digunakan untuk mengelola data dalam bentuk spreadsheet, menggunakan rumus untuk melakukan perhitungan data, dan menampilkan hasil dalam bentuk grafik. Dokumen Open Office Calc disebut spreadsheet. Pada saat membuka spreadsheet baru akan disediakan 3 sheets, yaitu Sheet1, Sheet2, Sheet3, dan kita dapat menambah atau mengurangi sheet yang ada.

Aplikasi ini didistribusikan bersama paket program Open Office.org yang bersifat open source (untuk mengetahui lebih lanjut tentang software open source, kunjungi http://www.opensource. org). Penggunaan yang mudah, fitur yang lengkap, kompatibilitas yang luas, serta harga yang relatif murah adalah faktor-faktor yang dimiliki Open Office.org Calc dan sangat berpengaruh dalam merebut pasar.

Bukan hanya itu, dokumen yang dibuat dengan Open Office.org Calc relatif aman dari serangan virus pun menjadi poin tersendiri untuk menarik perhatian pasar. Ditambah lagi, Open Office.org Calc tidak hanya dapat berjalan di atas sistem Windows, tetapi juga dapat berjalan di atas sistem Linux yang baru-baru ini semakin diminati masyarakat. Dengan semakin banyaknya pengguna Open Office.org Calc, aplikasi ini telah menjadi pesaing bagi Microsoft Office Excel.

Baca Juga Sumber Energi Panas

Dokumen yang dibuat dengan menggunakan Open Office.org Calc mempunyai format .ods. Namun dokumen tersebut dapat juga disimpan dalam format .sxc, .dif, .dbf, .xls, .sdc, .slk, csv, .xml, .html, dan .pxl. Bahkan Open Office.org Calc versi 3.1 sudah mampu mengenali dokumen de- ngan format .xlsx. Informasi lebih lanjut mengenai aplikasi ini dapat diperoleh di http://www.openoffice.org. Kita juga dapat mendownload aplikasi ini melalui situs tersebut.

4. GNOME Office – Gnumeric 
GNumeric merupakan aplikasi pengolah angka yang terdapat pada sistem Linux dengan desktop environment GNOME. Aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan aplikasi pengolah angka lainnya. GNumeric dilengkapi dengan fitur-fitur standar aplikasi pengolah angka seperti fungsi, sort, filter, dan chart. Aplikasi ini jarang digunakan di masyarakat Indonesia karena sistem Linux sendiri jarang di- gunakan. Selain itu, para pengguna sistem Linux pun lebih memilih Open Office.org Calc. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang aplikasi pengolah angka GNumeric, kita dapat mengunjungi situs http://www.gnome.org/gnumeric.

Selain ketiga jenis aplikasi pengolah angka tersebut, masih banyak aplikasi pengolah angka yang dapat digunakan. Tiap aplikasi mempunyai kelebihan dan kekurangan. Untuk itu, kita tidak perlu mempelajari semua jenis aplikasi pengolah angka. Kita cukup mempelajari salah satu aplikasi, terutama aplikasi yang umum digunakan di masyarakat.

5. Abacus
Abacus adalah aplikasi pengolah angka yang hanya membutuhkan memori kecil dan sangat mudah digunakan. Awalnya Abacus dikembangkan sebagai proyek mahasiswa di Universitas IST, Portugal di bawah bimbingan Prof. Arlindo Oliveira.

6. Lotus 123 
Lotus 123 merupakan aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan IBM. Lotus 123 dikeluarkan dalam satu paket bersama-sama aplikasi Office lainya dan dikenal dengan nama Lotus SmartSuite. Lotus 123 merupakan program spreadsheet yang bekerja di bawah kendali sistem operasi DOS Namun pada perkembangan terakhir program lotus mulai digunakan pada program Windows dengar hadirnya software Lotus 123 for Windows. Program ini sempat tenar dan banyak digunakan oleh masyarakat dunia di era tahun 80-an.

7. Microsoft Excel 
Microsoft Office Excel merupakan aplikasi pengolah angka yang sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia. Aplikasi ini dibuat oleh Microsoft Corporation dan didistribusikan bersama dengan paket program Microsoft Office dan tidak berada dalam satu paket sistem operasi Windows. Dengan demikian, untuk dapat menggunakan aplikasi ini, kita harus menginstalnya terlebih dahulu ke dalam sistem komputer yang kita gunakan.

Seperti halnya aplikasi pengolah kata Microsoft Office Word, aplikasi pengolah angka Microsoft Office Excel juga berkembang dari satu versi ke versi yang lebih tinggi. Perkembangan dari satu versi ke versi berikutnya selalu di- ikuti oleh perkembangan fitur dan kemudahan pengoperasiannya. Tentu saja perkembangan tersebut disebabkan oleh banyak faktor seperti kepuasan pelanggan, persaingan dengan perusahaan lain, dan pengenalan fasilitas khusus yang menjadi ciri khas aplikasi ini.

Dokumen yang dibuat dengan menggunakan aplikasi Microsoft Office Excel versi 2003 dan sebelumnya mempu- nyai format .xls. Sedangkan dokumen yang dibuat dengan menggunakan Microsoft Office Excel versi 2007 mempunyai format .xlsx. Namun dokumen tersebut dapat juga di- simpan dalam format .xml, .html, .txt, .csv, .dif, dan .slk.

Dengan pesatnya perkembangan teknologi, semakin banyak aplikasi yang dirancang untuk mempromosikan pekerjaan manusia. Salah satunya adalah aplikasi pengolah digital. Adanya aplikasi untuk mengolah angka tersebut sangat penting dan membantu pekerjaan manusia khususnya pekerjaan yang berhubungan dengan angka dan pengolahan data lainnya. Adanya aplikasi yang dikembangkan oleh perangkat komputer merupakan faktor pendukung yang sangat penting yang menunjang pekerjaan banyak departemen. Dilengkapi dengan aplikasi untuk memproses angka-angka ini, Anda tidak perlu membuat laporan secara manual, yang mungkin membutuhkan waktu beberapa saat.

Dalam dunia industri, seperti di bidang keuangan, perbankan, akuntansi, analisis data, dan lain-lain, keberadaan aplikasi pengolahan digital memegang peranan yang sangat penting. Berbekal aplikasi ini, akan membuat pekerjaan Anda semakin ideal.

Baca Juga Rekomendasi 5 Aplikasi Screen Recorder Untuk PC Terbaik

Pengertian Aplikasi Pengolah Angka

Aplikasi Pengolah Angka Fungsi Dan Jenisnya
Loading...

Sebelum membahas jenis-jenis aplikasi pengolah digital lebih jauh, tidak salah untuk mengulas tentang pengertian aplikasi tersebut. Memahami arti dari aplikasi ini kedepannya akan memudahkan pembaca semua untuk mengeksplorasi dan memahami lebih banyak lagi informasi mengenai arti bahkan fungsi dari aplikasi ini. Aplikasi yang digunakan untuk mengolah angka atau yang lebih luas disebut Spreadsheets pada dasarnya adalah aplikasi atau program komputer, biasanya digunakan untuk memanipulasi, menangkap, menghitung bahkan menampilkan data yang tersusun dalam kolom dan baris, sehingga mudah dalam pengaturan dan Pengaturan.

Aplikasi pengolah angka atau spreadsheet itu sendiri dapat digunakan untuk berbagai macam tugas, diantaranya membuat laporan keuangan, laporan penjualan, pembelian, rumus perhitungan, formulir lembar kerja, analisis data, dan masih banyak lagi keperluan lain yang dapat menggunakan aplikasi ini. Apakah aplikasi memproses nomor yang sama dengan aplikasi database? Tidak. Pada dasarnya kedua hal di atas adalah dua hal. Apalagi jika melihat definisi dari aplikasi atau spreadsheet pengolah digital yang sudah disebutkan di atas, Anda bisa melihat bahwa kedua entitas ini adalah dua hal yang berbeda dan tidak berkaitan satu sama lain.

Baca Juga Twibbon Harlah NU 2021

Formulir elektronik tidak menyediakan keberadaan fungsi kueri database. Selain itu, spreadsheet tidak menyediakan item data dan struktur data yang dapat ditandai sebagai database. Dari poin ini, dapat dikatakan bahwa aplikasi yang berhubungan dengan angka dan database adalah dua hal. Sebagai salah satu aplikasi komputer yang paling berguna, mungkin hanya sedikit orang yang ingin tahu siapa yang menemukan aplikasi ini untuk memproses angka. Sebagai informasi, Bob Frankston dan rekannya Daniel Bricklin adalah pengembang pertama yang menangani aplikasi digital (spreadsheet). Kedua angka ini merupakan pionir dalam pengembangan spreadsheet melalui aplikasi bernama VisiCalc.

Setelah perkembangan ini, keberadaan berbagai program pengolahan digital semakin berkembang. Akhirnya, semakin banyak pengembang telah mengembangkan aplikasi untuk memproses angka. Adanya berbagai aplikasi pengolah digital tersebut membuat pekerjaan manual dengan urusan dan urusan kantor yang melibatkan data, grafik, dan analisis menjadi lebih mudah.

Baca Juga Rekomendasi 10 Aplikasi Survey Online Penghasil Uang 2021

Fungsi Aplikasi Pengolah Angka

Setelah memahami arti dari sebuah aplikasi pengolah digital, bagian selanjutnya yang tidak kalah pentingnya bagi Anda adalah tentang fungsi aplikasi tersebut. Secara umum, aplikasi yang berhubungan dengan angka memiliki fungsi utama untuk mengolah data yang direpresentasikan dalam angka. Sebagai penjelasan spesifiknya, berikut beberapa fungsi aplikasi pengolah digital yang perlu Anda ketahui dan perhatikan.

Pembuat Tabel Data

Seperti yang Anda ketahui, sektor bisnis dan industri tertentu perlu menghasilkan konten yang beragam, seperti laporan. Biasanya salah satu bentuk representasi adalah dengan menggunakan tabel data. Agar dapat dengan mudah menyajikan berbagai jenis tabel data maka digunakan aplikasi pengolah digital yang disebut juga spreadsheet ini.

Pengolah dan Dapat Membuat Grafik

Fungsi penting berikutnya dari sebuah aplikasi yang perlu Anda pahami adalah dapat digunakan sebagai cara untuk mengelola angka dan menampilkannya dalam bentuk grafik. Tidak dapat dipungkiri, angka dan data adalah dua hal yang sangat penting dalam dunia bisnis. Dengan entitas tersebut, Anda dapat menampilkan segala macam hal penting, termasuk hal-hal yang berkaitan dengan bisnis dan industri yang Anda kelola. Dengan menggunakan aplikasi pengolah digital, Anda dapat mengatur angka dengan lebih mudah dan menampilkannya dalam bentuk grafik sehingga angka tersebut terlihat lebih menarik dan mudah dipahami bahkan oleh orang awam sekalipun. Fitur ini sangat penting jika pekerjaan atau profesi Anda sering bersinggungan dengan penyajian grafik, diagram, atau hal lainnya.

Baca Juga Aplikasi Signal Private Messenger

Membantu dalam Dunia Statistik

Tentunya berbicara tentang angka, data, grafik, dll tidak lepas dari statistik. Hal tersebut dikarenakan beberapa entitas di atas juga terhubung dengan bidang statistik. Tentu saja, ketika Anda bekerja di bidang statistik, Anda tidak dapat memisahkannya dari aplikasi pengolah nama. Pasalnya, dengan adanya aplikasi ini akan memudahkan Anda dalam mengelola dan mengolah berbagai nomor dan data yang telah ditampilkan. Dengan aplikasi ini, Anda tidak perlu repot mengolah dan menampilkan data secara manual, karena teknologi digital dapat mempermudah pekerjaan Anda.

Membuat Laporan Terorganisir

Fungsi dari aplikasi pengolah digital selanjutnya adalah dapat digunakan untuk membuat LKS yang rapi dan teratur. Spreadsheet adalah lembar kerja dalam format baris dan kolom. Dengan menggunakan bentuk seperti ini, Anda dapat membuat berbagai jenis lembar kerja, kemudian menyimpannya dengan rapi dan mengaturnya dalam file yang mudah diakses dan digunakan. Lembar kerja yang rapi dan tertata rapi ini akan membuat pekerjaan Anda dalam mengelola dan mengolah data dan angka menjadi lebih mudah dan maksimal. Selain itu, dengan menggunakan aplikasi untuk mengolah angka tersebut, prosesnya menjadi lebih mudah dan praktis.

Mengkaji Ilmiah

Aplikasi pengolah angka memiliki fungsi yang cukup luas. Lembar kerja ini dapat digunakan di berbagai bidang seperti organisasi perkantoran, akuntansi, dan bisnis. Bahkan aplikasi yang menangani angka ini dapat digunakan di bidang penelitian ilmiah. Seperti yang Anda ketahui, dalam bidang ilmu biasanya melibatkan proses penelitian yang menghasilkan berbagai data dan angka. Data penelitian biasanya disajikan dalam bentuk angka-angka tersebut, yang dapat diolah dengan lebih mudah, praktis dan efektif dengan menggunakan aplikasi untuk mengolah angka. Oleh karena itu, hasil penelitian ilmiah dapat lebih mudah disajikan dalam bentuk data olahan.

Membangun Perencanaan

Sebelum melakukan operasi atau membangun apapun, sebaiknya rencanakan dengan matang agar operasi yang akan dilakukan dapat berjalan dengan lancar dan optimal. Kini dilengkapi dengan aplikasi pengolah digital, Anda dapat membuat berbagai rencana dengan lebih mudah, praktis dan efektif. Selain mengolah angka, banyak dari aplikasi pengolah digital ini juga dapat menambahkan teks atau elemen dan dekorasi lainnya. Hal inilah yang menjadikan aplikasi ini berguna untuk merencanakan berbagai aktivitas atau aktivitas yang ingin Anda lakukan.

Analisis Data Secara Maksimal

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, fungsi utama dari aplikasi pengolah digital adalah untuk mengolah data dan angka, sehingga program tersebut dapat digunakan sebagai sarana untuk melakukan analisis data. Melalui aplikasi ini, Anda dapat melakukan berbagai analisis data untuk mendapatkan informasi penting dari data tersebut. Dengan menggunakan aplikasi program untuk mengolah angka, proses analisis data Anda bisa lebih optimal dan berjalan lebih efisien. Selain itu, dengan memanfaatkan berbagai jenis fungsi dan rumus yang ada di dalam aplikasi, proses analisis data yang Anda lakukan dapat berjalan dengan lebih mudah.

Selain fungsi-fungsi penting yang disebutkan di atas, tentunya ada fungsi lain yang bisa didapatkan dari aplikasi ini. Fungsi utama aplikasi ini adalah untuk mempromosikan pemrosesan dan pekerjaan orang untuk berbagai tujuan dan kegunaan.

Baca juga Rekomendasi 15 Aplikasi Penghasil Uang, Pulsa 2021 Terlegit

Jenis-jenis Program Aplikasi Pengolah Angka

Setelah memahami pengertian dan fungsi aplikasi pengolah digital, pembahasan lain yang tidak bisa diabaikan adalah jenis-jenis aplikasi yang digunakan untuk mengolah bilangan. Didesain untuk membuat pemahaman tentang aplikasi semakin ideal tanpa menemui banyak kekurangan. Bagi yang masih penasaran dengan berbagai aplikasi pengolah digital, berikut ini beberapa contoh jenis aplikasi yang sangat populer yang bisa digunakan sebagai cara pengolahan data dan angka.

Apliaksi Lotus 123

Aplikasi pertama yang dapat digunakan untuk menangani nomor adalah Lotus123. Aplikasi ini adalah prosesor digital yang diproduksi oleh IBM Computer Corporation. Aplikasi ini dirilis sebagai paket perangkat lunak bersama dengan program perkantoran lain yang disebut Lotus SmartSuite. Program aplikasi IBM bekerja di bawah kendali sistem operasi MS DOS. Awalnya, aplikasi yang dikembangkan oleh IBM ini menggunakan serangkaian perintah yang diketik di keyboard. Namun, dengan penggunaan program Lotus pada perangkat Windows, aplikasi ini mulai mengalami pengembangan dan penyesuaian. Apalagi bila digunakan pada sistem operasi Windows, aplikasi ini bernama Lotus 123 milik Windows.

Aplikasi pengolah digital bernama Lotus 123 ini memiliki beberapa fitur yang menjadi kelebihan dari aplikasi buatan IBM. Sebagai gambaran, berikut beberapa ciri-ciri Lotus 123.

  • Aplikasi ini kompatibel dengan teks, fungsi, rumus dan bahkan grafik dalam file Excel.
  • Lotus 123 juga memiliki fungsi analisis yang kompatibel dengan excel.
  • Salin dan pindahkan lembar kerja dengan mudah.
  • Dilengkapi dengan fungsi berupa fungsi LabelPintar, yang dapat mempermudah dan mempercepat kecepatan lari rumus.
  • Dapat menggunakan hingga 65.356 baris, yang merupakan aplikasi yang cukup andal.

Apalikasi KSPREAD

Ada banyak aplikasi pemrosesan digital yang berbeda. Salah satu hal yang bisa Anda pertimbangkan adalah KSPREAD. Aplikasi berbentuk elektronik yang bersifat open source dan multi platform sehingga dapat digunakan di berbagai platform. Aplikasi ini bersifat open source yang artinya dapat diunduh secara gratis di Internet atau digunakan secara gratis. Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda hanya perlu mendownload dan menginstalnya di perangkat komputer yang Anda miliki. Sekilas tampilan aplikasi pengolah digital ini agak mirip dengan Microsoft Excel dengan fungsi baris dan kolom.

Aplikasi KSPREAD memiliki berbagai jenis fitur dan keunggulan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Aplikasi ini memiliki tampilan yang sangat menarik karena dilengkapi dengan menu serta banyak tombol (tab), sehingga lebih mudah untuk digunakan.
  • Ini memiliki fungsi yang dapat digunakan untuk mengurutkan data. Anda tidak perlu bingung dengan masalah grafik, karena aplikasi ini dilengkapi dengan banyak format grafik yang luar biasa.
  • Karena aplikasi dapat digunakan untuk banyak tabel dan lembar kerja dalam satu dokumen,
  • Anda dapat melakukannya dengan lebih baik dan lebih optimal.

Dengan banyaknya fitur KSPREAD, Anda dapat menggunakan aplikasi ini sebagai alternatif untuk mengolah angka dan data.

Program StarOffice Calc

Aplikasi pengolah digital berikutnya yang perlu diperhatikan adalah StarOffice Calc. Aplikasi ini dikembangkan oleh Sun MicroSystem dan bersifat multi-platform. Artinya aplikasi dapat digunakan di berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, Solaris atau Unix. Seperti aplikasi lainnya, aplikasi Sun MicroSystem ini juga dilengkapi dengan berbagai komponen fungsional penting yang dapat memudahkan Anda dalam mengolah data dan angka. Sebagai gambaran, berikut adalah beberapa fitur StarOffice Calc.

  • Aplikasi dilengkapi dengan 275 fungsi dan rumus yang dapat dibuat oleh pengguna aplikasi itu sendiri.
  • Dilengkapi dengan fungsi panduan fungsi, yang dapat digunakan untuk membantu menambah dan menulis banyak rumus sulit.
  • Aplikasi juga memiliki alat bagan atau bagan yang fungsinya untuk menampilkan data dalam format yang dibutuhkan oleh pengguna aplikasi dalam representasi grafis.
  • Selain itu juga dilengkapi dengan manipulasi data dan fungsi presentasi untuk mengatur dan mengelola data serta menampilkan data dalam bentuk representasi grafis untuk memudahkan pemahaman.

Dengan berbagai fungsi dan keunggulan tersebut, apakah Anda tertarik untuk menggunakan aplikasi pengolah angka ini?

Aplikasi Pengolah Angka Open Office Calc

Open Office Calc adalah aplikasi yang digunakan untuk mengolah angka, bersifat open source, sehingga dapat dibuka dan digunakan pada berbagai jenis sistem operasi. Aplikasi Open Office dapat digunakan untuk mengelola data dalam bentuk digital dengan menggunakan beberapa lembar kertas. Anda juga dapat menggunakan rumus untuk menghitung data dan menampilkannya dalam bentuk grafik yang menarik. Memiliki berbagai keunggulan, sehingga tidak heran jika aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi pertama terutama di kalangan pengguna sistem operasi berbasis Linux.

Aplikasi Microsoft Excel

Aplikasi Microsoft Excel
Aplikasi Pengolah Angka Fungsi Dan Jenisnya

Mendengar nama aplikasi pengolah digital ini, nampaknya sudah banyak yang mengenalnya. Seperti namanya, aplikasi ini dikembangkan dan dirilis oleh Microsoft bersama dengan program Office lainnya (seperti Word, Power Point, dll.). Mengingat Windows merupakan salah satu sistem operasi yang paling populer, tidak mengherankan jika Excel juga banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Microsoft Excel memiliki berbagai fungsi yang dapat digunakan untuk melakukan perhitungan, termasuk pembuatan grafik. Mengingat penampilannya yang sangat ramah pengguna dan kemudahan penggunaan, aplikasi ini menjadi semakin populer dengan semua kelompok.

Sebagai salah satu kelebihan aplikasi pengolah digital yang dibuat oleh Microsoft ini dilengkapi dengan berbagai fungsi seperti pengolah data, tabel, rumus, grafik, bahkan dapat digunakan pada database.

Apliaksi Pengolah Angka GNOME – Office Gnumeric

GNOME-Office Gnumeric merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk memproses nomor selanjutnya. Aplikasi ini juga termasuk dalam tipe “open source”, sehingga dapat digunakan di berbagai platform sistem operasi. Aplikasi pengolah digital ini dilengkapi dengan tampilan yang user-friendly. Antarmuka yang ramah pengguna ini membuat GNOME-Office Gnumeric relatif mudah digunakan oleh banyak orang. Selain itu dengan adanya menu aplikasi termasuk toolbar akan semakin mempermudah proses penggunaan aplikasi.

Aplikasi Spreadsheet Abacus

Aplikasi selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengolah angka adalah Abacus. Spreadsheet pemrosesan digital ini sedikit berbeda dari beberapa aplikasi di atas. Jika aplikasi pemrosesan digital umumnya memiliki persyaratan penggunaan memori yang relatif besar, tidak demikian halnya untuk aplikasi ini. Abacus adalah aplikasi untuk mengolah angka yang membutuhkan ukuran memori yang kecil dan mudah digunakan. Persyaratan memori yang cukup kecil ini membuat Anda tidak perlu khawatir tentang persyaratan penggunaan memori komputer. Aplikasi ini awalnya merupakan proyek akademik Universitas IST di Portugal.

Akhir Kata

Sekian, Anda perlu memahami pembahasan tentang aplikasi pengolah angka digital. Saya berharap melalui ulasan yang komprehensif dari artikel ini, saya berharap dapat memberikan lebih banyak pengetahuan dan wawasan kepada pembaca tentang pemrosesan aplikasi digital dan berbagai detail yang menyertainya. Mengingat aplikasi ini sangat penting dalam kehidupan modern saat ini, maka tidak ada salahnya jika Anda mengenal atau bahkan menguasai salah satunya. Harapannya dengan menguasai satu atau beberapa aplikasi pengolah digital, Anda dapat meningkatkan kemampuan dan kemampuan Anda, serta memudahkan Anda dalam mengolah angka dan data.

Loading...

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *