Apa Arti Ghosting Yang Viral Saat ini Dalam Percintaan

Loading...

Apa Arti Ghosting Yang Viral Saat ini Dalam Percintaan – Pernah nggak kamu di-ghosting atau melakukan ghosting? Atau jangan-jangan pernah kena ghosting tapi tidak tahu? Sebenarnya apa arti ghosting?

Arti ghosting adalah saat seseorang yang kamu dekati atau kencani mengakhiri hubungan dengan memutuskan semua komunikasi, tanpa penjelasan apa pun. Pelaku ghosting akan pergi setelah komunikasi intens atau beberapa kali pergi kencan atau ketika kamu sedang dalam komitmen hubungan. Perlu diingat ghosting juga bisa terjadi di hubungan pertemanan platonic dan itu tidak kalah menyakitkannya.

Dari survei yang dilakukan oleh situs Elle Amerika Serikat ditemukan bahwa 26 persen wanita dan 33 persen pria pernah melakukan ghosting dan di-ghosting. Sementara 24 persen wanita dan 17 persen pria mengaku pelaku ghosting tetapi tidak pernah di-ghosting.

Bagaimana Menghadapi Ghosting?

Apa Arti Ghosting Yang Viral Saat ini Dalam Percintaan
Loading...
Apa Arti Ghosting Yang Viral Saat ini Dalam Percintaan

Agar kamu tidak melakukan ghosting salah satu cara terbaiknya dengan teknik cognitive behavioural therapy (CBT) yang disebut eksposur. Hal itu berarti menempatkan diri kamu dalam situasi yang membuat kamu cemas dan takut dalam kehidupan nyata. Kamu nggak harus menangani percakapan paling menakutkan terlebih dahulu. Cobalah berlatih dengan seseorang yang kamu percaya dan merasa nyaman seperti teman dekat atau keluarga.

Dengan menghadapi ketakutan, kamu akan siap untuk mulai mengekspos diri pada percakapan yang lebih sulit. Seiring waktu, kamu akan mengatasi ketakutan akan konflik dan kecenderungan untuk menghindari percakapan yang sulit.

Pesan untuk kamu yang sedang menjadi korban ghosting atau melakukan ghosting jaga dirimu. Setelah kamu mengalami putus cinta dengan cara seperti itu cobalah berjalan santai selama 10 menit, berlatih pernapasan atau menikmati mandi yang lama. Beri dirimu pujian karena menghadapi ketakutan kamu.

semenjak tahun lalu semakin populer digunakan anak muda Indonesia. Bahkan, tahun lalu istilah ini menjadi salah satu kata yang banyak dicari di mesin pencarian Google di Indonesia. Supaya tidak ketinggalan, kamu tentu perlu mengenali maknanya.

Ghosting adalah istilah yang dekat dengan anak muda. Penggunaannya biasanya erat hubungannya dengan hubungan asmara ataupun hubungan pertemanan. Istilah ghosting populer karena banyak anak muda yang menggunakannya di sosial media.

Arti ghosting berkaitan dengan hubungan cinta dan pertemanan. Istilah ini makin populer dengan berbagai kasus yang terjadi pada orang-orang yang aktif di media sosial. Sebelum menggunakannya kamu wajib memahami arti ghosting agar bisa menggunakannya dengan tepat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (7/3/2021) tentang arti ghosting.


Arti Ghosting Adalah

Arti Ghosting PerbesarArti Ghosting/Photo by Anthony Tran on Unsplash

Arti ghosting erat kaitannya dengan hubungan cinta atau pertemanan anak muda yang pasang surut. Jika diartikan dari asal bahasanya yaitu dari bahasa Inggris, ghosting adalah bayangan. Ghosting bisa berarti hantu yang dapat menghilang secara tiba-tiba. Dari sinilah muncul makna ghosting yang populer digunakan oleh anak muda di media sosial.

Arti ghosting adalah menghilang secara tiba-tiba tanpa kontak sama sekali. Orang yang melakukan ghosting, yang biasanya adalah orang dekat kamu, tiba-tiba menghilang tanpa kabar dan tidak bisa dihubungi lagi. Hal inilah yang menyebabkan ghosting sering kali digunakan pada hubungan cinta dan pertemanan.

Dalam hubungan asmara ghosting identik dekat dengan pemberi harapan palsu, sementara untuk pertemanan dekat dengan hubungan platonic. Istilah ghosting merujuk pada sebuah perilaku dengan alasan tertentu. Alasan seseorang melakukan ghosting biasanya hanya diketahui pelaku dan tidak diketahui oleh orang yang di-ghosting.

Kamu tidak akan bisa menghubungi nomor ponsel, alamat email, media sosial, ataupun secara langsung orang yang ghosting ini. Sering kali seseorang yang melakukan ghosting dilabeli dengan label pengecut. Hal ini karena ghosting memicu rasa dendam, amarah, hingga penyesalan orang yang di-ghosting. Apalagi, jika kenangan-kenangan yang telah dibuat begitu mendalam dan sulit untuk dilupakan.

Dikutip dari situs Elle Amerika Serikat, dari sebuah survei ditemukan 26 persen wanita dan 33 persen pria pernah melakukan ghosting dan di-ghosting. Sementara 24 persen wanita dan 17 persen pria mengaku pelaku ghosting tetapi tidak pernah di-ghosting.

Menurut studi ilmiah yang sudah pernah dilakukan, ghosting adalah upaya terburuk untuk mengakhiri sebuah hubungan. Entah itu hubungan asmara atau hubungan pertemanan. Perilaku ghosting justru dapat memicu konflik yang lebih besar di kemudian hari.

Makna Ghosting dalam Percintaan

Ghosting dalam Percintaan PerbesarGhosting dalam Percintaan. (Photo by Jurica Koletić on Unsplash)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, arti ghosting adalah menghilang secara tiba-tiba tanpa bisa dihubungi. Ghosting terjadi saat ada salah satu orang yang tiba-tiba menghentikan komunikasi tanpa penjelasan ketika mereka sedang melakukan pendekatan atau kencan. Sering kali hal ini terjadi pada pasangan yang belum jadian, tapi sudah sering jalan bareng.

Tentunya tindakan ghosting dari seseorang yang sudah dekat dan kamu harapkan akan sangat menyakitkan rasanya. Arti ghosting adalah perilaku yang membuat seseorang seperti diberi harapan palsu.

Saat perasaan sedang berbunga-bunga sering berjalan dengan si dia, tiba-tiba ia menghilang tanpa alasan yang jelas. Dihubungi pun tidak bisa. Ia menghilang tanpa melakukan kontak lagi dan seolah tidak saling mengenali ketika bertemu secara tidak sengaja.

Pengalaman di-ghosting dalam hubungan percintaan adalah cara tepat menyadarkan diri bahwa berharap dengan sesuatu yang belum pasti merupakan sikap yang bodoh. Ghosting biasanya disebabkan karena perasaan sesaat atau sebenarnya ia baru menyadari kalau tidak benar-benar menyukai pasangan.

Hal ini juga terjadi karena seseorang merasa tidak percaya diri dan masih belum siap dengan komitmen. Selain itu, penyebab ghosting juga bisa karena seseorang masih bimbang dan melihat seseorang yang lebih baik. Ghosting juga bisa terjadi karena sibuk dan tidak ingin mendapat kekangan dari seseorang.

Apa Arti Ghosting dalam Pertemanan

ghosting PerbesarIlustrasi Ghosting Credit: freepik.com

Arti ghosting dalam hubungan pertemanan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan hubungan percintaan atau asmara. Hubungan pertemanan yang berpotensi menerima ghosting adalah hubungan platonic. Hubungan platonic merupakan pertemanan yang dilakukan oleh pria dan wanita dengan ketertarikan asmara.

Ketika sedang menjalani hubungan platonic, menjaga perasaan adalah kunci utamanya. Hubungan seperti ini biasanya disamarkan dengan persahabatan, untuk saling mengasihi tanpa bermain hati. Sayangnya hubungan platonic yang salah satu pelakunya tidak tahan dengan perasaan cintanya, berpotensi melakukan dan menerima ghosting.

Bukan karena tidak menyukai, perlakukan ghosting bisa dilakukan oleh pihak yang tidak tahan dengan perasaannya. Takut merusak hubungan pertemanan dan memilih hilang tanpa alasan, karena ketika berdekatan jantung berdegup kencang.

Lalu bisa dilakukan oleh pihak yang konon tidak memiliki perasaan dalam hubungan platonic ini. Lagi-lagi bukan karena tidak menyukai, tetapi ingin menjaga. Menghilang tanpa alasan adalah cara yang tepat untuk tidak memicu konflik dalam pertemanan.

Arti kata “Ghosting” – Istilah Komputer

Berikut ini adalah terjemahan arti kata Ghosting dalam kamus Istilah KomputerGhostingKondisi error di mana sebuah objek atau huruf yang tidak dikehendaki muncul berulang sepanjang halaman.

Penjelasan detail:

KataGhosting
ArtiKondisi error di mana sebuah objek atau huruf yang tidak dikehendaki muncul berulang sepanjang halaman.

Demikianlah penjelasan arti kata “Ghosting” jika diterjemakan dalam kamus Istilah Komputer.

Ghosting terdiri dari 8 karakter yang diawali dengan karakter G dan diakhiri dengan karakter g dengan 2 huruf vokal.

Selain “Ghosting”, mungkin juga Anda sedang mencari penjelasan kata-kata berikut ini:

  • GhostSemacam bayangan objek atau gambar yang nampakdi layar monitor atau hasil cetakan.
  • Ghost iconBayangan sebuah icon atau jendela yang menunjukan posisi ikon atau jendela tersebut ketika digeser (drag) ke posisi lain di layar monitor.
  • Accoustic CouplerAlat sejenis modem sederhana untuk mengirim data-data komputer melalui saluran telepon. Alat ini mengubah sinyal biner menjadi sinyal akustik untuk diterima mikrofon telepon, sinyal akustik dari speaker telepon akan diubah menjadi sinyal digital.
  • ANSI (American National Standards Institute)Lembaga yang menentukan patokan untuk pemrosesan data, memberikan aturan baku dalam menggunakan kode dan bahasa dari suatu bahasa pemrograman.
  • BSI (British Standards Institution)Suatu organisasi di Inggris yang menentukan berbagai standar, termasuk komputer.
  • CongestionKondisi yang terjadi akibat pemanggilan suatu layanan yang melebihi kapasitas yang dapat diterima sebuah jalur komunikasi data.
  • Dedicated HostingSalah satu tipe dari layanan hosting yang memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk meletakkan file-file situsnya pada sebuah server yang khusus disewakan kepada pelanggan oleh penyelenggara jasa layanan. Dengan cara ini maka pengisi data akan mempunyai keleluasaan dalam mengembangkan muatan maupun aplikasi pada servernya dan dijamin unjuk kerjanya akan tetap baik. Mekanisme ini kemungkinan cocok untuk perusahaan kecil dan menengah yang tidak memiliki staff khusus untuk mengelola situs dan servernya, termasuk e-mail, vpn, dan lain-lainnya. Sebagai kelengkapan fasilitas bagi penggunan dedicated hosting provider, adalah diberikannya backup sumber listrik (catudaya) dan beberapa sambungan utama ke Internet.
  • ALGOL (Algortihmic Oriented Language)Bahasa pemrograman tingkat tinggi yang digunakan untuk menyelesaikan persoalan dalam langkah-langkah yang terbatas. Umumnya untuk membuat program-program science.
  • AliasingSuatu efek (Aliasing) yang muncul karena contoh citra atau sinyal dilakukan pada tingkatan yang terlalu rendah. Efek ini menyebabkan area high texture (rapid change) dalam citra terlihat sebagai slow change. Bila aliasing muncul akan sulit untuk mereproduksi contoh citra ke dalam citra asli yang akurat.
  • Anti AliasingSuatu teknik yang digunakan untuk menghilangkan efek jaggies pada gambar yang dihasilkan. Dengan menggunakan anti aliasing ini gambar yang dihasilkan akan terlihat lebih mulus, terutama pada garis-garis yang tidak horizontal ataupun vertikal (diagonal).
  • API (Application Programming Interface)Program aplikasi yang memberikan layanan yang diperlukan oleh suatu sistem, biasanya layanan khusus untuk aplikasi tersebut.
  • APL (ADA Programming Language)Bahasa pemrograman yang dirancang oleh para teoritikus yang dirancang untuk diterapkan pada terminal jarak jauh.

Arti Kata Ghosting Dalam Hal Cinta

Bagi orang yang melakukan ghosting, mereka mungkin merasakan manfaatnya. Mereka tidak perlu menghadapi konflik, tidak perlu memberi penjelasan, dan tidak perlu menghadapi perasaan orang lain. Para ghoster bisa dengan mudah menghindari situasi yang tak nyaman dan drama yang mungkin muncul.

Tapi bagaimana dengan mereka yang menjadi korban ghosting? Tentu saja rasanya menyakitkan. Mereka tak dapat closure dan tak dapat penjelasan. Mereka kerap bertanya-tanya dan menyalahkan diri. Pada akhirnya, korban ghosting selalu merasa cemas, khawatir, dan akhirnya insecure dengan dirinya sendiri.

Alasan seseorang melakukan ghosting bisa macam-macam. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

  • Rasa takut. Takut akan ketidaktahuan atau fear of the unknown adalah hal wajar bagi manusia. Dia mungkin memutuskan untuk mengakhiri hubungan, karena dia takut memulai hubungan yang lebih jauh atau takut jika nantinya ada perpisahan.
  • Menghindari konflik. Dia yang melakukan ghosting mungkin sebenarnya ingin berpisah, tapi khawatir dengan drama dan konflik. Bagi dia, lebih baik pergi tanpa penjelasan, daripada harus melewati konflik berkepanjangan.
  • Kurang bertanggung jawab. Jika kamu baru saja dalam tahap pendekatan dengannya atau kenal dengan orang baru yang tiba-tiba ghosting, dia mungkin merasa tak perlu menjelaskan apa-apa saat pergi darimu. Baginya, tak ada keharusan untuk memberi penjelasan padamu, karena dia merasa hal itu bukan hal besar.
  • Self-care. Bisa jadi, dia merasa hubungan denganmu adalah hubungan yang toxic. Sehingga dia memilih keluar dari hubungan secara tiba-tiba, untuk kebaikan dirimu. Tidak ada salahnya melakukan refleksi diri jika hal ini yang terjadi.

Arti Ghosting Dalam Bahasa Gaul FB, Twitter, IG, Medsos Lainyy

Kalau kalian ketikkan kata [ghosting] ini di Google Translate, maka kalian akan mendapatkan terjemahan seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Arti Ghosting Google Translate

Tapi, sebenarnya arti [ghosting] itu bukanlah yang seperti terlihat pada gambar di atas. Untuk mengetahui artinya kita perlu melihatnya di kamus yang banyak membahas istilah-istilah pop culture seperti ini.
Untuk istilah-istilah pop culture seperti ini kita bisa melihatnya di kamus Urban Dictionary. Ini saya screenshotkan penjelasan yang ada di kamus tersebut ya.

Arti Ghosting

Yang kalau saya terjemahkan penjelasannya ke dalam bahasa Indonesia kurang lebih seperti ini,

 Saat seseorang memutus semua komunikasi antara teman-temannya atau orang yang sedang dia kencani, tanpa dia memberitahukan sebelumnya. Mereka yang melakukan ghosting ini biasanya menghindari telepon dari teman-teman mereka, media sosial dan menghindari bertemu dengan mereka.

Jadi, bisa kita simpulkan bahwa orang yang melakukan [ghosting] ini menghilang tiba-tiba karena berusaha untuk menghindari seseorang. Dia misalnya tiba-tiba ngeblock media sosial temannya karena dia berusaha menghilang tanpa jejak atau kalau ditelpon, ngga pernah diangkat dan ngga pernah nelpon balik juga.

Contoh kalimat yang diberikan di situ yaitu,

 I haven’t seen Tom in 3 months. I think he may be ghosting me.

Yang kalau saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya yaitu,

 Saya tidak melihat Tom 3 bulan ini. Saya rasa dia menghindari saya.

Di Bahasa Indonesia sepertinya tidak ada padanan kata untuk kata [ghosting] ini, jadi kita gunakan istilah [ghosting] aja ya.

Kata Ghosting Di This American Life

Saya menemukan kata [ghosting] ini disebutkan di websitenya This American Life. Website This America Life ini merupakan website yang membahas hal-hal yang terjadi di Amerika. Saya sering mendengarkan podcast dari website This American Life ini untuk menambah kosakata dan listening Bahasa Inggris saya.
Mari kita lihat pada gambar screenshot yang saya ambil dari website tersebut.

Arti Ghosting

Di website ini, sebenarnya kita mendengarkan audio, tapi di situ juga disediakan versi tertulisnya, sehingga kita bisa mengikuti jikalau audio yang kita dengarkan itu terlalu cepat buat kita. Karena memang kecepatan mereka ngomong adalah kecepatan ngomong mereka sehari-hari yang buat telinga kita yang tidak terbiasa akan terdengar sangat cepat.

Loading...

You May Also Like