Mengenal Apa Itu SEO [SEO On-Page & Off Page]

Loading...

SEO adalah singkatan dari search engine optimization, atau optimisasi mesin pencari dalam bahasa Indonesia, merupakan teknologi yang mengoptimalkan halaman web menggunakan prosedur standar yang sesuai dengan perilaku dan karakteristik mesin pencari, sehingga halaman web cenderung muncul di beranda. SERP (Hasil Mesin Pencari) halaman). Tujuan utama dari SEO adalah meningkatkan interaksi pengunjung dengan blog atau halaman website yang kita temukan di hasil pencarian mesin pencari (seperti Google, Yahoo, Bing dan mesin pencari lainnya). Ketika hasil pencarian mesin pencari menempatkan blog kita sendiri di sepuluh besar, blog tersebut akan memiliki peluang besar untuk dikunjungi.

Pentingkah SEO Untuk Website?

Peran SEO dalam blog sangatlah penting. Blog dengan teknologi SEO atau blog yang disebut blog SEO friendly dapat diibaratkan blog dengan tag dan tanda khusus yang diketahui dan disukai mesin telusur, jadi mudah untuk tidak Halaman blog Search Engine Optimization (SEO) akan menyulitkan mesin pencari untuk mengidentifikasi dan menemukannya, sama seperti mencari jarum di tumpukan jerami.

Untuk memahami SEO dengan lebih jelas, saya akan memberikan contoh sederhana sebagai berikut:

Anda mencari buku di gudang buku dengan berbagai macam judul. Jika buku-buku ini tidak diberi tanda khusus dan ditumpuk begitu saja, saya yakin Anda akan kesulitan menemukan buku yang Anda inginkan dari ribuan buku di gudang tersebut. Tapi ketika Anda menyusun buku dengan rapi, Anda akan menambahkan label warna khusus dan kode buku ke buku sesuai dengan klasifikasi judul buku, lalu meletakkannya di rak buku yang rapi, dan dengan jelas menulis nama klasifikasi buku, saya Tentukan kapan Anda perlu menemukan beberapa buku yang Anda cari, Anda akan segera menemukannya.

Ilustrasi di atas sama dengan mesin pencari, kita asumsikan buku-buku tersebut adalah halaman / situs blog, buku-buku tersebut diberi tanda khusus dan tersusun rapi. internet. Mesin pencari dapat dengan mudah menemukan halaman yang relevan dengan melihat fitur atau logo khusus yang sangat mereka kenal, kemudian mesin pencari akan memprioritaskan halaman blog dengan karakteristik tersebut, sehingga halaman blog tersebut muncul pada 10 hasil pencarian teratas.

Teknik Optimasi SEO Pada Website

Jika sudah paham apa itu SEO, langkah selanjutnya Anda pasti bertanya bagaimana cara memulai SEO di blog? Perlu diketahui bahwa ruang lingkup SEO biasanya berfokus pada dua aspek, yang pertama adalah Seo On Page dan yang kedua adalah Seo Off Page. . Tolong mengerti.

Teknik SEO On-Page

On-page optimization atau SEO on-page optimization adalah teknik pengoptimalan yang dilakukan di situs Anda. Tujuannya adalah agar mesin pencari mengetahui apakah situs Anda memenuhi kualitas konten yang dicari pengguna. Oleh karena itu, Anda bisa mengoptimalkan website Anda agar terstruktur dengan baik dan konten yang Anda buat bermanfaat bagi pengunjung sehingga membuat mereka betah.

Teknik SEO Off-Page

Teknik dasar SEO off-page berbanding terbalik dengan SEO on-page. SEO on-page dominan pada optimasi halaman website itu sendiri. Dari penulisan hingga pemformatan, teknologi SEO off-page lebih cenderung mengolah dan mengoptimalkan dari luar, yaitu mencari backlink dan mempromosikan Situs Anda. Ketika Anda dapat mengoptimalkan keduanya secara bersamaan, situs web Anda juga akan mendapatkan hasil yang baik.

Bagaimana Cara Kerja SEO?

SEO mengoptimalkan situs web sehingga orang dapat menemukannya menggunakan kata kunci tertentu. Berikut beberapa manfaat yang diberikan oleh metode pengoptimalan ini:

  • Berikan informasi yang relevan.
  • Jadikan mesin telusur sebagai sumber yang andal.
  • Mendatangkan lebih banyak lalu lintas organik.

Meski hasil pencarian bisa langsung ditampilkan, namun proses yang terjadi di mesin pencari tidak sesederhana yang dikira orang. Bahkan mesin pencari berjalan sebelum Anda mengetik apa pun di bidang pencarian dan menekan Enter. Di bawah ini kami akan menjelaskan tentang mesin pencari atau cara kerja mesin pencari.

Mesin pencari melakukan tiga tugas utama untuk setiap permintaan atau pencarian yang dikirimkan:

  • Crawling. Proses ini terjadi lebih awal. Perayapan akan mengumpulkan informasi dari seluruh situs web-dari halaman ke halaman, dari link ke halaman.
  • indeks. Setelah mengumpulkan informasi, perayap web menyimpannya dalam daftar entri: index.
  • peringkat. Hasil pemeringkatan akan ditampilkan sesuai dengan urutan pencarian yang paling sesuai.

Untuk memastikan kualitas pencarian, mesin pencari menggunakan seperangkat aturan yang disebut algoritma. Algoritme mesin pencari memastikan bahwa pengguna Internet memperoleh informasi yang relevan dari sumber atau sumber tepercaya. Sebagai mesin telusur yang populer dan banyak digunakan, Google memiliki tim khusus yang didedikasikan untuk algoritme. Tim ini bertanggung jawab untuk meningkatkan kualitas pengalaman pengguna (kepuasan dan pengalaman pengguna Internet) saat menggunakan Google. Terkadang Google menggunakan nama khusus untuk menyebut algoritmanya. Misalnya, Panda adalah algoritma yang menangani pemfilteran konten, hukuman, dan penghargaan, sedangkan Penguin adalah algoritma yang digunakan untuk mencegah spam. Terakhir, ada Hummingbird yang akan meningkatkan kualitas kedua algoritma tersebut.

Oleh karena itu, jelas sekali bahwa konten situs web sangat penting bagi Google.

Apa itu Seo On Page    ?

Artinya, proses perbaikan struktur halaman website agar sesuai dengan kondisi yang sesuai dengan perilaku mesin pencari, sehingga SEO On Page berfokus pada halaman website itu sendiri. Konten apa yang harus dimasukkan pada halaman situs web yang disukai mesin pencari? Untuk informasi lebih rinci, baca cara melakukan tindakan secara efektif di halaman SEO. Singkatnya, ketika kita mencoba melakukan Seo pada halaman, kita tidak boleh lupa bahwa kita harus memperhatikan dua aspek pada saat yang bersamaan, yaitu seo di sisi mesin pencari dan seo di sisi pengunjung. Interaksi antara. Karena itu, interaksi pengunjung dengan blog kita juga harus mendapat perhatian khusus. Menyajikan konten artikel dalam bahasa yang santai, mudah dipahami, memberikan navigasi yang sederhana dan visualisasi yang nyaman bagi pengguna, akan membuat pengunjung betah dan memiliki kesempatan untuk kembali.

Apa Itu Seo Off Page ?

SEO Offpage adalah proses optimasi yang dilakukan diluar halaman web. SEO Offpage berfokus pada promosi blog dan backlink (link dari website lain yang mengarah ke website kita). Harus diingat bahwa pengunjung website kita tidak hanya dari mesin pencari, tetapi juga Bisa dari, misalnya, dari media sosial atau dari mulut ke mulut yang menyebabkan semakin banyak orang belajar tentang blog Anda. Untuk ini, saya yakin setiap orang memiliki keahliannya masing-masing. Di sini, saya tidak akan menjelaskan secara detail gangguan halaman web seo (mungkin di artikel selanjutnya),

Tampak jelas ketika kita terus melakukan seo halaman, karena saya sadar tidak mudah untuk mempromosikan dan mendapatkan backlink, membutuhkan tenaga dan perjalanan yang panjang, hal ini berbeda dengan halaman SEO yang mudah dikuasai. Justru saya lebih tertantang dalam hal bagaimana mempromosikan blog atau mencari backlink.

Pemahaman Dasar-Dasar SEO On Page & Seo Off Page

Mengenal Apa Itu SEO [SEO On-Page & Off Page]

Untuk memahami apa itu SEO, kami akan memecahnya dalam kalimat sederhana. SEO adalah tindakan atau praktik mengoptimalkan situs web. Melalui pengoptimalan ini, mesin pencari atau mesin pencari dapat menentukan apakah situs web tersebut layak ditampilkan di urutan teratas hasil pencarian. Pada artikel kali ini, kita akan membahas apa itu SEO, cara kerja SEO, dan hubungan antara SEO dan kecepatan website. Satu hal yang harus Anda pahami, SEO bukanlah pekerjaan satu kali. SEO adalah proses yang tidak pernah berakhir, yang berarti Anda harus terus mengoptimalkan situs web Anda. Untuk melakukan ini, Anda harus memahami bagaimana mesin pencari memberi peringkat situs web berdasarkan kualifikasi atau persyaratan tertentu.

Dasar-Dasar On-Page SEO

Tujuan dari setiap strategi SEO adalah untuk mendapatkan peringkat setinggi mungkin di halaman mesin pencari. Untuk alasan ini, semua pemasar mencoba merancang dan mengembangkan situs web yang disukai oleh algoritme Google. Faktor-faktor dalam algoritme Google dapat dibagi menjadi dua kategori, yang akan menentukan peringkat situs Anda: on-page dan off-page. Di sini, saya akan mengajak Anda untuk memahami dasar-dasar SEO on-page dan membahas berbagai teknik dan metode untuk menerapkannya.

SEO di halaman terkait dengan elemen di situs Anda sendiri. SEO pada halaman mencakup pengaturan teknis, kualitas kode, kualitas teks dan konten visual, dan kemudahan penggunaan situs web. Setelah memahami arti SEO pada halaman, yang terbaik adalah memahami berbagai metode yang diperlukan untuk menerapkan strategi SEO pada halaman.

Page Title Optimization

Optimasi judul halaman adalah pekerjaan menambahkan dan mengoptimalkan tag judul meta pada halaman situs web agar lebih menarik bagi pembaca dan mesin pencari. Tetapkan tag <head> ke halaman dengan menambahkan baris kode HTML: <head> <title> Contoh tag judul </title> </head>.

Tag judul (diidentifikasi sebagai baris “H1” dari kode HTML) adalah judul yang ditampilkan di bagian atas halaman web. Di WordPress, tag judul ditambahkan ke bagian judul posting atau halaman baru. Tag judul (diidentifikasi sebagai baris “judul” pada kode HTML) bisa berbeda atau sama dengan tag judul pada halaman dan tidak akan muncul di konten halaman.

Sebaliknya, tag ini ditampilkan di tempat lain, dan digunakan untuk mendeskripsikan konten ke mesin telusur dan memberikan pratinjau konten kepada pembaca.

Meta Description

Deskripsi meta adalah atribut HTML yang memberikan ringkasan singkat dari halaman web. Mesin pencari seperti Google biasanya menampilkan deskripsi meta dalam hasil pencarian, yang dapat memengaruhi rasio klik-tayang.

Deskripsi meta adalah tag HTML, seperti yang ditunjukkan dalam kode HTML halaman: <meta name = “Description” content = “Deskripsi halaman, biasanya satu atau dua kalimat. /> Tujuannya sederhana: seseorang membutuhkan pencarian Google untuk mengklik link Anda. Dengan kata lain, ada deskripsi meta untuk menghasilkan rasio klik-tayang dari mesin pencari.

Mesin pencari mengatakan bahwa deskripsi meta tidak memiliki keuntungan peringkat langsung-mereka tidak menggunakannya dalam algoritma peringkat. Namun, ini memiliki manfaat tidak langsung: Google menggunakan rasio klik-tayang (RKT) untuk memahami apakah Anda memperoleh hasil yang baik. Jika lebih banyak orang mengklik hasil pencarian Anda, Google akan menganggap hasil pencarian Anda bagus dan akan meningkatkan peringkat Anda berdasarkan peringkat Anda. Inilah sebabnya mengapa mengoptimalkan deskripsi meta dan mengoptimalkan judul sangat penting.

H1 Tag Optimization

Setiap halaman atau postingan dapat memiliki banyak judul. Tag HTML <H1> biasanya digunakan pada halaman atau judul postingan, ini adalah judul pertama yang terlihat pada halaman tersebut. Format h1 biasanya berbeda dari tag header lainnya, yang dapat ditemukan di halaman berikutnya (h2, h3, h4). Untuk membuat teks ini, format tag H1 biasanya berbeda dengan tag halaman lainnya. Lihat contoh di bawah ini.

Tag H1 yang digunakan adalah On-Page SEO, yang terlihat seperti ini jika dilihat dalam HTML: <h1> On-Page SEO </ h1>.

Cara yang lebih mudah untuk memahami cara menggunakan tag H1 adalah dengan mengasumsikan bahwa Anda sedang menulis kerangka atau teks lain untuk dokumen.

Judul utama dokumen adalah <H1>, poin utamanya adalah <H2> dan sub-poin <H3>. Salah satu tugas paling kompleks dari mesin pencari adalah memahami makna (konteks) halaman. Untuk dapat melakukan ini dengan cara yang paling efektif, mereka menggunakan data dari sinyal yang berbeda. Salah satu sinyal ini adalah judul halaman dan tag H1.

Saat merayapi sepotong konten di halaman web, spider mesin pencari akan membaca kode HTML dan mencoba mengidentifikasi kalimat yang terdapat dalam tag judul (h1, h2, dll.). Mereka menggunakan ini sebagai indikasi konten.

Oleh karena itu, dengan menggunakan kata kunci dalam tag H1, Anda dapat membantu mesin pencari mempelajari lebih lanjut tentang halaman situs web Anda. Alasan lain mengapa judul sangat penting untuk SEO adalah karena judul memudahkan pengguna untuk menjelajahi halaman.

Content SEO

Pengoptimalan mesin pencari konten adalah jenis pembuatan konten yang membantu peringkat halaman situs web Anda lebih tinggi pada halaman pencarian. Ini mencakup segala sesuatu yang berhubungan dengan penulisan dan pengorganisasian konten yang terdapat dalam situs web. Untuk menghasilkan konten yang dapat meningkatkan peringkat pencarian situs web, tiga elemen utama yang perlu diperhatikan, yaitu, strategi penggunaan kata kunci, struktur situs web dan copywriting.

Pengoptimalan mesin pencari konten sangat penting untuk pengoptimalan mesin pencari pada halaman, karena mesin pencari seperti Google akan membaca dan melihat situs web Anda sehingga setiap kata yang Anda gunakan di situs web dapat menentukan situs web Anda di halaman pencariannya. Apakah peringkatnya di atas. Tentu saja, situs web Anda harus dirancang dengan cermat, menggunakan antarmuka pengguna yang hebat, dan semua informasi teknis yang membawa Anda ke bagian atas halaman pencarian Google. Tanpa konten berkualitas tinggi, situs web Anda tidak memiliki peluang untuk mendapat peringkat di bagian atas halaman pencarian.

Internal Linking SEO / Tautan internal

Tautan internal adalah tautan yang menghubungkan satu halaman ke halaman lain di situs web Anda. Pengguna dan mesin telusur akan menggunakan tautan untuk menemukan konten di situs web Anda. Pengguna juga akan menggunakan tautan untuk menavigasi situs Anda dan menemukan apa yang mereka cari. Mesin pencari juga menggunakan tautan untuk menavigasi situs web Anda. Jika tidak ada link ke halaman tersebut, pengguna dan mesin pencari tidak akan menemukan halaman tersebut.

Ada beberapa jenis tautan internal. Selain dapat menambahkan tautan ke beranda, menu, posting, dll., Anda juga dapat menambahkan tautan ke konten. Semakin banyak tautan yang Anda dapatkan ke halaman penting situs web Anda, semakin besar dampaknya pada visibilitasnya di halaman pencarian. Oleh karena itu, tautan internal yang baik sangat penting untuk kinerja SEO Anda.

Tautan internal berguna untuk membangun arsitektur situs dan menyebarkan keadilan tautan. Pada halaman web, mesin pencari perlu melihat konten untuk membuat daftar halaman dalam indeks berbasis kata kunci yang sangat besar. Mereka juga harus memiliki akses ke struktur tautan yang dapat dirayapi, sehingga mereka membutuhkan struktur situs tempat robot web laba-laba dapat menelusuri jalur situs untuk menemukan semua laman di situs Anda. Ada ribuan situs web yang membuat kesalahan dengan menyembunyikan atau mengubur tautan navigasi utama mereka dengan cara yang tidak dapat diakses mesin telusur. Ini akan menghambat kemampuan mereka untuk membuat halaman yang terdaftar dalam indeks mesin pencari.

Image SEO

Gambar atau gambar SEO adalah salah satu elemen untuk melakukan SEO halaman yang berkaitan dengan file gambar. Padahal, cara ini sering disebut dengan display content optimization. Menggunakan pengoptimalan mesin telusur gambar dapat meningkatkan peringkat situs web Anda di penelusuran gambar Google dan membantu meningkatkan keseluruhan visibilitas situs web Anda. Gambar juga akan meningkatkan rasio TF * IDF. Dibandingkan dengan mesin pencari lainnya, gambar biasanya dioptimalkan untuk Google, karena Google memiliki database gambar terbesar di dunia, dengan perkiraan 10 miliar gambar. SEO Gambar mencakup semua elemen grafis seperti nama file, ukuran, dan lokasi gambar di situs web.

Situs web terdiri dari banyak elemen berbeda. Beberapa di antaranya terlihat oleh pengguna, sementara yang lainnya tidak, seperti kode sumber. Selain teks, gambar adalah bagian utama situs web yang terlihat. Di situs e-commerce, kualitas dan desain gambar produk memiliki pengaruh yang menentukan terhadap perilaku pembelian pelanggan. Toko online besar biasanya mengoptimalkan gambar produknya secara rutin. Namun, faktor yang terlihat dan tidak terlihat masih memainkan peran yang sama pentingnya dalam pengoptimalan mesin telusur.

Tujuan dari SEO tradisional adalah berorientasi situs web, sedangkan tujuan dari SEO gambar adalah untuk mendapatkan peringkat yang baik untuk file gambar. SEO gambar sangat penting dalam keseluruhan bidang pengoptimalan mesin pencari.

Teknik Seo Off Page & Cara Optimasi SEO Off Page yang benar

SEO Off-page adalah langkah pengoptimalan SEO yang dilakukan di luar konten atau situs web. Jika Anda hanya fokus pada faktor SEO website internal pada SEO on-page, SEO on-page mengharuskan Anda untuk mengoptimalkannya dari faktor eksternal. Faktor eksternal yang disebutkan di sini adalah dari tautan masuk / backlink hingga berbagi di media sosial. Salah satu kesalahpahaman paling umum tentang SEO off-halaman adalah bahwa SEO off-page hanya membahas pembuatan tautan. Bahkan SEO off-page memiliki cakupan yang lebih luas. Membangun tautan memang merupakan faktor terpenting dalam SEO off-page, tetapi itu bukan satu-satunya faktor.

Ada banyak langkah pengoptimalan SEO off-halaman, dan kami akan menjelaskan sepenuhnya setiap langkah di bawah ini.

Link Building

Saat berbicara tentang SEO off-page, Anda tidak pernah dapat memisahkannya dari pembuatan tautan. Penetapan tautan adalah faktor terpenting dalam SEO off-halaman. Mengapa tautan menjadi faktor terpenting dalam SEO off-page? Karena Google menggunakan algoritma yang disebut “peringkat halaman”. Peringkat halaman adalah algoritma yang digunakan untuk mengevaluasi jumlah dan kualitas backlink pada sebuah situs web. Beberapa profesional SEO mengatakan bahwa peringkat halaman sudah ketinggalan zaman. Namun, Google menegaskan bahwa peringkat halaman masih menjadi faktor dalam evaluasi Google. Laporan Ahrefs juga membuktikan bahwa terdapat hubungan yang erat antara jumlah inbound link / backlink pada suatu website dan efektivitasnya dalam hasil pencarian.

Backlink

Backlink adalah istilah yang digunakan untuk memberi nama tautan ke situs web Anda. Untuk membangun backlink berkualitas tinggi dan volume tinggi, lakukan hal berikut:

  • Buat konten yang menarik dan berkualitas tinggi. Karena backlink konten berkualitas tinggi lebih penting daripada kuantitas.
  • Bagikan melalui media sosial.
  • Promosikan situs web Anda melalui buletin atau pemberi pengaruh. Undang penulis lain untuk mengomentari situs web Anda.

Domain Authority

Otorisasi Domain (DA) adalah metrik yang dikembangkan oleh beberapa pihak ketiga dan digunakan sebagai referensi untuk situs tepercaya berdasarkan rekomendasi dari mesin pencari Google. Otorisasi domain adalah barometer yang mempengaruhi reputasi sebuah situs web. Pihak ketiga yang diberi wewenang untuk menerbitkan domain berdasarkan algoritme mereka termasuk Moz

Loading...
Ahref, dan pihak ketiga lainnya.

Menurut penjelasan diatas mengenai perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page, keduanya sama-sama penting. Namun, sebelum melakukan SEO Off Page, disarankan agar Anda meningkatkan SEO On Page website Anda terlebih dahulu. Selain itu, menurut pengalaman kami dan data yang kami peroleh, website dengan On Page SEO yang baik memiliki peluang untuk mendapatkan ranking yang lebih tinggi dibandingkan website yang tidak memiliki banyak On Page SEO, tanpa dukungan On Page SEO yang baik. Jika peringkat situs web ditentukan oleh pengoptimalan di halaman, popularitasnya di halaman penelusuran Google ditentukan oleh pengoptimalan di luar halaman. Kedua bagian ini harus diselesaikan.

Baca juga 7 Strategi Seo yang harus ditinggalkan

Kesimpulan

Penerapan SEO yang benar dapat memengaruhi situs web Anda. Bagi yang memiliki website, disarankan untuk selalu bisa membaca pasar dan trend agar bisa menerapkan strategi ke website Anda. Perbedaan antara kedua jenis SEO ini adalah bahwa teknologi SEO pada halaman lebih memperhatikan penulisan dan pemformatan situs web.

Oleh karena itu, akan berbanding terbalik dengan teknologi SEO off-page, dan teknologi SEO off-page sangat terkait dengan backlink dan pemasaran di luar website. Setelah memahami definisi SEO serta perbedaan dan optimasi, Anda dapat menerapkan beberapa metode ini ke situs web Anda. Jika masih belum mengetahui manfaat SEO, hal ini dapat mempengaruhi bisnis online Anda.

Loading...

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *