Saat Hari Pertama Kerja, Inilah 5 Hal Yang harus dilakukan

Teknisi Blogger – Memulai pekerjaan baru di tempat yang baru bisa jadi sangat menyenangkan sekaligus menakutkan. Di satu sisi, mungkin kalian sangat bersemangat untuk memulai lembaran baru di kehidupan kita, namun di sisi lain kita juga gugup untuk menunjukkan performa terbaik di depan atasan dan rekan kerja baru. Bila hal ini masalah yang dihadapi, satu-satunya cara adalah dengan memulai pekerjaan baru kamu dengan sebuah rencana. Memiliki rencana akan membantumu untuk mengurangi rasa cemas di hari pertama kerja.

5 Hal Harus Dilakukan Saat Mulai Hari Pertama kerja

Saat Hari Pertama Kerja, Inilah 5 Hal Yang harus dilakukan
5 Hal Yang harus dilakukan Saat Hari Pertama Kerja

Lalu, bagaimana seharusnya kalian melalui hari pertama bekerja?

Bacaan Lainnya

1. Persiapkan diri sehari sebelumnya

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa kamu bisa tidur dengan nyenyak semalam sebelumnya. Jangan lupa sarapan pagi sebelum berangkat kerja. Mempersiapkan diri sejak sehari sebelum berangkat kerja akan membantumu untuk tetap fokus di hari pertama kerja. Ada tenaga, tubuh segar, hal-hal tersebut tentu dapat memberikan kesan terbaik di hari pertama masuk kerja.
Jangan sampai kalian terlambat di hari pertama kerja bila tidak ingin muncul kesan buruk di benak atasan dan rekan kerja baru. Berangkatlah lebih awal agar tidak terkena macet. Selain itu, kamu juga belum terbiasa dengan rute perjalanan ke kantor kamu sehingga risiko terlambat bisa jadi lebih besar.

2. Berpakaianlah yang rapi

Berpakaian saat hari pertama bekerja hampir sama dengan bagaimana berpakaian ketika wawancara kerja. Mungkin dress code yang digunakan di kantor memang kasual, namun setidaknya kamu wajib untuk berpakaian profesional. Namun bukan berarti kamu wajib pakai jas dan dari ketika orang-orang lain menggunakan pakaian kasual. Setidaknya jangan gunakan kaus oblong di hari pertama kerja. Kemeja yang santai dengan celana atau rok bisa jadi pilihan. Ketika sudah terbiasa dengan lingkungan kerja, barulah kamu bisa menggunakan pakaian yang lebih kasual sesuai dengan budaya perusahaan.

3. Tetap tenang, jangan buru-buru

Ketika ditanya apa yang menyebabkan seseorang gugup saat mulai pekerjaan baru, kebanyakan orang mengatakan bahwa mereka takut melakukan kesalahan. Memang wajar bila hal tersebut terjadi pada kamu, namun ingatlah bahwa Kalian tidak diharapkan bakal tahu segalanya atau bahkan melakukan revolusi besar di perusahaan tersebut. Perusahaan pasti paham bahwa ketika mereka merekrut orang baru, apalagi fresh graduate, pasti orang tersebut kurang pengalaman dan pengetahuan mengenai industry tersebut. Jadi, jangan gugup ketika mulai masuk pekerjaan baru.

4. Bertanyalah bila tak mengerti

Tak usah ragu untuk bertanya tentang sesuatu yang asing di telingamu. Justru inilah yang ditunggu oleh rekan kerja atau atasan kamu karena mereka bisa mudah tahu apa yang sebenarnya kamu butuhkan. Selagi mereka menjelaskan, perhatikan baik-baik apa yang mereka katakan. Jadilah seorang spons yang mampu menyerap semua hal, termasuk penjelasan dari atasan serta rekan kerja kamu. Intinya, jadilah pendengar yang aktif, yang bertanya ketika ada hal asing di telinga. Hal ini juga akan memosisikan diri bahwa kamu benar-benar memerhatikan atasan atau rekan kerja kamu.

5. Terimalah undangan rekan kerja kamu

Bila kamu beruntung, rekan kerja kamu akan mengajak kalian untuk gabung makan siang bersama atau hangout sepulang kerja. Jangan menolak ajakan tersebut. Inilah cara yang tepat untuk lebih mengenal rekan kerja kamu sekaligus memperbaiki hubungan antar karyawan. Meski begitu, tak usah sok dekat dengan teman-teman kerja kamu karena hal tersebut justru membuat orang lain tidak nyaman.

Itulah beberapa hal yang dapat kamu lakukan di hari pertama bekerja. Sudah siap dengan segala apa yang bakal kamu hadapi? Semangat!

Baca Juga

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *