7 Strategi SEO Yang Harus Ditinggalkan & Meningkatkan Peringkat Blog

Loading...

7 Strategi SEO Yang Harus Ditinggalkan & Meningkatkan Peringkat Blog Dan Dongkrak rangking di google- Saat ini bisnis dengan strategi digital terus berkembang dengan pesat. Salah satunya adalah dengan membuat situs untuk mempromosikan produk. Namun untuk berhasil, kamu tidak bisa melakukannya sembarangan. Perlu strategi SEO yang tepat. 

SEO atau search engine optimization adalah pengoptimalan mesin penelusuran sehingga halaman situsmu dapat muncul di halaman pertama pencarian Google. Nah, berikut ini adalah informasi mengenai jenis SEO dan beberapa panduan strategi SEO untuk pemula yang perlu kamu ketahui.

Seperti yang dijelaskan di atas SEO digunakan untuk mengoptimalkan situs kamu agar muncul di halaman pertama pencarian Google. Dengan meningkatkan ranking di mesin pencari maka semakin besar peluang untuk dapat menaikkan traffic, meningkatkan awareness hingga mengubah pengunjung menjadi pelanggan bisnismu. 

7 Strategi SEO Yang Harus Ditinggalkan & Meningkatkan Peringkat Blog
Loading...
Foto: Altius

Teknisi-Blogger.id – Ada Pertanyaan, Kenapa SEO Jadul Sekarang ditinggalkan Para akar SEO? Karena SEO lama sudah diperbarui oleh sistem google yang lebih canggih. Secara sederhana, SEO dapat dijabarkan sebagai strategi atau taktik untuk mengoptimalkan sebuah blog atau website. Optimalisasi yang dilakukan memungkinkan mesin pencarian atau search engine untuk menilai apakah blog atau website tersebut layak ditampilkan pada posisi teratas dari hasil pencarian atau justru tidak layak.

Namun, satu hal yang harus dipahami, SEO bukanlah pekerjaan yang selesai dilakukan dalam satu kali waktu saja. SEO adalah proses tiada akhir, yang artinya kita harus terus-menerus mengoptimalisasi website.

Karena merupakan suatu proses yang terus menerus dilakukan sesuai perkembangan digital, tentunya suatu strategi SEO haruslah selalu diperbarui dari strategi jadul yang telah lama digunakan.

Nah, memangnya apa saja sih strategi SEO jadul yang dimaksud? Jangan-jangan website kalian masih menerapkan strategi SEO jadul ini yang tentunya sudah tidak sesuai dengan perkembangan digital saat ini? 

Berikut ini 7 strategi SEO jadul yang harus kalian stop penggunaannya dan segera beralih ke strategi yang lebih baru agar blog dan website kalian tetap mampu bersaing.

Baca Juga Cara Mengatasi Tidak Bisa Copy Teks di Blog yang Dikunci

Berikut 7 Strategi SEO Jadul yang Harus di Tinggalkan

Apakah Itu Pengertian SEO ON PAGE Dan SEO OFF PAGE?

 SEO yang merupakan singkatan dari Search Engine Optimization merupakan sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan situs website atau halaman website di suatu mesin pencarian. Tujuan utama dari SEO ini dilakukan, yaitu untuk menempatkan situs web kita pada posisi teratas dengan menggunakan kata kunci yang sudah ditargetkan supaya website yang kita miliki mempunyai peluang yang lebih besar untuk mendapat pengunjung lebih banyak. Untuk melakukan SEO ini ada dua tekniknya, yaitu, SEO ON PAGE dan SEO OFF PAGE. Apakah itu pengertian SEO ON PAGE dan SEO OFF PAGE akan dibahas di bawah ini.

SEO ON PAGE adalah proses SEO yang dilakukan di bagian dalam atau internal situs web saja. Proses mengoptimalkan SEO ON PAGE ini hanya dilakukan pada optimasi situs saja dengan tanpa melibatkan pihak luar. Teknik SEO ON PAGE ini adalah salah satu faktor terbesar untuk menentukan rangking situs. Dasar-dasar yang harus diterapkan dalam On Page SEO, yaitu;

• Title Tag: judul tagar yang ada pada sebuah postingan yang dibaca oleh search engine.
• Meta Description: keterangan dari halaman website yang didasarkan dari kalimat postingan artikel.
• URL (Uniform Resource Locator): rangkaian karakter pada format standar tertentu guna menunjukkan alamat sumber seperti data, dokumen, gambar, dan yang lainnya.
• Heading: sekumpulan kata yang merupakan judul ataupun sub-judul dalam sebuah dokumen berbentuk format html. Ada 6 tingkatan dalam html, yaitu tingkat 1 – 6.
• Link To Site Authority: suatu postingan yang didalamnya memuat link-link yang menuju situs-situs terpercaya, seperti youtube, Twitter, Facebook, dan yang lainnya.

Sedangkan, SEO OFF PAGE adalah proses SEO yang dilakukan dari eksternal atau luar bagian situs website. Contoh dari proses SEO OFF PAGE adalah dengan menggunakan backlink. Backlink, yaitu link dari halaman situs yang berada didalam halaman situs orang lain yang memiliki page rank yang tinggi. Google sangat menyukai backlink berkualitas dari situs-situs terpercaya. Oleh sebab itu, bila memiiki backlink akan membuat website kita memiliki lebih besar peluang untuk bisa masuk dalam posisi satu mesin pencari. Selain itu, Backlink juga berguna untuk memperkuat website kita. Selain dari teknik backlink, SEO OFF PAGE juga bisa dilakukan dengan Forum, Situs Social Bookmarking, E-mail Marketing, dan meninggalkan link situs web di kolom-kolom komentar (Blogwalking).

Nah inilah Seo yang harus anda tinggalkan untuk mengoptimalkan blog anda di serp google

1. SEO dengan Penggunaan Keyword

SEO dengan Penggunaan Keyword

Keyword menjadi poin penting dalam sebuah konten untuk mengarahkan mesin pencari kepada situs atau website-mu. Kebanyakan orang akan menempatkan sebanyak mungkin keyword di dalam konten blog atau website karena berpikir akan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencarian. Menariknya, keyword pendek dengan banyak search volume tersebut dimasukkan begitu saja dalam konten tanpa memerhatikan kesesuaiannya dengan kalimat.

Strategi SEO ini memang terbukti efektif hingga beberapa tahun yang lalu. Saat ini, pengguna internet sudah semakin pintar dan lebih memilih menggunakan keyword yang spesifik. Jika pada zaman dahulu teknik SEO kuno dengan menggunakan keyword pendek bisa menghasilkan banyak klik, kini long tail keyword akan lebih bermanfaat untuk para pengguna internet.

Keyword “aplikasi editor video terbaik di HP Android” tentunya akan lebih baik dibandingkan sekedar menggunakan keyword “aplikasi editor video”. Ini akan lebih sesuai dengan pencarian yang dilakukan oleh para pengguna internet. Tak perlu ragu untuk menggunakan keyword dengan dua kata atau lebih. Karena Google sudah menerapkan algoritma yang bisa mencari padanan kata, kamu tidak perlu menempatkan keyword dengan dua kata atau lebih menjadi satu di dalam konten.

2. Anchor Text Lebay

Memasukkan banyak anchor text untuk mengarahkan traffic ke artikel-artikel lain dalam satu domain yang sama memang bisa meningkatkan ranking search engine. Namun, saat ini cara tersebut merupakan strategi SEO yang sudah tidak bisa lagi digunakan karena Google sudah melakukan perubahan pada sistemnya. Google kini malah menghindari konten-konten yang memiliki anchor text berlebihan karena dianggap manipulatif dan spamming.

Sebagai tips, tempatkan anchor text di bagian navigasi, sidebar, footer, dan di dalam konten dengan cara menyatukannya dengan kata-kata sehingga terlihat lebih smooth dan akan lebih memungkinkan untuk diklik oleh pembaca web. Jangan hanya gunakan link tersebut untuk search engine, tapi buatlah agar enak dibaca oleh para pembaca. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari blacklist Google.

Baca Juga 10 Situs Pemendek / Shorten URL 2021 Yang Membayar Mahal

3. Memasarkan Produk yang Tidak Sesuai Konten

Memasarkan Produk yang Tidak Sesuai Konten

Strategi SEO jadul lainnya yang sudah harus ditinggalkan penggunannya yakni melakukan memasarkan produk di akhir konten artikel, namun isi artikel dan produk yang dipromosikan sama sekali tidak nyambung. Ini merupakan salah satu contoh link-bait yang berstrategis dan tidak fokus. 

Memang harus diakui bahwa strategi ini cukup efektif menjaring banyak audience, tapi di satu sisi, entah kamu sadari atau tidak, bisa menjatuhkan image brand produkmu. Orang mungkin akan tertarik dan melakukan klik pada judul artikel yang kamu buat. Isi kontennya juga dibuat sesuai dengan judul. Tapi, tiba-tiba, di akhir artikel, kamu memasukkan promosi barang jualanmu meskipun tidak sesuai dengan topik yang sedang dibahas.

Apakah menurutmu hal tersebut bagus untuk branding produk jualanmu? Menjaring audience memang iya, tapi tidak untuk sebuah branding. Orang akan cenderung melewatkan bagian promosi di bagian akhir karena menganggap hanya sebuah iklan yang tidak berhubungan. Akan lebih baik kamu membuat konten yang sesuai dengan produkmu. Dengan begini, pembaca akan merasa lebih terarahkan dari awal sampai akhir artikel untuk membeli produkmu.

4. Strategi Banyak Domain Untuk Satu Situs

Mungkin peribahasa semakin banyak jaring yang ditebar, semakin banyak ikan yang akan terjaring menjadi salah satu acuan dalam strategi pembuatan banyak domain untuk satu situs yang sama agar mendapatkan banyak pembaca. Tapi sayangnya ini adalah SEO jadul yang sebaiknya sudah tidak kamu gunakan lagi.

Bisa saja kamu menggunakan alamat domain yang berbeda untuk satu situs yang inti pembahasannya sama. Misalkan saja hotel.com, hotelnyaman.net, dan hotelsekitar.id. Google akan tetap menghitungnya menjadi satu domain saja meski kamu menyebarkan situsmu ke tiga domain tersebut. Ranking domain pun juga dibagi menjadi tiga. Hasilnya tetap saja satu.

Baca Juga : Apa Itu Seo (seo onpage dan Seo offpage)

5. Nama Domain Untuk Keyword  

Nama Domain Untuk Keyword

Untuk berada di peringkat teratas mesin pencarian, kamu bisa saja terpikir untuk membuat nama domain-mu sesuai dengan keyword yang biasa dimasukkan oleh pengguna internet. Hal tersebut memang masih banyak dilakukan oleh beberapa orang karena berpikiran bahwa strategi SEO ini masih berlaku. Nama domain seperti obatdiare.com atau kamarhotelmewah.com masih bisa kamu temukan pada pencarian.

Padahal, teknik ini sudah sangat jadul bin ketinggalan zaman dan malah menghilangkan kepercayaan pengguna internet untuk melakukan klik pada website seperti ini. Meski memiliki peluang untuk muncul pada halaman pertama mesin pencarian, apakah kamu yakin orang akan melakukan klik? Jawabannya adalah tidak. Ini karena pengguna internet zaman sekarang sudah lebih pintar sehingga bisa memilih mana website yang terpercaya dan tidak.

Nama domain seperti yang dicontohkan di atas terkesan tidak meyakinkan karena tidak menunjukkan atau mengarah pada satu produk. Orang pasti berpikir bahwa pembahasannya adalah hal-hal umum sehingga mengurangi kredibilitas sebuah website. Akan lebih baik jika kamu mulai menghilangkan keyword pada nama domain dan lebih memasukkannya pada konten artikel. Hal ini akan lebih mudah dibaca oleh algoritma baru Google.

Baca juga Niche Blog Dengan Nilai BPK/CPC Adsense Tertinggi 2021

6. Mengandalkan Satu Keyword

Ada sebuah tren SEO yang populer pada tahun 2010-2012, yakni Micro Niche Site dan Exact Match Domain, dimana idenya adalah menggunakan satu keyword pada website mikro dan menamakan website sesuai dengan keyword tersebut. Ini masih berkaitan dengan pembahasan keyword pada domain di poin nomor 5. Dulu memang banyak orang yang menghasilkan uang dari MNS dan EMD ini, tapi tidak dengan sekarang.

Hal ini karena website mikro memuat sedikit artikel dan informasi. Google bisa menganalisis website mikro ini sebagai salah satu yang tidak kredibel. Mulai sekarang, buatlah satu topik besar untuk konten dan menerapkan banyak keyword. Misalkan kamu membuat website yang membahas tentang hotel, buatlah konten yang beragam namun tetap berhubungan, seperti tips memilih hotel terbaik, hotel termurah di kota A, jenis-jenis kamar hotel, dan sebagainya.

Baca Juga Inilah 50 CPC Adsense Tertinggi Di Indonesia, Termahal Didunia

7. Fokus Pada Keyword, URL, Backlink

SEO saat ini semakin berubah dari teknikal menjadi lebih ke arah pemasaran. Untuk mengoptimalisasi website dengan sistem SEO yang masih teknikal, fokusnya ada pada keyword, URL, backlink, dan judul. Namun, dengan sistem yang baru, fokusnya bergeser pada bagaimana cara membuat konten yang layak untuk kemudian dipasarkan.

Tipsnya adalah dengan memprioritaskan pemasaran website daripada mengoptimalisasi sisi teknikalnya. Backlink yang berkualitas adalah yang didapat dengan cara memasarkan website yang kamu miliki kepada orang lain. Media sosial juga memiliki pengaruh untuk pemasaran website. Jadi, kamu bisa gunakan media sosial untuk meningkatkan promosi produk ketimbang harus memaksakan diri berpaku pada sisi teknikal SEO.

Cara Dongkrak Rangking Di Google Dengan Penggunaan SEO

Memasuki tahun 2021, penting bagi seorang marketer untuk mengetahui apa saja tren SEO (search engine optimization) yang harus diperhatikan di tahun 2021 ini.

Mengapa hal tersebut penting? SEO menjadi salah satu kunci utama bagi marketer untuk mengoptimalkan website-nya.

Melalui SEO, ia dapat meraih ranking teratas di halaman pencarian Google. Dengan begitu, otomatis traffic yang masuk ke website-nya akan semakin banyak dari waktu ke waktu.

Mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian Google adalah tujuan semua pemilik website dan blog. Semakin tinggi peringkat di hasil pencarian Google, semakin banyak traffic website yang didapatkan. Bagi pemilik website toko online, trafik tinggi artinya semakin banyak pengunjung yang bisa dikonversi menjadi leads atau konsumen. Bagi blogger, trafik tinggi artinya ia bisa mendaftar Google AdSense atau menjadi endorser.

Tujuan tersebut tidak dapat dicapai hanya dengan merilis banyak konten tanpa optimasi. Sebab halaman-halaman website Anda tidak bisa naik ke peringkat teratas hasil pencarian dengan sendirinya. Diperlukan berbagai teknik SEO yang efektif agar website Anda naik peringkat di hasil pencarian Google.

Artikel ini akan memandu Anda menerapkan teknik-teknik SEO berdasarkan update algoritma terbaru dari Google. Teknik SEO selalu berubah mengikuti update algoritma Google. Jika 10 tahun lalu artikel 300 kata yang dijejali kata kunci (stuffing keyword) bisa menduduki peringkat teratas Google, kini teknik SEO semacam itu sudah tidak berlaku. Google selalu memperbarui algoritmanya untuk memberikan hasil pencarian terbaik kepada penggunanya. Hasil pencarian yang mampu menjawab pertanyaan pencari secara lengkap.

Teknik SEO untuk meningkatkan peringkat dan traffic website Anda:

Search Engine Optimization atau SEO adalah suatu strategi untuk mengoptimasi atau memaksimalkan sebuah website pada search engine. Dengan memanfaatkan SEO, website bisnis yang Anda kelola bisa berada di peringkat halaman pertama untuk kata kunci yang dipilih. SEO bisa dibilang merupakan ujung tombak dari pemasaran online. Dengan mengaplikasikan SEO pada bisnis digital Anda, maka peluang untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan angka penjualan pun semakin terbuka lebar. Salah satu aspek yang tidak terpisahkan dalam pengaplikasian SEO untuk bisnis adalah tren SEO. Dengan membaca SEO Trend, maka Anda akan tahu haluan dari website yang dikelola tiap tahunnya. Berikut adalah SEO trend di tahun 2021 dari para SEO profesional yang wajib Anda ketahui.

1. BERT & Optimasi yang Berfokus Pada User

Di tahun 2021, seluruh SEO profesional mengalihkan perhatian mereka pada BERT. BERT merupakan sebuah algoritma yang baru-baru ini diluncurkan oleh Google. Dengan diluncurkannya BERT seakan jadi pertanda kuat bahwa Google benar-benar akan berfokus pada hasil pencarian berdasarkan user intent. Untuk itu, pemilik web pun diharapkan untuk mengikuti alur perubahan tersebut. Caranya adalah dengan mengedepankan konten yang memenuhi kebutuhan user. Eli Schwartz, yang berprofesi sebagai growth consultant sekaligus advisor memperingatkan bahwa pengelola website harus membuat konten yang benar-benar bisa memuaskan kebutuhan pencari. Lebih lanjut, ia menyarankan untuk menggunakan suggested queries dalam membangun konten. Hal ini akan lebih efektif dibandingkan jika Anda menggunakan keyword search tool.

2. High Quality, Optimized Content

Tren SEO selanjutnya yang akan banyak digunakan di tahun 2021adalah konten yang teroptimasi. Konten tentunya menjadi hal yang tidak terpisahkan di dalam dunia SEO. Tanpa konten yang berkualitas, tentunya sangat sulit bagi Anda untuk menggaet pengguna untuk mengunjungi situs. Di tahun 2021 ini menjadi waktu yang tepat untuk mengevaluasi konten-konten yang sudah dibuat. Agar situs Anda bisa masuk ke dalam peringkat satu di Google, pastikan bahwa konten yang ditawarkan memiliki relevansi dengan produk yang Anda jual.

Selain itu, konten tersebut juga harus bisa memberikan pengetahuan atau nilai (value) bagi pembaca. Keyword dan page views sudah bukan lagi jadi barang yang harus dijunjung tinggi. Konten-konten yang tidak bermuatan value apapun juga sebaiknya mulai dikurangi. Selain itu, kanibalisasi konten juga wajib jadi hal yang harus Anda waspadai. Salah satu caranya adalah dengan melakukan audit secara berkala terhadap konten yang akan dipublish.

3. E-A-T

Dalam merangking suatu situs, Google akan mengedepankan 3 hal, yaitu ExpertiseAuthority, dan Trustworthiness. Kalangan penggiat SEO menggunakan akronik E-A-T untuk tiga hal tersebut. Anda juga perlu mengedepankan E-A-T dalam pembuatan konten. Dalam arti lain, Anda harus memiliki keahlian dalam konten yang dibuat. Selain itu, Anda juga perlu memastikan bahwa konten yang dipilih memang sedang banyak dicari oleh orang. Dengan demikian, peringkat website Anda pun dapat naik. Selain Expertise, Anda juga membutuhkan konten dengan nilai Authority. Yang dimaksud di sini adalah, Anda harus bisa memberikan konten yang menginspirasi pembaca. Semakin tinggi tingkat Authority Anda, maka akan semakin banyak pula orang dan pemilik situs yang mereferensi website yang Anda kelola.

Aspek terakhir adalah Trustworthiness. Hal ini jadi aspek paling penting dalam penggunaan SEO untuk bisnisTrustworthiness, atau kepercayaan dapat dicapai dengan memperlakukan konsumen maupun calon konsumen Anda dengan baik. Semakin tinggi tingkat kepercayaan mereka terhadap brand Anda, maka tingkat trustworthiness pun akan semakin meningkat. Di tahun 2021 ini pun, E-A-T masih akan berlaku. Terlebih lagi bagi Anda yang mengelola website dengan konten berdasarkan YMYL, atau Your Money Your Life. Google kembali menegaskan pentingnya E-A-T dalam rangka untuk membasmi adanya konten palsu atau berita hoax yang semakin marak beredar di dunia maya.

4. UX & Technical SEO

UX, atau User Experience juga akan menjadi SEO trend terkini di tahun 2021. Hal-hal cakupan UX yang wajib Anda perhatikan adalah pengalaman user saat memasuki halaman SERP, landing page, serta saat mereka meninggalkan website Anda. Page speed atau kecepatan laman website memuat seluruh kontennya juga menjadi hal yang krusial dalam meningkatkan UX. Pengelola website diharapkan bisa beradaptasi dengan membuat suatu website yang bisa dimuat dengan cepat dan sempurna walaupun dalam kondisi koneksi internet yang lambat. Jika Anda memiliki blog bisnis, sebaiknya hindari memasang terlalu banyak widget yang dapat mengakibatkan waktu loading situs yang terlalu lama. Bagi pengelola website yang lebih besar, Anda juga perlu memperhatikan aspek technical SEO lainnya, seperti SEO Automation, PWAs, hingga framework Javascript.

5. Mobile SEO

Dengan meningkatnya pengguna internet yang browsing menggunakan smartphone, tak heran jika Mobile SEO menjadi SEO trend di tahun 2021. Website yang mobile friendly akan jauh lebih unggul dan banyak diakses di tahun ini. Sebenarnya, strategi Mobile-First sudah mulai menggeliat sejak beberapa tahun belakangan ini. Di tahun 2021 ini, Anda perlu lebih fokus dalam mengoptimasi strategi SEO untuk website berbasis smartphone. Agar lebih bisa mendalami tren ini, Anda disarankan untuk mempelajari lebih dalam tentang teknologi mobile SERP. Dengan mempelajari mobile SERP lebih dalam, Anda akan dapat memprediksi jenis traffic yang akan datang sekaligus menyusun strategi optimisasi yang lebih akurat.

6. Structured Data

Structured data, atau data yang terstruktur juga jadi highlight penting dalam SEO Trend di tahun 2021. Dengan melakukan struktur data, konten yang Anda sajikan kepada para pengguna internet pun akan lebih terarah dan dapat dimengerti oleh search engine. Dengan menggunakan metode struktur data yang tepat, maka Anda pun dapat memperoleh konten yang lebih berkualitas. Selain itu, tingkat analitik website Anda pun dijamin akan lebih baik lagi. Mempelajari metode data terstruktur juga memungkinkan Anda untuk membuat strategi pemasaran digital yang lain.

7. Link Building dan Brand Building

Baik Link Building dan Brand Building sama-sama akan menjadi SEO Trend yang harus diperhatikan dalam persaingan pemasaran digital. Penyusunan link building yang tepat akan dapat membantu mendongkrak traffic dan membangun brand yang Anda miliki. Bila dimisalkan, link building adalah pondasi dari pemasaran digital Anda. Jika pondasinya tepat, maka brand Anda pun dapat terbangun dengan maksimal.

Loading...

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *