Apa Itu Protokol Https? Apakah Situs Aman Berperingkat Lebih Baik Di Mata Google?

Apa Itu Protokol Https? Apakah Situs Aman Berperingkat Lebih Baik Di Mata Google?
credit:freepik

HTTPS adalah singkatan dari HyperText Transfer Protocol Secure yang menyalurkan komunikasi terenkripsi dan aman antara dua sistem. Dan ya, situs aman memiliki peringkat yang lebih baik di Halaman Hasil Mesin Pencari.

Jadi, secara keseluruhan, Https digunakan untuk transfer data yang aman di internet. Transfer data terjadi dalam sistem terenkripsi yang didasarkan pada SSL atau TSL.

Protokol yang digunakan dalam HTTPS:

  • SSL- Lapisan Soket Aman
  • TLS- Keamanan Lapisan Transportasi

Dua sistem mendapatkan koneksi yang aman, pribadi, dan terenkripsi melalui protokol ini.

Koneksi dapat di antara:

  • Browser dan Server
  • Server dan Server
  • Client dan Server

Jadi, HTTPS menggunakan protokol terenkripsi sehingga komunikasi dapat terjadi tanpa kerentanan melalui Internet, dan tidak ada pelanggaran dalam kerahasiaan data.

Apa itu Protokol https

Anda dapat menganggap HTTPS sebagai HTTP melalui SSL.

Ini adalah sistem yang memungkinkan pengiriman data dengan bantuan koneksi aman dan keamanan diberikan oleh sistem SSL. Oleh karena itu, ini dapat digunakan untuk transfer data pribadi dan rahasia, sehingga tidak ada pengguna lain yang dapat mengaksesnya di internet.

Sertifikat SSL juga dikenal sebagai sertifikat digital yang menawarkan keuntungan berikut:

  • Integritas Data
  • Komunikasi Aman
  • Peningkatan Peringkat SEO
  • Privasi dan Keamanan
  • Mempersiapkan Anda untuk masa depan web

Pentingnya sertifikat SSL

Tercatat sekitar 70% pengguna internet menganggap undang-undang tentang perlindungan hak di web tidak cukup baik. Itulah salah satu alasan mengapa Google mampu membuat beberapa aturan ketat agar perlindungan privasi dapat terjamin.

Tim Google Search Marketing selalu mengatakan bahwa keamanan menjadi prioritas utama mereka sehingga tidak ada pelanggaran terhadap kerahasiaan data.

Itulah salah satu alasan mengapa peringkat HTTPS dipastikan, dan itu telah diterapkan dengan cara terbaik sejak tahun 2014.

Sertifikat SSL dan Dampaknya pada SEO

Sejak deklarasi tersebut dibuat, pemasar di seluruh dunia menjadi gila karena mereka ingin tahu apakah sertifikat SSL benar-benar bagus untuk SEO.

Itulah alasan mengapa hari ini kita akan berbicara tentang jenis dampak yang dimiliki sertifikat SSL dan mengapa penting untuk memindahkan situs web Anda ke https.

Sekitar 2% dari 1 juta situs teratas telah dapat menggunakan https atau versi SSL default. Hanya sekitar 4% situs yang mampu beralih ke situs web https yang aman dan terenkripsi.

Jadi, sesuai statistik sekitar 0,1% situs web di web memiliki sertifikat SSL.

Tapi sekarang, karena Google akan lebih ketat dalam hal peringkat situs web HTTP, akan lebih penting untuk memiliki HTTPS.

Karena itu, ketika berbicara tentang SEO, Anda harus memahami manfaat dari mengalihkan situs web Anda ke HTTPS. Yang pasti, peringkatnya akan bagus di Hasil Penelusuran Google.

Untuk memahami pentingnya HTTPS dalam SEO, penting di sini untuk mengetahui sudut pandang Google tentang situs web HTTPS secara lebih mendalam- Pandangan

Google tentang Situs Web HTTPS

Pada tahun 2014, Google menyatakan akan memberikan preferensi untuk mengamankan situs.

Jadi, sejak saat itu, Google menganggap sistem entri https sebagai faktor penentu SEO. Google memutuskan bahwa https akan menjadi sistem terenkripsi yang akan dikenali oleh algoritme Peringkat Penelusuran. Jadi, sesuai Google, HTTPS menawarkan peningkatan peringkat ‘ringan’ ke situs.

Pada awalnya, keamanan tidak dianggap sebagai faktor penting karena situs web dilengkapi dengan konten berkualitas tinggi, tetapi banyak webmaster yang tidak senang dengan fakta tersebut dan mulai mengalihkan situs mereka ke keamanan lapisan transportasi atau TLS.

Google menyatakan bahwa orang harus mematuhi beberapa strategi dan praktik sehingga penerapan https dapat dilakukan dan itulah mengapa kami menyebutkan beberapa tips di bawah ini:

Tips Google untuk situs yang beralih ke HTTPS

Anda perlu memilih jenis sertifikat yang tunggal atau multi-domain

  • Sertifikat harus sepanjang kunci 2048 BIT
  • teks harus dilarang sehingga tidak ada pelacakan yang dapat dilakukan dari situs https
  • URL harus relevan untuk konten dari domain yang sama
  • Semua halaman harus memiliki indeksasi yang benar, dan tidak boleh menggunakan tag Meta

Agar orang memahami pentingnya protokol https, pertama-tama Google mulai menggunakan mode aman di browsernya sendiri, yang dikenal sebagai Google Chrome.

Setelah itu, tiga simbol khusus ditambahkan ke bilah alamat untuk meningkatkan tingkat keamanan situs web.

Protokol https

Jika Anda memiliki bisnis E-Commerce, maka sertifikat SSL adalah sesuatu yang Anda ingin miliki karena akan mempengaruhi sistem perbankan online dan akan terdiri dari beberapa gateway pembayaran. 

Jika Anda berpindah dari sistem HTTP ke https tanpa jaminan maka Anda juga dapat meningkatkan kecepatan memuat halaman.

Apa dampak https pada SEO situs web Anda?

Saat ini, keamanan telah menjadi wajib dengan berlalunya waktu secara bertahap selama bertahun-tahun karena sekarang situs web tersebut berisi banyak informasi sensitif seperti gateway pembayaran dan data bank yang tidak boleh diretas oleh pengguna mana pun.

Untuk tahun-tahun sekarang, sekitar 50% dari semua hasil yang diberikan di halaman pertama Hasil Pencarian Google memiliki protokol https bersama dengan sertifikat SSL digital, sehingga data pada konten benar-benar terlindungi dari phishing. 

Ini adalah salah satu alasan utama mengapa dianggap wajib memiliki https di beberapa situs web utama.

Juli 2018 adalah batas waktu yang diberikan oleh Google untuk situs web yang memiliki HTTPS.

Sejak tahun 2018, Google mulai menjadikan ini sebagai langkah wajib untuk memilih SSL untuk berbagi data pribadi di Internet. Itulah alasan mengapa itu membuat fakta wajib bahwa semua situs web di Chrome harus memiliki https.

Google Chrome telah menambahkan tanda peringatan di bilah alamat saat Anda mengunjungi situs dengan sertifikat SSL. 

Jika situs web tersebut memiliki enkripsi yang tepat, maka situs web https tersebut ditandai dengan warna hijau sehingga Anda dapat mengetahui bahwa Anda mengunjungi situs web yang aman.

Google mulai menandai beberapa situs web ‘Tidak Aman’ di bilah alamat untuk situs yang tidak memiliki HTTPS. Meskipun tidak akan ada dampak negatif selama Anda menjelajahi situs ‘Not Secure’ di Google Chrome, namun penerapan ini dapat menimbulkan dampak negatif bagi pikiran pengunjung situs.

Ini pasti akan menurunkan Peringkat Mesin Pencari situs Anda.

Dampak SEO dari migrasi situs dari HTTP ke HTTPS

Jika Anda telah mengambil keputusan untuk mengambil situs web ke protokol enkripsi https, ini mungkin terdengar seperti proses yang sangat sederhana, tetapi untuk seorang profesional, banyak kerumitan yang perlu ditangani.

Jika eksekusi tidak dilakukan dengan benar, maka mungkin ada beberapa kesalahan yang dapat menyebabkan website Anda di mesin pencari. Oleh karena itu, mari kita lihat beberapa tindakan yang perlu dilakukan saat Anda bermigrasi ke https:

Hal-hal penting yang perlu diperhatikan saat beralih dari HTTP ke HTTPS

  • Anda perlu memperbarui peta situs dan mendaftarkan domain baru di konsol pencarian
  • Beradaptasi dengan rel tag kanonik
  • Memastikan bahwa setiap URL merespon dengan kode 200 yang bertentangan dengan kode 403 atau 404
  • Anda harus menganalisis dan memeriksa URL yang tidak ada duplikat konten di antara versi HTTP dan HTTPS dari situs

KESIMPULAN

Menurut pernyataan yang diberikan oleh Google, migrasi https pasti akan membantu dalam posisi yang lebih baik dari situs web di mesin pencari dan meningkatkan peringkat situs web.

Tetapi juga benar bahwa jika ada konten duplikat atau implementasi tidak dilakukan dengan benar, maka peringkat dapat menurun yang menjadi alasan mengapa Anda harus berhati-hati saat bermigrasi ke https.

Pos terkait