Cara Mempercepat Koneksi Sinyal WiFi Internet Yang Lemot

Cara Mempercepat Koneksi Sinyal WiFi Internet Yang Lemot

Konten [Tampil]
WiFi sudah menjadi kebutuhan utama masyarakat di era modern. Buktinya bisa dilihat dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja saat pergi ke kafe, yang pertama kali ditanya bukan alamat kafe atau menu makanan, tetapi ada tidaknya koneksi WiFi. Segitu pentingnya WiFi dalam kehidupan, tak jarang menyebabkan banyak orang candu.


Sayangnya, koneksi WiFi sering lambat, sehingga aktivitas download atau streaming menjadi terganggu. Cara mengatasinya sangat mudah, selengkapnya akan dijelaskan di bawah ini.

Cara Mengatasi Wifi yang Lambat/Lemot di HP Android tanpa Root

Internet adalah salah satu kebutuhan yang paling dicari-cari oleh pengguna gadget saat ini. Kebutuhan akan internet sudah mampu menggeser kebutuhan hidup sehari-hari. Segala sesuatunya saat ini selalu bergantung dengan internet. Bahkan untuk dapat terus mengakses internet, orang-orang rela menghambur-hamburkan uang pergi ke restoran ataupun tempat-tempat yang mempunyai akses jaringan internet WiFi.


Tidak heran bila orang-orang lebih rela berjam-jam duduk di restoran ataupun tempat-tenpat yang mempunyai WiFi. Karena sinyal yang dipancarkan oleh WiFi lebih cepat dan yang pasti lebih maksimal saat mengakses internet.


Tapi akan berubah menjadi sesuatu yang menjengkelkan bila koneksi internet Android Anda memilikik kecepatan yang lambat atau lemot. Sedangkan jaringan WiFi sudah sangat mumpuni. Nah berikut ini ulasan mengenai “Cara Mengatasi Wifi yang Lambat atau Lemot di HP Android”, yang dapat Anda lakukan sendiri.
Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi WiFi yang lemot, yaitu:

1. Download aplikasi Speed Up Internet 

Cara Mempercepat Koneksi Sinyal WiFi Internet Yang Lemot
Dengan mendownload aplikasi ini dapat membantu Anda mengatasi koneksi jaringan WiFi sampai dengan 50%. Oleh sebab itu Anda dapat memaksimalkan pemakaian internet untuk streaming dan berselancar di gawai sepuas mungkin.

2. Bersihkan riwayat, cache, dan cookie peramban Android

Cara Mempercepat Koneksi Sinyal WiFi Internet Yang Lemot
Biasanya bila Anda sedang browsing menggunakan WiFi tapi hanya peramban Anda saja yang mengalami koneksi lambat, bisa jadi yang bermasalah adalah perambannya, bukan pada jaringan internet WiFi-nya. Oleh sebab itu ada baiknya bila Anda rutin membersihkan riwayat, cache, serta cookie agar browser dapat kembali bekerja dengan maksimal.

3. Gunakan browser Opera, Google Chrome, Uc Browser

Kenapa demikian? Karena browser dengan kriteria jaringan yang stabil tidak lain dan tidak bukan adalah untuk dapat berselancar di browser dengan maksimal, tanpa gangguan sedikitpun. Chrome dan juga UC Browser adalah dua contoh browser yang cocok untuk Anda coba jika berada di lokasi yang free WiFi. Browser atau aplikasi untuk menjelah internet yang tidak mempunyai koneksi stabil dapat memutuskan koneksi kapan saja dengan mudah, sehingga hal tersebut bisa mempengaruhi kinerja internet Android Anda.

4. Pilih WiFi dengan Lokasi Yang Kuat Sinyal

Saat ini masih saja ada orang yang belum paham membedakan antara sinyal dan jaringan, nah berikut ini adalah penjelasannya. Sinyal atau Bar sinyal yang selalu terlihat pada ponsel atau PC itu hanya menandakan bahwa Anda sedang berada didekat koneksi WiFi yang kuat, meskipun sinyal tinggi atau hingga 7 Bar, belum tentu jaringannya kuat, misalnya saja Anda menggunakan WiFi dari ponsel dengan fitur Hotspot, Anda bisa melihat bahwa koneksi di PC sinyalnya tinggi, namun ketika Anda mengakses internet, Page not Found akan muncul atau menandakan kalau jaringan tidak ada.
Baca Juga Cara Pasang WiFi Di Rumah dengan Biaya Murah Internet Cepat 

Tips untuk Mempercepat Koneksi WiFi

Cara Mempercepat Koneksi Sinyal WiFi Internet Yang Lemot

1. Coba Ubah Setting Bandwidth

Sebelum melangkah ke pengubahan bandwidth, pastikan modem sudah on. Apabila dalam 20 menit koneksi WiFi masih buruk, ubah pengaturan bandwidth ke frekuensi yang lebih besar agar internet semakin lancar.

Caranya: cari menu Run pada Windows > ketik gpedit.msc > klik konfigurasi komputer > template administrasi > jaringan > QoS packed scheduler > double klik limit reservable bandwidth > pilih enable, lalu ganti bandwidth limit menjadi. Restart komputer untuk melihat hasilnya.

2. Instalasi Wifi Switcher

Cara lain yaitu dengan instalasi WiFi switcher. Kamu bisa mencari aplikasi ini di Google Play Store dengan mengetikkan nama yang sama. Pilih aplikasi switcher yang dikelola oleh Cloudie Development, kemudian unduh.

Setelah selesai mengunduh, akan muncul sebuah notifikasi. Pilih menu “izinkan” agar aplikasi WiFi Switcher berfungsi di smartphone milikmu. Buka aplikasi, lalu klik menu yang disediakan agar koneksi WiFi segera lancar.

3. Mengubah Setting DNS Komputer

DNS adalah menu pencarian nama pada komputer yang menggunakan jaringan TCP atau IP. Ubah pengaturan DNS pada komputer melalui DNS Google. Apabila setelah perubahan koneksi internet masih lambat, sebaiknya lakukan reset jaringan dan flushing DNS.

Caranya: klik kanan > pilih menu run administrator > ketik flushdns > tekan enter, lalu coba akses internet berulang kali.

4. Pilih Provider yang Terkenal

Telkomsel merupakan provider internet yang sudah populer dan terbukti memiliki koneksi internet yang cepat. Kamu bisa beralih ke provider internet agar koneksi selalu stabil setiap saat. Harga kuota internet Telkomsel memang mahal, tetapi kualitas yang kamu dapatkan sebanding dengan harga yang dibayar.

Selain Telkomsel, provider lain seperti XL dan Tri juga bagus, tergantung daerah tempat tinggal kamu juga. Bagi yang tinggal di perkotaan, provider internet apa saja pasti bagus dan lancar. Berbeda dengan yang tinggal di pedesaan atau pinggiran kota.

5. Pindah ke Area yang Sepi

Jika ingin memakai internet di kafe atau restoran, sebaiknya pilih kafe atau restoran yang tidak terlalu ramai didatangi pengunjung agar koneksi internet nya tetap lancar. Sebab, koneksi internet di suatu tempat sangat bergantung pada frekuensi pengguna internet di tempat yang bersangkutan.

Apabila situasi kafe tiba-tiba ramai, kamu bisa pindah ke tempat duduk yang masih sepi. Dengan demikian, kamu bisa mengakses WiFi dengan lancar.

6. Memeriksa Posisi Antena Router

Banyak yang tidak menyadari kalau posisi antena router juga berpengaruh pada kecepatan koneksi internet. Pastikan posisi router berdiri tegak, bukan miring ke samping kanan ataupun kiri, sehingga router lebih mudah menangkap sinyal dan menyalurkan sinyal tersebut ke perangkat yang kamu gunakan.

Selain itu, pastikan kabel router dalam keadaan baik. Apabila kabel putus atau sobek pada kulit bagian luar, sebaiknya segera diperbaiki agar sinyal internet tidak melemah.

7. Pakai Modem yang Memadai

Meskipun sudah mempunyai router pribadi, kamu juga perlu menyediakan modem. Apabila router rusak, kamu bisa menggunakan modem untuk mengakses internet, sehingga aktivitasmu tidak terganggu.

Setiap modem dilengkapi dengan kecepatan yang berbeda-beda. Pilih satu merek modem yang memiliki kecepatan paling tinggi untuk mengoptimalkan koneksi internet.

Faktor Penghambat Sinyal Wifi Lemot

Berikut adalah beberapa cara untuk menelusuri penyebab utama mengapa WiFi Anda terasa lambat.

1. Benarkah WiFi Anda lambat?

Langkah paling awal tentu saja memastikan apakah koneksi internet Anda memang sedang lambat. Karena bisa jadi, yang lambat bukan koneksi internet Anda, melainkan situs atau layanan yang Anda tuju.

Cara paling mudah adalah melakukan ping, alias mengecek waktu yang dibutuhkan untuk mengirim paket data ke kecil ke internet. Di Windows, ping bisa dilakukan dengan membuka command prompt (dengan mengetikkan cmd di kolom Search), lalu ketikkan ping google.com atau ping yahoo.com.

Ping juga bisa dilakukan melalui smartphone Android dengan menggunakan aplikasi Android Ping Tools (gratis, tapi ada iklannya). Di menu Ping, ketikkan google.com atau yahoo.com.

Cara Mempercepat Koneksi Sinyal WiFi Internet Yang Lemot

Biasanya, angka ping untuk google.com berada di kisaran 18ms, sementara yahoo.com di 200-an ms. Jika ping google.com berada di kisaran ratusan atau bahkan ribuan ms, berarti koneksi internet Anda memang sedang lambat.

2. Apakah sinyal WiFi Anda cukup kuat?

Perlu dipahami, sinyal WiFi pada dasarnya adalah gelombang radio yang rentan terhadap jarak dan halangan (seperti tembok). Jika sinyal dari access point WiFi ke notebook/smartphone Anda lemah, koneksi pun menjadi tidak stabil.

Indikator sinyal WiFi di notebook/smartphone Anda sebenarnya bisa menjadi acuan. Semakin sedikit garisnya, semakin lemah sinyal yang diterima. Jika ingin mengecek kekuatan lebih presisi, gunakan aplikasi Android Ping Tools seperti di atas. Di menu Wi-Fi Scanner, cek kekuatan sinyal WiFi yang diterima smartphone Anda.

Jika di bawah -70dB, berarti sinyal Anda kurang maksimal.

Solusi: Jika memungkinkan, pindahkan access point WiFi Anda ke tempat yang lebih tinggi atau ke lokasi di tengah rumah. Jika memang tidak memungkinkan, berarti Anda harus menggunakan WiFi Repeater.

3. Apakah terlalu banyak yang pakai WiFi Anda?

Bayangkan WiFi Anda seperti jalan tol. Meski lebar, jalan tol tetap akan macet jika terlalu banyak kendaraan yang lewat. Begitu pula untuk WiFi. Semakin banyak perangkat yang terhubung, semakin sesak jalur yang memanfaatkan WiFi.

Untuk mengecek siapa saja yang menggunakan WiFi, Anda bisa menggunakan Ping Tools di atas. Di menu Local Area Network, akan muncul deretan perangkat yang menggunakan WiFi Anda. Lingkaran hijau menandakan perangkat yang sedang aktif terkoneksi, sementara lingkaran merah adalah perangkat yang pernah terkoneksi namun sedang tidak aktif.

Informasi di layar utama hanya menampilkan nomor IP dari perangkat yang terhubung. Jika ingin menyelidiki lebih lanjut, klik perangkat yang dicurigai. Masuk ke tab networking, dan di sana akan terlihat MAC Address dari perangkat tersebut. Fyi, MAC Address adalah identitas unik sebuah hardware.
Pertanyaannya, Mac Address tersebut milik notebook atau smartphone yang mana? Sayangnya, tidak ada cara mudah untuk melakukannya. 

Anda harus mengecek satu per satu perangkat Anda secara manual. Di Android, informasi ini ada di Settings>About Phones>Status>WiFi Mac Address. Sementara di Windows, Mac Address bisa dilihat dengan membuka Command Prompt (ketik cmd di kotak Search), ketikkan ipconfig /all. Nanti akan terlihat informasi physical address.

Jika sudah mengidentifikasi perangkat dan Mac Address-nya, rename nama perangkat tersebut di apps Ping Tools. Dengan begitu, Anda tahu persis perangkat mana saja yang terhubung ke WiFi Anda.

Cara Mempercepat Koneksi Sinyal WiFi Internet Yang Lemot

Di jendela LAN, terdapat daftar perangkat yang terhubung. Coba cek Mac Address-nya, lalu rename perangkatnya untuk memudahkan pengecekan di lain hari

Solusi: Bagaimana jika ada perangkat tak dikenal yang ternyata terhubung ke WiFi? Bisa jadi, ada tetangga Anda yang “nebeng” WiFi Anda. Jika itu masalahnya, masuk ke sistem administrasi access point Anda lalu blok Mac Address-nya. Atau ganti password WiFi Anda dengan yang baru dan sulit ditebak.

4. Apakah ada perangkat yang menyita bandwidth internet Anda?

Meski jumlah perangkat yang terhubung ke WiFi sedikit, koneksi WiFi tetap bisa lambat jika salah satu perangkat menyita bandwidth internet Anda. Menurut pengalaman kami, aktivitas di background (seperti Whatsapp yang sedang melakukan backup) bisa menyebabkan kecepatan internet menjadi lambat.

Untuk mengeceknya, coba masuk ke sistem administrasi access point WiFi. Lalu, lihat perangkat mana yang sedang menggunakan bandwidth paling besar. Sayangnya, tidak semua access point menyediakan informasi seperti itu. Ada software yang bisa melakukannya, namun rata-rata software berbayar.

Karena tidak ada cara yang mudah, saran kami adalah cek masing-masing perangkat. Di notebook, buka Task Manager (dengan menekan Ctrl+Alt-Del), lalu cek Network. Di sana akan terlihat software yang memakan bandwidth besar.

You may like these posts